Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

5 Seragam Sekolah Jepang yang Sering Muncul di Anime

5 Seragam Sekolah Jepang yang Cukup Ikonik di Anime

festival sekolah jepang

Pic by wikipedia

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki jenjang pendidikan yang sama dengan Indonesia. Jenjang pendidikan di Jepang memiliki berbagai tingkat sebagai berikut, Untuk Sekolah Dasar (小学校 Shōgakkō) memiliki durasi belajar selama 6 tahun, lalu untuk Sekolah Menengah Pertama (中学校 Chūgakkō) memiliki durasi belajar selama 3 tahun, dan untuk Sekolah Menengah Atas (高等学校 Kōtōgakkō) memiliki durasi belajar selama 3 tahun.

Dan Jepang juga memiliki peraturan yang mengharuskan setiap siswa pada tingkatan belajar tersebut memakai seragam pada saat bersekolah. Berbeda dengan budaya barat yang biasanya untuk bersekolah bisa menggunakan baju bebas sedangkan di Jepang tidak begitu. Karena itu pada artikel ini akan membahas tentang asal mula seragam sekolah di Jepang, jenis seragam sekolah di Jepang, fungsi dan ciri khasnya, maupun aturan umum yang ada di sekolah Jepang tersebut.

Baca Juga: 5 Baju Adat Jepang yang Paling Terkenal

Asal Mula Seragam Sekolah Jepang

Seragam sekolah Jepang memiliki sejarah yang panjang dan bermula pada akhir abad ke-19. Pada tahun 1872, pemerintah Jepang menerapkan sistem pendidikan modern dan mengadopsi banyak elemen dari sistem pendidikan Barat, termasuk seragam sekolah.

Seragam sekolah pertama kali ada di Jepang pada tahun 1879, tetapi pada awalnya hanya hanya untuk siswa di sekolah-sekolah elit. Pada tahun 1920-an, seragam sekolah mulai tersedia lebih luas dan Departemen Pendidikan mulai mengatur secara resmi.

Seragam sekolah Jepang yang khas dengan desain seragam yang terdiri dari blazer dan rok pendek untuk siswi, serta celana panjang dan blazer untuk siswa, pertama kali ada pada tahun 1920-an dan mulai menjadi standar pada tahun 1930-an. Seragam tersebut bertujuan untuk menciptakan kesetaraan antara siswa di sekolah, serta untuk mendisiplinkan moral para siswa.

Selama periode pasca-Perang Dunia II, seragam sekolah di Jepang menjadi lebih sederhana dan praktis, dengan penggunaan warna-warna netral dan bahan-bahan yang lebih mudah untuk merawatnya. Namun, desain dasar seragam tersebut tetap sama dan masih ada hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Anime Jepang Terbaik dan Terpopuler

Jenis Seragam Sekolah Jepang

Di Jepang, terdapat beberapa jenis seragam sekolah yang umum, antara lain:

1. Gakuran

seragam sekolah jepang

Pic by style.tribunnews

Gakuran adalah seragam sekolah khas laki-laki di Jepang yang terdiri dari jaket berkerah tinggi dengan tiga hingga enam kancing depan, celana panjang berpotongan sempit. Seragam ini umumnya ada di sekolah menengah atas, mengkaitkannya sebagai gaya tradisional Jepang.

Gakuran berasal dari seragam militer Eropa yang memperkenalkannya ke Jepang pada akhir abad ke-19 dan biasa terdapat pada pasukan Jepang selama Perang Dunia II. Saat ini, seragam Gakuran masih populer di Jepang dan meyakini sebagai simbol prestise dari akademik sendiri.

2. Sailor Fuku

seragam sekolah jepang

Pic by pinterest

Sailor fuku adalah seragam sekolah khas perempuan di Jepang yang terdiri dari atasan berkerah dengan dasi pita, rok pleated, dan kaus kaki putih. Sailor fuku pertama kali terdapat pada seragam sekolah pada awal abad ke-20 dan sejak itu menjadi populer.

Seragam ini biasanya ada di sekolah menengah pertama dan menengah atas, serta menjadi simbol dari keanggunan dan kepolosan perempuan Jepang.

Sailor fuku memiliki banyak variasi, termasuk variasi panjang lengan dan pendek, dan berbagai warna dan pola. Seragam ini juga telah menjadi ikonik dalam budaya pop Jepang dan sering muncul dalam anime, manga, dan drama televisi.

3. Blazer

seragam sekolah jepang

Pic by ggwp

Sekolah seragam Jepang blazer adalah jenis seragam sekolah yang sering terdapat pada siswa laki-laki dan perempuan di sekolah menengah atas dan perguruan tinggi di Jepang. Seragam ini terdiri dari blazer (jaket formal) dengan kerah berdiri, dasi, kaos putih, celana panjang atau rok, dan sepatu kulit.

Seragam blazer memiliki banyak variasi, termasuk warna dan desain yang berbeda-beda tergantung pada sekolahnya. Selain itu, para siswa sering menggunakan ini untuk acara formal seperti upacara sekolah dan kegiatan klub.

4. Jersey

seragam sekolah jepang

Pic by idntimes

Sekolah seragam Jepang jersey adalah jenis seragam sekolah yang terdapat di beberapa sekolah menengah atas di Jepang, terutama untuk kegiatan olahraga seperti sepak bola, bisbol, dan bola basket. 

Jersey biasa menjadi seragam untuk konteks olahraga dan biasanya berwarna terang dan mencolok, menampilkan warna dan desain yang mencerminkan identitas sekolah. Seragam ini juga sering digunakan dalam kegiatan pertandingan antar-sekolah di Jepang, yang menjadi salah satu perhatian utama dalam kehidupan sekolah di Jepang.

Sekolah seragam Jepang jersey merupakan bagian penting dari budaya olahraga di Jepang dan sering kali dianggap sebagai bentuk semangat tim dan kebanggaan sekolah.

5. Vest atau Sweater

seragam sekolah jepang

Pic by dictio

Sekolah seragam Jepang vest atau sweater adalah jenis seragam sekolah yang sering dikenakan oleh siswa di beberapa sekolah menengah atas di Jepang selama musim dingin. Seragam ini terdiri dari vest atau sweater dengan logo sekolah atau emblem di bagian dada, kaus kaki putih, celana panjang atau rok, dan sepatu kulit.

Sweater sering digunakan sebagai alternatif seragam blazer di musim dingin karena memberikan kehangatan dan kenyamanan lebih kepada siswa. Seragam vest biasanya dipakai di atas kaus kaki putih dan menunjukkan identitas sekolah dengan jelas.

Seragam vest atau sweater seringkali berwarna netral seperti hitam, putih, atau abu-abu, tetapi beberapa sekolah juga memiliki desain dan warna yang unik untuk seragam ini.

Vest atau sweater adalah bagian penting dari budaya dan merupakan salah satu cara untuk menunjukkan identitas sekolah dan membangun semangat kolektif dalam komunitas sekolah.

Baca Juga: Pesona Gunung Fuji Gunung Tertinggi di Jepang Yang Menjadi Ikon

Fungsi dan Ciri Khas Seragam Sekolah Jepang

Seragam sekolah Jepang memiliki beberapa fungsi dan ciri khas, di antaranya:

1. Identitas Sekolah

Seragam dirancang untuk memperlihatkan identitas sekolah dan membuat siswa merasa seperti bagian dari komunitas sekolah. Setiap seragam biasanya memiliki logo atau emblem sekolah yang menunjukkan identitasnya.

2. Meningkatkan Disiplin

Seragam juga memiliki fungsi untuk meningkatkan disiplin siswa. Dengan seragam yang seragam, siswa tidak perlu bersaing dalam pakaian atau penampilan dan dapat fokus pada pembelajaran.

3. Meratakan Status Sosial

Seragam dirancang untuk membuat siswa merasa sejajar tanpa memperhatikan latar belakang sosial atau ekonomi mereka. Ini membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan rasa persatuan dalam komunitas sekolah.

4.  Ciri Khas

Seragam memiliki ciri khas yang mudah dikenali, seperti sailor fuku untuk siswa perempuan dan blazer untuk siswa laki-laki. Desain dan warna seragam juga dapat menjadi ciri khas tertentu dari suatu sekolah.

5. Budaya

Seragam telah menjadi bagian dari budaya Jepang dan sering digunakan dalam anime, manga, dan drama televisi. Seragam juga sering dikaitkan dengan citra keanggunan dan kesopanan Jepang.

Baca Juga: Berkenalan Lebih Dalam Mengenai Fenomena Cosplay

Aturan Umum yang Ada di Sekolah Jepang

Berikut ini adalah beberapa aturan umum yang ada di sekolah Jepang:

1. Disiplin dan Etika

Sekolah Jepang mengajarkan disiplin dan etika sebagai nilai penting bagi siswa. Siswa diharapkan untuk mematuhi aturan dan etika yang telah ditetapkan, serta menghormati guru dan anggota staf lainnya.

2. Seragam Sekolah

Seragam sekolah merupakan bagian penting dari budaya dan siswa diharuskan untuk mengenakan seragam yang telah ditentukan dengan benar dan rapi.

3. Kerapian

Sekolah Jepang mengajarkan kerapian dan kebersihan sebagai nilai penting. Siswa diharapkan menjaga kebersihan di sekolah, termasuk dalam hal pakaian, rambut, dan lingkungan sekolah.

4. Penggunaan Gawai

Penggunaan gawai di sekolah Jepang diatur dengan ketat. Biasanya siswa diharuskan mematikan telepon genggam selama jam pelajaran.

Baca Juga: Fakta Dibalik Cantiknya Geisha Jepang

Apa yang Bisa Kami Bantu?

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Jepang pasti membutuhkan persiapan yang matang. Persiapan tersebut meliputi persiapan dana, tenaga, dan dokumen untuk kepergian. Selain, harus mempersiapkan tiket pesawat untuk keberangkatan, Anda juga harus mempersiapkan dokumen lainnya seperti Visa maupun Paspor.

Dalam praktiknya untuk mempersiapkan dokumen tersebut tidaklah mudah, Anda harus mengerti bahasa asing untuk dapat mempersiapkan dokumen itu. Kebetulan, Mediamaz Translation Service merupakan penyedia jasa Penerjemah Tersumpah yang sudah berdiri sejak 1998.

Kami siap membantu Anda yang ingin menerjemahkan dokumen untuk keperluan pergi ke luar negeri. Tidak perlu khawatir, karena kami sudah bersertifikat resmi dari SK Gubernur dan Kemenkumham. Itu sudah menjadi bukti bahwa layanan yang kami berikan akan sudah sesuai dengan SOP yang berlaku.

Segera daftarkan dokumen Anda kepada kami melalui link website kami di sini dan juga bisa melalui layanan telepon kami dengan nomor 021 55787254.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *