10 Makanan China Unik dan Khas Yang Wajib Kamu Coba!

10 Makanan China Unik dan Khas Yang Wajib Kamu Coba!

Republik Rakyat Tiongkok atau yang dikenal dengan negara China merupakan salah satu bagian dari Asia Timur yang sering kali mendapat perhatian dunia terutama karena budayanya yang kaya. Tidak hanya terkenal akan Budayanya, makanan China juga mendapat banyak sorotan karena memiliki rasa serta rempah-rempah yang kuat dimana setiap wilayahnya memiliki perbedaan ciri khas makanan dan tekstur.

Makanan China

Via Flickr.com

Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai makanan China mulai dari sejarah makanan hingga jenis-jenis makanan apa saja yang menjadi populer dan wajib anda coba.

MAKANAN CHINA – SEJARAH

Makanan China terkenal karena rasanya yang pedas dan penggunaan rempah-rempahnya yang bervariasi. Periode modern ini, masyarakat di China sudah banyak mengenali makanan sehat yang banyak dipengaruhi oleh budaya barat. Namun jauh sebelum itu, makanan di China mengalami sejarah perjalanan yang panjang selama jutaan tahun lamanya.

Menurut informasi dari travelchinaguide.com makanan di China dimulai pada zaman paleolitikum dimana pada saat itu makanan hanya didapat melalui perburuan. Pada sekitar 50.000 tahun silam, salah seorang leluhur dari Tiongkok, Suiren, menemukan cara memasak dengan melakukan pengeboran terhadap kayu untuk membuat api.

Berikut merupakan rincian perkembangan makanan China dari masa ke masa :

  • Dinasti Shang (10.000 – 1.000 SM )

Pada periode ini ditandai dengan makanan China yang masih berupa biji-bijian yang hanya dimakan sederhana tanpa bumbu. Nenek moyang orang China mengolah biji-bijian atau hasil bumi lainnya dengan cara digiling kasar menggunakan lesung tradisional.

  • Dinasti Zhou Barat (1046 – 771 SM)

Teknik memasak sudah mulai dikembangkan pada periode ini. Orang-orang di China memasak menggunakan teknik merebus, mengukus, memanggang, menggoreng.

  • Dinasti Zhou Timur (770 – 207 SM)

Selama periode ini terjadi banyak peperangan di berbagai negara bagian China. Makanan secara bertahap berkembang dalam gaya utara dan selatan.

  • Dinasti Han (202 SM – 220 M)

Selama periode dinasti Han, sayuran sudah banyak diperkenalkan. Zhang Qian yang merupakan pelopor jalur sutra pada dinasti ini memperkenalkan wortel, mentimun, delima, merica dan produk lainnya.

  • Dinasti Yuan (1271 – 1386)

Pada periode ini sudah diperkenalkannya makanan halal terutama makanan bergaya Mongolia. Hot pot daging kambing pertama kali diciptakan oleh Kubilai Khan yang merupakan seorang kaisar yang berasal dari dinasti Yuan.

  • Dinasti Ming (1368 – 1644)

Di periode ini, makanan China mengalami perkembangan terutama pada makanan yang mewah untuk lingkungan pengadilan.

  • Dinasti Qing (1644 – 1911)

Dinasti Qing terdapat beberapa hidangan daerah yang khas dan memiliki gayanya sendiri. Terdapat 4 masakan dari daerah yang berbeda seperti masakan Zhejiang, Fujian, Hunan, dan Anhui.

  • Makanan China Era Modern

Setelah mengalami perkembangan makanan selama jutaan tahun, kemudian makanan di China mengalami perkembangan dari masa ke masa. Di era modern ini, orang Tionghoa lebih memperhatikan makanan berdasarkan gizi hingga keperluan diet.

Karena negara China adalah sebuah negara yang besar, maka selain budaya dan tradisinya yang beragam, setiap makanan tradisional yang ada di China juga tentunya memiliki ciri khas masing-masing.

