5 Jurusan Unggulan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Prospek Kerjanya

5 Jurusan Unggulan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Prospek Kerjanya

Seiring berkembangnya teknologi, maka dalam dunia kerja dan dunia industri juga memerlukan sumber daya manusia yang bisa beradaptasi. Terlebih dengan hadirnya revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan transformasi digital, yang telah membawa perubahan besar pada dunia kerja. Dilansir dari Encyclopedia Britannica (2015), revolusi industri keempat ini menandai serangkaian pergolakan sosial, politik, budaya, dan ekonomi. Ini pun akan berlangsung selama abad ke – 21, membangun pada ketersediaan luas teknologi digital yang merupakan hasil dari revolusi industri ketiga. Artikel ini akan membahas 5 jurusan unggulan yang dibutuhkan di Era Revolusi Industri 4.0.

 

 

Cyber Security

Cyber Security merupakan salah satu jurusan di bidang komputer dan teknologi yang akan mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri, pemerintah, bahkan individu dari serangan yang ada pada dunia maya atau cyber attack. Mata kuliah yang tersedia seperti coding, programming, cyber forensic, data structure dan network penetration testing.

Prospek kerja untuk jurusan Cyber Security sebagai berikut:

  1. Information Security Analyst
  2. Big Data Architect
  3. Computer Forensics Analyst
  4. Cyber Intelligence Officer

 

Jurusan Sistem Informatika dengan Peminatan Business Intelligence

Kemudian, salah satu dari empat prinsip dalam mengimplementasikan Industri 4.0 adalah Transparansi Informasi, di mana ini merupakan sistem informasi untuk menciptakan salinan dunia secara fisik dan virtual dengan memperkaya modal pabrik digital dengan data sensor.

Secara umum jurusan ini ditujukan untuk mempersiapkan SDM yang mampu menguasai bidang startup digital dan market place. Ilmu yang akan didapat merupakan perpaduan dari bidang ilmu manajemen, hukum bisnis, sistem informasi, dan ilmu tentang e-commerce.

Prospek kerja untuk SI dengan peminatan Business Intelligence:

  1. System Analyst
  2. Project Manager
  3. Database Administrator
  4. Business Analyst
  5. Information System Manager
  6. Software Developer

 

 

Jurusan Matematika

Masih dalam cakupan profesi sebagai data scientist, jursan Matematika adalah salah satu yang paling dibutuhkan menjelang Industri 4.0. Perusahaan akan banyak membutuhkan lulusan jurusan Matematika yang memiliki kemampuan seperti menghitung tabel, diagram, dan grafik dengan jeli.

Mata kuliah yang akan didapat yakni aljabar linear untuk statistika, rancangan percobaan, dan metode survei sampel. Berikut prospek kerja untuk kamu yang studi Matematika:

  1. Software Engineering
  2. Data Scientist
  3. Market Researcher
  4. Software Developer
  5. Application Engineer

 

Teknik Robotika dan Artificial Intelligence

Selanjutnya, jurusan Teknik Robotika dan Artificial Intelligence. Robotika merupakan salah satu ilmu yang lahir dari gabungan beberapa bidang ilmu seperti sistem mekanika, elektronika dan komputer. Di samping itu,  Artificial Intelligence (AI) sebagai salah satu disiplin ilmu komputer mempunyai aplikasi yang luas untuk pendukung pengambilan keputusan.

Kemampuan dan pengetahuan yang akan dipelajari adalah mencakup sains dasar teknologi informasi, pemrograman dasar, desain, aplikasi robotika dan kecerdasan buatan serta integritasnya.

Prospek kerja untuk jurusan Teknik Robotika dan Artificial Intelligence:

  1. Data Scientist
  2. Software Engineer
  3. Peneliti
  4. Insinyur Robotika

 

BACA JUGA: 5 Tips Survive Saat Menjadi Mahasiswa di Luar Negeri

Jurusan Statistika

Beberapa pekerjaan di masa depan diproyeksikan bakal mengalami peningkatan hingga 33% pada tahun 2022. Faktanya, menurut World Economic Forum mencatat dan telah melakukan survei untuk beberapa pekerjaan baru yang bakal terus tumbuh seperti Analisis Data, Spesialis Kecerdasan Buatan, Spesialis Big Data, Pengembang dan Analisis Perangkat Lunak serta Aplikasi, Profesional Inovasi, dan Analis Informasi Keamanan.

Prospek kerja untuk jurusan Statistika:

  1. Peneliti Survei
  2. Analis Kontrol Kualitas
  3. Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran
  4. Ahli Statistik
  5. Aktuaris

 

Begitulah informasi singkat mengenai jurusan yang dibutuhkan di revolusi industri 4.0 saat ini. Dengan prospek kerja dari masing-masing jurusan yang cukup luas dan tentu dengan gaji yang menjanjikan karena ahli dalam bidang tersebut sangat dibutuhkan untuk negara ini.

Bagaimana sahabat Meddy, tertarik untuk kuliah di antara 5 jurusan unggulan tersebut? Terlebih lagi banyak penawaran beasiswa yang tersedia setiap tahunnya loh.

Mediamaz Translation Service merupakan jasa penerjemah tersumpah, yang menyediakan layanan penerjemah dokumen, legalisasi, interpreter untuk memudahkan Anda dalam mengurus dokumen pendaftaran kuliah ataupun beasiswa ke luar negeri. Segera hubungi kami, dan kami akan melayani Anda selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *