5 Jurusan Populer ini Pilihan Para Artis Top Dunia Loh!

5 Jurusan Populer ini Pilihan Para Artis Top Dunia Loh!

5 Jurusan Populer ini Pilihan Para Artis Top Dunia Loh!

Bagi beberapa siswa yang sudah mulai memasuki fase tingkat pendidikan tinggi, memilih jurusan terasa sedikit seperti tantangan. Ada yang masih dilema memilih diantara dua, ada yang masih bingung ingin terjun ke bidang yang mana, dan bahkan masih ragu dengan satu pilihan yang dimiliki. Meddy punya rekomendasi 5 jurusan populer nih, beberapa artis lokal maupun internasional juga memilih jurusan ini loh.

 

Jurusan Ilmu Komunikasi

5 jurusan populer pertama, Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan. Mahasiswa ilmu komunikasi akan mempelajari tentang bagaimana proses komunikasi lebih efektif dalam menyampaikan pesan sehingga dapat dengan tepat mencapai sasaran. Hal ini akan membuat perkuliahan di jurusan ini memiliki banyak kegiatan praktik. 

Kemudian, jurusan – jurusan yang masuk dalam bidang komunikasi adalah periklanan, linguistik, bahasa, jurnalistik, dan masih banyak lagi. Faktanya, komunikasi juga berhubungan dengan pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman. Misalnya perkembangan internet, pengaruh media, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lainnya. 

Pada umumnya, lulusan jurusan komunikasi bekerja di bidang-bidang seperti broadcasting, wartawan, editor, public relations, periklanan, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi bisnis, dan sejenisnya. Notable figure yang memilih jurusan ini:

  1. Oprah Winfrey (Host Talk Show)

         Tennessee State University, Amerika

     2. Iqbal Ramadhan (Aktor Indonesia)

         Monash University, Australia

     3. Robert Iger (CEO Walt Disney Company)

         Ithaca College, Amerika

     4. Alyssa Soebandono (Artis Indonesia)

         Monash University, Australia

 

Hubungan Internasional

Jurusan kedua, Jurusan Hubungan internasional merupakan satu dari sekian bidang studi yang menjadi favorit banyak pelajar dari seluruh dunia. Bahkan, ada jalan pelajar dari seluruh dunia yang berusaha dengan gigih untuk menembus universitas dengan jurusan Hubungan Internasional terbaik di dunia. Tak hanya karena pengalaman berbeda di negara luar yang bisa didapat, namun mereka mengejar kualitas pendidikan. 

Kemudian, program studi Hubungan Internasional (HI) mengetengahkan pembelajaran tentang interaksi, relasi, dan komunikasi yang terjalin secara internasional. Faktanya, Hubungan Internasional tidak hanya mempelajari hubungan diplomasi satu negara dengan negara yang lain, tapi juga tentang konflik, kesejahteraan, ekonomi dan perdamaian dunia. 

Beberapa kajian yang dipelajari dalam prodi ini adalah diplomasi dan negosiasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, politik internasional, ekonomi internasional, hukum internasional, globalisasi dan banyak lagi. Di samping itu,  kamu akan diasah untuk memahami berbagai isu-isu global, mengenal tokoh-tokoh dan organisasi internasional yang berpengaruh, dan kerja sama internasional. Notable figure yang kuliah Jurusan Hubungan Internasional:

  1. Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia)

         Brown University, Amerika

     2. Barack Obama (Presiden Amerika ke – 44)

         Columbia University, Amerika

     3. Anton Soeharyo (CEO Touchten)

         Waseda University, Jepang

     4. Marty Natalegawa (Menteri Luar Negeri ke – 16)

         London School of Economics and Political Science, Inggris

 

Film Production

Jurusan ketiga, Jurusan Film dan Televisi adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menciptakan bentuk-bentuk di dalam audio visual lengkap dengan berbagai prosesnya. Segala hal teknis pembuatan film juga program siaran televisi akan kamu lahap habis! Nggak lupa, bekal manajerial juga akan kamu dapatkan di jurusan ini.

Sama seperti jurusan Produksi dan Siaran Program Televisi, jurusan ini juga mempelajari proses produksi dan tata cara penyiaran. Bedanya, jurusan Produksi FIlm dan Program Televisi tentu menitikberatkan pada proses pembuatan sebuah film. 

Kemudian, ada berbagai prospek kerja jurusan Produksi Film, seperti Industri Pertelevisian, Industri Radio, Industri Rumah Produksi (PH), Industri Periklanan, Wirausaha Di Bidang Photography dan Videography. Notable figure yang kuliah di jurusan Produksi film:

  1. Joss Whedon (Sutradara the Avengers)

         Wesleyan University, Amerika

     2. Gisela Cindy (Artis Indonesia)

         Vancouver Film School, Kanada

     3. Acha Septriasa (Artis Indonesia)

         Limkokwing University, Malaysia

     4. Francis Lawrence (Sutradara The Hunger Games)

        Lolaya Marymount University, Amerika

 

Business Administration

Program studi Administrasi Bisnis atau yang kerap disebut sebagai Administrasi Niaga akan mengajakmu untuk mempelajari segala sesuatu terkait kegiatan operasional bisnis dan perusahaan. Kegiatan-kegiatan tersebut seperti kegiatan pemasaran (Marketing), pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia (SDM), hingga kegiatan produksi. 

Jurusan Ilmu Administrasi fokus pada aspek perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian suatu instansi publik maupun swasta agar mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan. Kemudian, kamu akan banyak melakukan kajian terhadap berbagai kebijakan di sektor bisnis, publik, atau fiskal. 

Di samping itu, kamu tidak hanya belajar menjalankan bisnis, kamu juga akan belajar untuk menciptakan sebuah produk sendiri. Bisnis yang dimaksud bukan sekedar menjual kembali produk dan mengambil keuntungan, melainkan menciptakan value pada produk yang akan dipasarkan. Notable figure yang kuliah di jurusan Administrasi Bisnis:

  1. Maudy Ayunda (Artis Indonesia)

         Stanford University, California

     2. Erick Thohir (Menteri BUMN ke – 9)

         National University, California

      3. Airlangga Hartarto (Menko Perekonomian ke – 17)

         Monash University Melbourne, Australia

 

Fashion Design

5 jurusan populer terakhir, Fashion Design atau desain mode adalah ilmu yang menggabungkan prinsip seni dengan desain dan manufaktur atau produksi akan sebuah produk. Fashion Designer secara umumnya akan mendesain garmen (bahan/ materi baju) atau elemen dari garmen tersebut. 

Beberapa Fashion Designer memilih untuk mendesain untuk pakaian mewah, seperti gaun pernikahan, atau pakaian sehari-hari tetapi prosedurnya akan tetap sama untuk kedua kategori pakaian. Faktanya, banyak tren fashion yang muncul akibat munculnya tren budaya populer baru. Contohnya, sejak kemunculan film Men in Black, penjualan kacamata hitam Ray Ban meningkat pesat.

Jurusan Fashion akan sangat sesuai bagi kamu yang memiliki minat dan bakat terhadap dunia seni, khususnya seni busana dan perhiasan. Sehingga, apabila kamu berminat pada dunia Fashion, anda tidak akan menemukan banyak kesulitan berarti dalam menempuh perkuliahan di Jurusan Fashion. Notable figure yang kuliah di jurusan Fashion Design:

  1. Peggy Hartanto (Fashion Desainer Internasional)

         Raffles College of Design and Commerce, Australia

      2. Michael Kors (Fashion Desainer Internasional)

          Fashion Institute of Technology, Amerika

      3. Gisela Cindy (Artis Indonesia) 

          Humber College, Canada

      4. Sebastian Gunawan (Fashion Desainer Internasional)

          Istituto Marangoni Milan, Italy

 

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai 5 jurusan populer yang dipilih oleh beberapa artis atau public figure internasional maupun lokal.

Untuk bisa kuliah di luar negeri, tentu kamu membutuhkan dokumen yang diterjemahkan ke dalam bahasa negara tujuan. Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan jasa penerjemah yang menyediakan layanan jasa penerjemah tersumpah, legalisasi, dan interpreter. Kami hadir di dekat kamu, lebih lanjut hubungi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.