5 Tips Jitu untuk Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

5 Tips Jitu untuk Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

5 Tips Jitu untuk Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Kamu mungkin termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki cita – cita untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Dengan memiliki pendidikan berkualitas, universitas berkelas dunia, dan berbagai faktor lain yang dapat menjadi pendorong untuk bisa kuliah di luar negeri. Tentu, untuk mencapai itu semua, banyak hal yang perlu kamu persiapkan. Salah satu hal tersebut adalah dana yang diperlukan. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencari beasiswa. Artikel ini akan membahas 5 tips jitu mendapatkan beasiswa luar negeri.

 

Mengapa Kamu Harus Mendapatkan Scholarship Luar Negeri

Dengan adanya beasiswa bisa memberikan dukungan atau jaminan keuangan. Kamu pun nggak perlu khawatir akan mengalami kekurangan dana selama kuliah nanti. Kamu hanya perlu fokus belajar. Meskipun begitu, tergantung juga pada sifat beasiswanya. Ada beasiswa yang bersifat penuh atau fully-funded, yaitu mendanai biaya kuliah sekaligus memberikan uang saku dan dana untuk kebutuhan lainnya.

Ketika kamu bisa memperoleh beasiswa, tentu menjadi kebanggan untuk diri sendiri. Karena beragam beasiswa ke luar negeri saat ini pada umumnya bersifat kompetitif. Kamu harus mengikuti seleksi yang begitu ketat karena persaingan dengan banyak pelamar lainnya. Oleh karena itu, jika kamu lolos beasiswa tersebut tentu hal ini bisa menjadi sebuah prestasi tersendiri buat kamu.

Dan alasan terakhir, kamu harus mendapat beasiswa luar negeri adalah dapat memperindah CV kamu lohh. Apalagi kalau beasiswa yang kamu dapatkan tergolong prestisius. Pemberi kerja pada umumnya akan melihat kamu lebih unggul sehingga kamu pun akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

 

5 Tips jitu untuk Meraih Scholarship ke Luar Negeri

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri memang terlihat lebih menjanjikan dalam dunia kerja kedepannya. Dan dengan adanya segala kendala seperti perihal finansial, saat ini sudah banyak penyalur beasiswa untuk membantumu meraih cita – cita. Nah berikut 5 teknik meraih beasiswa luar negeri:

  1. Persiapan Bahasa Inggris

Salah satu kunci sukses untuk bisa kuliah di luar negeri tentu saja adalah penguasaan bahasa Inggris yang baik. Umumnya, ukuran kemampuan bahasa Inggris yang digunakan adalah IELTS (International English Language Testing System) atau TOEFL iBT (Test of English as Foreign Language, Internet Based Test). 

     2. Aktif Berorganisasi

Manfaatkan masa mudamu dengan kegiatan positif seperti aktif di organisasi sekolah ataupun universitas. Selain akan memberikan pengalaman berharga, berorganisasi juga akan menambah jumlah teman loh. Kegiatan berorganisasi yang kamu lakukan akan memberikan nilai tambah dan bagus untuk CV kamu nantinya.

    3. Siapkan CV yang Menarik

Hal terpenting lainnya adalah menyiapkan CV yang menarik dari segi tampilan dan juga konsisten atau isinya. Universitas tentu akan tertarik dengan pelajar yang mempunyai banyak prestasi dan pengalaman yang tertulis di CV-nya dibandingkan dengan pelajar yang CV-nya minim dengan prestasi dan pengalaman.

    4. Latih Menulis Personal Statement

Personal statement adalah pernyataan tertulis tentang alasan mengapa kamu berhak mendapatkan sebuah beasiswa. Dalam personal statement berupa karangan sepanjang 1.000 kata, kamu harus dapat memberikan informasi yaitu kontribusi yang bisa kamu berikan kepada institusi penyandang beasiswa atau universitas tersebut serta dampak positif yang kamu berikan untuk negaramu. Untuk itu, galilah potensi diri dan perluaslah wawasanmu.

    5. Persiapkan Surat Rekomendasi

5 tips jitu yang terakhir, Syarat lain dari pihak universitas dalam memberikan beasiswa adalah surat rekomendasi dari guru di SMA maupun dosen saat kuliah. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai menjaga hubungan baik dengan para guru atau dosen sehingga mereka akan dengan senang hati memberikan rekomendasi terbaik

 

Do’s & Don’ts Pada Saat Apply Beasiswa

Do’s:

  1. Mencari sumber – sumber beasiswa terpercaya
  2. Terus Melamar
  3. Membaca Persyaratan secara keseluruhan
  4. Mempersiapkan dokumen – dokumen untuk mendaftar
  5. Tulislah esai atau motivation letter yang terbaik

Don’ts:

  1. Mengabaikan penghargaan kecil
  2. Berpikir bahwa golongan tertentu yang bisa mendapatkan beasiswa
  3. Menggunakan berkas dokumen yang sama untuk setiap beasiswa
  4. Menunda pendaftaran beasiswa
  5. Menunggu sampai tenggat waktu

 

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk Mendaftar Beasiswa Luar Negeri
  1. Ijazah dan Transkrip
  2. Curriculum Vitae (CV)
  3. Identitas Pengenal (Paspor)
  4. Essay atau Motivation Letter
  5. Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris
  6. Surat Referensi atau Rekomendasi
  7. Letter of Acceptance (LoA)

 

Layanan Mediamaz Translation Service

Bagi sahabat Meddy yang ingin mendaftar beasiswa dan bingung dalam mengurus dokumen, jangan khawatir! Kamu bisa konsultasikan kebingunganmu pada kami, Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan jasa penerjemah tersumpah yang dapat menjadi solusi untuk menerjemahkan segala dokumen ke dalam bahasa yang dituju. Kami juga menyediakan layanan express, jika kamu memiliki masalah dengan tenggat waktu. Langsung hubungi kami di sini. Kami akan melayani selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *