10 Daftar Universitas Tertua di Dunia Yang Wajib Kamu Tahu!

10 Daftar Universitas Tertua di Dunia Yang Wajib Kamu Tahu!

Dunia Pendidikan telah banyak membawa perubahan pada setiap individu seperti menjadi paham akan teori hingga pola pikir yang sehat. Universitas merupakan tingkatan paling tinggi bagi seseorang dalam menempuh Pendidikan akhir. Menurut beberapa sumber sejarah, Universitas tertua di dunia yang dikenal adalah Al-Azhar yang berada di Mesir, namun  sejarah lainnya mengatakan ada Universitas lain yang lebih tua usianya disbanding dengan Universitas Al-Azhar.

universitas tertua di dunia

via flickr.com

Pada artikel kali ini kami akan memberikan 10 daftar universitas tertua di dunia kepada anda mulai dari sejarah hingga pada jurusan apa saja yang menjadi incaran di Universitas-universitas tersebut versi https://www.mastersavenue.com/articles-guides/good-to-know/the-10-oldest-universities-in-the-world

DAFTAR UNIVERSITAS TERTUA di DUNIA

  1. Universitas Toulouse, Perancis

Sejarah

Universitas Toulouse merupakan universitas tertua ke dua yang dibangun di Perancis pada tahun 1229 setelah Universitas Sorbonne yang didirikan pada 1200. Kota Toulouse terkenal akan kota modern yang besar dimana banyak sekali kesenian, sejarah hingga budayanya yang beragam.

Jauh sebelum seperti sekarang, Universitas ini merupakan sebuah Universitas yang biasa saja dan masuk kedalam daftar universitas miskin pada saat itu.  Jurusan yang terkenal pada saat itu adalah jurusan Hukum, Sains, Sastra dan Agama Katolik. Akan tetapi jurusan yang menjadi incaran adalah Hukum.

Akibat adanya revolusi Perancis mengakibatkan universitas ini ditutup pada tahun 1793. Namun hal itu tidak menutup niat dunia Pendidikan di Perancis dan pemerintah membangun universitas pengganti Toulouse dengan Universite Federale de Toulouse Midi-Pyrenees.

Lembaga institusi yang menggantikan Universitas Touluse tersebut dibangun berdasarkan perjanjian paris yang diadakan pada tahun 1229 dan hanya memiliki satu jurusan saja yang fokus pada ilmu Teologi, kemudian ditambahkan jurusan Kedokteran dan Hukum setelahnya.

Universitas Toulouse kemudian dibangun kembali pada tahun 2007 dengan menerapkan konsep bahwa universitas tidak lagi mewakili satu saja melainkan ada beberapa Lembaga lainnya yang merupakan bagian dari Universitas Toulouse.

Lembaga yang masuk kedalam anak univeritas Toulouse antara lain adalah Politeknik Toulouse dan Sekolah Bisnis Toulouse.

  1. Universitas Naples Frederico II, Italia

Sejarah

Universitas Naples Frederico II didirikan pada 5 Juni 1224 dan didirikan oleh seorang kaisar Romawi, Frederick II. Alasan utama Frederick II membangun Lembaga Pendidikan di Romawi pada saat itu adalah untuk melatih professional bidang administrasi yang terampil bagi warga Italia.

Disamping melatih dalam bidang administrasi, beliau juga ingin memfasillitasi para siswa yang belajar dalam membentuk karakteristik budaya mereka sehingga para siswa maupun cendekiawan muda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri dalam menempuh dunia Pendidikan.

Kini ada banyak sekali jurusan yang tersedia di universitas Naples. Universitas ini menawarkan sekitar 157 program studi dengan 13 jurusan yang paling banyak diminati (Pertanian, Arsitektur, Ekonomi, Farmasi, Hukum, Teknik, Kedokteran, Kedokteran Hewan, Bioteknologi, Matematika, Fisika, IPA, IPS, Politik, Sosiologi, dan Humaniora).

Universitas ini memberikan fasilitas kepada pelajar dengan menawarkan program penelitian dan kursus sehingga para pelajar memiliki kesempatan dalam pengembangan intelektual serta terampil dan juga professional.

  1.  Universitas Padua / Padova, Italia

Sejarah

Universitas Padua didirikan pada 1222 dan merupakan universitas tertua ke dua yang ada di Italia setelah Universitas Bologna. Awal mula universitas ini didirikan adalah sebagai sekolah Hukum untuk mengejar kebebasan akademik yang sangat besar.

Dalam sejarah perkembangan universitas, Padua menjadi pusat operasi anti-Nazi dan fasisme yang menjadi konspirasi politik di Eropa pada saat itu. selama masa perang dunia II kampus banyak berkontribusi untuk merancang perkotaan sambil mengembangkan sektor dibidang penelitian ilmiah, medis hingga humanistik.

Hingga saat ini Universitas Padua terus menjadi salah satu universitas terkemuka yang ada di Italia hingga seluruh Eropa yang terdiri dari 8 sekolah, 49 sekolah spesialisasi dan 43 pusat penelitian dan layanan universitas.

Universitas Padua menawarkan banyak program studi unggulan yang menjadi minat bagi para pelajar seperti Ilmu Pertanian, Kedokteran Hewan, Psikologi, Sains, Ilmu Manusia, dan juga Ilmu Budaya. Universitas Padua juga merupakan bagian dari jaringan universitas riset bidang sejarah yang dikenal dengan Coimbra Group.

Institusi lainnya yang juga berada dalam jaringan riset sejarah adalah Universitas Oxford, Cambridge, Heidelberg, Salamanca, Jena, Leuven dan Leiden.

  1. Universitas Cambridge, Inggris

Sejarah

Siapa yang tidak mengenal universitas yang satu ini? universitas ini menjadi incaran bagi para calon pelajar sebab karena selain kepopulerannya sebagai salah satu universitas terbaik yang ada di dunia, Universitas Cambridge juga memiliki program studi yang beragam.

Universitas Cambridge dibangun pada tahun 1209 ketika sarja dari Oxford melakukan perpindahan kampus ke Cambridge untuk menghindari kerusuhan “town and gown” yang pada saat itu terjadi. Pada tahun 1871 universitas mendirikan sebuah jurusan khusus professor fisika eksperimental dan juga membangun laboratorium Cavendish.

Universitas memiliki beberapa ilmuwan terkenal dunia seperti Charles Darwin, Ernest Rutherford, James Clerk Maxwell, J.J Thomson hingga James Watson.

  1. Universitas Paris, Perancis

Sejarah

Universitas Paris merupakan salah satu universitas tertua di dunia yang terkenal akan bidang akademik humaniora nya sejak abad pertengahan terutama dalam bidang Teologi dan Filsafat. Universitas sering juga disebut dengan La Sorbonne oleh orang Perancis dan didirikan pada tahun 1257 oleh Robert de Sorbon. Namun pada tahun 1970 universitas Paris dibagi menjadi 13 universitas bagian.

Sama halnya dengan universitas Bologna, universitas Paris menjadi model bagi universitas-universitas yang ada di Eropa pada abad pertengahan berlangsung. Universitas ini juga berperan penting dalam urusan agama dan politik yang berada di Perancis.

Universitas Paris memiliki beberapa program studi unggulan yang diantaranya adalah Bisnis Internasional, Ekonomi dan Manajemen, Biology, Kimia, Fisika, Ilmu Komputer, Matematika, Ilmu Kesehatan, Kedokteran Gigi, Seni dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Universitas Salamanca, Spanyol

Sejarah

Universitas Salamanca didirikan pada tahun 1218 oleh seorang Raja bernama Alfonso IX dan dianggap sebagai universitas tertua yang berada di Hispanik, Spanyol. Pada tahun 1254, Paus Alexander IV memberikan status gelar kepada Universitas Salamanca bersamaan dengan Bologna, Paris dan Oxford sebagai Sekolah Umum.

Pada abad ke-15 hingga 16 universitas Salamanca memiliki professor-profesor hebat seperti Antonio de Nebrija yang merupakan penulis bahasa Spanyol yang pertama dan terkenal, dan Fray Luis de leon yang merupakan seorang penyair terbesar di Spanyol.

Program studi yang ditawarkan di universitas ini antara lain adalah Seni, Ilmu Kesehatan, Teknologi Industri, Ilmu Pengetahuan Alam, Fisika, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Komputer dan lain-lain.

  1. Universitas Oxford, Inggris

Sejarah

Anda pastinya sudah tidak asing bukan dengan universitas yang satu ini? universitas yang satu ini selain populer juga termasuk kedalam daftar universitas tertua di dunia! Univeritas bertaraf internasional ini belum diketahui pasti kapan didirikan, namun sejarah menyebutkan bahwa tahun 1096 di Oxford sudah diadakan atau dimulai pembelajaran dan mengalami perkembangan pesat pada tahun 1167.

Pada abad ke-13 ada sebuah kerusuhan yang terjadi antara warga kota dengan mahasiswa yang dikenal dengan kejadian “town and gown” dimana kejadian ini membuat banyak mahasiswa melakukan perpindahan ke universitas Cambridge seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Ada beberapa program studi yang ditawarkan bagi anda yang memiliki minat untuk kuliah di Oxford seperti Geografi, Teologi dan Filsafat, Sastra Inggris, Sejarah, Seni Murni, Kimia dan lain-lain.

  1. Universitas Bologna, Italia

Sejarah

Universitas Bologna merupakan universitas tertua di dunia tepatnya yang ada di Eropa dan didirikan pada tahun 1088. Pada tahun 1155-1158 Bologna menjamin hak setiap sarjana nya untuk melakukan perjalanan Pendidikan tanpa hambatan karena universitas melakukannya demi kepentingan Pendidikan. Inilah istilah yang kita kenal sekarang dengan “kebebasan akademik”.

Ada beberapa program studi pilihan yang dapat diambil di universitas Bologna diantaranya adalah Teknologi Pangan, Ekonomi dan Manajemen, Ilmu Pendidikan, Teknik Arsitektur, Hukum, Kedokteran dan lain-lain.

  1. Universitas Al-Azhar, Mesir

Sejarah

Universitas ini merupakan universitas islam tertua ke dua di dunia yang terletak di Kairo, Mesir. Didirikan pada tahun 970 M oleh Fatimiyah Shi’I yang secara resmi dibuka pada tahun 988. Pada abad ke-12 Al-Azhar berhasil jatuh ketangan pemimpin Mesir, Saladin yang merupakan pendiri dinasti Ayyubiyah dan seorang Sunni.

Namun pada tahun 1250-1517, universitas Al-Azhar kembali diambil alih oleh Mamluk dan terus mengalami perkembangan. Jurusan yang ditawarkan adalah Bahasa Jerman, Bahasa Afrika, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Ilmu sejarah, Bahasa Arab, IT dan lain-lain.

1.Universitas Quaraouiyine, Maroko

Sejarah

Universitas Quaraouiyine merupakan universitas islam tertua di dunia yang dibangun pada 859 M. universitas ini berkonsentrasi pada ilmu-ilmu agama dan hukum islam seperti ada pogram studi Bahasa Arab Klasik dan hukum Maliki.

Universitas ini didirikan oleh Fatimah al-Fihri yang merupakan seorang putri dari saudagar kaya. Universitas ini terbuka untuk laki-laki maupun perempuan dimana sistem pembelajarannya pelajar duduk melingkari seorang pengajar yang disebut dengan Syekh.

Itulah artikel yang kami sajikan untuk anda mengenai universitas tertua di dunia, ada banyak sekali sekolah hingga perguruan tinggi yang ada di dunia yang memiliki akreditasi baik. Tidak ada salahnya jika anda mencoba peruntungan ke luar negeri untuk menggapai cita-cita anda, namun sebelum memiliki plan ke negara tujuan anda, ada baiknya untuk melihat tips-tips masuk Universitas dengan jurusan pilihan anda agar anda dapat mengetahui hal apa sajakah yang menjadi syarat untuk dapat masuk dan diterima di Universitas tersebut.

Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke luar negeri, kami juga tentunya membantu anda terkait legalisir ijazah untuk keperluan Pendidikan anda sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa legalisasi segala jenis dokumen kepada kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.