MAKANAN CHINA – PERBEDAAN MAKANAN SETIAP WILAYAH

  1. China Utara

Ciri khas makanan di wilayah Utara adalah makanan yang terbuat dari bahan tepung seperti Roti hingga sajian mie. Di wilayah Utara banyak terdapat kelompok muslim sehingga tidak sulit untuk menemukan menu halal karena pada dasarnya masyarakat di wilayah Utara mengkonsumsi daging (sapi, ayam, kambing). Ada juga menu yang berasal dari laut yang terletak di Provinsi Shandong.

2. China Barat – Makanan Khas Tibet, Xinjiang

Xinjiang merupakan wilayah multi etnis sehingga tidak heran jika makanan di daerah ini sangat bervariasi. Metode memasaknya kebanyakan dengan menggoreng, mengukus dan merebus.

3. China Pusat

Wilayah Pusat merupakan salah satu wilayah yang memiliki keunikan terutama untuk makanan khasnya. Wilayah yang populer di wilayah Pusat adalah Provinsi Sichuan yang terkenal akan “Merica Sichuan”.

Teknik pengawetan makanan juga terkenal di wilayah Pusat dengan banyak ditemukannya petani-petani yang mengawetkan hasil panen menjadi acar sayuran atau tahu.

4. China Timur

Wilayah bagian Timur China adalah Shanghai, Hangzhou, Nanjing, Xiamen dengan ciri khas makanan manis. Masakan di wilayah Timur biasanya banyak menggunakan gula, anggur (wine cooking) cuka dan kecap.

5. China Selatan

Wilayah bagian Selatan China seperti Yunnan, Guizhou, dan Hunan memiliki makanan khas dengan cita rasa pedas dan asam. Masyarakat di wilayah ini umumnya membuat minyak, anggur beras dan kue ketan hingga daging asap sendiri untuk disimpan beberapa waktu ke depan sebagai bahan makanan.

MAKANAN KHAS NEGARA CHINA

Berikut merupakan rekomendasi makanan khas negara China menurut Chinahighlights.com dan purewow.com yang wajib anda coba ketika anda pergi mengunjungi negara tersebut.

  1. Bebek Peking

makanan china - bebek peking

via flickr.com

Bebek peking atau Beijing Kaoya merupakan hidangan tradisional yang terkenal di daerah Beijing. Bebek peking disukai karena tekstur kulitnya yang tipis dan renyah. Makanan China yang terkenal ini menjadi menu favorit bagi para wisatawan asing.

Biasanya bebek peking disajikan dengan saus kacang yang manis atau kecap asin yang diberi taburan bawang putih halus. Pada awalnya, bebek peking merupakan makanan tradisional China yang hanya di hidangkan untuk makanan kerajaan saja.

Hingga pada tahun 1970-an makanan ini dijadikan sebagai makanan nasional China yang pertama kali disajikan oleh Perdana Menteri pertama di China yaitu Menteri Zhou Enlai. Ketika anda mengunjungi negara China jangan lupa untuk mencicipi makanan tradisional ini ya!

  1. Ayam Kung Pao

makanan china - ayam kung pao

via flickr.com

Gongbao Jiding atau ayam kung pao merupakan makanan tradisional China selanjutnya yang harus anda coba. Makanan ini berasal dari Sichuan yang juga populer dikalangan wisatawan asing. Makanan ini merupakan ayam potong dadu yang terdiri dari cabai kering, mentimun, dan kacang tanah atau kacang mete goreng.

  1. Babi Asam Manis

makanan china - babi asam manis

via flickr.com

Makanan selanjutnya adalah babi asam manis atau orang lokal menyebutnya dengan Tangcu Liji. Makanan ini memiliki cita rasa asam dan manis. Tidak hanya daging babi saja yang dapat dijadikan sajian menu asam manis, kini makanan ini dapat diganti dengan daging ayam, sapi atau yang lain.

  1. Hot Pot

hot pot

via flickr.com

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Akhir-akhir ini Hot pot juga menjadi sangat populer di Indonesia. Hot pot berasal dari provinsi Sichuan dan Chongqing dimana biasanya makanan ini merupakan makanan disaat musim dingin.

Hot pot adalah makanan berkuah dan berkaldu yang disajikan diatas panci panas yang mendidih yang berisikan banyak sekali sayuran hingga daging-dagingan. Hot pot biasanya disajikan untuk dimakan secara Bersama-sama dengan anggota keluarga, teman atau dengan orang banyak lainnya.

  1. Dim Sum

dim sum

via flickr.com

Dim sum merupakan makanan umum yang ditemukan di bagian wilayah China kanton. Makanan ini merupakan jenis makanan pangsit yang memiliki isi seperti sayur dan juga daging. Jika di Indonesia dim sum kebanyakan dijual dalam bentuk pangsit saja, tahukah anda dim sum juga banyak jenisnya loh!

Roti gulung, kue, daging, hingga makanan laut umumnya juga termasuk dim sum. Dim sum berasal dari kota Guangzhou, biasanya dim sum dimakan saat minum the atau atau sarapan dan juga dimakan saat pertemuan keluarga.

  1. Dumpling

dumpling

via flickr.com

Jiaozi atau dumpling adalah makanan tradisional populer selanjutnya. Makanan ini banyak ditemukan di wilayah China Utara. Dumpling adalah kulit pangsit yang didalamnya terdapat daging cincang atau sayuran cincang yang dibungkus.

Daging cincang yang biasanya terdapat didalam dumpling adalah daging babi, udang, ayam, sapi dan lain-lain. Dumpling merupakan makanan umum yang dijumpai ketika perayaan imlek, dan makanan ini memiliki filosofi sebagai makanan yang melambangkan rezeki.

  1. Tahu Ma Po

tahu ma po

via flickr.com

Makanan tradisional China yang satu ini berasal dari provinsi Sichuan. Ini merupakan makanan yang terdiri dari kembang tahu yang disajikan Bersama daging cincang dalam saus yang pedas. Sausnya terbuat dari kacang hitam yang difermentasi bersamaan dengan pasta cabai.

  1. Choudoufu – Tahu Busuk

tahu busuk

via flickr.com

Makanan unik khas China yang satu ini juga sangat terkenal. Seperti Namanya, tahu ini memiliki bau yang sangat menyengat karena difermentasi dalam waktu yang lama dan dikatakan jika baunya semakin menyengat, maka rasanya akan semakin enak! Bagaimana apak anda tertarik dengan makanan unik khas China yang satu ini?

  1. Congee – Bubur China

congee

via flickr.com

Makanan ini sering disebut dengan baizhou atau yang dikenal dengan bubur. Di Indonesia umumnya bubur bukan hanya makanan untuk orang sakit saja, namun bisa dimakan sebagai menu sarapan. Bubur yang ada di China biasanya disajikan untuk orang sakit .

  1. Sup Wonton

wonton soup

via flickr.com

Jika umumnya pangsit dimakan dengan cara dicelupkan kedalam saus atau kecap asin, pangsit wonton disajikan dengan menggunakan kaldu yang gurih. Kaldu wonton biasanya berasal dari daging babi, ayam atau ham China dengan wangi rempah dan anda juga akan menemukan mie serta kubis di dalam sup wonton.

Bagaimana artikel kali ini mengenai makanan China yang khas dan unik? Seperti yang sudah di jelaskan diawal, seperti di Indonesia, China juga merupakan negara yang besar dimana setiap wilayahnya memiliki kuliner yang khas.

Apakah anda tertarik dan memiliki plan untuk sekedar berlibur ke China atau melanjutkan Pendidikan ke Negara dengan ragam budaya dan makanan yang unik tersebut? sebelum memiliki plan ke negara China, ada baiknya untuk belajar mengenai budaya maupun bahasa nya agar anda dapat menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan warga lokal.

Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam Legalisasi dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke China. Kami merupakan perusahaan penerjemah Nomor 1 di Indonesia yang juga melayani jasa Legalisasi dokumen bahasa asing anda.

Kami mempermudah pengurusan dokumen dan paspor anda sesuai dengan negara tujuan anda, segera hubungi tim marketing kami melalui website resmi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Jasa Legalisasi Dokumen Terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.