Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
SHOW COLUMNS FROM `wp8e_trustindex_google_reviews` LIKE "highlight"

Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
ALTER TABLE `wp8e_trustindex_google_reviews` ADD highlight VARCHAR(11) NULL AFTER rating

5 Skill Wajib yang Harus Kamu Miliki Ketika Kuliah di Luar Negeri

5 Skill Wajib yang Harus Kamu Miliki Ketika Kuliah di Luar Negeri

5 Skill Wajib yang Harus Kamu Miliki Ketika Kuliah di Luar Negeri

5 Skill Wajib yang Harus Kamu Miliki Ketika Kuliah di Luar Negeri

5 Skill wajib yang harus kamu miliki ketika ingin kuliah di luar negeri merupakan suatu hal penting ketika kamu becita – cita kuliah di luar negeri, yang mana hal tersebut merupakan suatu kebanggaan untuk diri sendiri maupun orang tua, kamu akan memiliki pengalaman belajar dengan sistem dan kurikulum yang berbeda, melatih kamu dalam berkomunikasi menggunakan bahasa asing sesuai dengan negara tujuanmu, mengikuti trend ataupun kebudayaan negara tersebut dan bisa menjadi bekal untuk membangun karir mu di masa depan. 

Namun, kuliah di luar negeri juga merupakan salah satu tantangan bagi pelajar internasional. Karena, kamu akan menghadapi kebudayaan dan bahasa yang berbeda dan tuntutan belajar juga lebih tinggi dibandingkan saat sekolah menengah ataupun dengan sistem pendidikan di Indonesia. 

Sebelum kamu merasakan berbagai euforia tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan nih, guys sebelum kamu mengenyam pendidikan di luar negeri. Akan tetapi semua itu tidaklah sulit, jika kamu sudah membekali diri kamu dengan 5 skill atau keahlian ini. 5 skill wajib yang harus kamu miliki ini pun juga akan terpakai setelah kamu lulus nanti, sewaktu masuk dunia kerja, hidup bermasyarakat dan seterusnya. Keep scrolling!

 

5 SKILL YANG WAJIB KAMU MILIKI SEBELUM KAMU KULIAH DI LUAR NEGERI

 

  • Mengatur keuangan

Sebagai orang Indonesia, kita notabene terbiasa dengan hidup konsumtif. Karena salah satu kebiasaan tersebut, sudah mendarah daging untuk masyarakat Indonesia. Kita pun tidak bisa pungkiri hal itu, tapi tidak ada salahnya kamu belajar secara perlahan untuk bisa lebih mengatur keuanganmu sendiri.

Mungkin kamu dapat menerapkan salah satu skill yang wajib kamu miliki ini dengan memulai hidup hemat ketika kamu masih duduk dibangku sekolah, karena di waktu tersebut merupakan salah satu kesempatan untuk kamu melatih dan membiasakan diri agar bisa me-manage uang, mendahulukan hal yang lebih kamu butuhkan dibanding yang kamu inginkan. 

Karena semakin banyaknya trend yang bermunculan entah dari trend fashion, makanan, dan lain sebagainya akan membuat keinginan kamu semakin banyak supaya kamu dapat menyeimbangkan trend tersebut. Namun, itulah perspektif yang salah yang dimiliki orang Indonesia pada umumnya. Tapi siapa lagi yang mampu mengendalikan kebiasaan tersebut kecuali diri kamu sendiri?

Sesuai realita yang ada, hidup di luar negeri tidak sama dengan hidup di Indonesia. Karena dilihat dari cost living dan biaya kuliah di luar negeri jauh lebih mahal dibanding di Indonesia. Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu yang ingin sekali melanjutkan studi di luar negeri untuk belajar menerapkan skill wajib ini dengan mengatur keuangan sejak kamu masih duduk di bangku sekolah. Sehingga kamu akan terbiasa ketika kamu sudah berada di negara tujuanmu dan lebih pintar dalam memilah pengeluaran.

 

  • Berpikir Kritis

Memiliki pikiran kritis merupakan kemampuan untuk menganalisa fakta, membuat perbandingan, dan membuat gagasan atau solusi untuk permasalahan yang ada. Berpikir kritis dapat diasah melalui pengetahuan yang dipelajari dan pengalaman yang dimiliki.

Dengan kamu memiliki bekal dalam berpikir kritis, akan sangat bermanfaat saat kamu kuliah di luar negeri ataupun ketika di dunia kerja. Kemampuan berpikir kritis membantu kamu membuat keputusan yang tepat dengan cara mengevaluasi informasi atau fakta dengan tangkas dan objektif.

Jika dilihat dari kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini pun, telah mengedepankan dan mewajibkan muridnya untuk lebih bisa berpikir kritis dan aktif saat belajar. Hal ini, dapat kamu manfaatkan untuk melatih daya pikir kritis kamu untuk bekal saat kamu ke jenjang pendidikan lebih lanjut atau saat kuliah. Karena, ketika kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri kamu akan bertemu dengan pelajar dari negara lain yang mungkin memiliki pemikiran yang luas dan kritis.

 

  • Mengatur waktu 

Skill lain yang wajib kamu miliki saat ingin kuliah di luar negeri adalah mampu mengatur waktu. Tidak hanya saat kuliah, tapi hal ini bisa menjadi bekal kamu saat menghadapi dunia kerja bahkan untuk kehidupanmu di masa depan. Karena kemampuan mengatur waktu, bukanlah sesuatu yang mudah untuk dipelajari atau dijadikan kebiasaan.

Seseorang yang memiliki kebiasaan menunda suatu pekerjaan atau dalam kata lain tidak disiplin, itu sangat mempengaruhi pola hidup kamu yang tidak dapat mengatur waktu. Oleh karena kamu, kamu wajib sekali membiasakan diri untuk mengkontrol diri untuk bisa menjadwalkan semua kegiatan kamu secara terstruktur, sehingga kamu akan terbiasa hidup dengan waktu.

Ketika kamu belajar di luar negeri, tentu akan kesulitan jika tidak bisa mengatur waktu. Karena dilihat dari zona waktu serta kebiasaan di suatu negara yang berbeda – beda, membuat kamu akan lebih sulit beradaptasi. Mungkin, kita tidak mengetahui jika orang – orang di negara Jerman memiliki kebiasaan on time jika mengadakan sebuah pertemuan atau jam kelas. Kamu akan kewalahan, jika tidak membiasakan diri untuk mengatur waktu. Oleh karena itu, biasakan diri untuk mengatur jadwal kegiatan mu sebaik mungkin dan buat hidupmu berstruktur sehingga, kamu kelak dapat menyesuaikan atau beradaptasi di suatu negara dengan mudah. 

 

  • Memasak

Mungkin skill wajib yang satu ini terbilang susah – susah gampang ya, guys! Karena nggak sedikit orang Indonesia sudah jago dalam hal masak memasak, tapi siapa kira ternyata masih cukup banyak kaum – kaum “mager” yang maunya semua serba instan alias order makanan secara online atau makan di restoran.

Nah, kalau setiap hari kita order makanan atau makan di restoran apa bisa kita survive di negara orang selama bertahun – tahun? ini tentu ada hubungannya dengan skill wajib di poin nomor 1. Kamu harus bisa mengatur keuangan sebisa mungkin untuk dapat survive di suatu negara, yang mana sudah disebutkan juga jika cost living di setiap negara berbeda – beda. 

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri alangkah baiknya kamu secara perlahan belajar memasak. Dari sesuatu yang sederhana saja seperti menggoreng telur nanti merangkap lagi membuat nasi goreng sampai kamu akhirnya bisa membuat lauk pauk sendiri, sehingga kamu hanya butuh mengeluarkan uang untuk membeli bahan – bahan makanan nya saja. 

Hal – hal mudah seperti ini seringkali diremehkan oleh banyak orang namun memiliki manfaat yang sangat besar lho, walaupun sesekali mungkin kita boleh saja hangout atau sekedar makan diluar mencicipi kuliner khas negara tersebut. Namun kalau setiap hari seperti itu, apa tidak bangkrut?

 

  • Bersih – bersih

Nah skill wajib ini, sudah kamu miliki belum? sama halnya dengan memasak, skill satu ini terbilang susah dan gampang untuk dijadikan suatu kebiasaan. Kembali karena sifat “malas” yang dimiliki setiap orang, dan mungkin sudah terbiasa ketika di rumah memiliki ART (Asisten Rumah Tangga)  sehingga kamu hidup dengan sesuatu yang instan saja.

Membiasakan diri untuk membereskan kamar setelah bangun tidur di pagi hari, merupakan salah satu contoh untuk belajar bersih – bersih. Sederhana namun sangat sulit untuk dijalankan. 

Namun, apakah ketika kamu kuliah di luar negeri akan hidup bersama dengan asisten rumah tangga? tentu saja tidak. Kamu akan melakukan semua hal secara mandiri, mencuci pakaian sendiri, membereskan ruang tidur atau tempat tinggal sendiri. Sekarang, coba biasakan diri kamu untuk ikut turun dalam membereskan rumah atau dalam ruang lingkup lebih kecil yaitu kamar kamu sendiri. Supaya kamu lebih terbiasa untuk hidup dimanapun kamu berada secara bersih dan rapi sehingga kamu akan selalu nyaman berada di ruang favorit kamu.

 

So, sudahkah kamu memiliki 5 skill wajib diatas? kalau belum, tidak ada kata terlambat jika kamu ingin memulai sesuatu. Karena sesuai dengan pepatah “bersusah – susah dahulu, bersenang – senang kemudian” lebih baik kamu kesulitan sekarang dan berusaha belajar secara perlahan dibanding kamu akan merasakan kesulitan kelak.

Jika kamu memiliki keinginan untuk kuliah di luar negeri namun mengalami kesulitan dalam hal penerjemahan dokumen bahasa yang dituju, Mediamaz Translation Service selalu siap melayani Anda selama 24 jam, dengan kualitas hasil penerjemahan terbaik sesuai dari testimoni klien kami dan tentu saja dengan harga yang relatif terjangkau hanya bisa kamu dapatkan di perusahaan kami. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa langsung mengunjungi website resmi kami dengan klik https://mediamaz.co.id/ 

 

Lihat Perusahaan | Tentang Kami | Promo Terbaru

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.