10 Rekomendasi Universitas Terbaik di China Tahun 2022

Negara China selain terkenal karena menjadi negara dengan populasi terbanyak di dunia, juga terkenal akan pendidikannya. Karena posisinya sebagai negara besar, maka banyak sekali terdapat sekolah hingga universitas terbaik di China sehingga tidak heran jika negara ini banyak menyumbang sebagian besar Pendidikan yang ada di dunia.

China adalah rumah bagi beberapa universitas bergengsi yang memiliki peringkat teratas dan juga reputasi universitas kelas dunia. Ingin belajar di salah universitas terbaik di China?

universitas terbaik di China

via flickr.com

Pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi kepada anda seputar universitas terbaik yang ada di China. Sehingga informasi ini dapat anda jadikan referensi Pendidikan bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah ke China.

Ada beberapa penilaian yang menjadi kriteria mengapa sebuah universitas dapat dikategorikan sebagai universitas terbaik di China, seperti penilaian yang dilakukan oleh THE atau Times Higher Education dan juga dari QS atau Quacquarelli Symonds.

Kriteria penilaian universitas terbaik di China berdasarkan THE. Dalam hal ini THE memberikan peringkat kepada universitas-universitas yang ada di China kedalam lima indikator sebagai berikut :

Metode mengajar – 30 % (Termasuk lingkungan belajar)

Riset – 30 % (Volume, Pendapatan, Reputasi Kampus)

Kutipan – 30 % (Pengaruh penelitian)

Pandangan internasional – 7,5 % (Mencakup Staf, mahasiswa, penelitian)

Pendapatan industri – 2,5 % (Transfer pengetahuan)

Sedangankan untuk kriteria penilaian yang dilakukan oleh QS World University Rangking.

 mencakup enam indikator. Kriteria penilaian QS adalah sebagai berikut :

Tinjauan sejawat akademik – 40 % >>> berdasarkan survei yang dilakukan oleh akademik global internal

Rasio fakultas & Mahasiswa – 20 % >>> berdasarkan metode pengajaran

Kutipan per fakultas – 20 % >>> berdasarkan pengukuran dampak dari penelitian

Reputasi pemberi kerja – 10 % >>> dihitung berdasarkan survei pada pemberi kerja lulusan universitas

Rasio siswa internasional – 5 % >>> berdasarkan ukuran keragaman mahasiswa

Rasio staf internasional – 5 % >>> berdasarkan ukuran keragaman staf akademik universitas.

Kami akan memberikan informasi mengenai universitas terbaik di China oleh laman kvsangathan.com berdasarkan kriteria penilaian yang dilakukan oleh QS World University Rangking.

DAFTAR UNIVERSITAS DI CHINA 

  1. Harbin University of Technology

Skor Universitas : 39.6

Lokasi : Beijing, China

Website : www.hit.edu.cn

Insitut Teknologi Harbin merupakan salah satu universitas tertua yang ada di China yang didirikan pada tahun 1920. Institute ini memiliki 3 lokasi kampus yang berbeda yaitu kampus Harbin di Provinsi Heilongjiang, kampus Weihai di Provinsi Shandong dan kampus Shenzen yang berlokasi di Provinsi Guangdong.

Ada beberapa jurusan yang ditawarkan di institute ini seperti Teknik Kimia, Teknologi Komputer, Teknik Mesin dan juga Teknik Mesin Dirgantara. Institut ini memiliki kapasitas yang cukup kuat akan ilmu pengetahuan dan sejumlah inovasi terutama dalam bidang teknologi.

  1. Wuhan University

Skor Universitas : 40.4

Lokasi : Wuhan, China

Website : www.Whu.edu.cn

Diurutan ke-9 ada universitas Wuhan yang menjadi universitas terbaik di China oleh QS World University Rangking. Berlokasi di distrik Wuchang, Wuhan, Hubei, China dan didirikan pada tahun 1893 oleh Zhang Zhidong.

Pada tahun 1946, universitas ini berkembang dan memiliki beberapa jurusan dalam bidang Hukum, Ilmu Pengetahuan, Teknik, Pertanian, dan Kedokteran. Pada tahun 2000-an, universitas Wuhan memiliki beberapa universitas lainnya seperti Universitas Teknik Hidrolik dan Listrik Wuhan, Universitas Kedokteran Hubei.

Universitas di Wuhan telah berkembang dan menjadi salah satu universitas yang memiliki pengaruh besar di China, sehingga membuatnya menjadi universitas incaran calon mahasiswa yang ada di China. Hanya ada sekitar 1% siswa sekolah di China saja yang dapat diterima masuk ke universitas bergengsi ini.

Jurusan yang ditawarkan pun beragam seperti Sastra China, Sasta Inggris, Manajemen, Ekonomi, Teknik Komputer, Ilmu Kedokteran, Teknik Pemeliharaan Air dan Tenaga Air, Ilmu Komunikasi dan lain-lain.

  1. Tongji University

Skor Universitas : 42.5

Lokasi : Shanghai, China

Website : www.tongji.edu.cn

Universitas Tongji dulunya bernama Tongji German Medical School dan didirikan pada tahun 1907 kemudian menjadi universitas negeri yang ada di China pada tahun 1927. Universitas menjadi salah satu universitas paling bergengsi yang ada di China dan telah menarik banyak minat pelajar yang ada disana.

Universitas ini memiliki hubungan dekat dengan beberapa sector industri yang ada di China sehingga tidak heran jika lulusan dari universitas Tongji banyak dicari oleh para pengusaha yang ada di China.

Program studi yang ditawarkan di universitas ini antara lain adalah Akuntansi, Manajemen Administrasi, Kimia Analitik, Animasi, Kimia Terapan, Arsitektur, DKV, Broadcasting, Filsafat China, Teknik Sipil, Teknologi Pendidikan dan masih banyak lagi.

  1. Nanjing University

Skor Universitas : 54.2

Lokasi : Nanjing, China

Website : www.nju.edu.cn

Universitas ini didirikan pada tahun 1902 bersamaan dengan Sanjiang School yang kemudian berkembang menjadi Liangjiang School, Sekolah Tinggi Nanjing, Universitas Zhongsan dan Universitas Pusat Nasional.

Saat ini universitas Nanjing terdiri dari 2 kampus utama yang terletak di Gulou dan Pukou dengan luas wilayah sekitar 600 hektar. Sejak reformasi yang terjadi di China, universitas Nanjing secara bertahap mengalami perkembangan terutama dalam program studi yang mencakup Ilmu Sosial, Ilmu Alam, Ilmu Teknologi, Teknik dan Ilmu Manajemen.

Ada beberapa program studi yang ditawarkan oleh universitas Nanjing bagi anda mahasiswa internasional seperti Bahasa China, Sejarah, Arkeologi, Filosofi, Jurnalistik, Ilmu Perpustakaan, Sosiologi, Psikologi Terapan, Marketing, Akuntansi, Ekonomi, Matematika Terapan, Teknik Telekomunikasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. University of Science and Technology of China (USTC)

Skor Universitas : 60.1

Lokasi : Hefei, China

Website : www.ustc.edu.cn

Universitas terbaik di China selanjutnya adalah USTC yang terletak di Provinsi Anhui, Hefei, China. Didirikan pada tahun 1958 dan memiliki lima kampus utama yang berada didalam kota. Universitas ini memiliki banyak mahasiswa internasional yang juga mengikuti beasiswa yang diselenggarakan oleh USTC.

Ada tiga sumber utama beasiswa yang ditawarkan seperti Beasiswa USTC, Beasiswa Pemerintah China atau beasiswa yang ditawarkan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan China.

  1. Shanghai Jiao Tong University (SJTU)

Skor Universitas : 75.6

Lokasi : Shanghai, China

Website : www.sjtu.edu.cn

Didirikan pada tahun 1896 dengan nama sebelumnya adalah Universitas Nanyang, SJTU juga masuk kedalam universitas bergengsi yang ada di China. Bahasa pengantar utama adalah bahasa Mandarin akan tetapi ada banyak juga bahasa internasional lainnya yang digunakan di universitas ini.

Program studi yang ditawarkan adalah Ekonomi, Hukum, Sains, Teknik, Kedokterab, Manajemen, Seni dan lain-lain.

  1. Zhejiang University

Skor Universitas : 77.4

Lokasi : Hangzhou

Website : www.zju.edu.cn

Diurutan ke-4 ada universitas Zhejiang yang terletak di Hangzhou, China yang merupakan kota paling indah di China. Universitas ini didirikan pada tahun 1897 dan hingga kini tercatat memiliki mahasiswa sekitar 53.673.

Ada beberapa jurusan yang ditawarkan oleh universitas Zhejiang diantaranya adalah Sosiologi, Ilmu Politik, Geografi, Matematika dan Statitistika, Fisika dan Astronomi, Kimia, Biologi, Hukum, Psikologi, Kedokteran Gigi, Akuntansi, Teknik Sipil dan masih lagi yang lainnya.

  1. Fudan University

Skor Universitas : 82.6

Lokasi : Shanghai, China

Website : www.fudan.edu.cn

Diposisi ke-3 datang dari universitas Fudan yang terletak di Shanghai,China. Didirikan pada tahun 1905 dengan luas wilayah kampus sekitar 2.500.000 meter persegi yang terbagi menjadi 4 kampus : Handan, Fenglin, Jiangwan dan Zhangjiang.

Fudan memiliki 4.000 mahasiswa luar negeri yang dari berbagai penjuru dunia untuk belajar di universitas Fudan. Umumnya setiap mahasiswa sarja menghabiskan 2 tahun pertama untuk Pendidikan umum dan 3 tahun mahasiswa diberikan fasilitas untuk mempelajari minat mereka masing-masing.

Ada beberapa program studi yang ditawarkan di Fudan seperti Periklanan, Kimia Terapan, Bisnis China, Bioteknologi, Bisnis dan Administrasi, Ilmu Komunikasi dan lain-lain.

  1. Peking University

Skor Universitas : 88.8

Lokasi : Beijing, China

Website : www.english.pku.edu.cn

Universitas Peking didirikan pada tahun 1898 sebagai pengganti dari sekolah kuno, Guozijian Imperial College.

Kampus universitas utama berada di bekas situs taman kekaisaran Dinasti Qing dan dengan demikian menampilkan lansekap bergaya tradisional Tiongkok, termasuk rumah tradisional, taman, pagoda, serta banyak bangunan dan struktur bersejarah yang terkenal. Danau Weiming berada di utara kampus dan dikelilingi oleh jalan setapak dan taman kecil.

Program studi andalan yang paling banyak diminati di universitas ini adalah Kimia, Teknik dan Teknologi, Pendidikan, Seni, Ekonomi Bisnis, Geografi dan lain-lain.

1.Tsinghua University

Skor Universitas : 89

Lokasi : Beijing, China

Website : www.tsinghua.edu.cn

Diurutan pertama ditempati oleh universitas Tsinghua yang terletak di kota Beijing China. Kampus Universitas Tsinghua terletak di barat laut Beijing, di distrik Haidian, di bekas lokasi taman kerajaan Dinasti Qing.

Didirikan pada tahun 1911 dengan tujuan utama sebagai sekolah persiapan untuk mahasiswa yang ingin ke luar negeri.

Di kampus, mahasiswa menyibukkan diri dengan lebih dari sekadar studi akademis (walaupun beban kerja yang berat membuat belajar selalu menjadi prioritas). Ada lebih dari 110 klub dan asosiasi mahasiswa yang mencakup minat seperti sains dan teknologi, kesehatan dan kebugaran, humaniora, seni, dan kesejahteraan masyarakat.

Apakah anda tertarik dan memiliki plan untuk melanjutkan Pendidikan ke Negara dengan ragam budaya dan makanan yang unik tersebut? sebelum memiliki plan ke negara China, ada baiknya untuk belajar mengenai budaya maupun bahasa nya agar anda dapat menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan warga lokal.

Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam Legalisasi dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke China. Kami merupakan perusahaan penerjemah Nomor 1 di Indonesia yang juga melayani jasa Legalisasi dokumen bahasa asing anda.

Kami mempermudah pengurusan dokumen dan paspor anda sesuai dengan negara tujuan anda, segera hubungi tim marketing kami melalui website resmi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Jasa Legalisasi Dokumen Terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *