10 Fakta Menarik Menara Pisa Yang Wajib Kamu Tahu!

Negara Italia adalah salah satu negara maju yang merupakan bagian dari benua Eropa tepatnya di Eropa Selatan. Italia menjadi negara dambaan bagi orang di dunia khususnya dalam hal tempat wisata. Menara Pisa merupakan bangunan unik di Italia yang mendapat banyak perhatian dunia karena ciri khas kemiringan bangunannya. 

menara pisa

via flickr.com

Ada banyak sekali tempat wisata lainnya di Italia yang terkenal hingga ke seluruh dunia sehingga tidak heran banyak wisatawan memilih Italia sebagai tujuan destinasi berlibur mereka. Pada artikel kali ini kami akan menyajikan informasi kepada anda mengenai keunikan Menara lonceng dan fakta apa saja yang menjadi daya Tarik dari bangunan ini.

SEJARAH MENARA PISA

Pembangunan Menara lonceng dimulai pada tahun 1173 dengan konsep awal yang memiliki fungsi sebagai Menara lonceng di sekitar bangunan Kawasan gereja. Pada awalnya bangunan ini berdiri tegak lurus selama kurang lebih 5 tahun, namun ketika lantai ke- 3 mulai rampung pada tahun 1178, Menara ini mulai mengalami kemiringan. 

Dimana letak Menara Pisa yang sebenarnya? Menara miring Pisa terletak di Kota Pisa tepatnya di alun-alun utama Piazza Del Duomo, Italia yang pada awalnya merupakan sebuah pelabuhan di Italia yang kecil namun berperan sangat penting bagi keberlangsungan warga Italia pada saat itu. Tujuan utama Menara ini dibangun adalah untuk menunjukkan kepada dunia betapa pentingnya wilayah tersebut.

Menurut informasi yang kami peroleh dari https://www.romeprivateguides.com/en/blog/about-florence/the-history-behind-the-leaning-tower-of-pisa.html alun-alun Piazza dikenal juga dengan “alun-alun ajaib” yang diberikan nama oleh penulis terkenal Italia, Gabriele D’Annunzio. Dan pada tahun 1987 UNESCO telah menetapkan wilayah katedral Menara Pisa sebagai situs warisan dunia! Sungguh menakjubkan ya. 

Rakyat Pisa pada saat itu memiliki peran penting terhadap berbagai konflik militer dan perjanjian perdagangan sehingga mereka memiliki ide untuk membangun Menara Pisa atau gereja Katedral yang besar yang disebut dengan Field of Miracles (Campo dei Miracoli) dimana Menara Pisa sebagai Menara lonceng yang besar.

PENDIRI MENARA PISA – MENGAPA MENARA PISA MIRING?

Mungkin anda selama ini bertanya-tanya siapa yang mendirikan Menara tersebut? Kemiringan Menara Pisa bukan diciptakan secara sengaja oleh manusia melainkan memang bangunan ini murni akibat kesalahan manusia. Menara lonceng selalu dikaitkan dengan seorang arsitek Italia bernama Giovanni di Simone, namun hingga saat ini masih menjadi misteri tentang siapa yang pertama kali mendirikan Menara tersebut.

Di  dalam sumber yang berbeda mengatakan bahwa kemiringan Menara lonceng adalah kesalahan dari seorang arsitek bernama Alessandro Della Gherardesca. Pada tahun 1838, Alessandro menggali dasar Menara lonceng dengan tujuan agar orang-orang dapat mengagumi dasar fondasi yang ia buat. Namun akibat kegagalannya dalam membuat konsep dasar bangunan yang rumit, Menara akhirnya mengalami kemiringan yang disebabkan oleh penggalian dasarnya.

Pekerjaan konstruksi pada bangunan Menara lonceng membutuhkan waktu setidaknya dua abad atau sekitar 200 tahun lamanya. Selama abad tersebut para arsitek terus mencari jalan keluar bagaimana agar pondasi dari Menara tidak miring lagi. Selama bertahun-tahun sejak dibangunnya Menara, awalnya memiliki kemiringan sekitar 0,2 derajat, kemudian kemiringan bertambah menjadi 5,5 derajat yang mengarah ke Selatan Kota Pisa. 

MENARA PISA SELAMAT DARI PERANG DUNIA 2!

Tahukah anda jika Menara Pisa pernah selamat dari perang dunia ke-2? Pembangunan Menara Pisa pernah terhenti dua kali karena konflik militer yang terjadi diantara republik Italia. Peang dunia 2 telah membawa banyak kehancuran di seluruh dunia, namun tidak bagi Menara Pisa yang pada saat itu selamat dari tragedy perang besar ini. 

Sejarah menyebutkan bahwa pada saat itu tantara Amerika membuat taktik untuk menyerang wilayah Pisa. Tentara Amerika diperintah  untuk menghancurkan Kota Pisa termasuk bangunan dan Menara nya guna mencegah penembak jitu Italia bersembunyi. Namun ketika hendak menyerang Kawasan gereja dan Menara, tentara Amerika mundur sehingga serangan terhadap gereja batal dilakukan,

Dalam kurun waktu 20 tahun setelah perang dunia 2 berakhir, pemerintah Italia memerintahkan untuk tetap mempertahankan kemiringan Menara agar tidak roboh, mereka tidak ingin kemiringan yang menjadi ciri khas di Menara tersebut hilang. Pemerintah ingin menjadikan Menara Pisa sebagai symbol kota Italia yang dicintai oleh seluruh orang di dunia.

Karena perintah tersebut, akhirnya para insinyur dan arsitek Italia kemudian memasang bantuan penyeimbang seberat 800 ton guna membantu mempertahankan kemiringan dari Menara yang hingga saat ini menjadi ikonik di Italia. 

FAKTA MENARIK 

Dibalik kesalahan dari pembangunan Menara lonceng, ternyata ada beberapa fakta mengejutkan mengenai Menara lonceng kebanggaan orang Italia! Untuk lebih jelasnya kami akan memberikan informasi tersebut kepada anda.

Tahukah anda sebuah fakta menarik yang menyebutkan bahwa Menara Pisa bukan satu-satunya bangunan miring yang terdapat di Italia? Jika sejarah mengatakan bahwa Menara miring Pisa terjadi karena kesalahan manusia, namun para ahli mengatakan bahwa selain kesalahan manusia, ternyata kondisi tanah sekitar Pisa tersusun dari tanah yang lunak!

Menurut informasi dari https://www.culturalplaces.com/blog/incredible-facts-about-the-leaning-tower-of-pisa/ Menara Pisa bukan satu-satunya Menara yang memiliki postur bangunan yang aneh atau miring, akan tetapi ada bangunan lainnya yang mengalami kemiringan seperti San Nicola yang merupakan gereja abad ke-12 dan San Michele Degli Scalzi gereja abad ke-11. 

Semua bangunan gereja tersebut letaknya tidak jauh dari Menara miring Pisa. San Nicola terletak 1 kilometer dari Menara sedangkan gereja San Michele terletak 3 kilometer dari Kota Pisa tepatnya ke arah timur. Hal ini memperkuat pendapat para ahli bahwa daerah tersebut pada saat itu memang kondisi tanahnya lunak sehingga mengakibatkan bangunan memiliki pondasi yang miring.

Diatas tadi hanyalah bentuk kecil saja mengenai fakta Menara Pisa, berikut merupakan fakta menarik lainnya yang harus anda ketahui sebelum anda pergi berlibur ke Italia khususnya berkunjung ke Menara Pisa karena informasi ini berguna sebagai bahan pengetahuan anda. Berikut faktanya :

  1. Fisikawan Galileo Galilei pernah melakukan eksperimen fisika nya dengan menggunakan bola yang kemudian ia jatuhkan dari ketinggian Menara lonceng untuk mengetahui massa dari sebuah bola. Namun hingga saat ini belum diketahui pasti apakah benar fisikawan dunia tersebut melakukan eksperimennya di Menara tersebut
  2. Menara Pisa memiliki 7 lonceng dimana masing-masing loncengnya mewakili not music tangga nada mayor
  3. Membutuhkan waktu 200 tahun untuk menyelesaikan Menara ini
  4. Dibangun diatas tanah dengan kualitas yang buruk. Tanah yang menjadi tempat pondasi dari Menara sebagian besar adalah tanah liat yang jelas-jelas tidak cukup kuat untuk menahan bangunan
  5. Banyak dilakukan sejumlah pembedahan akan tetapi tidak ada satupun yang berhasil
  6. Rekor dunia bangunan miring bukan dipegang oleh Menara Pisa melainkan dipegang oleh The Capital Gate Tower yang berada di Abu Dhabi, Dubai
  7. Ketinggian Menara berbeda di kedua sisi karena factor kemiringannya. Normalnya, tinggi Menara Pisa sekitar 55 meter jika dihitung dari tanah. Akan tetapi berdasarkan sisi tingginya adalah sekitar 56 meter
  8. Ada sekitar 296 anak tangga yang harus anda lalui untuk mencapai puncak Menara
  9. Berat Menara pisa adalah 14.500 ton
  10. Alasan lain Menara dibangun diatas tanah yang lunak adalah agar Menara tidak beresonasi langsung dengan Gerakan gempa

Itulah informasi yang kami sajikan mengenai keunikan Menara lonceng Pisa yang ada di Italia, apakah anda tertarik dan memiliki plan untuk sekedar berlibur ke Italia atau melanjutkan Pendidikan ke Negara dengan banyak tempat wisata unik tersebut? Sebelum memiliki plan ke Italia ada baiknya untuk belajar mengenai budaya maupun bahasa nya agar anda dapat menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan warga lokal.

Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam terjemahan dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke Italia. Tidak hanya membantu anda dalam urusan legalisir dokumen, kami juga memiliki penerjemah tersumpah bahasa Italia dan bahasa asing lainnya. Translator kami merupakan translator terpercaya dan sudah mendapat pengakuan atau legalisasi bersertifikat. Kami mempermudah pengurusan dokumen dan paspor anda sesuai dengan negara tujuan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *