3 Beasiswa Luar Negeri untuk Tenaga Pengajar Indonesia

3 Beasiswa Luar Negeri untuk Tenaga Pengajar Indonesia

3 Beasiswa Luar Negeri untuk Tenaga Pengajar Indonesia

Bagi para guru yang ingin melanjutkan kuliah S2, tentang! Ada 3 beasiswa luar negeri yang akan Meddy bahas di artikel ini, untuk kalian tenaga pengajar yang ingin kuliah di luar negeri. Yuk, baca artikel ini sampai habis ya!

 

Beasiswa Fulbright Distinguished Awards in Teaching Program for International Teachers (FULBRIGHT DAI)

Program beasiswa guru 2021 – 2022 pertama,  ini patut kamu coba. Beasiswa ini ditawarkan untuk memberi kesempatan bagi para guru SD – SMA dan Sederajat di Tanah Air untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester di universitas AS.

Beasiswa Fulbright DAI menawarkan kesempatan bagi para pendidik sekolah dasar dan menengah yang berprestasi untuk datang ke Amerika Serikat mengikuti program pengembangan profesional selama satu semester serta menjalani proyek individu atau kelompok. Selain itu, mengikuti kuliah pengembangan profesional di universitas tuan rumah, dan mengamati serta membagikan keahlian dengan guru dan siswa di universitas tuan rumah atau sekolah dasar dan Menengah di AS.

Fulbright DAI merupakan beasiswa yang disediakan Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS melalui International Research & Exchanges Board (IREX), organisasi non profit yang berbasis di Washington, DC. Program tersebut akan dimulai Agustus 2022 hingga Desember 2022.

Cakupan beasiswa:

  1. Visa J-1
  2. Pembekalan sebelum keberangkatan
  3. Tiket PP Indonesia – Amerika
  4. Orientasi kedatangan di Washington DC
  5. Biaya program akademik
  6. Tempat tinggal dan makanan
  7. Asuransi kecelakaan dan kesehatan
  8. Tunjangan harian untuk hal yang tidak terduga
  9. Tunjangan bagasi. teknologi, serta biaya transportasi ke sekolah di AS
  10. Kesempatan untuk mendaftar program Alumni Small Grants bagi penerima beasiswa yang berprestasi

 

MEXT Teacher Training

Beasiswa kedua, untuk kamu guru SD, SMP, SMA dan Sederajat maupun SLB ada kesempatan menarik datang dari Pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT). 

Faktanya, Program Teacher Training 2021 dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Selanjutnya, beasiswa pelatihan guru ini bersifat beasiswa penuh, artinya seluruh pembiayaan ditanggung penyedia beasiswa.

Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang akan diselenggarakan selama 1 tahun 6 bulan, termasuk 6 bulan pertama belajar bahasa Jepang yang dimulai dari bulan September atau Oktober 2021 hingga 2021. Selain itu, para penerima beasiswa akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar – mengajar yang lebih efektif, serta hal – hal lain yang dapat meningkatkan mutu dan kemampuan para guru.

Cakupan beasiswa:

  1. Tanggungan biaya kuliah sepenuhnya hingga program selesai
  2. Tunjangan hidup senilai ± ¥143.000 (± Rp 19,5 juta) per bulan
  3. Tiket pesawat pulang pergi (PP) Indonesia – Jepang
  4. Bebas biaya pembuatan visa pelajar
  5. Beberapa universitas menyediakan asrama. Biaya asrama akan dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, pihak universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal apabila dibutuhkan

 

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP – LN) 

Program beasiswa ketiga, beasiswa pendidikan pascasarjana luar negeri (BPP – LN) merupakan beasiswa tahunan yang datang dari dalam negeri. Lebih lanjut, beasiswa ini ditujukan khusus bagi dosen tetap di bawah Kementerian Riset Dikti yang ingin mengambil gelar S3 di luar negeri. Program ini berlangsung selama 36 bulan dan dapat diperpanjang maksimum selama 2 semester.

Cakupan beasiswa:

  1. Uang kuliah (tuition fee)
  2. Biaya hidup
  3. Tunjangan biaya hidup untuk keluarga inti yang menyertai dan diberikan dari semester tiga hingga enam
  4. Tiket PP
  5. Biaya visa
  6. Asuransi kesehatan

 

Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa
  1. Sertifikat kemampuan bahasa
  2. Ijazah dan Transkrip nilai
  3. Essay atau Motivation Letter
  4. Curriculum Vitae (CV)
  5. Surat Rekomendasi
  6. Paspor
  7. Terjemahan dokumen

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Meskipun terbilang sudah bekerja sebagai tenaga pengajar, namun siapa yang tidak ingin bisa melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi ke luar negeri? Nah, bagi sahabat Meddy yang berprofesi sebagai guru atau dosen, jangan lupa untuk pantau terus informasi mengenai 3 beasiswa luar negeri ini.

Untuk permasalahan pengurusan dokumen, kamu tinggal konsultasikan kepada kami. Karena kami akan membantu dalam menerjemahkan dokumen ke bahasa asing yang dituju. Lebih lanjut, kamu dapat langsung hubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *