4 Rekomendasi Jurusan untuk Menjadi Data Analyst

4 Rekomendasi Jurusan untuk Menjadi Data Analyst

4 Rekomendasi Jurusan untuk Menjadi Data Analyst

Kebutuhan akan data semakin berkembang dari tahun ke tahun, begitu pula dengan profesi seorang data analyst. Profesi satu ini memang sangat berhubungan dengan namanya data. Data sendiri merupakan segala bentuk informasi yang berupa angka, teks, gambar, dan lain sebagainya. Yuk bareng – bareng kita benah mengenai data analyst dan 4 rekomendasi jurusan supaya kamu bisa menjadi seorang data analyst.

 

Apa itu Data Analyst?

Data Analyst merupakan  seseorang yang meneliti informasi menggunakan alat analisis data. Hasil analisis data yang mereka per oleh membantu perusahaan atau klien mereka dalam membuat keputusan penting dengan mengidentifikasi berbagai fakta dan tren.

Selanjutnya, seorang data analyst akan mengolah dan menerjemahkan data yang ada ke dalam suatu laporan yang mudah dipahami oleh manajemen perusahaan. Nantinya, data tersebut akan digunakan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan perusahaan terkait hal – hal tertentu, misalnya penjualan, pemasaran, konsumen, dan sebagainya.

Mungkin, jika kamu suka bermain angka, fungsi aljabar, dan senang bekerja dalam tim, profesi sebagai data analyst ini sangat cocok untukmu. Berikut akan dibahas mengenai 4 rekomendasi jurusan kuliah untuk profesi Data Analyst.

 

 

Jurusan Management Information System

Jurusan pertama, Pada program studi Sistem Informasi (SI) akan dipelajari tentang bagaimana mendesain yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis. Program studi Sistem Informasi juga dikenal dengan nama Manajemen Informatika (MI). Keduanya sama – sama mempelajari ilmu IT sebagai jembatan dalam dunia bisnis.

Sederhananya, mahasiswa SI dan MI dididik untuk lebih memahami dan memenuhi keinginan dan kebutuhan klien atau user akan sistem IT untuk kepentingan bisnis atau organisasi. Sebagian mata kuliah MI yang akan dipelajari antara lain Perencanaan Sumber Daya Perusahaan, Manajemen Proyek Teknologi Informasi, Manajemen Pengadaan dan Investasi, Teknologi Informasi, Manajemen Risiko Teknologi Informasi, dan Keamanan Aset Informasi.

Rekomendasi Kampus:

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat
  2. University of Texas
  3. Carnegie Mellon University, Amerika Serikat

 

Jurusan Computer Science

Jurusan keduan, jurusan Computer Science (Ilmu Komputer)  merupakan bidang studi yang identik dengan computer programming. Kamu akan dibekali keterampilan dalam menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak. Dengan mempelajari semua tentang komputer dan data, bertujuan untuk mengurangi pekerjaan manual dan memungkinkan hasil yang lebih akurat, efisien dan efektif.

Jurusan ini akan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori atau konsep sampai pengembangan software. Biasanya pada jurusan ini akan memiliki konsentrasi dalam pemilihan bidangnya mengingat cakupannya yang terbilang luas. Mengingat teknologi komputer digunakan dalam banyak hal, baik untuk hal fungsional hingga hiburan.

Rekomendasi kampus:

  1. Massachusetts Institute of Technology
  2. Stanford University
  3. University of Oxford

 

Jurusan Finance

Jurusan ketiga, jurusan Finance (Keuangan) merupakan bidang ilmu mengenai pengelolaan sumber daya keuangan untuk mencapai tujuan tertentu. Kamu yang akan mengambil jurusan ini umumnya akan mempelajari bagaimana cara menggunakan sumber daya keuangan, menganalisis aspek keuangan dan moneter suatu bisnis, menghitung risiko keuangan, mempelajari manajemen aset, utang dan anggaran, investasi, dan perpajakan.

Jurusan ini memiliki kaitan erat dengan manajemen, bisnis dan juga akuntansi. Jadi jangan heran jika dalam kurikulum perkuliahan terdapat mata kuliah dari ketiga bidang ini. Finance sendiri tergolong dalam mata kuliah yang paling banyak diminati, mengingat pentingnya keuangan dalam berbagai industri dan setiap aspek kehidupan. Lulusan jurusan finance pun bisa bekerja di hampir semua industri atau badan, sehingga jangan khawatir soal prospek kerja lulusan ini, baik di dalam maupun luar negeri.

Rekomendasi kampus:

  1. Harvard University
  2. London School of Economic and Political Science
  3. National University of Singapore

 

BACA JUGA: Tips Belajar dan Berlatih IELTS Secara Mandiri dan Otodidak

Jurusan Statistika

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Fungsi dari statistika sendiri adalah sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan. Tanpa analisis data yang akurat, pengambilan keputusan yang tepat tidak akan pernah bisa terjadi.

Statistika banyak diterapkan pada berbagai disiplin ilmu, baik ilmu sosial maupun ilmu pasti. Jurusan ini mungkin terlihat membosankan karena kamu akan banyak bergelut dengan angka. Tapi sebenarnya statistika punya peran yang sangat penting sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan. Dengan belajar Statistika, kamu jadi menguasai bagaimana caranya mencari, memilah, dan mengolah sebuah data yang dijadikan dasar bagi perusahaan, pemerintah, maupun lembaga – lembaga lainnya dalam mengeluarkan kebijakan, program, maupun produk.

Rekomendasi kampus:

  1. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology
  2. Imperial College London
  3. University of California, Berkeley (UCB)

Itulah 4 rekomendasi  jurusan yang bisa menjadikan kamu sebagai seorang Data Analyst. Bagi kamu yang ingin lanjut studi ke luar negeri, dan membutuhkan jasa penerjemah atau legalisasi. Lebih lanjut, kamu dapat menghubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *