3 Tes Kemampuan Bahasa Sebagai Standar Melanjutkan Studi

3 Tes Kemampuan Bahasa Sebagai Standar Melanjutkan Studi

Kuliah ke luar negeri, apalagi di universitas ternama seperti Harvard University, Oxford University, University of Cambridge dan sekolah bertaraf internasional lainnya, merupakan salah satu impian banyak orang. Cukup banyak orang tua yang rela membayar les supaya anaknya pintar dan bisa melanjutkan sekolah di luar negeri. Faktanya, pintar saja nggak cukup loh. Banyak persyaratan lain yang harus ditempuh, seperti mengikuti ujian atau tes yang diselenggarakan. Artikel ini akan membahas 3 tes kemampuan bahasa yang bisa kamu ikuti sesuai dengan negara tujuan kamu.

 

Sekilas Tentang Program A Level, SAT, dan EJU

Cambridge A Level merupakan singkatan dari Cambridge Advance Level Programme. Dalam Cambridge A Level Programme ini, ujian biasanya dilakukan selama sebulan, bahkan bisa lebih. Dalam A level, siswa diminta mengambil 3 atau 4 subjek yang berkaitan dengan pilihan program Sarjana mereka kelak. Berapa subjek itu adalah Matematika, Bahasa, Seni, Ilmu Sosial dan Sains. Namun, untuk subjek seperti Farmasi, Kedokteran, Hukum, dan Teknik, maka diperlukan nilai A Level yang lebih tinggi.

Kemudian, SAT Reasoning Test (Scholastic Aptitude Test atau Scholastic Assessment Test) adalah tes yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dalam sejarah, tes SAT berfungsi sebagai syarat masuk ke perguruan tinggi. Umumnya peserta mengerjakan mengikuti pada saat mereka masih duduk di bangku SMP maupun yang sudah berada di bangku SMA dan berencana melanjutkan studi ke Amerika Serikat maupun Singapura.

Dan yang terakhir, EJU atau yang disebut juga sebagai Nihon Ryuugaku Shiken (日本留学試験), merupakan suatu syarat yang harus ditempuh seseorang yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Jepang, terutama untuk sebuah universitas di Jepang. EJU sendiri berdiri pada tahun 2002 dan dikelola oleh JASSO yang fungsinya untuk menggantikan standar masuk universitas yang sebelumnya Nihongo Nouryoku Shiken (JLPT) dan Shihi Gaikokujin Ryuugaku-sei Touitsu Shiken (the General Examination for Foreign Students). Ujian ini dilakukan secara serentak di Jepang dan luar negeri serta  dilaksanakan dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan November. 

 

Perbedaan Ujian A Level, SAT, dan EJU

Adapun perbedaan dari ketiga ujian di atas adalah terletak pada negara tujuan yang akan dipilih untuk kuliah. Karena masing-masing ujian tersebut tidak bisa digunakan untuk negara di luar dari ketentuannya. Misalnya, ujian A Level diperuntukkan bagi kamu yang ingin kuliah di Inggris, meskipun untuk ujian A Level ini sudah diakui oleh seluruh universitas di dunia.

Kemudian, untuk ujian SAT kamu bisa mengikuti ujian ini, jika kamu ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat dan Singapura. Sedangkan untuk ujian EJU diperuntukkan bagi kamu yang ingin kuliah di Jepang.

Ketiga ujian ini memiliki persyaratan hingga biaya masing-masing, jadi ketika kamu sudah menentukan tujuan negara yang akan kamu pilih. Dianjurkan untuk segera mencari informasi mengenai ujian – ujian yang harus dihadapi ya, sahabat Meddy!

 

Persyaratan dan Biaya Setiap Tes

Untuk persyaratan ujian A Level, para pengikut tes minimal harus berumur 16 tahun saat pendaftaran dan harus sudah menyelesaikan studi minimal SMA kelas 10. Dan persyaratan bahasa Inggrisnya pun harus memiliki skor IELTS 5,5 atau 52/70 pada tes Bahasa Inggris EF. Untuk biayanya sendiri, pada tahun 2020 sebesar Rp.3.900.000 per subject. Untuk ujian dengan praktik A Level (Biology, Chemistry, dan Physics) akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.2.000.000,- per subject.

Kemudian, untuk ujian SAT tidak ada persyaratan yang harus dipenuhi, terkecuali jika kamu mendapat SAT melalui surat. Karena tidak sembarang orang dapat mendaftar melalui surat, kamu harus memenuhi kualifikasi yang sudah ditentukan, seperti kamu harus berusia di atas 13 tahun, kamu tidak bisa melakukan pembayaran secara online. Untuk biaya ujian SAT sendiri di Indonesia sebesar Rp.591.000,- jika kamu ingin mengambil ujian SAT Essay dikenakan biaya terpisah sebesar Rp.749.000. Dan akan ada biaya tambahan per region (Indonesia) sebesar Rp.729.000,-

 

Persiapan Sebelum Mengikuti Ketiga Tes Tersebut

Dalam hal persiapan pun, ketiga ujian ini memiliki hal yang harus dipersiapkan masing-masing loh. Jika ujian level A kamu harus menguasai beberapa subject atau mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Inggris, Seni, Ilmu Sosial dan Sains.

Jika dalam ujian SAT, kamu diwajibkan untuk mempersiapkan kecakapan dalam berbahasa Inggris. Khususnya berbicara (speaking) dan menyimak (listening), sehingga kamu harus sering – sering berbicara dalam bahasa Inggris, membaca teks bahasa Inggris hingga menyimak setiap pembicaraan dalam bahasa Inggris. Kamu juga harus memiliki kemampuan analisis dan memecahkan masalah loh guys.

Dan yang terakhir, persiapan sebelum ujian EJU. Sebelum tes biasanya akan ada kelas persiapan. Di mana kamu akan dilatih menulis, membaca, memahami setiap kanji. Kamu dituntut untuk dapat menguasai bahasa Jepang, selain itu kamu juga harus mempersiapkan kemampuan Matematika dan juga Sains, ya guys!

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Demikian, penjelasan singkat mengenai 3 tes kemampuan bahasa yang bisa kamu ikuti sebelum kuliah di luar negeri. Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan jasa yang menyediakan berbagai layanan jasa seperti penerjemah tersumpah, legalisasi dan interpreter. Sehingga setiap kebutuhan dokumen kamu untuk mendaftar beasiswa atau universitas luar negeri, akan terselesaikan dengan baik. Kamu bisa langsung hubungi kami di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *