3 Jenis Pekerjaan yang Memiliki Tingkat Resiko Tinggi

3 Jenis Pekerjaan yang Memiliki Tingkat Resiko Tinggi

3 Jenis Pekerjaan yang Memiliki Tingkat Resiko Tinggi

Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia merupakan hobi yang dibayar. Begitu yang pernah dikatakan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sebuah kesempatan. Tapi, apakah sobat Meddy sudah tahu bahwa ada pekerjaan yang ternyata memiliki risiko tinggi loh walaupun seimbang dengan salary yang didapat. Apa saja pekerjaan tersebut? Meddy akan membahas 3 pekerjaan yang memiliki tingkat risiko tinggi. 

 

 

Pilot

Setiap perusahaan maskapai penerbangan tentu tidak main – main dalam merekrut calon pilot untuk dipekerjakan. Para calon pilot harus melewati ekstra penyaringan secara ketat saat melamar.

Seorang pilot ibarat pemimpin dari sebuah kelompok yang pilihannya antara selamat atau celaka. Oleh karena itu, banyak informasi menyebutkan kecelakaan pesawat terjadi disebabkan oleh human error terutama pilot.

Dalam gaji, tentu penghasilan pilot harus disesuaikan dengan kerja dan risikonya. Laporan dari CNBC menyebutkan gaji pilot di Indonesia per-bulannya mencapai sekitar Rp.60 juta hingga Rp.150 jt. 

 

Awak Kabin

Tak jauh berbeda dengan pilot, profesi awak kabin atau pramugari dan pramugara juga memiliki tingkat risiko yang tinggi. Kecelakaan pesawat bukan hanya mengancam pilot dan penumpang namun juga menjadi risiko bagi awak kabin.

Tugas para awak kabin dalam sebuah pesawat di antaranya melayani penumpang hingga memberikan pengarahan mengenai keselamatan, keamanan dan kenyamanan kepada penumpang.

Oleh karena itu, awak kabin juga berkontribusi cukup besar terhadap keselamatan penumpang. Hal mudah yang biasa dilakukan sebelum penerbangan adalah ketika para awak kabin memperagakan bagaimana cara menyelamatkan diri jika pesawat dalam keadaan buruk.

Penghasilan awak kabin, umumnya mencapai sekitar Rp.10 jt hingga Rp.20 jt per-bulan.

 

 

Pekerja Tambang

Bekerja di sektor pertambangan memang bikin percaya diri. Sebab, dimata masyarakat banyak pekerja di bidang pertambangan dikenal dengan gajinya yang lumayan tinggi. 

Untuk fresh graduate, gaji yang diberikan mencapai Rp.7 jt hingga Rp.10 jt. Namun, dibalik prestise tersebut sebagai pekerja tambang juga memiliki risiko tinggi yang harus rela mengorbankan nyawa.

Pekerja tambang yang mengeksplorasi emas, minyak dan gas harus berjibaku dengan dunia asing. Sehingga harus rela jauh dari keluarga karena bekerja di lokasi yang jauh dari peradaban manusia. Biasanya mereka pulang setahun sekali atau lebih.

 

BACA JUGA: 5 Universitas Dengan Jurusan Bisnis dan Manajemen Terbaik di Dunia!

Mengapa 3 Profesi Tersebut Memiliki Tingkat Risiko yang Tinggi?

Mungkin di setiap pekerjaan memiliki tingkat risiko masing-masing, namun untuk 3 jenis pekerjaan di atas sendiri termasuk ke dalam kategori pekerjaan yang memiliki risiko tinggi, kenapa? Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, 3 pekerjaan seperti Pilot, Awak kabin dan Pekerja tambang memiliki tingkat risiko tinggi karena pekerja tersebut memiliki tanggung jawab yang tinggi untuk hidup banyak orang.

Seperti halnya pilot dan awak kabin, mereka memiliki tanggung jawab besar dalam hal keselamatan para penumpang selama di pesawat. Mereka pun harus memastikan perjalanan mereka aman dan nyaman, dan tidak jarang mereka harus merelakan waktu libur bersama keluarganya untuk bekerja jika memang ada jadwal terbang di hari libur. 

Sama halnya dengan pekerja tambang, bahkan para pekerja tambang ini diharuskan untuk kerja di luar kota jauh dari keluarga mereka. Dan mendapatkan kesempatan untuk pulang bisa seminggu sekali bahkan sebulan sekali. Tingkat rosiko pekerja tambang ini terbilang tinggi karena tidak jarang banyak para pekerja mengalami gangguan kesehatan hingga kematian ketika mereka lalai pada saat berada di dalam lokasi penambangan. 

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk ke keperluan pendaftaran pekerjaan, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/medg6566/public_html/wp-includes/functions.php on line 5275