Intip Berbagai Teknologi Canggih di Olimpiade Tokyo

Intip Berbagai Teknologi Canggih di Olimpiade Tokyo

Intip Berbagai Teknologi Canggih di Olimpiade Tokyo

Berbicara mengenai teknologi canggih, Jepang memang dinilai sebagai salah satu negara di dunia yang kerap kali menciptakan terobosan untuk perkembangan digital. Negara yang menjadi tuan rumah pada Olimpiade Tokyo 2021 ini telah memamerkan berbagai teknologi canggih pada gelaran pesta olahraga terbesar tersebut. Pemanfaatan teknologi ini digunakan dengan tujuan agar memberikan kemudahan baik untuk pelaksana, penonton, ataupun para atlet sendiri. Contohnya seperti Tim OBS (Olympic Broadcasting Services) yang memanfaatkan teknologi tersebut agar penonton bisa merasakan pengalaman pertandingan yang lebih seru dan akurat. Berikut 5 teknologi canggih yang digunakan dalam Olimpiade Tokyo 2021.

Teknologi: Olympics Robots

Teknologi ini terdiri dari berbagai bentuk dengan berbagai manfaat. Pihak penyelenggara telah mengantisipasi berbagai kebutuhan yang dibutuhkan dengan mengikutsertakan robot dalam jalannya pesta olahraga terbesar ini. Adapun jenis-jenis robot yang diciptakan, pertama yaitu Human Support Robots (membantu pengguna kursi roda dalam mengambil air dan menuntun ke lokasi pertandingan).

Kedua Power-assist Suit (membantu panitia dalam mengangkut barang yang berat). Ketiga, Mascot Type Robots (robot maskot yang dirancang untuk berekspresi seperti manusia dan bertugas untuk menyambut para atlet). Kemudian Field Support Robots (membantu dalam mengumpulkan lembing pada cabang olahraga lempar lembing dan lainnya). 

Teknologi: 2D Image Tracking & 3D Athlete Tracking

Teknologi 2D Image Tracking ini hadir menggantikan peran GPS untuk melacak posisi atlet yang ditentukan melalui gerakan yang telah terekam sistem kamera. Nantinya hasil gambar akan masuk ke dalam sistem komputer, untuk kemudian akan dibuat keterangan mengenai identitas, kecepatan dan jarak atlet di arena. Teknologi ini hadir di olahraga Marathon, Sepeda, Dayung, Renang dan Triathlon.

Sementara 3D Athlete Tracking adalah teknologi yang menggunakan 4 kamera pan-tilt dan dipasang di arena pertandingan olimpiade. Teknologi ini berfungsi untuk merekam pergerakan atlet yang kemudian dikirim ke sistem OBS (Olympic Broadcasting Services). Proses pengumpulan data dan analisa data yang sangat cepat, membuat penonton segera mendapatkan informasi pertandingan. Teknologi 3DAT hadir di cabang olahraga Atletik 100 meter, 200 meter, Relay 4×100 meter dan lain sebagainya.

Teknologi: Multi-Camera Replay System

Multi-Camera Replay Systems atau sistem kamera siaran ulang merupakan teknologi yang didukung oleh banyak kamera 4K berkecepatan tinggi yang mampu menayangkan pertandingan dari berbagai sudut. Biasanya, kamera ini ditempatkan sebanyak 60 sampai 80 kamera 4K di arena pertandingan. Teknologi ini diketahui digunakan dalam olahraga Bola Basket 3×3, Senam, Atletik Lintasan dan Lapangan, BMX, Golf , Sepak Bola Wanita, Skateboard, dan Panjat Tebing

Teknologi: Supercomputer Fugaku

Alat teknologi ini adalah yang tercanggih dan tercepat di dunia. Bermanfaat untuk menganalisa adanya virus yang dikeluarkan oleh orang-orang di arena pertandingan melalui kamera yang dipasang. Supercomputer Fugaku diketahui dipasang dan tersebar di berbagai arena cabang olahraga.

Teknologi: Autonomous

Tidak kalah menarik, teknologi ini memiliki berbagai kecanggihan yang dapat memudahkan peserta atlet dan panitia dalam hal akomodasi. Autonomous adalah kendaraan bus tanpa supir yang dilengkapi dengan sensor canggih. Kegunaannya yakni untuk mengantar para atlet dari tempat menginap ke lokasi yang ditentukan. 

Selain 5 teknologi canggih yang telah disebutkan, masih banyak lagi lainnya yang sama-sama memiliki kecanggihan yang tidak kalah keren. Tidak heran apabila Jepang dinilai sangat berhasil dalam menyelenggarakan Olimpiade Tokyo 2021 dan memberikan pengalaman serta inovasi bagi banyak pihak. 

Ingin studi ke Jepang atau negara keren lainnya, tapi bingung urus dokumen yang harus diterjemahkan? Jangan khawatir, Meddy siap membantu. Lebih lanjut, hubungi kami di sini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.