5 Tips Survive Saat Menjadi Mahasiswa di Luar Negeri

5 Tips Survive Saat Menjadi Mahasiswa di Luar Negeri

5 Tips Survive Saat Menjadi Mahasiswa di Luar Negeri

Survival bukan hanya dilakukan pada saat di gunung ataupun hutan. Bertahan hidup ketika memilih untuk melanjutkan kuliah di luar negeri juga bisa kita alami, supaya tetap sehat, nyaman saat tinggal di negara yang kadang memiliki kebudayaan jauh dengan Indonesia. Artikel ini akan membahasa mengenai 5 tips survive saat menjadi mahasiswa di luar negeri.

Persiapan sebelum menjadi pelajar di negara asing

Ketika kamu memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, tentu banyak hal yang harus persiapkan. Dari persiapan dalam diri atau hal lain selama kamu akan jauh dari keluargamu.

Untuk persiapan diri yang harus kamu persiapkan dari jauh – jauh hari sebelum kamu mendaftar kuliah di luar negeri, kamu sudah harus memiliki kemampuan dalam mengurus diri. Pada saat kamu tinggal di luar negeri, kamu akan hidup sendiri tanpa bantuan dari kedua orang tuamu. Oleh karena itu, latihlah diri kamu untuk menjadi mandiri sejak kamu masih duduk di bangku sekolah.

Kemudian, mempersiapkan dokumen – dokumen penting sebelum kamu berangkat. Kamu harus membuat check-list mengenai dokumen apa yang harus kamu bawa seperti paspor, visa, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga sudah harus menguasai bahasa negara tujuan. Misalkan, kamu ingin kuliah di Jerman, kamu harus menguasai bahasa Jerman.

Alasan harus memiliki bekal sebelum kuliah di luar negeri

Dengan kamu memiliki keinginan untuk kuliah di luar negeri, bukan hanya biaya yang harus dipersiapkan melainkan kemampuan dalam diri pun harus kamu persiapkan seperti yang disebutkan diatas. 

Ketika kamu sudah memiliki bekal kemampuan diri sendiri, kamu akan lebih mudah menjalani masa – masa kuliahmu dengan baik. Kamu tidak perlu lagi pusing dalam melakukan hal – hal kecil, seperti beres – beres kamar, saving money, dan lain sebagainya.

Dengan kamu sudah melatih diri menjadi pribadi yang mandiri dan disiplin, kamu akan dengan mudah melakukan hal – hal tersebut. Kamu sudah terbiasa dengan apa yang sudah kamu lakukan ketika masih duduk dibangku sekolah. Karena, menjadi pribadi yang mandiri dan disiplin itu kunci utama yang harus kamu miliki ketika ingin kuliah di luar negeri.

Tantangan menjadi mahasiswa di luar negeri

Kuliah di luar negeri memang menjadi impian hampir setiap pelajar, bagaimana tidak, kuliah di luar negeri selalu memiliki pesona tersendiri. Karena harapan akan pengalaman baru, jaringan pertemanan internasional, wawasan budaya dan sejarah serta kualitas pendidikan yang lebih baik.

Namun, berbagai pesona dan kelebihan yang didapatkan jika kuliah di luar negeri harus beriringan dengan pahitnya tantangan yang harus dirasakan saat menjalani nya. Tantangan yang paling sering dialami oleh mahasiswa internasiona saat kuliah di luar negeri seperti bahasa. Karena biasanya meskipun kita sudah memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, namun pasti akan kaget ketika sampai di negara tujuan dan mendengar langsung percakapan masyarakat lokal.

Kemudian, tantangan lain yang sudah pasti kamu akan hadapi adalah iklim. Yang mana, beberapa negara di dunia memiliki iklim yang berbeda dengan Indonesia. Terlebih kamu memilih kuliah di negara Eropa atau Amerika, sudah jelas mereka memilih iklim yang sangat berbeda dengan kita. Dibahawa ini, kita akan membahas mengenai 5 tips survive saat menjadi mahasiswa di luar negeri, keep scrolling!

5 Tips survive menjadi mahasiswa di luar negeri

Berikut 5 tips untuk bertahan selama menjadi mahasiswa di luar negeri.

  1. Pelajari tentang budaya dan bahasa

Sebelum kamu sampai di luar negeri tepatnya di negara tujuan, seringlah mencari dan membaca buku mengenai budaya, buku panduan perjalanan, dan situs web atau surat kabar populer yang relevan dengan wilayah yang kamu kunjungi.

Dengan membiasakan ketika menonton film menggunakan subtitle bahasa tersebut, sehingga kamu terbiasa mendengar aksen bahasa asing.

     2. Tetap berhubungan dengan keluarga 

Saat kamu beradadiluar negeri yang mana jauh dari keluarga, tetaplah untuk menjaga hubungan dengan orang – orang di rumah seperti orang tua, saudara, ataupun teman secara teratur. Karena, akan ada waktu ketika kamu merasa gelisah, bahkan kesepian lho! Jadi usahakan untuk tetap keep in touch ya!

     3. Temukan badan siswa internasional

Kantor mahasiswa internasional merupakan salah satu sumber daya bagus untuk mahasiswa internasional. Mereka dapat memberikan bantuan pada para calon mahasiswa dan mahasiswa yang baru tiba untuk mencari informasi mengenai tempat tinggal, membuka rekening, dan lain sebagainya. Jadi, jangan ragu untuk mencoba mencari kantor mahasiswa internasional, ya!

     4. Be friendly

Salah satu tips yang mungkin terlihat mudah namun seringkali disepelekan banyak orang adalah menjadi pribadi yang ramah. 

Dengan kamu sering menyapa teman sekamar ataupun teman satu kampus, kamu sudah akan mendapatkan teman lho. Jadi, dengan kamu bersikap ramah kamu tidak perlu takut kesepian. 

    5. Hindari pengeluaran berlebih

5 tips terakhir, kita pasti sudah tahu bahwa mengenyam pendidikan di luar negeri bukanlah sesuatu yang murah. Biaya hidup di setiap negara pun berbeda dengan Indonesia, oleh karena itu hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah menabung. 

Luangkan sedikit waktumu untuk membuat anggaran pemasukan dan pengeluaran keuangan kamu, dan pikirkan kembali hal – hal yang paling dibutuhkan. Jangan sampai kamu mengedepankan keinginan mu daripada kebutuhanmu, lho guys.

Layanan Mediamaz Translation Service

Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk perjalanan dan persiapan untuk kuliah di luar negeri, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *