7 Tips Belajar Bahasa Inggris, Secara Otodidak!

7 Tips Belajar Bahasa Inggris, Secara Otodidak!

7 Tips Belajar Bahasa Inggris, Secara Otodidak!

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat perlu dikuasai oleh setiap orang, terlebih di era globalisasi saat ini, kemampuan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangan karier maupun bisnis seseorang. Namun, terkadang untuk belajar bahasa Inggris sulit untuk dilakukan karena perihal biaya. Nah, kali ini Meddy akan membagikan tips belajar bahasa Inggris secara otodidak. 

 

Pelajari Materi Dasar

Apapun materi pembelajaran yang akan kamu pelajari, tentu akan bermulai dari materi dasarnya terlebih dahulu sebagai tahap pengenalan terhadap materi selanjutnya. Adapun materi dasar dalam Bahasa Inggris dimulai dari Simple Present Tense. Pola kalimat ini sangat mendasar, sama seperti penyusunan S-P-O-K (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan) dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Sembari mempelajari pola kalimat, pelajari juga vocabulary atau kosakata supaya penyusunan kalimat jadi semakin mudah. Alhasil, kemampuan dalam berbahasa inggris pun akan meningkat pesat seiring berjalannya waktu. Jadi, jangan malu kalau Anda harus belajar dari tingkat dasar dulu.

 

Nonton Film dan Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Kalau kamu termasuk orang yang suka menonton film dan mendengarkan lagu, ini cara yang tepat menjadikan hobi kamu itu sekaligus dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu, lho! Cara agar kamu bisa Bahasa Inggris, kamu bisa sembari menonton film – film barat atau hollywood atau mendengarkan lagu – lagu barat.  Lirik, kata, dan kalimat yang terdapat dalam lagu atau film hollywood bisa diterjemahkan langsung untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris.

Perhatikan tiap dialog ataupun lirik yang disampaikan atau diucapkan oleh para aktor dan penyanyi dengan seksama. Mulai dari pelafalannya, konteks maknanya, hingga cara penggunaan kata – kata bahasa inggris.

Kalau belum terlalu mahir, kamu bisa mengaktifkan menu subtitle untuk memahami kata demi kata yang diucapkan. Tapi, subtitle yang dipilih harus dalam Bahasa Inggris ya, supaya menambah kosakata, kemampuan mengolah kalimat, sekaligus melatih pengucapan kalimat dalam Bahasa Inggris.

 

Membaca Buku atau Novel Bahasa Inggris

Kemudian, kalau kamu punya hobi membaca buku atau novel ini juga salah satu cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan Bahasa inggris. Jika, sebelumnya kamu membaca buku atau novel Bahasa Indonesia, tidak ada salahnya jika sesekali kamu mencoba membaca buku atau novel Bahasa Inggris.

Buku atau novel yang dibaca pun tidak perlu terlalu tebal, karena akan membuat kamu menjadi cepat jenuh atau bosan. Tapi, mulailah dengan membaca novel yang tipis terlebih dahulu. Jika Anda berhasil memahami seluruh isi novel dengan baik, tingkatkan ke novel yang isinya lebih tebal. 

Dengan membaca novel, kosakata dalam Bahasa Inggris pun akan meningkat dengan sendirinya. Selain itu, Anda juga mampu membedakan mana pola Present Tense dan Past Tense, sehingga menyusun kalimat pun jadi lebih mudah di kemudian hari.

 

Sering Membuka Kamus Setiap Harinya

Tidak sedikit orang menganggap remeh salah satu tips ini, guys. Padahal, membaca kamus memiliki banyak manfaat, khususnya kamus Bahasa Inggris. Manfaat pertama yang akan kamu dapat jika sering membaca kamus adalah kamu akan banyak menemukan kosa kata bahasa inggris. Kamu bisa mengetahui kata – kata apa saja yang jarang digunakan dan mengetahui artinya.

Manfaat kedua, kamu bisa lebih mengetahui cara melafalkan sebuah kata Bahasa Inggris. Sebab, dalam kamus Bahasa Inggris, ada cara penulisan secara fonetik dan fonologi tiap kata Bahasa Inggris. Dengan Begitu, kamu bisa melafalkan kata – kata Bahasa Inggris dengan tepat. 

Dan manfaat terakhir yang akan kamu dapatkan adalah kamu bisa mengetahui sinonim atau antonim dari kata – kata dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian, kamu memiliki perbendaharaan kata Bahasa Inggris dengan lengkap. Hal itu membuat kamu dapat cepat memilih kata yang tepat saat berbincang dalam Bahasa Inggris. 

 

Sering – seringlah menulis dalam Bahasa Inggris 

Apapun kejadian yang pernah kamu alami, coba secara perlahan kamu tuliskan dalam Bahasa Inggris. Tuangkan seluruh keluh kesah ataupun kebahagiaan dalam buku catatan. Gunakan kosakata yang sudah didapat untuk membantu kamu menuliskan sebuah cerita. 

Namun, kamu juga harus memperhatikan susunan kalimatnya apakah sudah betul atau tidak. Kamu tidak harus langsung mengoreksi susunan kalimatnya setiap kali menuliskan satu kalimat. Tapi lakukan koleksi grammer setelah kamu menyelesaikan tulisan. 

 

Nah, itu dia 5 Tips Belajar Bahasa Inggris, Secara otodidak yang mungkin bisa secara perlahan kamu pelajari dan praktikkan! Karena mengingat kembali jika belajar Bahasa Inggris itu penting. So, jangan tunda – tunda lagi ya!

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam penerjemahan dokumen dengan hasil terjemahan yang baik dari Bahasa Indonesia ke Bahasa yang tuju ataupun sebaliknya, Kami siap melayani Anda selama 24 jam. Lebih lanjut, hubungi kami di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *