4 Beasiswa Luar Negeri yang Tidak Butuh Surat Rekomendasi

4 Beasiswa Luar Negeri yang Tidak Butuh Surat Rekomendasi

4 Beasiswa Luar Negeri yang Tidak Butuh Surat Rekomendasi

Dalam suatu persyaratan pendaftaran beasiswa, biasanya institusi atau pemerintah mensyaratkan adanya Surat Rekomendasi ( Letter of Recommendation ) yang diperlukan sebagai dokumen pendukung aplikasi beasiswa. Bahkan, secara umum surat rekomendasi ini menggambarkan siapa dirimu, kualifikasi apa yang kamu miliki, dan seberapa besar penilaian si pemberi referensi terhadap potensi yang kamu miliki tersebut yang dideskripsikan secara objektif. Kemudian, penggunaan dari masing-masing surat rekomendasi tergantung kepada tujuannya. Kali ini Meddy akan memberikan informasi mengenai 4 beasiswa luar negeri yang tidak memerlukan surat rekomendasi.

 

Beasiswa Romanian Government Scholarship 

4 Beasiswa luar negeri yang pertama, Romanian Government Scholarship ini merupakan beasiswa yang berasal dari pemerintah Rumania bagi International Student of Uni Eropa. Nah dalam bahasa ini nantinya penerima beasiswa S1 dan S2 harus menggunakan bahasa Rumania. Hal ini ditujukan sebagai upaya untuk mempromosikan budaya Rumania. 

Sementara itu, untuk calon mahasiswa S3 tersedia pilihan bahasa, yakni bahasa asing sesuai universitas pilihan dan bisa juga menggunakan bahasa Rumania. 

Benefit yang didapat :

  1. Bebas biaya kuliah 
  2. Persiapan bahasa Rumania 
  3. Biaya hidup, dengan rincian 65 EUR/ bulan untuk S1, 75 EUR/bulan untuk S2, dan 85 EUR/bulan untuk S3. 
  4. Biaya akomodasi 
  5. Mendapat jaminan asuransi kesehatan 

Kemudian, berikut cabang ilmu yang tersedia dalam beasiswa luar negeri ke Rumania:

Nah untuk bidang studi yang bisa dipilih antara lain arsitektur, seni, budaya Rumania, jurnalisme, ilmu politik, ilmu sosial, teknik, perminyakan, pertanian, dan kedokteran hewan.  Perlu diingat bahwa beasiswa ini tidak berlaku untuk program studi kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi.

 

Stipendium Hungaricum

Beasiswa kedua, Stipendium Hungaricum adalah beasiswa untuk berkuliah di Hungaria. Beasiswa ini ditawarkan kepada calon mahasiswa S1, S2, dan S3. Terdapat 361 program kuliah yang bisa kamu pilih. Namun kamu perlu mengetahui mana yang bisa dipilih oleh WNI dan mana yang tidak. 

Dokumen dan persyaratan program beasiswa luar negeri ke Hungaria:

  1. Bukti kemampuan bahasa (IELTS/ TOEFL/ TOEIC/ Bahasa Hungaria) 
  2. Ijazah dan transkrip nilai 
  3. Medical check-up 
  4. Portofolio 3 karya seni (untuk bidang seni) 

Kemudian, benefit yang kamu dapatkan:

  1. Bebas biaya kuliah 
  2. Tanggungan biaya hidup sebesar 43.700 HUF/bulan untuk S1/S2, 140.000 HUF/bulan untuk 4 semester pertama dan 180.000 HUF/bulan untuk seterusnya (berlaku bagi mahasiswa S3) 
  3. Akomodasi (asrama/biaya sewa 40.000 HUF/bulan) 
  4. Asuransi kesehatan 

 

Invest Your Talent in Italy (S2) 

Beasiswa ketiga, program Your Talent in Italy terbuka untuk program desain teknik, ekonomi, manajemen, advance technology, dan arsitektur. 

Persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan:

  1. Pertama, CV Paspor 
  2. Kedua, video penjelasan motivasi apply 
  3. Ketiga, sertifikat IELTS/TOEFL (optional
  4. Keempat, transkrip nilai atau SKL (bagi yang belum lulus) 

Tunjangan atau benefit yang kamu dapatkan 

  1. Tunjangan biaya kuliah 
  2. Asuransi kesehatan 
  3. Biaya hidup 900 Euro/ bulan 

 

Eric Bleumink Fund

Selanjutnya, beasiswa University of Groningen merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Groningen, Belanda. Kampus ini meraih peringkat top 128 terbaik versi QS Global World University Rankings 2021.Tahun ini University of Groningen, Belanda kembali membuka tawaran beasiswa master dan PhD. University of Groningen Talent Grant: Eric Bleumink Fund. Skema beasiswa yang ditujukan bagi negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia. 

Kemudian, beasiswa ini tersedia bagi mereka yang ingin mengambil gelar master (MSC/MA/LLM) atau PhD di University of Groningen. Pelamar bisa memilih jurusan yang diinginkan sesuai jenjang studi tersebut. Eric Bleumink Fund akan mendanai beasiswa University of Groningen dengan durasi satu hingga dua tahun untuk program master dan maksimum empat tahun untuk program PhD

Cakupan beasiswa:

  1. Biaya perkuliahan Program Master (tuition fee)
  2. Tunjangan perjalanan internasional (tiket pesawat PP Indonesia – Belanda)
  3. biaya hidup € 970 per bulan untuk makanan dan akomodasi
  4. Tunjangan saat kedatangan pertama kali di Belanda € 275
  5. Biaya pendidikan € 310 per tahun untuk buku dan materi studi lainnya
  6. Asuransi kesehatan

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Nah itulah 4 beasiswa luar negeri yang tidak membutuhkan surat rekomendasi. Meskipun demikian, persiapkan sebaik mungkin ya! Jangan sampai satu kesempatan kamu sia-siakan. 

Kunjungi website kami, untuk mendapatkan layanan jasa penerjemah tersumpah, legalisasi dan interpreter. Jadikan kami sebagai sahabat dan solusi kamu dalam meraih cita – cita. Lebih lanjut, kamu bisa hubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.