11 Fakta Unik Kuil Angkor Wat Yang Wajib Kamu Tahu!

Mungkin sebagian dari anda hanya mengetahui anggota negara yang merupakan bagian dari ASEAN seperti Malaysia, Thailand dan Indonesia saja. Salah satu negara yang menjadi anggota ASEAN adalah negara Kamboja. Sama seperti halnya dengan negara anggota lainnya, Kamboja juga memiliki budaya yang beragam hingga tempat wisata yang ikonik. Angkor wat atau kuil umat hindu merupakan tempat wisata sekaligus situs bersejarah bagi negara Kamboja yang terkenal hingga ke manca negara.

angkor wat

via flickr.com

Kuil ini menawarkan sejumlah ragam keindahan bangunan khususnya kuil ini termasuk kedalam kuil dengan desain kuno bergaya agama Hindu. Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai sejarah kuil Angkor wat hingga fakta menarik apa saja yang ada di dalam kuil tersebut. Simak informasi dibawah ini.

SEJARAH ANGKOR WAT

Kuil Angkor Wat adalah salah satu tempat wisata yang menjadi incaran bagi orang di dunia. Kuil ini terdiri dari 5 menara utama yang dimana masing-masing Menara dipahat dengan teknik yang rumit. Bangunan kuil ini dibangun dengan menggunakan gaya khmer yang dikelilingi oleh parit besar dan tembok tinggi.

Kota fenomenal ini didirikan pada abad ke-9 yang dimana pada saat itu dipimpin oleh Raja Khmer Yashovarman pertama dimana Kota tersebut masih berupa pemukiman desa kecil. Kekaisaran kuil ini membentang dari China Utara pada bagian Selatan, Vietnam yang berada di wilayah Barat dan Vietnam di sebelah Timur.

Kuil tersebut terletak di negara Kamboja tepatnya di wilayah Siem Reap, Kamboja Utara. Angkor Wat sebelumnya merupakan kuil aktif yang dipakai untuk tempat beribadah, meskipun tidak lagi menjadi kuil aktif, kuil ini sekarang dialih fungsikan menjadi objek wisata penting di Kamboja.

Pada awalnya kuil ini merupakan milik tempat ibadah umat Hindu pada awal abad ke-12, namun kuil tersebut berubah menjadi tempat ibadah umat Buddha pada akhir abad ke-12. Angkor Wat terdiri dari dua bahasa Khmer, Angkor artinya adalah “Ibu Kota” sedangkan Wat berarti “Kuil” dimana nama Angkor Wat berarti kuil yang terletak di Ibu Kota.

Sebelum dijadikan sebagai situs politik hingga tempat wisata kebudayaan, kuil ini aktif digunakan oleh umat Buddha hingga tahun 1800-an. kuil Kamboja didirikan oleh Raja Kamboja pada abad ke-12 yang bernama Raja Suryavarman II yang memerintah pada 1113-1150 M. luas wilayah kuil tersebut mencapai 400 hektar dan disebut sebagai titik tertinggi arsitektur di kota Khmer.

Kota Khmer yang menjadi wilayah kuil pada saat itu digunakan sebagai pusat kerajaan dinasti Raja Khmer yang dimana dalam masa kepimpinannya merupakan salah satu kerajaan yang besar, Makmur dan juga paling canggih dalam sejarah Asia Tenggara. Dalam  sejarah menyebutkan bahwa membutuhkan waktu sekitar 3 dekade atau 30 tahun membangun kuil.

Masyarakat Khmer pada saat itu memiliki kepercayaan animism dimana mereka percaya bahwa makhluk halus hidup berdampingan dengan alam semesta. Sehingga dalam hal ini kuil-kuil dibangun yang dihiasi dengan ukiran batu halus dan yang paling terkenal adalah kuil Angkor Wat. 

Menurut informasi dari https://www.livescience.com/23841-angkor-wat.html kuil dikelilingi oleh parit selebar 200 meter dengan panjang jalur sekitar 5 Km. baru-baru ini para arkeolog menemukan sisa-sia Menara yang terdapat di kuil dengan jumlah 8 menara yang terbuat dari bahan batu dan pasir di sebelah Barat gerbang masuk Angkor Wat.

Para arkeolog meyakini penemuan Menara-menara tersebut merupakan Menara sisa untuk pembangunan kuil yang belum selesai. Para arkeolog yang menemukan lukisan tersembunyi yang terletak di pusat Menara kuil. 

Setelah lama menjadi kuil umat Buddha, pada akhirnya Angkor Wat diambil alih oleh Perancis pada abad ke-19 yang kemudian Perancis melakukan sejumlah restorasi terhadap bangunan Angkor Wat setelah rusak akibat bangunan lapuk termakan usia dan juga akibat dari tumbuhnya hutan yang berada disekitar bangunan kuil. 

Sebelum dikuasai oleh Perancis, kuil ini juga sempat menjadi incaran kerajaan Thailand. Orang Thailand mulai menguasai wilayah Khmer yang luas termasuk wilayah kuilnya juga tak luput dari incaran kekuasaan. Para sejarawan percaya jika kuil dijarah oleh kerajaan Thailand yaitu Ayutthaya yang pada dasarnya adalah penerus dari kerajaan Sukhothai, Thailand. 

Selama masa kolonial Perancis, Angkor Wat terus menjadi bahan rebutan hingga upaya tersebut akhirnya terhenti pada tahun 1970-an akibat perang saudara yang jatuh ke tangan Khmer merah. Hingga pada tahun 1992, kuil Angkor Wat ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan budaya dunia.

Hingga saat ini lambing Angkor Wat dijadikan sebagai lambing nasional negara Kamboja yang juga dijadikan sebagai simbol di dalam bendera nasional Kamboja. 

FAKTA MENARIK ANGKOR WAT

  1. Kuil Angkor Wat menjadi lambang resmi negara Kamboja

Sejak tahun 1850-an, kuil dijadikan sebagai lambang bendera negara bagi Kamboja, pemerintah dan masyarakat ingin menunjukan kesan kebanggaan yang luar biasa terhadap monument kuno tersebut. Kebanggaan lainnya mereka tampilkan juga melalui mata uang nasional dengan menempatkan Angkor Wat kedalam mata uang Riel (mata uang Kamboja)

2. Angkor Wat digunakan dalam 2 agama yang berbeda

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya pada sejarah kuil Angkor Wat, kuil ini dijadikan sebagai tempat beribadah bagi 2 jenis agama berbeda yaitu Buddha dan Hindu

3. Kuil dibangun sebagai simbol representasi dari Gunung Meru

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari https://www.odynovotours.com/travel-blog/mind-blowing-facts-about-angkor-wat.html kuil negara Kamboja ini dibangun sebagai bentuk representasi dari Gunung Meru yang merupakan Gunung mitologi agama Hindu. Dikatakan bahwa Gunung tersebut merupakan tempat tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa

4. Sekitar 5 juta ton batu pasir digunakan dalam pembuatan kuil

Dalam sejarah dikatakan batu pasir tersebut diambil dari gunung suci Phnom Kulen yang jaraknya sekitar 50 Km dari situs kuil. Setiap blok pasir yang diangkat memiliki berat sekitar 1.500 kilogram dan menurut para sejarawan blok pasir diangkat menggunakan kanal menuju ke Sungai Siem Reap

5. Pembangunan Angkor Wat dibangun sekitar 30 tahun dengan bantuan 6.000 gajah

6. Setiap dinding kuil terdapat cerita tentang dewa

Relief pada dinding mewakili cerita para dewa dan tokoh penting dalam agama Hindu dan Buddha dan peristiwa lainnya 

7. Patung kuil kebanyakan menghadap ke Barat

Ketika anda pergi mengunjungi kuil ini, tidak usah heran lagi jika melihat patung-patung disana menghadap ke arah Barat sebab patung-patung tersebut berkaitan dengan Wisnu, dewa kepercayaan umat Hindu. 

8. Angkor Wat sering disebut juga dengan “Pisnulok” oleh orang-orang Khmer

9. Kuil merupakan merupakan monument agama terbesar di dunia untuk saat ini

10. Angkor Wat merupakan contoh arsitektur klasik milik Khmer

11. Kuil ini memancing rasa penasaran para turis dunia karena kisahnya mengenai pengadukan Lautan susu yang ada dalam sejarahnya

Itulah informasi yang kami sajikan mengenai keunikan Angkor Wat  yang ada di Kamboja, apakah anda tertarik dan memiliki plan untuk sekedar berlibur ke Kamboja atau melanjutkan Pendidikan ke Negara dengan banyak tempat wisata unik tersebut? Sebelum memiliki plan ke Kamboja ada baiknya untuk belajar mengenai budaya maupun bahasa nya agar anda dapat menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan warga lokal. 

Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam terjemahan dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berbisnis atau studi Pendidikan ke Italia. Tidak hanya membantu anda dalam urusan legalisir dokumen, kami juga memiliki penerjemah tersumpah bahasa bahasa asing lainnya. Translator kami merupakan translator terpercaya dan sudah mendapat pengakuan atau legalisasi bersertifikat. Kami mempermudah pengurusan dokumen dan paspor anda sesuai dengan negara tujuan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *