10 Daftar Tempat Wisata Gaul & Tradisional di Korea Selatan

Korea Selatan sangatlah terkenal sebagai rumah bagi budaya musik K-Pop. Tetapi lebih dari itu, tempat wisata di Korea Selatan juga tidak kalah terkenal di mata dunia. Karena negara tersebut menyajikan banyak tempat wisata menarik untuk para turis asing. Seperti situs bersejarah, kedai masakan yang lezat dan sehat, kota berkelas dunia, hotel mewah, hingga fasilitas publik berteknologi tinggi.

Banyak fasilitas yang bisa memudahkan setiap perjalanan di Korea Selatan. Sehingga tentunya hal tersebut membuat para turis dari berbagai dunia merasa tertarik untuk mengunjungi negara yang bersih itu. Tentu saja, siapa yang tidak tertarik?

Jika sekarang Anda sedang merencanakan perjalanan ke negeri ginseng ini, maka ulasan tentang 10 rekomendasi tempat wisata ke Korea Selatan berikut sangat cocok untuk dibaca. Di bawah ini akan dibahas secara lengkap tentang daftar tempat wisata bersejarah dam tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi turis selagi di Korea Selatan.

tempat-wisata-di-korea-selatan

Tempat Wisata Bersejarah di Korea Selatan

1. Gyeongbokgung Palace

gyeongbokgung-palace-korea

Lokasi: Jongno-gu, Seoul.

Hari Operasional: Rabu – Senin

Jam Operasional: 09.00 – 17.00

Harga Tiket: 3000 KRW

Gyeongbokgung palace atau istana Gyeongbokgung adalah situs bersejarah paling ikonik di Korea Selatan karena memiliki sejarah yang panjang. Telah ada sejak awal Dinasti Joseon hingga sekarang, pemerintah Korea Selatan telah banyak melakukan restorasi istana Gyeongbokgung. Tujuannya adalah untuk membantu orang-orang belajar tentang korea kuno dan sejarah arsitekturnya.

Para turis yang mengunjungi istana Gyeongbokgung akan bisa menikmati secara langsung suasana kerajaan Korea Selatan pada zaman dulu. Contohnya adalah menonton langsung peragaan ritual kerajaan, pameran artefak di istana, mengunjungi Paviliun Gyeonghoeru, kolam Hyangwonjeong, hingga patung Geunjeongjeon.

Adapun selanjutnya, rekomendasi waktu terbaik untuk mengunjungi istana Gyeongbokgung ini adalah pada pagi hari karena situs istana akan masih sepi.

2. Bukchon Hanok Village

bukchon-hanok village-korea

Lokasi: Jongno-gu, Seoul.

Hari Operasional: Senin – Sabtu

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

Bukchon hanok village atau desa Hanok Bukchon adalah desa tradisional yang dahulu para penghuninya adalah keluarga pejabat tinggi pemerintah Korea Selatan. Terletak di dekat dua istana utama Korea Selatan, desa Hanok Bukchon memiliki gaya arsitektur yang khas untuk menjaga keseimbangan topografi di sekitarnya.

Umumnya, para turis yang datang mengunjungi desa Hanok Bukchon biasanya mengenakan Hanbok Korea yang disewa untuk mengambil banyak gambar. Selanjutnya walaupun desa Hanok Bukchon merupakan situs bersejarah, tetapi di sekitar tempat masih terdapat rumah teh dan kafe lucu yang bisa didatangi.

Adapun bagi para turis yang ingin mengunjungi desa yang unik ini, Mediamaz merekomendasikan untuk datang pada pagi hari atau pada sore hari menjelang matahari terbenam.

3. Distrik Dongdaemun

dongdaemun-korea

Lokasi: Seoul

Distrik Dongdaemun sangat terkenal sebagai tempat wisata di Korea Selatan yang menjadi langganan bagi turis asing. Distrik Dongdaemun memiliki beberapa tempat yang bisa dinikmati seperti gerbang Heunginjimun, sungai Cheonggyecheon, serta Dongdaemun Plaza Desain (DDP).

Para turis juga biasanya mengunjungi distrik Dongdaemun untuk berjalan-jalan santai menikmati suasana. Di sekitar distrik juga ada pasar grosir Dongdaemun dan Namdaemun yang menjual berbagai macam barang. Pasar tersebut menjual barang seperti kain, pakaian, sepatu, aksesoris, barang elektronik, hingga mainan.

BACA JUGA: Cancel Culture? Budaya Palli-Palli? Cek 13 Budaya Khas Korea Selatan

4. Gwanghwamun

gwanghwamun-gate-korea

Lokasi: Jongno-gu, Seoul.

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Gratis

Gwanghwamun adalah gerbang utama dari istana kerajaan utama Gyeongbokgung dan gerbang terpenting selama Dinasti Joseon. Menjadi gerbang utama, Gwanghwamun terdiri dari tiga gerbang melengkung, gerbang tengah untuk raja, dan dua gerbang lainnya untuk putra mahkota serta pejabat kerajaan. Selanjutnya juga yang menarik adalah dinding granit pada gerbang berfungsi sebagai menara yang mengawasi kota.

Menjadi tempat favorit bagi para turis untuk mengabadikan foto, rekomendasi waktu terbaik untuk mengunjungi gerbang Gwanghwamun adalah sekitar pukul 14.00-15.00 di sore hari.

5. Namsan Tower

namsan-tower-korea

Lokasi: Yongsan-gu, Seoul.

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 10.00 – 23.00

Harga Tiket: 11.000 KRW – 16.000 KRW

Menurut sejarahnya, pembangunan Namsan tower atau menara Namsan mulai dilakukan sejak 1969. Tetapi kendati demikian, Namsan tower baru terbuka untuk umum pada tahun 1980. Dulunya menjadi tempat yang tidak terlalu terkenal, sekarang ini Namsan tower adalah tempat favorit bagi para turis asing maupun masyarakat Korea Selatan.

Khususnya bagi para turis yang mengunjungi tempat ini, biasanya mereka melakukan banyak kegiatan di sekitar menara. Seperti mengikuti tren “Love lock” dengan mengunci gembok cinta di pagar atau pohon pada atap Namsan tower.

Selain itu pula banyak turis yang mengunjungi museum teddy bear, mengunjungi observatorium, menaiki kereta gantung, hingga menikmati senja dari ketinggian Namsan tower. Terletak di ketinggian, menjadikan rekomendasi waktu terbaik untuk mengunjungi Namsan tower adalah pada sore dan malam hari.

Tempat Wisata Kuliner di Korea Selatan

1. Pasar Gwangjang

gwangjang-market-korea

Lokasi: Jongno-gu, Seoul.

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 09.00 – 17.00

Menjadi pasar paling terkenal se-antero Korea Selatan, nama pasar Gwangjang berasal dari dua jembatan yang dibangun antara Gwangkyo dan Jangkyo. Jika melihat pada sejarah pertama pasar Gwangjang hadir, mereka hanya menjual hasil pertanian dan bahan bakar seperti batu bara.

Meskipun begitu, sekarang ini pasar Gwangjang sudah terbuka untuk menjual berbagai macam barang seperti kain, pakaian, peralatan dapur, buah, sayur, ikan, daging, hingga kebutuhan sehari-hari lainnya. Menjadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara, biasanya pengunjung datang ke pasar Gwangjang untuk menyantap makanan seperti sundae, kimbab, tteokbokki, dan banyak makanan lainnya.

Buka setiap hari hingga sore, rekomendasi waktu terbaik untuk mengunjungi pasar Gwangjang adalah pukul 14.00-17.00. Karena pada waktu-waktu tersebut, para penjual akan telah siap menyajikan makanan dan terdapat banyak tempat duduk kosong.

BACA JUGA: Mau Kuliah Gratis? Ini Informasi Lengkap Beasiswa Korea Selatan Tahun 2022

2. Pasar Malam Seoul Bamdokkaebi

seoul-night-market-korea

Lokasi: Yeouido, Seoul.

Hari Operasional: Sabtu dan Minggu

Jam Operasional: 20.00 – 03.00

Pasar malam Seoul Bamdokkaebi adalah salah satu pasar modern di Korea Selatan yang banyak dikunjungi masyarakat lokal maupun asing. Tidak memiliki sejarah panjang, pembukaan pasar malam Seoul Bamdokkaebi terjadi pada 2015.

Selanjutnya yang menarik para pengunjung adalah pasar malam Seoul Bamdokkaebi menawarkan banyak street food dari berbagai belahan dunia dan aksesoris buatan tangan yang unik.

Bagi para turis yang berwisata di Korea Selatan, sebaiknya tidak melewati untuk berkunjung ke pasar malam Seoul Bamdokkaebi. Karena dengan mengunjungi pasar malam ini, turis akan bisa merasakan suasana malam hari di Korea Selatan dengan cara terbaik.

3. Myeongdong Street Food

myeongdong-korea

Lokasi: Myeongdong, Seoul.

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 11.00 – 22.00

Myeongdong street food sangat terkenal sebagai surganya makanan di Seoul, Korea Selatan. Menjadi destinasi favorit bagi para turis yang menjari tempat wisata kuliner street food di Korea Selatan, pasar Myeongdong menawarkan beragam santapan ringan yang lezat.

Beberapa makanan yang ada diantaranya adalah japchae, jajangmyeon, ayam yangnyeom, cumi kering, kentang tornado, goguma, hingga aneka minuman buah yang menyegarkan. Adapun rekomendasi waktu untuk mengunjungi Myeongdong street food adalah pada malam hari. Karena dengan begitu, para turis akan bisa merasakan lezatnya makanan hangat sambil menikmati pemandangan malam daerah sekitar.

4. Common Ground

common-ground-korea

Lokasi: Gwangjin-gu, Seoul.

Hari Operasional: Setiap hari

Jam Operasional: 11.00 – 22.00

Common Ground adalah pusat perbelanjaan kontainer pertama dan terbesar di dunia. Mereka menjual produk lokal dari kawasan populer di Korea Selatan, seperti Hongdae, Itaewon, dan Garosu-gil.

Common ground sangatlah terkenal di kalangan remaja Korea Selatan. Para turis yang mengunjungi common ground biasanya melakukan kegiatan seperti melihat-lihat pameran, membeli makanan di tempat makan unik maupun restoran terkenal.

5. Pasar Tongin

tongin-market-korea

Lokasi: Jongno-gu, Seoul.

Hari Operasional: Selasa – Minggu

Jam Operasional: 07.00 – 21.00

Pasar Tongin adalah pasar tradisional Korea Selatan yang telah hadir sejak 1941 untuk orang Jepang setelah perang Korea. Mempunyai tradisi panjang, pasar Tongin hingga saat ini memiliki kurang lebih 80 toko yang menjual makanan lezat.

Menjadi salah satu pasar yang terkenal di Korea Selatan, rekomendasi makanan untuk dicoba para turis adalah yeopjeon dosirak. Biasanya yeopjeon dosirak juga disebut sebagai paket makan bento.

Ingin Cepat Berangkat ke Korea Selatan dan Mengunjungi Tempat Wisata Di Atas?

Segera siapkan visa dan paspor sesuai dengan kebutuhan perjalanan. Jika Anda membutuhkan jasa penerjemah dokumen ke dalam 12 bahasa asing, tim penerjemah tersumpah dari Mediamaz TS siap membantu.

Tidak perlu khawatir akan keabsahan hasil terjemahan yang akan sampai pada tangan Anda, karena tim penerjemah kami terdiri dari para profesional berpengalaman.

Selain itu juga semua penerjemah tersumpah Mediamaz TS telah memiliki izin dari pemerintah negara dan kedutaan besar negara asing, sehingga dokumen hasil terjemahan nantinya akan dapat diakui secara hukum.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait jasa penerjemah tersumpah kami, maka segera hubungi kami dan dapatkan juga paket potongan harga khusus sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *