3 Negara Paling Aman Untuk Kuliah di Luar Negeri

3 Negara Paling Aman Untuk Kuliah di Luar Negeri

3 Negara Paling Aman Untuk Kuliah di Luar Negeri

Memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri merupakan keputusan yang tidak mudah. Kamu tidak hanya memutuskan universitas dan jurusan yang ingin kamu pilih, namun juga negara mana yang akan menjadi tujuanmu. Karena memilih negara tidak semudah memilih kota dimana kamu akan melanjutkan kuliah di Indonesia.

Indikator aman suatu negara

Isu keamanan merupakan hal yang paling sensitif di sebuah negara. Menurut survey dari Institute for Economics and Peace mengeluarkan Global Peace Index, atau index negara paling aman di dunia. 

Lembaga tersebut mengeluarkan daftar negara yang paling aman untuk ditempati hingga negara yang paling tidak direkomendasikan. Ada sekitar 162 negara yang dihitung berdasarkan tiga indikator utama, yakni militerisasi, keamanan masyarakat di dalam negara tersebut, serta konflik domestik dan internasional dimana negara tersebut terlibat.

Adapun nilai yang digunakan untuk dapat menyebut negara tersebut termasuk negara teraman atau tidak antara nol, yang menandakan negara tersebut merupakan negara paling aman sampai lima, dimana negara tersebut berarti tidak damai. 

Negara paling aman dan damai di dunia

Adapun deretan 3 negara paling aman di dunia, dilansir dari lembaga riset Value Penguin mengeluarkan ranking kota – kota paling aman di dunia. Sebanyak 195 lebih negara menjadi objek penelitian. 

Negara pertama yang masuk dalam kategori negara teraman di dunia adalah Swiss. Berdasarkan analisis Value Penguin, Swiss menjadi negara paling aman dengan rata – rata kekerasan kriminal di negara yang terletak di benua Eropa ini hanya 7/100 ribu penduduk.

Swiss juga mewajibkan seluruh penduduk untuk mendaftar asuransi kesehatan. Dan indikator lain yang menjadikan swiss sebagai negara paling aman adalah dua juta dari populasinya sekitar 8.157.896 ternyata warga asing. Data tersebut diperoleh dari Sekretariat Migrasi Kementerian Kehakiman Swiss. Skor keamanan swiss:37

Negara kedua yaitu Singapura, yang menempati peringkat kedua. Negara dengan jumlah populasi sekitar 5.517.102 ini dinilai paling ramah lingkungan di antara lima negara paling aman di dunia. Singapura  memiliki seorang “kepala statistik” yang mendapat perlindungan legislatif. Negara ini pun juga memiliki kode untuk perumahan rakyat.

Dan yang terakhir Jepang, berada pada posisi ketiga sebagai negara paling aman di dunia. Faktor utama yang dimiliki Jepang adalah tingkat harapan hidup yang tinggi. 

Hampir sama dengan Swiss, tingkat harapan hidup di Jepang sangat tinggi hingga mencapai 83 tahun. Angka ini hanya kalah dari Hong Kong yang memiliki tingkat harapan hidup 84 tahun. Namun Jepang memiliki nilai plus dibidang lainnya. 

Rekomendasi negara teraman untuk kuliah

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, kamu mesti perhatikan juga rekomendasi negara dengan status paling aman untuk dijadikan tempat mengenyam pendidikan.

Selain syarat kuliah di luar negeri, beberapa faktor berikut wajib kamu pertimbangkan dalam proses ketika kamu ingin kuliah di luar negeri. Baik itu sistem pendidikannya, list universitas yang dimiliki, iklim dan cuaca, last but not least adalah keamanannya.

Siapa dong yang nggak mau saat kuliah di luar negeri berada di negara yang aman. Mau jalan – jalan sendiri pun rasanya juga tidak masalah. Berikut 3 negara rekomendasi paling aman untuk kuliah di luar negeri. Keep scrolling!

1.Selandia Baru

Negara ini disebut sebagai negara teraman untuk melanjutkan kuliah lho. Selandia Baru juga terletak tidak jauh dari Indonesia. Keuntungan yang akan kamu dapatkan yaitu pelayanan umum dan sosial yang sangat bagus.

Jumlah narapidana dan segala kejahatan di negara ini juga sangat minim jika dibandingkan negara lain. Hal tersebut karena Selandia Baru memiliki hukum yang independen, kuat serta kepolisian yang berdedikasi tinggi. 

2.Swiss

Kualitas pendidikan dan sistem kesehatan di Swiss adalah salah satu yang terbaik di dunia. Swiss juga menjadi asal mula jurusan hospitality ada. Nggak heran jika Swiss punya banyak kampus hospitality keren seperti Glion. 

Swiss juga memiliki kota – kota yang bersih, angka kejahatan yang renda dan makanan yang berkualitas membuat Swiss menjadi salah satu negara yang paling layak untuk ditinggali. Zurich, kota terbesar di Swiss, dinobatkan di posisi ke 8 sebagai kota terbaik di dunia untuk kualitas kehidupan yang baik. 

3.Jepang

Negeri sakura ini merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar yang ada di dunia dan sudah terkenal dengan masyarakatnya yang menjaga tata krama. Kriminalitas, seperti pencurian atau perampokan juga minim terjadi.

Mengapa dikatakan negara teraman untuk kuliah?

Ketiga negara yang sudah disebutkan diatas dikatakan sebagai negara teraman untuk menjadi tujuan kuliah karena pemerintah dari setiap negara tersebut memiliki peraturan yang ketat mengenai indikator – indikator negaranya termasuk dalam hal keamanan.

Ketiga negara tersebut memiliki pengawasan ketat mengenai aksi kejahatan atau kekerasan yang biasanya terjadi di jalanan atau di tempat – tempat terpencil, seperti Singapura yang memiliki CCTV di setiap titik jalan. Sehingga masyarakat disana pun merasa aman dan terawasi.

Begitu juga dengan Swiss, Jepang dan Selandia Baru yang mewajibkan setiap warga negaranya untuk memiliki asuransi kesehatan. Yang mana, masyarakat pun tidak perlu khawatir akan tingkat kematian di negaranya. Karena mereka akan merasa aman dan nyaman dengan diberlakukannya wajib memiliki asuransi kesehatan.

Oleh karena itu, para pelajar internasional maupun pelajar setempat tidak perlu khawatir ketika berada di 3 negara tersebut. Karena keamanan dan kenyamanan mereka akan terjamin, dan disaat kamu ingin berjalan – jalan hendak keliling kota sendirian pun tidak jadi masalah.

Memilih negara yang aman akan meminimalkan resiko mengalami tindakan kriminal, namun yang pasti kamu harus selalu waspada dimanapun berada. Itulah beberapa negara yang paling aman untuk pelajar internasional. Apakah dari 3 negara tersebut salah satunya adalah negara tujuan kuliahmu?

Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk perjalanan ke negara yang kamu tuju, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.