Jurusan Kuliah Ini Memiliki Hubungan Kuat dengan Bahasa Inggris

Jurusan Kuliah Ini Memiliki Hubungan Kuat dengan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris? Penting Gak, Sih?

Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang digunakan oleh banyak masyarakat dunia. Bahkan, ada beberapa negara yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama negaranya. Tentunya tidak hanya itu saja, Bahasa Inggris juga cukup banyak peminatnya dalam dunia pendidikan. Sudah banyak universitas yang menyediakan jurusan-jurusan yang berkaitan erat dengan Bahasa Inggris. Ini karena Bahasa Inggris sangat dibutuhkan bukan hanya untuk berkomunikasi sehari-hari tetapi bisa juga untuk menopang karir kamu kedepannya. Lalu, apa aja, sih karir atau pekerjaan yang membutuhkan Bahasa Inggris di dalamnya?

jurusan bahasa inggris

By Freepik

Jurusan Kuliah yang Berhubungan Erat dengan Bahasa Inggris

Tergiur gak sih sama karir yang bisa kamu lakukan jika punya skill Bahasa Inggris? Nah, untuk memiliki skill Bahasa Inggris yang bagus, kamu bisa berkuliah dengan mengambil jurusan yang berhubungan dengan Bahasa Inggris. Lantas, apa saja ya jurusan-jurusan tersebut? Nih, Mediamaz kasih tau!

1. Pendidikan Bahasa Inggris

Tentunya jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu jurusan yang sangat berkaitan erat dengan Bahasa Inggris. Di program studi ini kamu akan mempelajari Bahasa Inggris mulai dari tata bahasa, kosakata, serta percakapan yang akan menopang karir kamu untuk menjadi guru nantinya. Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari cara membuat lesson plan atau silabus untuk diterapkan saat kamu mengajar Bahasa Inggris nantinya.

Baca Juga: Serba Serbi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

2. Sastra Inggris

Memang rasanya jurusan Sastra Inggris agak mirip-mirip ya dengan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Padahal, kedua jurusan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, loh. Jika di Pendidikan Bahasa Inggris kamu akan lebih mempelajari dan memperdalam bagaimana cara mengajar. Di jurusan Sastra Inggris kamu akan mempelajari budaya dari negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Tidak hanya budaya, kamu juga akan memperdalam bahasan linguistik serta bidang sastra.

3. Ilmu Komunikasi

Tidak hanya mempelajari bagaimana cara berkomunikasi seperti biasanya. Kamu juga akan mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dalam dunia profesional. Misalnya, kamu akan mempelajari cara berkomunikasi dalam bidang bisnis, politik, dan sebagainya. Dengan masuk ke jurusan ilmu komunikasi, kamu pastinya akan mempelajari juga cara berkomunikasi di wajah publik. Namun hal ini, harus didukung dengan kemampuan dari Bahasa Inggris. Ini karena, Bahasa Inggris juga menjadi bagian dari mata kuliah yang akan kamu dapatkan. Ini berguna agar kesempatan kamu mendapatkan kerja setelah lulus nantinya.

4. Pariwisata

Jurusan selanjutnya yang berhubungan erat dengan Bahasa Inggris adalah Pariwisata. Kamu pasti berniat menjadi tour guide atau pemandu wisata untuk turis-turis mancanegara. Dengan keinginan ini, kamu memerlukan Bahasa Inggris untuk bisa memandu para wisatawan-wisatawan tersebut. Jika ingin berkomunikasi dengan para turis, pastinya kamu membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris.

5. Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional (HI) memang tidak mempelajari ilmu tentang bahasa sebagai hal utama. Kamu akan lebih mempelajari tentang Ilmi Politik jika memasuki jurusan ini. Namun Bahasa Inggris akan tetap menjadi komponen utama yang akan dipelajari oleh para mahasiswanya. Jurusan Hubungan Internasional mempersiapkan mahasiswanya untuk menjalin hubungan diplomatis dengan berbagai perwakilan dari negara lain. Agar bisa berhasil untuk menjalin komunikasi dengan perwakilan-perwakilan antar negara, kamu diharapkan dapat memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik.

Pekerjaan yang Membutuhkan Bahasa Inggris

Banyak sekali, loh pekerjaan yang membutuhkan skill Bahasa Inggris. Dengan melihat pekerjaan-pekerjaan ini, kamu akan tau betapa pentingnya Bahasa Inggris untuk keterusan hidup kamu. Yuk dilihat!

1. Penerjemah Lisan dan Tulisan

Pekerjaan pertama yang berhubungan dengan Bahasa Inggris adalah penerjemah. Bukan hanya Bahasa Inggris, bahasa lain juga dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Karir sebagai penerjemah juga banyak dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen resmi. Misalnya, untuk menerjemahkan dokumen keperluan beasiswa ke luar negeri atau dokumen bisnis seperti surat ekspor impor.

A curious man listens to a new audiobook using wireless headphones learning new phrases in english

By Freepik

Selain menerjemahkan dokumen, kamu juga bisa menjadi ahli bahasa atau penerjemah lisan (interpreter). Biasanya, jasa interpreter digunakan pada acara-acara resmi, seperti seminar, pertemuan antar negara, atau lainnya. Interpreter biasanya dibayar dengan hitungan menit. Cukup menguntungkan, kan?

2. Tour Guide

jurusan

By Pixabay

Pada dasarnya, tour guide memiliki peran yang sama dengan seorang interpreter. Ini karena tour guide atau pemandu wisata akan memandu turis-turis yang berasal dari luar negeri. Tidak hanya harus bisa berbahasa Inggris, para pemandu wisata juga harus memiliki skill komunikasi yang baik dan juga harus mengenal tempat yang akan menjadi destinasi wisata yang ia pandu nantinya.

3. Jurnalis atau Reporter

Foto gratis dari Wartawan

By Pixabay

Jika kamu memiliki skill Bahasa Inggris atau mungkin kamu lulusan dari Jurusan Bahasa Inggris, kamu bisa banget nih jadi jurnalis atau reporter. Skill Bahasa Inggris kamu bisa saja terpakai saat kamu akan mewawancarai orang atau tokoh-tokoh penting. Ini karena saat kamu mewawancarai orang-orang negara asing, kamu akan menggunakan Bahasa Inggris yang adalah Bahasa Internasional tersebut untuk berkomunikasi.

4. Pramugari dan Pramugara

jurusan bahasa inggris

By Freepik

Apakah kamu bercita-cita ingin menjadi pramugari atau pramugara? Bahasa Inggris sangat dibutuhkan di bidang ini. Saat melayani para penumpang maskapai, kamu akan berhadapan dengan penumpang yang berasal dari mancanegara. Oleh karena itu, kemampuan Bahasa Inggris sangat kamu perlukan untuk berkomunikasi dengan para penumpang di pesawat.

5. Guru Bahasa Inggris

Free Teacher Asking a Question to the Class Stock Photo

By Pexels

Mengantongi gelar sarjana dalam bidang Bahasa Inggris, khususnya jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah suatu keharusan untuk pekerjaan menjadi guru Bahasa Inggris. Menjadi guru adalah suatu pekerjaan yang mulia karena kamu akan mengajarkan ilmu serta pengetahuan untuk mencerdaskan generasi bangsa.

Mau Pinter Bahasa Inggris? Nih, Cara Mudahnya!

Jika kamu ingin belajar Bahasa Inggris dan ingin memasuki industri penerjemahan atau industri lainnya yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai syaratnya. Kamu bisa coba untuk masuk ke jurusan-jurusan yang telah disebutkan di atas. Namun, jika kamu sudah terlanjur kuliah di jurusan yang tidak disebutkan, jangan khawatir, karena kamu masih bisa untuk belajar Bahasa Inggris untuk menopang karir kamu. Kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris.

Namun, jika kamu berminat untuk menjadi seorang penerjemah, bootcamp Mediamaz terbuka lebar untuk kamu! Di bootcamp Mediamaz, kamu akan mendapatkan pengajaran dan materi yang berkualitas. Selain bootcamp, Mediamaz juga menyediakan sertifikasi penerjemah khusus untuk kamu yang sudah mumpuni dalam Bahasa Inggris atau jika kamu berada di jurusan yang telah Mediamaz sebutkan di atas. Sertifikasi membantu kamu saat menjadi penerjemah dan menjadi bukti jika kamu adalah penerjemah yang kompeten.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu ke bootcamp atau sertifikasi penerjemah di Mediamaz!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.