5 Kampus Tertua di Dunia yang Masih Aktif Hingga Saat Ini

5 Kampus Tertua di Dunia yang Masih Aktif Hingga Saat Ini

5 Kampus Tertua di Dunia yang Masih Aktif Hingga Saat Ini

Berbicara tentang kampus tertua, kampus di negara mana yang pertama kali kalian pikirkan? Sebagian perguruan tinggi tidak hanya terkenal dan populer karena capaian prestasinya, namun juga ada yang terkenal karena sejarah dan usianya. Artikel ini akan menuliskan setidaknya 5 kampus tertua di dunia yang masih aktif hingga saat ini. 

 

University of Al-Qarawiyyin

Berbicara tentang perguruan tinggi tertua, tidak lain dan tidak bukan adalah Universitas Al-Qarawiyyin atau Al- Karaouine. Kampus yang terletak di Fez, Maroko ini merupakan kampus pertama dan tertua di dunia yang mana telah berdiri sejak tahun 859 M. Sampai sekarang, kampus ini telah terus dan menjadi pilihan bagi para mahasiswa atau umat agama Muslim untuk mendapatkan pengetahuan ilmiah maupun spiritual. Guinness World Record telah menetapkan Universitas Al-Qarawiyyin ini sebagai kampus tertua di dunia loh! 

 

Univesitas Al-Azhar 

Pada awalnya, Al-Azhar merupakan pusat pembelajaran bagi umat agama Muslim dan belum resmi ditetapkan menjadi sebuah universitas sampai tahun 1961. Pada tahun tersebut, kampus ini baru ditetapkan sebagai sebuah universitas. Namun, dengan nilai sejarah dan fungsi bangunan yang sejak masa awal 970 M di Kairo yang digunakan sebagai pusat pendidikan agama Islam, kampus ini juga termasuk salah satu yang tertua di dunia. Kini, Al-Azhar menduduki peringkat 51 dari 60 berdasarkan ranking wilayah universitas di Arab. 

 

University of Bologna

Universitas selanjutnya yaitu terletak di kota Bologna, Italia. Berdiri sejak tahun 1088, University of Bologna ditetapkan sebagai perguruan tinggi ketiga dengan usia tertua di dunia. Kampus ini terkenal dengan program studi doktornya sejak lama, namun seiring berjalannya waktu program studi yang ditawarkan menjadi beragam dan sama-sama memperoleh banyak prestasi atau pencapaian. Menurut QS World University Rankings 2021 kampus ini menduduki urutan ke 60. 

 

University of Oxford

Siapa yang tidak tahu dengan yang satu ini, Oxford merupakan salah satu perguruan tinggi yang paling banyak diminati oleh pelajar dari seluruh dunia. Namun siapa sangka bahwa Oxford masuk jajaran kampus tertua di dunia (1096/1167). Tidak hanya terkenal karena berhasil meluluskan tokoh-tokoh terkenal yang berpengaruh di dunia, kampus ini juga ternyata merupakan peringkat 2 berdasarkan QS World University Rankings 2021. 

 

Salamanca University

Kampus yang dibangun pada tahun 1134 ini diketahui pernah mendapatkan penghargaan kerajaan di tahun 1218. Tepatnya setelah Valencia University tidak berfungsi, Salamanca University ditetapkan sebagai institusi tertua di Spanyol. Terletak di sebelah barat kota Madrid, Salamanca University adalah institusi tempat Christopher Columbus mengajukan kasus untuk mendapatkan dukungan kerajaan dalam ekspedisi Hindia-nya di akhir abad ke-15. Berdasarkan QS World University Rankings 2021 kampus ini menduduki peringkat 601 dari 650.

Nah, sekarang sudah tau kan tentang 5 kampus tertua di dunia yang masih aktif hingga saat ini. Selain yang telah disebutkan, masih banyak perguruan tinggi lainnya seperti University of Paris, University of Cambridge, University of Siena, dan masih banyak lagi.

 

Mediamaz Translation Service

Kini hadir layanan penerjemah tersumpah yang menyediakan jasa legalisasi, interpreter, penerjemahan dokumen/penerjemah tersumpah, dan penulisan konten. Bagi Anda yang ingin mengurus dokumen atau legalisir dokumen penting untuk keluar negeri, kunjungi laman dan hubungi kami di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.