5 Kerja Part Time di Korea Selatan

5 Kerja Part Time di Korea Selatan

5 Kerja Part Time di Korea Selatan

5 Kerja Part Time di Korea

Di Korea Selatan memiliki cukup banyak pekerjaan part time, terutama di kota – kota besar pada umumnya yang dapat dikerjakan oleh sebagian generasi muda di Korea Selatan. Atau mungkin kamu sering melihat di dalam adegan Drakor yang menggambarkan bagaimana kehidupan anak – anak muda di Korea Selatan yang kerja part time sambil kuliah. 

 

Bagaimana kerja part time di Korea?

Korea merupakan negara yang masyarakatnya benar – benar menghargai waktu dan uang. Setiap jam diartikan bisa menjadi sumber dana pemasukkan bagi setiap orang. Walaupun di negara kita sendiri mungkin sudah mengerti akan hal tersebut, namun konsep mencari uang di Korea benar – benar berbeda, mereka tidak tanggung – tanggung untuk melakukan dua pekerjaan sekaligus, demi mengumpulkan KRW 8,530 perjamnya. 

KRW: Korean Won (₩)

Di Korea kerja part time disebut dengan arebaitte atau alba, bagi kalangan remaja di Korea bekerja sambil kuliah merupakan sesuatu hal yang wajar, mereka sudah terbiasa dengan gaya hidup yang serba sibuk dan harus pandai – pandai memanfaatkan waktu mereka, antara waktu belajar dengan waktu bekerja, mungkin hanya tersisa sedikit waktu bagi mereka untuk bersantai atau nongkrong dengan teman sebaya mereka. 

Tidak ada kata lelah, tidak ada kata jam malam, tidak ada kata hari libur, apalagi hanya untuk libur Hari Nasional misalnya. Setiap hari mereka hargai dengan uang, yang memang pada akhirnya menjadikan kehidupan mereka lebih baik.

 

Keuntungan kerja part time di Korea

Kerja part time di Korea bukan saja semata – mata untuk menghasilkan uang, namun ada nilai yang lebih besar yaitu untuk mendapatkan pengalaman yang cukup di dunia kerja dan mencari kesempatan membangun relasi di dunia kerja tersebut, sehingga ketika kamu lulus kuliah maka kamu secara otomatis sudah siap memasuki dunia kerja profesional, begitulah salah satu gaya hidup sebagian remaja di Korea. 

Keuntungan lain yang akan kamu dapatkan ketika mengambil kerja part time di Korea saat kamu kuliah adalah menambah network. Kalau kamu bekerja dengan baik dan profesional saat part time, maka akan semakin banyak klien yang percaya padamu. Jumlah pekerjaan akan meningkat dan pengalaman bekerja yang kamu miliki akan semakin bertambah. Maka, dengan sendirinya nilai jual mu pun akan meningkat. 

Dengan tradisi kaum remaja di Korea yang sangat senang bekerja, ini juga menjadikan kamu memiliki pribadi yang mandiri dan mengajarkan kedewasaan. Yang mana ketika kamu memutuskan untuk kerja part time di negara lain sambil kuliah akan menjadi kebanggan tersendiri. Sejak muda kamu sudah terlatih mandiri secara finansial, kamu pun tentu sudah paham betapa tak mudahnya memanajemen waktu, prioritas dan kesibukan.

Dan kamu akan terlatih untuk menghargai sepeser uang yang kamu dapatkan. Dengan begitu, maka kamu akan mempergunakannya dengan cara yang benar dan tidak sembarangan. Karena kamu sudah mengerti susahnya mencari uang. Terlebih masyarakat lokal Korea yang tidak suka membuang – buang waktu dan uang hanya untuk sesuatu yang tidak perlu.

 

5 kerja part time di Korea

Gaji minimum per jam yang akan didapat pada saat ini adalah KRW 8590 won dan sebagai mahasiswa hanya diperkenankan bekerja 20 jam setiap minggunya. Berikut ini merupakan 5 kerja part time di Korea yang umumnya dikerjakan oleh anak – anak atau mahasiswa di Korea. Keep scrolling!

1.Pramusaji / Pelayan restoran

Seperti yang kita ketahui bahwa restoran atau cafe di Korea memang sedang menjamur saat ini, setiap hari pasti ada aja beberapa cafe baru yang melakukan grand opening di setiap kota di Korea Selatan, hal ini menciptakan banyak sekali lapangan pekerjaan untuk posisi pramusaji / pelayan restoran atau cafe baru.

Menjadi pramusaji / pelayan restoran atau cafe memiliki cukup besar tantangannya dan juga lumayan bagus dalam hal pengalaman dan sudah pasti membutuhkan keramahan tingkat tinggi. Karena kamu akan menemukan banyak sekali pelanggan dari berbagai kalangan di tempat kamu bekerja, kamu bisa belajar bagaimana melayani orang lain dan kamu bisa melatih profesionalitas dan kesabaran karena berhadapan langsung dengan konsumen. 

2.Kasir minimarket / toko

Meskipun teknologi di Korea untuk urusan perkasiran sudah cukup maju, tetapi bukan berarti tanggung jawab sebagai seorang kasir di Korea menjadi lebih ringan, karena apapun pekerjaannya di sana mereka dituntut untuk bekerja profesional dan bertanggung jawab. 

Bekerja sebagai kasir dapat melatih ketelitian kamu, saat menerima dan memberi uang kepada konsumen mereka harus cekatan dan juga teliti. Karena terkadang konsumen di Korea tidak mentolerir kesalahan sekecil apapun yang tidak dilakukan oleh kasir, istilahnya kalau urusan duit hitungannya harus pas nggak boleh salah, apalagi kerja sambil main handphone. Nah disinilah, kedisiplinan kamu diuji.

3.Guru privat / tutor

Sebagai mahasiswa, tenaga dan kecerdasan kamu sangat dibutuhkan oleh para orang tua yang sibuk mencari uang dan tidak sempat mengajari anaknya belajar di rumah. Rata – rata anak – anak mereka masih duduk dibangku Sekolah Dasar dan Menengah, tapi sebagai guru privat / tutor di Korea kalian harus bersikap profesional, karena di balik upah yang kamu terima, ada sebuah tanggung jawab.

Mungkin aturan tersebut bukan berupa aturan tertulis, namun sudah sepantasnya orang tua murid akan menuntut prestasi anak – anaknya lebih baik setelah mereka let privat, untuk menghadapi anak – anak sekolah di Korea juga bukan tantangan yang mudah, karakter anak – anak di Korea bermacam – macam, selain diperlukan kesabaran mereka juga harus kreatif mencari agar proses belajarnya bisa lebih nyaman dan lebih menyenangkan dengan hasil yang maksimal. 

4.Pengantar barang / kurir

Gaya hidup masyarakat Korea sudah terbiasa dengan belanja online, jauh sebelum kebiasaan itu menular ke negara kita saat ini. Mungkin hampir semua toko di Korea memberikan layanan pemesanan via online, sehingga lapangan pekerjaan sebagai pengantar barang atau kurir di Korea cukup banyak, dengan mengambil kerja part time ini mereka dituntut profesionalismenya dengan mengantar tepat waktu dan melindungi barang yang diantaranya agar tetap aman hingga sampai ke pemesan barang tersebut.

Jadi, kerja part time seperti kurir atau pengantar barang di Korea cukup memberikan kebanggaan tersendiri jika mereka memberikan service terbaiknya kepada pelanggannya.

5.Sales Promotion

Pekerjaan part time terakhir yang banyak diminati adalah menjadi sales promotion, kerja part time ini mungkin tampaknya lebih menyenangkan dan lebih mudah. Namun, kenyataan tidak lho! Sebagai sales promotion di Korea, kinerja mereka di pantau dan di target. 

Tentu saja pimpinan tempat mereka bekerja tidak ingin keluar duit dengan sia – sia tanpa memberikan benefit untuk usahanya. Inilah salah satu tantangan bagi seorang sales promotion di Korea, selain terdapat target yang harus dicapai, mereka bisa belajar bagaimana bekerja dengan kreatif dan inovatif untuk menciptakan ide – ide baru demi kelancaraan pekerjaannya, bayangkan sejak umur belasan tahun saja sudah bekerja sedemikian profesional di dunia marketing. 

 

Nah, gimana apakah kamu tertarik untuk kuliah sambil kerja part time di Korea? tidak ada salahnya lho untuk menambah pengalaman selain untuk menambah uang saku selama tinggal di Korea.

Untuk Anda yang lagi persiapan untuk melanjutkan kuliah di Korea dan membutuhkan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen – dokumen yang dibutuhkan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Korea, ataupun layanan untuk legalisasi dokumen penting untuk memenuhi persyaratan. Kami bisa menjadi solusi dari semua yang Anda butuhkan, Mediamaz Translation Service dengan berbagai pelayanan dalam hal persiapan penerjemahan dan legalisasi hingga konsultan bisa Anda dapatkan, kami siap melayani Anda selama 24 jam.

 

Lihat Perusahaan | Tentang Kami | Promo Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *