10 Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Jepang

10 Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Jepang

10 Makanan Khas Jepang yang Wajib Dicoba Saat Berlibur di Jepang

makanan jepang

Pic by fun-japan

Makanan khas Jepang merupakan berbagai jenis hidangan yang berasal dari Jepang dan telah menjadi sangat populer di seluruh dunia. Makanan ini terkenal karena rasa dan presentasinya yang menarik, serta bahan-bahan berkualitas tinggi dalam setiap hidangan. Juga memiliki nilai budaya yang penting, dan sering kali terkait dengan tradisi dan upacara.

Sejarah

Sejarah makanan Jepang sangat kaya dan berasal dari berbagai faktor, termasuk pengaruh budaya asing dan kebiasaan makan lokal. Berikut adalah beberapa titik penting dalam sejarah Jepang:

1. Abad ke-4 hingga ke-8

makanan jepang

Pic by slideplayer

Pada periode ini, Jepang mulai mengadopsi budaya Tiongkok dan makanan Tionghoa, seperti nasi dan mie, mulai menjadi populer.

2. Abad ke-9 hingga ke-12

makanan jepang

Pic by worldhistory

Pada periode Heian, makanan mulai berkembang dengan cara yang lebih unik. Orang Jepang mulai mengekstraksi dashi (kaldu ikan) sebagai dasar dari banyak hidangan Jepang, dan penggunaan bahan-bahan seperti alga laut, jamur, dan tahu semakin umum.

3. Abad ke-16 hingga ke-19

makanan jepang

Pic by jepang-indonesia.co.id

Pada periode Edo, Jepang mengalami masa perdamaian yang relatif panjang, dan kebiasaan makan mulai berkembang. Orang Jepang mulai menikmati hidangan yang disajikan dalam potongan kecil, seperti sushi dan tempura. Selain itu, kebiasaan makan bersama-sama di warung makan dan restoran mulai menjadi populer.

4. Abad ke-20 hingga saat ini

makanan jepang

Pic by japan-academy

Pada periode ini, kebiasaan makan Jepang semakin global. Restoran sushi dan ramen menjadi populer di seluruh dunia, dan pengaruh makanan Jepang dapat ditemukan di berbagai tempat, dari makanan cepat saji hingga masakan yang dihidangkan dengan mewah.

10 Makanan Jepang yang Paling Terkenal di Dunia

Makanan Jepang sangat beragam dan memiliki banyak hidangan yang terkenal di seluruh dunia. Beberapa makanan yang paling terkenal di Jepang antara lain:

1. Sushi

sushi

Pic by honestdocs

Sushi merupakan hidangan yang terdiri dari nasi yang dicampur dengan cuka beras dan dibentuk menjadi gumpalan kecil, yang kemudian dilengkapi dengan berbagai bahan, seperti ikan segar, kerang, atau sayuran. Sushi biasanya disajikan dengan wasabi, kecap kedelai, dan jahe.

2. Ramen

ramen

Pic by masakapahariini

Ramen merupakan mie Jepang yang disajikan dalam kaldu yang gurih, yang biasanya terbuat dari tulang babi atau ayam. Ramen biasanya disajikan dengan daging sapi atau ayam, telur, sayuran, dan rempah-rempah.

3. Tempura

tempura

Pic by Okezone

Tempura merupakan hidangan gorengan yang terdiri dari bahan-bahan seperti udang, sayuran, dan ikan yang dilumuri dengan adonan tepung terigu dan telur sebelum digoreng hingga renyah.

4. Udon

udon

Pic by justonecookbook

Udon merupakan mie Jepang yang terbuat dari tepung terigu dan air, yang biasanya disajikan dalam kuah kaldu atau digoreng dan disajikan dengan berbagai bahan seperti daging, telur, dan sayuran.

5. Shabu-shabu

Shabu-shabu

Pic by femina

Shabu-shabu adalah hidangan yang terdiri dari irisan tipis daging sapi atau ayam yang direbus dalam kuah kaldu bersama dengan sayuran segar. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus ponzu atau saus goma (kedelai panggang).

6. Okonomiyaki

Okonomiyaki

Pic by Wikipedia

Okonomiyaki adalah hidangan pancake Jepang yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan dengan berbagai bahan lainnya seperti daging, udang, sayuran, dan saus okonomiyaki.

7. Miso sup

miso sup

Pic by Okezone

Miso sup adalah sup Jepang yang terbuat dari kaldu dashi, pasta miso, dan bahan-bahan seperti tahu, daun bawang, dan rumput laut. Sup ini biasanya menjadi hidangan pembuka.

8. Matcha

matcha

Pic by lifebuoy

Matcha adalah teh hijau bubuk yang berasal dari daun teh hijau. Biasanya matcha hadir dalam upacara minum teh tradisional Jepang dan juga sering menjadi bahan utama dalam pembuatan kue dan lainnya.

9. Wagyu

wagyu

Pic by berkeluarga

Wagyu adalah daging sapi Jepang yang terkenal karena kelezatannya dan lemaknya yang lembut. Daging sapi ini berasal dari sapi yang diberi makan dengan pakan khusus dan diurut secara teratur untuk menjaga kelembutannya.

10. Sashimi

sashimi

Pic by Kompas

Sashimi adalah hidangan irisan daging ikan atau daging mentah lainnya yang biasanya menyajikannya dengan wasabi dan kecap kedelai.

Tata Cara Orang Jepang Saat Makan

Setelah kita mengetahui sejarah makanan Jepang, dan 10 makanan Jepang yang paling terkenal di dunia. Tak lengkap rasanya jika belum mengetahui tata cara orang Jepang saat makan. Berikut adalah beberapa tata cara makan orang Jepang yang berbeda dengan tata cara di negara lain:

1. Makan dengan Sumpit (Hashi)

Sumpit adalah alat makan utama di Jepang dan berfungsi untuk mengambil makanan dari piring atau mangkuk. Memegang sumpit harus di antara jari telunjuk dan jari tengah, sedangkan menempatkan jari manis harus di bawah sumpit sebagai penyangga. dan tidak menggunakan jari kelingking saat makan dengan sumpit.

2. Mengucapkan “Itadakimasu” sebelum Makan

Itadakimasu adalah ucapan sebelum memulai makan sebagai tanda rasa syukur dan penghargaan kepada orang yang menyediakan makanan dan alam semesta.

3. Menjaga Postur Tubuh

Orang Jepang selalu menjaga postur tubuh saat makan, seperti duduk dengan tegak atau membungkuk sedikit ke arah makanan.

4. Menjaga Kebersihan

Kebersihan sangat penting dalam budaya makan Jepang. Orang Jepang selalu mencuci tangan mereka sebelum makan dan tidak menyentuh makanan dengan tangan yang kotor.

5. Menyajikan Makanan secara Estetis

Menyajikan makanan di Jepang harus dengan cara yang estetis, dengan warna, tekstur, dan bentuk yang menarik untuk memperindah tampilannya. Sehingga, tidak jarang untuk membuat makanan di Jepang dengan cara sedemikian rupa agar terlihat cantik dan menarik bagi mata.

6. Tidak Makan sambil Berjalan

Di Jepang, tidak boleh memakan makanan sambil berjalan, karena mereka menggangap itu tidak sopan. Orang Jepang selalu duduk untuk makan dan memberi perhatian penuh pada makanan mereka.

Itulah tata cara makan orang Jepang mencerminkan nilai-nilai budaya yang penting, seperti rasa syukur, kebersihan, dan estetika. Hal ini juga menunjukkan pentingnya kesadaran dan penghargaan terhadap makanan serta lingkungan di sekitar kita.

Apa yang Bisa Kami Bantu?

Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan khas Jepang secara langsung ke negaranya ada hal-hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Seperti, Anda harus mempersiapkan Paspor dan Visa untuk bisa mengunjungi Jepang.

Kami siap membantu Anda dalam hal legalisasi dokumen yang wajib ada untuk dapat mengunjungi Jepang. Tidak perlu risau, layanan kami sudah bersertifikat dengan mendapatkan SK Gubernur dan Kemenkumham. Jadi sudah menjamin memberikan layanan yang bersifat resmi.

Tunggu apalagi! Segera serahkan dokumen Anda kepada kami untuk bisa mengunjungi Jepang secara langsung. Anda bisa langsung saja mengunjungi layanan kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *