3 Jenis Pekerjaan yang Memiliki Tingkat Resiko Tinggi

3 Jenis Pekerjaan yang Memiliki Tingkat Resiko Tinggi

3 Jenis Pekerjaan yang Memiliki Tingkat Resiko Tinggi

3 Jenis Pekerjaan yang Memiliki Tingkat Resiko Tinggi. Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia merupakan hobi yang dibayar. Begitu yang pernah dikatakan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sebuah kesempatan. 

Jenis profesi yang beragam

Bekerja di depan layar komputer, terhindar dari terik matahari dan kena pendingin ruangan atau AC memanglah nyaman. Seolah tidak memiliki resiko yang menghantui para pekerjanya.

Namun, terkadang seseorang tidak memiliki banyak pilihan. Kemudian,mulai menekuni atau menjalani pekerjaan berisiko tinggi, dan mungkin kamu salah satunya. Namun, banyak juga orang yang justru memilih pekerjaan yang dapat membahayakan diri dan menganggap itu hobi atau passion-nya. 

Dengan banyaknya jenis pekerjaan yang beragam, pekerjaan yang menantang bahaya tidak selalu dikompensasi dengan gaji tinggi. Ada pekerjaan yang memiliki resiko tinggi namun bayarannya rendah. 

3 pekerjaan memiliki resiko tinggi dan penghasilannya

Berikut 3 jenis pekerjaan yang memiliki resiko tinggi serta penghasilan yang diperoleh. 

1.Pilot

Setiap perusahaan maskapai penerbangan tentu tidak main – main dalam merekrut calon pilot untuk dipekerjakan. Para calon pilot harus melewati ekstra penyaringan secara ketat saat melamar.

Seorang pilot ibarat pemimpin dari sebuah kelompok yang pilihannya antara selamat atau celaka. Oleh karena itu, banyak informasi menyebutkan kecelakaan pesawat terjadi disebabkan oleh human error terutama pilot.

Dalam gaji, tentu penghasilan pilot harus disesuaikan dengan kerja dan resikonya. Laporan dari CNBC menyebutkan gaji pilot di Indonesia perbulannya mencapai sekitar Rp.60 juta hingga Rp.150 jt. 

2.Awak Kabin

Tak jauh berbeda dengan pilot, profesi awak kabin atau pramugari dan pramugara juga memiliki tingkat resiko yang tinggi. Kecelakaan pesawat bukan hanya mengancam pilot dan penumpang namun juga menjadi resiko bagi awak kabin.

Tugas para awak kabin dalam sebuah pesawat diantaranya melayani penumpang hingga memberikan pengarahan mengenai keselamatan, keamanan dan kenyamanan kepada penumpang.

Oleh karena itu, awak kabin juga berkontribusi cukup besar terhadap keselamatan penumpang. Hal mudah yang biasa dilakukan sebelum penerbangan adalah ketika para awak kabin memperagakan bagaimana cara menyelamatkan diri jika pesawat dalam keadaan buruk.

Penghasilan awak kabin, umumnya mencapai sekitar Rp.10 jt hingga Rp.20 jt perbulan.

2.Pekerja tambang

Bekerja di sektor pertambangan memang bikin percaya diri. Sebab, dimata masyarakat banyak pekerja di bidang pertambangan dikenal dengan gajinya yang lumayan tinggi. 

Untuk fresh graduate, gaji yang diberikan mencapai Rp.7 jt hingga Rp.10 jt. Namun, dibalik prestise tersebut sebagai pekerja tambang juga memiliki resiko tinggi yang harus rela mengorbankan nyawa.

Pekerja tambang yang mengeksplorasi emas, minyak dan gas harus berjibaku dengan dunia asing. Sehingga harus rela jauh dari keluarga karena bekerja di lokasi yang jauh dari peradaban manusia. Biasanya mereka pulang setahun sekali atau lebih.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk profesi Tersebut

Untuk kamu yang menginginkan bekerja di 3 jenis pekerjaan yang telah disebutkan diatas, ada beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan secara matang lho!

Kalau kamu ingin menjadi seorang pilot, syarat utama yang harus kamu penuhi adalah menjalani dan menamatkan pendidikan di sekolah penerbangan. Sebelum kamu mendaftarkan diri ke sekolah penerbangan, tentunya kamu harus tahu syarat dan ketentuan untuk menjadi seorang pilot. 

Syarat umumnya adalah lulus pendidikan formal tingkat menengah atas / sederajat, usia minimal 18 tahun (berkisar antara 23 – 26 tahun), tinggi badan calon taruna 165 cm, calon taruni 160 cm, tidak memiliki riwayat penyakit kronis, tidak buta warna dan bebas narkoba, dan yang terakhir tidak menggunakan kacamata.

Kemudian, untuk kamu yang ingin bekerja menjadi awak kabin, syarat yang harus kamu penuhi adalah mempersiapkan berkas administrasi seperti ijazah pendidikan terakhir, tinggi dan berat badan yang sesuai dengan ketentuan setiap maskapai (secara umum antara 160 cm – 180 cm), tidak buta warna ataupun tidak memakai kacamata. Biasanya setiap maskapai memiliki peraturan tersendiri untuk minimal minus atau silinder. 

Dan yang terakhir, jika kamu ingin terjun ke dunia pertambangan. Sampai saat ini para pekerja tambah diketahui memiliki tingkat pendapat yang rata – rata cukup tinggi, dan Indonesia sendiri pun memiliki wilayah persebaran tambang yang banyak baik itu di daerah Kalimantan, Nusa Tenggara hingga di bagian ujung Papua. 

Dengan begitu, kalau kamu ingin mendaftar di perusahaan – perusahan tambang di Indonesia dokumen yang perlu kamu siapkan adalah CV dan Resume, sebelum kamu mendaftar alangkah baiknya kamu mengikuti pelatihan, DAN persiapkan SIM A dan SIM C.

Mengapa 3 profesi di atas memiliki tingkat resiko yang tinggi?

Mungkin di setiap pekerjaan memiliki tingkat resiko masing – masing, namun untuk 3 jenis pekerjaan di atas sendiri termasuk kedalam kategori pekerjaan yang memiliki resiko tinggi, kenapa?

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, 3 pekerjaan seperti Pilot, Awak kabin dan Pekerja tambang memiliki tingkat resiko tinggi karena pekerja tersebut memiliki tanggung jawab yang tinggi untuk hidup banyak orang.

Seperti halnya pilot dan awak kabin, mereka memiliki tanggung jawab besar dalam hal keselamatan para penumpang selama di pesawat. Mereka pun harus memastikan perjalanan mereka aman dan nyaman, dan tidak jarang mereka harus merelakan waktu libur bersama keluarganya untuk bekerja jika memang ada jadwal terbang di hari libur. 

Sama halnya dengan pekerja tambang, bahkan para pekerja tambang ini diharuskan untuk kerja di luar kota jauh dari keluarga mereka. Dan mendapatkan kesempatan untuk pulang bisa seminggu sekali bahkan sebulan sekali. Tingkat resiko pekerja tambang ini terbilang tinggi karena tidak jarang banyak para pekerja mengalami gangguan kesehatan hingga kematian ketika mereka lalai pada saat berada didalam lokasi penambangan. 

Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk ke keperluan pendaftaran pekerjaan, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *