5 Jurusan Sepi Peminat, Tapi Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja

5 Jurusan Sepi Peminat, Tapi Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja

5 Jurusan Sepi Peminat, Tapi Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja

Saat memilih jurusan, mungkin kamu akan dipertemukan dengan banyak sekali petimbangan yang harus dipikirkan, termasuk mengenai bagaimana prospek karir dari jurusan tersebut di masa depan. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, karena belajar di bangku perkuliahan akan memakan banyak waktu, tenaga dan biaya. Sehingga sangat perlu mengetahui bagaimana prospeknya agar bisa menjadi motivasi selama proses belajar serta mengetahui arah karir di masa depan. Artikel ini akan membahas mengenai 5 jurusan dengan sepi peminat, tapi dibutuhkan di dunia kerja.

Persiapan Sebelum Masuk Dunia Perkuliahan

Kuliah merupakan salah satu investasi penting untuk masa depan. Meskipun terdengar asyik, tidak mudah untuk beradaptasi terhadap peralihan dari sekolah menengah ke perkuliahan. Sebab, para siswa menengah harus menjalani serangkaian tes untuk lolos ke kampus yang diharapkan.

Sebelum kamu masuk dunia perkuliahan, kamu juga membutuhkan persiapan loh gaiss.. karena kehidupan SMA ke universitas merupakan fase baru yang pastinya berbeda banget. Nah hal pertama yang kamu harus persiapkan adalah persiapan mental! karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa fase kehidupan SMA ke universitas sudah tentu jelas berbeda, kemudian kamu juga bisa mempelajari tentang jurusan dan kampusmu.

Mungkin kamu sudah mempelajari tentang jurusanmu, kamu akan lebih siap lagi ketika sudah mulai masuk perkuliahan. Lalu, kamu juga harus belajar dalam time management. Jam masuk kuliah tentu berbeda dengan sekolah yang sudah terorganisir, jadi kamu harus bisa belajar mengatur waktu ya! 

5 Jurusan Dengan Sepi Peminat

  1. Ilmu Astronomi

Alasan pertama kenapa jurusan ini paling jarang peminat mungkin karena kebingunan akan jadi apa setelah kuliah di jurusan ini. Padahal kamu bisa loh melakukan banyak hal, seperti mengamati peristiwa astronomi dan apa sebabnya bahkan mungkin untuk bisa memprediksi fenomena – fenomena langka yang akan terjadi di luar angkasa.

Di Indonesia sendiri sangat sedikit lulusan astronomi, sehingga sangat sedikit lulusan jurusan ini, dan oleh karena itu sangat dibutuhkan di dunia kerja.

     2. Jurusan Oseanografi

Dikutip dari website Institut Teknologi Bandung, oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air laut yang dapat diaplikasikan ke bidang – bidang lainnya seperti rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut dan mitigasi (pengelolaan dan pencegahan). Prospek kerja untuk lulusan jurusan ini sangat luas.

     3. Ilmu Arkeologi

Apa yang terbesit di benakmu ketika disebut nama jurusan arkeologi? Jika kamu mendalami jurusan Arkeologi, kamu akan belajar meneliti benda – ebnda zaman dahulu dan benda bersejarah. Mungkin masih ada diantara kamu yang menganggap bahwa belajar tentang peninggalan masa lalu tidaklah begitu penting.

    4. Jurusan aktuaria

Khusus untuk jurusan ini mempelajari bidang matematika yang biasa disebut Matematika Asuransi. Ilmu aktuaria adalah ilmu tentang asuransi atau pengelolaan risiko keuangan di mata akan datang.

Jika kamu lulus kamu akan jadi aktuaris. Atau bisa jadi penilai, pemeriksa dan penyidik klaim asuransi atau agen penjualan asuransi dan lain – lain. Masalah pendapatan tentu juga besar.

    5. Jurusan tarjamah

dan 5 Jurusan yang terakhir jurusan tarjamah, jurusan ini termasuk jurusan yang paling jarang diminati. Menurut Google, jumlah pencarian untuk kata kunci “Jurusan Tarjamah” per bulannya ada 0 alias hampir tidak ada.

Hal ini menunjukkan bahwa jurusan tarjamah sangat kurang diminati oleh para calon mahasiswa. Jurusan tarjamah itu sendiri merupakan jurusan yang didalamnya para mahasiswa mempelajari teori penerjemahan Arab – Indonesia. 

Mengapa Jurusan – Jurusan Diatas Dibutuhkan di Dunia Kerja?

Walaupun, mungkin jurusan yang telah disebutkan diatas terdengar masih cukup asing untuk kita. Namun, ternyata mereka memiliki peluang atau prospek kerja yang besar loh… Kenapa begitu? karena saking sedikitnya peminat bahkan salah satu diantara beberapa jurusan tersebut hampir tidak ada peminat oleh karena itu mereka malah memiliki peluang kerja yang besar.

Ketika kita sudah membaca secara detail mengenai jurusan – jurusan tersebut, ternyata memiliki hubungan dan kontribusi untuk negara Indonesia! Seperti contoh jurusan oseanografi yang meneliti tentang lautan, pada faktanya Indonesia merupakan negara kepulauan, jadi penuh dengan lautan. Oleh karena itu, jurusan ini sebenarnya sangat dibutuhkan loh.

Tips Memilih Jurusan Sedikit Peminat yang Cocok

Gimana nih teman – teman Meddy, dengan 5 jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar dan jenjang karir stabil berdasarkan data diatas, kan? Sedikit banyak, kamu pasti mulai mempetimbangkan jurusan tersebut yah bahkan baru pertama kali didengar untuk dijadikan pilihan melanjutkan jenjang kuliah.

Meskipun begitu, jangan asal dalam memutuskan ya! Bagaimanapun juga, satu keputusanmu berpengaruh banget sama prospek karirmu di masa depan lho. Kamu harus tetap menyesuaikan dengan jurusan yang kamu ambil saat di jenjang SMA, apakah IPS, IPA, atau Bahasa supaya nggak terlalu kaget.

Kemudian, kumpulkan informasi selengkap mungkin terkait prodi yang kamu incar. Jadi nggak asal diterima di perguruan tinggi saja. Diskusikan bersama orang tua tentang pilihan dan rencana jangka panjang, termasuk membahas kalkulasi dana yang dibutuhkan. Dan yang terakhir, mengeksekusi planning yang sudah kamu susun dengan tepat.

Layanan Mediamaz Translation Service

Sebagai partner dalam mewujudkan cita – cita, Meddy siap banget membantu kamu dalam mencari solusi pengurusan dokumen – dokumen untuk kuliah mu lho! Apalagi kalau kamu memilih untuk kuliah di luar negeri, jangan khawatir! untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk pendaftaran ke universitas yang dituju, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *