3 Beasiswa Inggris Bisa Bawa Kamu Kuliah 100% Gratis!

3 Beasiswa Inggris Bisa Bawa Kamu Kuliah 100% Gratis!

3 Beasiswa Inggris Bisa Bawa Kamu Kuliah 100% Gratis!

Melanjutkan kuliah ke luar negeri sudah menjadi impian banyak pelajar maupun mahasiswa Indonesia belakangan ini. Faktanya, United Kingdom (UK) adalah salah satu negara yang cukup populer menjadi tujuan pelajar Indonesia untuk melanjutkan belajarnya. Di sana juga tersedia beberapa beasiswa untuk mahasiswa internasional loh. Cari tahu yuk 3 beasiswa Inggris yang 100% gratis.

 

Mengapa Memilih Inggris Sebagai Destinasi Kuliah

Meski letaknya di benua Eropa dengan iklim yang berbeda dengan Indonesia, Inggris Raya tetap menjadi primadona negara tujuan untuk menimba ilmu. Inggris dan universitas – universitasnya memiliki reputasi yang tak terbantahkan dalam hal keunggulan dan kualitas akademik. Dengan ribuan program studi yang tersedia untuk siswa, Inggris menjadi tujuan ideal selama beberapa dekade bagi lebih dari satu juta siswa internasional dari seluruh dunia. 

Inggris memiliki banyak bangunan sejarah, bisa jadi universitas tempat kalian belajar adalah salah satunya. Selama masa studi di Inggris kamu bisa mengunjungi monumen, kastil, katedral serta berbagai situs bersejarah lainnya. Inggris juga memiliki mutu pendidikan kelas dunia loh yang sudah diakui secara internasional. Berdasarkan QS World Ranking, 4 universitas di Inggris berhasil masuk dalam jajaran 10 universitas terbaik di dunia.

Negara ini pun menawarkan pendidikan intensif sehingga lebih hemat biaya dibandingkan dengan negara-negara lain. Jadi kalian bisa mendapatkan kualifikasi yang diakui secara internasional dan siap bekerja dalam waktu yang cukup singkat. Di sini pun kamu akan disajikan berbagai tempat wisata menarik yang bisa kalian kunjungi ketika hari libur. UK memiliki banyak kota bergaya klasik yang bisa kalian jadikan spot foto. Dijamin, kalian nggak akan bosan di sana.

 

Beasiswa Chevening Scholarship (S2)

3 beasiswa Inggris yang pertama, Chevening Scholarship. Chevening merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Inggris yang menawarkan kesempatan bagi calon pemimpin muda untuk melanjutkan studi ke Inggris. Beasiswa ini diberikan untuk melanjutkan studi S2 selama satu tahun di jurusan apapun dan di universitas manapun di Inggris. Faktanya, Chevening scholarship pertama kali diberikan pada tahun 1983 dan telah berkembang menjadi program internasional yang paling dicari hingga saat ini.

Kemudian, beasiswa ini diperuntukkan bagi orang – orang yang berbakat dan telah dikenali sebagai pemimpin masa yang potensial di berbagai bidang termasuk politik, bisnis, media, masyarakat sipil, agama dan akademisi. Chevening terdapat dua tipe, yaitu Chevening Scholarship dan Chevening Fellowship yang menyediakan kurang lebih 700 beasiswa setiap tahunnya.

Tunjangan yang diberikan dari program ini antara lain biaya hidup, biaya perjalanan, tunjangan kedatangan, tunjangan saat pulang, biaya tesis, biaya bahan studi, biaya visa dan dana perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris. Untuk informasi selengkapnya dapat mengunjungi laman resmi: www.chevening.org

 

Jardine Scholarship (S1, S2, S3)

Beasiswa Inggris yang kedua, Jardine Foundation. Merupakan lembaga pemberi beasiswa yang dibentuk tahun 1982 oleh perusahaan perdagangan terkemuka di China, Jardine Matheson Group. Hingga kini lebih dari 352 pelajar telah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di Oxford University dan Cambridge University, Inggris. Para penerima beasiswa berasal dari negara-negara tempat Jardine Matheson Group beroperasi, termasuk Kamboja, China, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Beasiswa Jardine 2021 kembali ditawarkan bagi pelamar internasional dari negara terpilih (termasuk dari Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S1 di dua universitas ternama dunia, yaitu University of Cambridge dan University of Oxford. Beasiswa S1 ini bersifat Full Scholarship, artinya telah meliputi seluruh biaya yang dibutuhkan. 

Cakupan beasiswa:

  1. Biaya penuh perkuliahan (University tuition fees dan College fees).
  2. Biaya buku-buku dan perlengkapan.
  3. Tunjangan tahunan, sudah mencakup biaya tempat tinggal, makanan, dan biaya insidentil lainnya.
  4. Biaya UK Immigration Health Surcharge (Dibutuhkan saat pengajuan visa).
  5. Tiket pesawat PP kelas ekonomi Indonesia – UK pada awal dan akhir masa beasiswa (reimbursed).
  6. Regular Gatherings dan Summer Internships.

Untuk informasi selengkapnya: https://www.jardines.com/en/community/foundation.html 

 

Beasiswa LPDP (S2 & S3)

Beasiswa yang ketiga, Beasiswa Reguler LPDP ditujukan bagi setiap warga negara Indonesia yang telah lulus S1/D4 atau lulusan S2 dan ingin lanjut studi ke jenjang master maupun doktor. Program ini bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan studi S2 di dalam maupun luar negeri, begitu pun beasiswa S3 reguler LPDP. Yang mungkin membedakan hanya ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Beasiswa LPDP ini termasuk beasiswa penuh atau fully funded guys. Beasiswa LPDP sendiri termasuk salah satu beasiswa prestasi. Pelamar harus memiliki kemampuan akademik yang unggul serta mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat. Kamu bisa mendaftar beasiswa ini untuk program studi yang sama atau berbeda dengan program studi yang sudah diambil sebelumnya. Namun, untuk universitasnya LPDP menetapkan Daftar Universitas Tujuan LPDP. Pelamar bisa memilih universitas yang diminati dari daftar yang telah ditetapkan tersebut. 

Cakupan beasiswa:

  1. Tunjangan keluarga (khusus doktoral)
  2. Biaya buku
  3. Tunjangan tesis/disertasi, seminar, publikasi jurnal
  4. Visa
  5. Asuransi kesehatan 
  6. Biaya pendaftaran ke universitas 
  7. Tunjangan kedatangan
  8. Dana keadaan darurat. 

Untuk informasi selengkapnya: https://www.lpdp.kemenkeu.go.id 

 

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar Beasiswa
  1. Statement of Purpose.
  2. Personal Introduction.
  3. Ijazah.
  4. Transkrip nilai.
  5. CV
  6. KTP.
  7. Passpor.
  8. Kartu Keluarga.
  9. Akta lahir.
  10. TOEFL, TOEIC, atau IELTS

 

Dengan 3 beasiswa Inggris yang ditawarkan, tidak menutup kemungkinan untuk sahabat Meddy melanjutkan studi ke luar negeri loh. Terlebih beasiswa tersebut menawarkan biaya penuh atau fully – funded. Nggak usah khawatir juga perihal mengurus dokumen, karena kami siap membantu kamu selama 24 jam untuk menerjemah dokumen ataupun legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi tim marketing di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *