3 Beasiswa Jenjang S2 dan S3 untuk Program Penelitian

3 Beasiswa Jenjang S2 dan S3 untuk Program Penelitian

Sebelum kamu mendaftar beasiswa, ada baiknya kalau kamu pahami dulu bahwa beasiswa itu ragamnya banyak sekali, baik dari bentuk maupun sumbernya. Hal ini dapat kamu gunakan untuk mencocokkan beasiswa mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi diri. Kali ini, Meddy akan membahas mengenai salah 3 beasiswa jenjang S2 dan S3 untuk program penelitian.

 

Apa itu Beasiswa Penelitian atau Research Scholarship?

Beasiswa penelitian atau scholarship research merupakan jenis beasiswa yang mendanai penerimanya untuk mengejar gelar master atau doctor by research. Gelar tersebut merupakan gelar yang didapat ketika seseorang telah menyelesaikan penelitian terkait bidang studi yang dijalani. 

Alih – alih berkuliah berkuliah di kelas seperti biasa, para pengajar gelar ini sejak awal sudah memulai kegiatan riset untuk keperluan tesis. Sumber pendanaannya pun biasanya berasal dari universitas, perusahaan atau lembaga pemerintahan yang memiliki proyek penelitian dan membutuhkan tenaga akademis. Jumlah dana dan periode yang ditawarkan tergantung pada banyaknya biaya yang dibutuhkan serta lamanya penelitian dilakukan.

 

Beasiswa Australia Research Training Program Scholarship (RTP) – Australia

Pertama, Research Training Program Scholarship (RTP) Australia merupakan beasiswa yang bertujuan memfasilitasi mahasiswa pascasarjana dengan kualitas akademik yang baik untuk menerima pelatihan penelitian agar mampu memberikan kontribusi pada penelitian dan pendidikan universitas.

Program Ini didanai oleh pemerintah Australia yang diperuntukkan bagi mahasiswa on going atau calon mahasiswa. Beasiswa mencangkup biaya kuliah, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, serta biaya akomodasi.

Untuk informasi selengkapnya dapat diakses di www.education.gov.au/research-training-program 

 

Vanier Canada Graduate Scholarships – Kanada

Kedua, Pemerintah Kanada meluncurkan Vanier Canada Graduate Scholarship Program (Vanier CGS) pada tahun 2008 untuk meningkatkan kemampuan Kanada dalam menarik dan mempertahankan mahasiswa doktoral tingkat tinggi dan menjadikan Kanada sebagai pusat keunggulan global dan universitas.

Vanier Fellows memiliki kepemimpinan dan kinerja akademik tingkat tinggi dalam ilmu sosial dan humaniora, sains dan atau teknik, serta ilmu kesehatan. Program Beasiswa Pascasarjana Vanier Kanada (Vanier CGS) dikelola oleh Sekretariat Vanier-Banting (Sekretariat) atas nama tiga lembaga pemberi federal kanada. Sekretariat bertempat di Institut Riset Kesehatan Kanada.

Para penerima beasiswa ini akan mendapat tunjangan pendidikan sebesar $50.000 setiap tahun selama tiga tahun. Untuk informasi lebih lanjut dapat kamu akses di http://www.vanier.gc.ca/en/home-accueil.html 

 

New Zealand International Doctoral Research Scholarship – Selandia Baru

Ada banyak pilihan untuk melanjutkan studi S3 dengan program beasiswa. NZIDRS merupakan satu diantaranya. NZIDRS merupakan beasiswa doktor riset yang ditujukan bagi mahasiswa internasional di New Zealand. Beasiswa ini ditawarkan penuh (full) melalui skema New Zealand International Doctoral Research Scholarship.

NZIDRS didanai oleh Pemerintah New Zealand dengan durasi 36 bulan, sesuai target selesainya program PhD. Menariknya melalui beasiswa ini, pelamar bisa mengambil studi PhD di berbagai disiplin ilmu yang ada di delapan universitas di New Zealand. Universitas tersebut di antaranya: AUT University, Lincoln University, Massey University, University of Auckland, University of Canterbury, University of Otago, University of Waikato, dan Victoria University of Wellington.

Beasiswa ini memberikan benefit berupa biaya kuliah, tunjangan tahunan selama tiga tahun, asuransi  kesehatan, dan biaya akomodasi. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website resminya di www.studyinnewzealand.govt.nz/how-to-apply-scholarship/ 

 

Swiss Government Excellence Scholarship – Swiss

Setiap tahunnya ada banyak negara – negara dunia yang berlomba – lomba dalam menyediakan beasiswa bagi mahasiswa internasional khusus untuk jenjang pendidikan tinggi. Salah satunya yang sudah cukup rutin menawarkan beasiswa adalah Swiss melalui program Swiss Government Excellence Scholarship. 

Kemudian, program ini merupakan sebuah program resmi dari Pemerintah Swiss yang merupakan sebuah beasiswa internasional yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dari luar Swiss untuk menempuh studi S3, Postdoctoral, ataupun riset. Pemohon program beasiswa yang lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa S3 untuk masa studi maksimal selama 3 tahun beasiswa postdoctoral untuk masa studi maksimal selama 12 bulan, atau beasiswa riset dengan lama riset maksimal 12 bulan.

Komponen – komponen dalam beasiswa ini mencangkup tunjangan bulanan, biaya kuliah, asuransi kesehatan, biaya penerbangan di akhir masa pemberian beasiswa, tunjangan perumahan atau akomodasi pada awal masa pemberian beasiswa, kartu transportasi umum untuk 1,5 tahun. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa langsung mengunjungi website www.sbfi.admin.ch/sbfi/en/home/education/scholarships-and-grants/swiss-government-excellence-scholarships.html 

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Bagi sahabat Meddy yang ingin mendaftar 3 beasiswa tersebut, dan bingung dalam permasalahan penerjemahan dokumen. Jangan khawatir! Konsultasikan kebingungan kamu kepada kami. Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan jasa penerjemah yang menyediakan layanan jasa penerjemah, legalisasi dan interpreter. Langsung hubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *