5 Jurusan Favorit Nanyang Technological University, Kampus Terbaik di Singapura!

5 Jurusan Favorit Nanyang Technological University, Kampus Terbaik di Singapura!

Melanjutkan kuliah di Universitas terbaik di luar negeri merupakan impian bagi semua orang, termasuk Nanyang Technological University. Salah satu universitas terbaik yang ada di Singapura yang telah berhasil meraih peringkat nomer 19 di Dunia! Lantas, jurusan apa saja yang ada di Nanyang Technological University? serta jurusan apa yang menjadi favorit di kampus ini sehingga berhasil menduduki 10 besar dunia? Yuk simak artikel di bawah selengkapnya!

Tentang Nanyang Technological Universiy

nanyang technological university

source ntu.edu.sg

Nanyang Technological University adalah salah satu universitas terbaik dan terbesar yang ada di Singapura. Diresmikan pada 1 Juli 1991, Nanyang Technological University (NTU) sebagai universitas pendidikan yang saat ini telah berubah menjadi universitas global yang intensif penelitian. Sebelumnya adalah Nanyang Technological Institute (NTI), yang berdiri pada tahun 1981 di lahan bekas Universitas Nanyang untuk mendidik para insinyur yang berorientasi pada praktik untuk ekonomi Singapura yang sedang berkembang. Kemudian Pada tahun 1991, NTI bergabung dengan Institut Pendidikan Nasional untuk membentuk Nanyang Technological University (NTU). Kelompok alumni Universitas Nanyang sebelumnya yang kemudian pindah ke NTU pada tahun 1996.

Nanyang Technological University terletak berdekatan dengan kota Jurong West di wilayah barat Singapura. Mencakup sekitar 200 hektar luas tanah yang menjadikannya sebagai universitas terbesar di kota ini. Kampus ini terkenal sebagai tempat lahirnya insinyur masa depan. Dengan visi young, research-intensive university, NTU berhasil meraih segudang prestasi pada usia pendiriannya yang masih di bawah 50 tahun. Berdasarkan QS (Quacquarelli Symonds) World University Rankings (WUR) ke-19 yang telah terbit pada Juni 2022, NTU berhasil menduduki peringkat ke-19 secara global. Kemudian kampus ini juga menjadi satu-satunya universitas muda yang masuk dalam 20 Besar sejak 2015. Tidak hanya itu, kampus ini juga menjadi kampus terbaik ke-3 di Asia. Sehingga, kampus ini menduduki peringkat 1 di Singapura dalam Kutipan Normalisasi per Fakultas. Muda dan intensif terhadap penelitian, visi dari NTU yang menjadikannya mempunyai reputasi sebagai universitas industri dan bisnis di kalangan pengusaha.

Kolaborasi Terbaik Nanyang Technological University

nanyang technological university

source ntu.edu.sg

Sebagai kampus terbaik dan favorit baik di Singapura, Asia, bahkan seluruh dunia, NTU mempunyai jumlah total sekitar 33.000 pelajar undergraduate (S1) dan postgraduate (S2, S3), serta 4,300 tenaga pengajar dari 80 negara di dunia. Menempati peringkat universitas top di dunia berdasarkan kutipan dalam kecerdasan buatan (Nikkei dan Elsevier 2017) untuk periode 2012-2016, NTU merangkul teknologi digital untuk pembelajaran dan kehidupan yang lebih baik sebagai bagian dari visi Kampus. Universitas ini sebagai rumah bagi beberapa institut dan pusat kelas dunia, termasuk Singapore Centre on Environmental Life Sciences Engineering, Earth Observatory of Singapore dan Institute on Asian Consumer Insight. Kampus NTU yang asri dan terbesar di Singapura berhasil dinobatkan sebagai salah satu dari 15 kampus terindah.

Kampus ini juga berkolaborasi dengan perusahaan teknologi terkemuka dunia seperti Alibaba, Rolls-Royce, BMW, Volvo, Delta Electronics, dan Singtel di banyak bidang kepentingan yang mencakup kecerdasan buatan, ilmu data, robotika, transportasi pintar, komputasi, personalisasi obat-obatan, kesehatan dan energi bersih. NTU Smart Campus tidak hanya menjadi tempat uji coba teknologi masa depan, tetapi juga sering terdaftar di antara 15 kampus universitas terindah di dunia. Memiliki 57 proyek bangunan bersertifikasi Green Mark (setara dengan LEED) yang terdiri dari lebih dari 230 bangunan, di mana 95% di antaranya bersertifikat Green Mark Platinum. Selain kampus utamanya, NTU juga memiliki kampus medis di Novena, distrik kesehatan Singapura.

5 Jurusan Terbaik Nanyang Technological University

NTU menawarkan berbagai jurusan terbaik mulai dari teknik, sains, bisnis, humaniora, seni, ilmu sosial, dan pendidikan. Universitas ini juga memiliki sekolah kedokteran yang bekerja sama dengan Imperial College London. NTU telah mencetak kinerja terbaiknya dengan 5 jurusan di 10 besar global dalam Universitas Dunia dari QS World University Rankings by Subject. Berikut ini adalah 5 jurusan yang menjadi jurusan paling favorit di Nanyang Technological University, Singapura.

1. Materials Science atau Teknik Material

mse nanyang technological university

source ntu.edu.sg

Jurusan Material Science yang ada di Nanyang Technology University ini menduduki peringkat nomor 3 di dunia. Kampus ini telah mengalami transformasi substansial selama bertahun-tahun. Sambil terus membekali mahasiswa dengan keterampilan ilmiah dan teknologi terbaru yang sangat dibutuhkan oleh industri, universias ini telah berkembang menjadi pusat keunggulan di bidang penelitian khusus. Sebagai bagian dari Sekolah Tinggi Teknik NTU, MSE kini diakui di seluruh dunia sebagai lembaga penelitian terkemuka dengan universitas terkemuka, perusahaan multinasional, dan lembaga Litbang sebagai kolaborator penelitian dan mitra pendanaannya. Luasnya cakupan ilmu dari jurusan ini, juga memberikan keluasan pada prospek kerja sehingga menjadi jurusan yang paling banyak diminati.

2. Electrical & Electronic Engineering

source ntu.edu.sg

Electrical and Electronic Engineering (NTU EEE) adalah salah satu jurusan terbesar dan berperingkat nomor 6 di dunia dengan lebih dari 3.000 mahasiswa sarjana dan 1.000 mahasiswa pascasarjana. Itu dimulai sebagai salah satu dari tiga sekolah pendiri Nanyang Technological University, yang kemudian dikenal sebagai Institut Teknologi Nanyang. Penerimaan pertama dari 194 siswa lulus dengan sukses pada tahun 1985, menandai gelombang pertama lulusan NTU EEE. Saat ini, telah menjadi salah satu jurusan teknik terbesar di dunia yang mendidik para insinyur dan peneliti yang kompeten. Setiap tahun, Kampus ini meluluskan lebih dari seribu mahasiswa yang siap menghadapi ambisi dan tantangan besar.

3. Communication & Media Studies

source ntu.edu.sg

Jurusan ini menawarkan program Sarjana Ilmu Komunikasi empat tahun untuk mahasiswa sarjana yang tertarik dengan jurusan Komunikasi Strategis, Studi Media Siaran & Sinema, Ilmu Data dan Studi Media dan/atau dalam Jurnalisme dan Kebijakan Media. Mahasiswa memiliki fleksibilitas untuk mengkhususkan diri dalam satu atau lebih trek untuk mengembangkan diri sebagai lulusan komunikasi berbasis luas. Dengan kurikulum paling komprehensif, Anda akan lulus dengan keseimbangan yang kuat antara keterampilan praktis dan konseptual, siap menghadapi tantangan pekerjaan dan kehidupan. Jurusan Communications and Media Studies di Nanyang Technological University ini menduduki peringkat nomor 8 terbaik di dunia.

4. Chemistry

source ntu.edu.sg

Jurusan ini memiliki lebih dari 40 anggota fakultas, 1000 mahasiswa sarjana, 200 mahasiswa PhD, dan 100 staf pascadoktoral dan penelitian. NTU menawarkan berbagai program gelar sarjana dan program pascasarjana, yang diajarkan oleh anggota fakultas kelas dunia. Pada Agustus 2022, Divisi Kimia dan Kimia Biologi akan bergabung dengan Sekolah Teknik Kimia dan Biomedis untuk membentuk Sekolah Kimia, Teknik Kimia dan Bioteknologi (CCEB) baru. Sekolah baru ini akan menjadi yang pertama di NTU yang berada di bawah dua Sekolah Tinggi yang berbeda, Sekolah Tinggi Sains dan Sekolah Tinggi Teknik.

Nanyang Technological University mendapat peringkat tinggi yang menduduki peringkat nomor 9 di universitas dunia. Program sarjana NTU memenuhi pedoman kurikuler American Chemical Society (ACS) untuk pendidikan profesional yang ketat di bidang kimia. Mahasiwa jurusan kimia memiliki banyak kesempatan di luar kelas seperti berpartisipasi dalam penelitian di bawah pengawasan langsung seorang profesor. Mereka juga dapat magang di sebuah perusahaan di Singapura atau luar negeri. Siswa juga dapat menghabiskan satu atau dua semester belajar di lembaga-lembaga terkemuka di luar negeri, termasuk berpartisipasi dalam proyek-proyek penelitian di luar negeri.

5. Civil & Structural Engineering

engineering ntu

source ntu.edu.sg

Sekolah Teknik Sipil dan Lingkungan (CEE) adalah jurusan terkemuka untuk Lingkungan Buatan Berkelanjutan. Berada di peringkat nomor 10 di dunia, jurusan ini menjadi salah satu yang paling banyak peminatnya. Nanyang Technological University memainkan peran integral dalam mempelopori pendidikan tersier, memajukan inovasi penelitian dan menyediakan layanan profesional di sejumlah disiplin ilmu utama di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan. Bertujuan untuk berkontribusi pada kemajuan teknologi dan ekonomi Singapura dan sekitarnya. Misi Kampus dalam penelitian adalah untuk mencapai keunggulan dengan menyediakan lingkungan yang kondusif dan merangsang intelektual. Sehingga memungkinkan pekerjaan berkualitas tinggi dalam arah strategis yang berdampak signifikan terhadap industri, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Demikianlah deretan 5 jurusan terbaik di Nanyang Technological University yang berhasil menduduki peringkat 10 besar Universitas Dunia dari QS World University Rankings by Subject. Jika kamu memiliki impian untuk mendapatkan beasiswa kuliah di NTU, segera persiapkan seluruh rangkaian prosesnya mulai dari ujian, serta dokumen kelengkapan kamu!

Urus Segala Kelengkapan Dokumen Beasiswa di Mediamaz Translation Services

mediamaz ts

Mediamaz TS merupakan penyedia jasa penerjemah tersumpah, penerjemah non-tersumpah, penerjemah lisan (interpreter), dan legalisasi. Apabila kamu berniat untuk mendapatkan beasiswa pendidikan di Nanyang Technological University, pastikan kamu telah menyiapkan segala dokumen yang kamu perlukan. Beberapa dokumen seperti visa, ijazah pendidikan terakhir, dan transkrip nilai yang memerlukan penerjemahan dapat kamu serahkan ke perusahaan kami. Mediamaz TS akan membantu kamu menerjemahkan dokumen tersebut menggunakan jasa penerjemah tersumpah dan profesional. Dokumen penting dan rahasia kamu akan terjamin kualitas dan kerahasiaannya.

Untuk infomasi yang lebih jelas, kamu dapat langsung menghubungi tim marketing kami, disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *