Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
SHOW COLUMNS FROM `wp8e_trustindex_google_reviews` LIKE "highlight"

Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
ALTER TABLE `wp8e_trustindex_google_reviews` ADD highlight VARCHAR(11) NULL AFTER rating

Bisa Terlihat Hingga ke Bulan! 10 Fakta Unik Piramida Giza

10 Fakta Menarik Piramida Giza Yang Belum Banyak Diketahui!

10 Fakta Menarik Piramida Giza Yang Belum Banyak Diketahui!

The Great Pyramid of Giza atau yang dikenal dengan Piramida Giza merupakan satu diantara keajaiban dunia peninggalan kerajaan Mesir kuno. Karena memiliki desain arsitektur yang unik, tidak heran jika piramida Giza menjadi objek wisata terkenal di dunia hingga saat ini. 

Ada banyak sekali misteri di piramida Giza mulai dari yang terpecahkan hingga yang belum terpecahkan sampai saat ini sehingga itu menjadi daya Tarik bagi wisatawan dunia hingga para ilmuwan untuk pergi berkunjung ke negara Mesir khususnya mengunjungi objek wisata piramida Giza.

piramida giza

via flickr.com

Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai sejarah piramida, kompleks piramida giza hingga misteri apa saja yang terdapat didalam bangunan kuno tersebut.

SEJARAH PIRAMIDA GIZA

Dibangun antara 2584 SM – 2561 SM, fungsi piramida adalah sebagai makam sekaligus monumen untuk menghormati ketiga raja Mesir kuno. Berdasarkan https://study.com/academy/lesson/pyramids-of-giza-history-facts-location.html bangunan piramida pada awalnya merupakan sarana bagi Firaun (Raja Mesir kuno) untuk menunjukkan kekuatan mereka. 

Para Firaun yang dimakamkan di piramida membawa serta harta benda mereka dan sering kali mumi hewan juga ikut serta dibawa sebagai bentuk peliharaan para raja di surge. Menurut kepercayaan rakyat Mesir kuno mereka meyakini bahwa Raja Firaun adalah makhluk semi-ilahi yang berkuasa di Bumi sehingga Raja Firaun juga menjabat sebagai pemimpin agama pada saat itu.

Piramida agung Giza merupakan bangunan kuno yang terletak di Mesir tepatnya di tepi Barat sungai Nil. Konstruksi atau struktur piramida Giza dibangun dari 2,3 juta blok batu yang dimana pada saat itu bangunan piramida memiliki tinggi sekitar 146 m, namun saat ini menjadi 138 m akibat erosi yang mengakibatkan bagian atas piramida mengalami pengikisan. 

Tahukah anda piramida Giza memiliki tiga kompleks utama? Tiga piramida utama tersebut dibangun berdasarkan generasi raja Mesir kuno yang dimana setiap isi piramida Giza mencakup kuil yang di dasarnya terdapat jalan berbatu yang panjang yang mengarah ke Timur. Tiga kompleks utama tersebut terdiri dari kompleks Khufu, Khafre dan Menkaure yang merupakan generasi penguasa di Mesir kuno.

Raja Khufu merupakan generasi pertama penguasa Mesir sehingga komplek Khufu adalah bangunan yang khusus dibuat untuk makam raja Khufu. Bangunan asli piramida Khufu awalnya adalah bangunan yang ditutupi oleh batu kapur putih yang sangat halus dan dapat memantulkan sinar dari matahari sehingga terlihat seperti bangunan yang berkilau. 

Bangunan piramida Khafre merupakan bangunan piramida tertinggi kedua di Giza yang berisi makam raja Khafre. Piramida Khafre adalah piramida yang paling unik dibandingkan dengan piramida di Giza lainnya, sebab piramida ini dijaga oleh sebuat patung dengan bentuk kepala manusia sedangkan badannya adalah singa besar atau yang dikenal dengan “Patung Spinx yang Agung”. 

Patung Sphinx merupakan patung kuno terbesar di dunia yang pernah dibuat manusia pada saat itu. Berdasarkan informasi yang dilansir dari https://www.history.com/topics/ancient-history/the-egyptian-pyramids fungsi utama patung Spinx adalah untuk pemujaan masyarakat Mesir kuno pada abad ke-18 (1500 SM) dan sebagai perwujudan dari dewa Horus (Dewa Surga).

Piramida generasi terakhir adalah generasi raja Menkaure. Sama seperti piramida Giza lainnya, piramida Menkaure merupakan piramida makam raja Menkaure yang merupakan generasi terakhir penguasa Mesir. Menkaure merupakan putra dari raja Khafre dan bangunan piramida Menkaure memiliki bentuk yang paling pendek diantara piramida Giza lainnya. 

AKHIR ERA PIRAMIDA GIZA

Setelah generasi raja Menkaure berakhir, selanjutnya bangunan piramida Giza memiliki ukuran yang kecil. Piramida terus dibangun hingga pada generasi kelima dan keenam yang merupakan generasi paling akhir untuk kerajaan Mesir kuno. generasi kelima dipimpin oleh Raja Unas dengan ciri khas sudah mulai dibuatnya tulisan-tulisan di dinding piramida Mesir kuno yang menceritakan sejarah dan peristiwa selama masa pemerintahan. 

Piramida Giza generasi terakhir atau keenam berada dibawah kepemimpinan Raja Pepy II yang merupakan Raja paling muda dan paling lama memimpin yaitu sekitar 94 tahun. Ukuran piramida Giza ini adalah sekitar 52 meter. 

FAKTA PIRAMIDA GIZA

Tahukah anda arsitektur piramida Giza memiliki filosofi? Bangunan piramida sengaja dirancang miring pada setiap sisinya dan itu memiliki fungsi dalam melambangkan sinar matahari atau untuk membantu jiwa Raja naik ke surga dan bergabung dengan para dewa, terutama dewa matahari atau Ra.

Ada banyak fakta menarik lainnya mengenai piramida Giza yang harus anda ketahui, berikut kami sajikan informasinya untuk anda:

  1. Ada sekitar 130 piramida lainnya yang ditemukan di Mesir, namun yang menjadi piramida utama hanya ada tiga saja yaitu piramida Khufu, Khafre and Menkaure.
  2. Ada lebih dari 2 juta lebih blok batu atau sekitar 50 ton sebagai bahan untuk membangun piramida besar Mesir. Namun hal ini masih menjadi misteri besar bagaimana cara mengangkut batu tersebut. Sejarawan memperkirakan setidaknya ada sekitar 100.000 orang yang membantu pembangunan piramida Giza
  3. Piramida Giza pernah ditutupi oleh material berwarna putih yang berasal dari bahan batu kapur sehingga dapat memantulkan sinar matahari
  4. Mesir memiliki suhu udara yang panas, namun ketika berada didalam piramida suhunya hanya mencapai 20 derajat C 
  5. Piramida adalah bukti bahwa teknologi pada saat itu telah ada dengan ditemukannya penemuan bahwa bangunan mesir anti gempa
  6. Piramida besar memiliki pintu masuk yang bisa berputar, pintu berputar tersebut hanya dimiliki oleh piramida Khufu Sneferu
  7. Piramida besar dapat dilihat dari pegunungan Israel dan juga bulan!
  8. Piramida memiliki berat sekitar 5.955.000 ton
  9. Membutuhkan waktu sekitar 20 tahun untuk membangun sebuah piramida 
  10. Piramida dikelilingi oleh beberapa struktur bangunan lainnya seperti makam Ibu dari Raja Khufu dan piramida kecil khusus para istri Raja Khufu

MISTERI PIRAMIDA 

Hingga saat ini masih banyak pertanyaan yang belum terjawab terkait misteri apa saja yang ada di dalam piramida. Meskipun secara luas bangunan kuno ini memiliki fungsi sebagai tempat atau makam dari Raja Mesir kuno, beberapa ahli berpendapat bahwa bangunan tersebut bukan makam Raja melainkan memiliki fungsi lain yang belum terpecahkan misterinya sampai sekarang. 

Misteri lainnya mengenai piramida adalah tidak ditemukannya harta di dalam piramida padahal sejarah mengatakan bahwa harta dikubur bersamaan dengan Raja. Namun sejarawan berpendapat bahwa kemungkinan harta yang ikut dikubur Bersama dengan Raja telah dijarah oleh perampok lebih dari seribu tahun yang lalu. 

Itulah informasi yang kami sajikan mengenai fakta menarik Piramida Giza, Mesir tidak henti-hentinya menyajikan sejumlah keunikan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tahukah anda Mesir merupakan bagian dari Afrika? Mesir merupakan bagian dari Asia Barat Daya yang sebagian besar wilayahnya berada di wilayah Afrika Utara.

Selain terkenal akan objek wisata bersejarahnya di Piramida Giza, ada banyak sekali tempat wisata di Mesir lainnya yang cukup terkenal seperti Laut Merah, Sungai Nil, Gunung Sinai, Luxor dan masih banyak lagi. Tidak hanya memiliki tempat wisata yang unik saja, Mesir juga memiliki banyak universitas terkenal yang menjadi incaran para pelajar di dunia termasuk di Indonesia. Universitas terbaik yang ada di Mesir antara lain adalah The American University in Cairo, Cairo University, Al-Azhar University.

Apakah anda tertarik dan memiliki plan untuk sekedar berlibur ke India atau melanjutkan Pendidikan ke Negara dengan budaya unik tersebut? sebelum memiliki plan ke India ada baiknya untuk belajar mengenai budaya maupun bahasa nya agar anda dapat menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan warga lokal. 

Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam terjemahan dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke India. Translator kami merupakan translator terpercaya dan sudah mendapat pengakuan atau legalisasi bersertifikat. Kami mempermudah pengurusan dokumen dan paspor anda sesuai dengan negara tujuan anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.