4 Kampung Indonesia di Luar Negeri, Wajib Kamu Kunjungi!

4 Kampung Indonesia di Luar Negeri, Wajib Kamu Kunjungi!

4 Kampung Indonesia di Luar Negeri, Wajib Kamu Kunjungi!

Kalau kamu sedang berada di luar negeri, tentu akan sangat senang jika menemukan hal-hal yang terkait dengan Tanah Air. Apalagi jika sampai menemukan Kampung Indonesia. Tunggu dulu, nggak salah nih? Ternyata, ada beberapa Kampung Indonesia yang ada di negara lain, lohh. Di kampung ini, kamu bisa sekadar menyapa saudara sesama orang Indonesia atau bisa juga bernostalgia mengingat kampung halaman. Yuk intip 4 kampung Indonesia di beberapa negara di dunia.

 

Kampung Bali, Tiongkok

Ketika kamu baru memasuki kampung ini pasti akan langsung terasa seperti ada di Bali karena suasana bangunan yang menjadi ciri khas pulau dewata ini. Kampung Bali tersebut tepatnya berada di Nansan, China. Di pintu masuk kampung ini kamu akan melihat tulisan selamat datang di Kampung Bali. 

Warga yang menetap di kampung Bali pun merupakan orang-orang keturunan asli Bali dan China, untuk komunikasi sehari-sehari mereka menggunakan Bahasa Bali. Namun, terkadang pula menggunakan bahasa Indonesia dan Mandarin. 

 

Desa Surabaya, Amerika Serikat

Seperti namanya, kampung ini didominasi oleh warga yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Hal ini bermula saat terjadinya krisis moneter tahun 1998  di Indonesia dulu yang membuat sebagian orang Surabaya harus bermigrasi ke AS, hingga sekarang pun tetap menetap di sana. 

Satu hal yang unik, warga Surabaya sudah hidup layak di sana, bahkan sudah memperoleh hak untuk bekerja di sektor formal seperti rumah sakit dan sekolah. Kampung Surabaya ini berada di Kota Philadelphia, negara bagian Pennsylvania. Di dalam kampung ini, kamu bakal menemukan setidaknya 15 restoran milik warga Indonesia yang menyajikan kuliner khas Tanah Air.

Pada tahun 2017, kampung ini juga pernah dikunjungi oleh Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial Republik Indonesia, kemudian ia mencoba mesin penyapu jalan sebagai sumbangan warga Surabaya untuk Philadelphia.

 

Kamu bisa menhubungi tim marketing kami di sini.

 

Kampung Indonesia, Korea Selatan

Sebenarnya, di kampung ini nggak hanya banyak warga Indonesia, namun juga dari negara Asia Tenggara Lainnya. Hanya, karena mayoritasnya memang dari Tanah Air, maka kampung ini lebih dikenal dengan Kampung Indonesia.

Di sini, ada banyak sekali bendera Merah Putih yang dikibarkan. Restoran makanan Indonesia juga sangat mudah untuk ditemui. Dijamin, datang ke Kampung Indonesia di Ansan bisa bikin lapar, deh.

 

Kampung Jawa, Thailand

4 kampung Indonesia yang terakhir, Kampung Jawa ini merupakan kampung yang diberikan dan disahkan oleh Kerajaan Thailand pada tahun 1986. Lokasinya berada di Bangkok. Kalau kamu mengunjungi kampung ini, bakal menemukan sebuah masjid bernama Masjid Jawa.

Meskipun bernama Kampung Jawa, masyarakat di sini sudah sangat jarang berkomunikasi menggunakan Bahasa Jawa atau Bahasa Indonesia. Kebanyakan sudah berinteraksi dengan Bahasa Thailand.

Meski begitu, kamu tetap bisa melihat wajah Indonesia, kok di kampung ini. Tepatnya di sisi kuliner. Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan khas Jawa seperti nagasari atau nasi kuning!

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Tentu hal ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk kita mengingat ternyata kebudayaan Indonesia banyak dikenal dunia. Apalagi sampai terdapat kampungnya sendiri di luar sana. Menarik ya sahabat Meddy! 

Mungkin setelah pandemi berakhir, kamu bisa berkunjung ke salah satu kampung Indonesia di luar negeri tersebut. Jangan lupa, untuk mempersiapkan dokumen dari sekarang seperti dokumen harus diterjemahkan ke dalam bahasa negara tujuan. Tenang! Kamu bisa menggunakan layanan Mediamaz Translation Service. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.