5 Universitas di Dunia dengan Jurusan Teknik Arsitektur Terbaik!

5 Universitas di Dunia dengan Jurusan Teknik Arsitektur Terbaik!

5 Universitas di Dunia dengan Jurusan Teknik Arsitektur Terbaik!

Salah satu cabang jurusan teknik adalah teknik arsitektur. Secara sederhana, jurusan ini merupakan jurusan teknik yang berhubungan dengan desain bangunan. Kalau kamu punya passion di ranah desain, bangunan, dan arsitektur, maka kamu bisa mengambil jurusan kuliah satu ini. Artikel ini akan membahas mengenai 5 universitas di dunia dengan Jurusan Teknik Arsitektur terbaik.

 

Mengenal Jurusan Teknik Arsitektur

Teknik arsitektur merupakan cabang seni dan ilmu yang mengajarkan tentang cara mendesain sebuah bangunan, sehingga bangunan tersebut mempunyai nilai estetis di dalamnya. Jadi, bisa disimpulkan, bahwa jurusan teknik arsitektur adalah jurusan yang akan mengajarkan kita cara mendesain bangunan secara estetis.

Jurusan ini juga termasuk salah satu jurusan yang cukup populer di Indonesia. Jurusan Arsitektur cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. 

 

5 Kampus Terbaik

  1. University College London (UCL)

UCL saat ini di peringkat sebagai Universitas terbaik di dunia untuk mempelajari Arsitektur. Universitas berlokasi di London Inggris sebagai Universitas riset publik.

     2. Institut Teknologi Massachusetts (MIT)

MIT adalah universitas riset swasta di Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1861 selama lonjakan industri di AS. Universitas didirikan untuk memenuhi permintaan para ahli selama periode industrialisasi yang cepat di AS.

Universitas yang terkenal dengan memodelkan pola akademisnya setelah Universitas Politeknik Eropa. Sekolah Arsitekturnya saat ini menempati posisi kedua di dunia.

     3. Universitas Teknologi Delft

Kampus ini dikenal sebagai Tu Delft, Universitas Belanda dikenal sebagai sekolah teknologi tertua di Belanda dan saat ini berada di antara yang terbaik teknik serta teknologi sekolah di dunia. Universitas ini menempati posisi di antara sekolah arsitektur terbaik di dunia.

     4. ETH Zurich

ETH Zurich adalah Universitas terkemuka dengan fokus di bidang Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika. Universitas saat ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Swiss dalam mata pelajaran yang disebutkan di atas.

Program – program arsitektur di ETH Zurich berada di bawah Department of Architecture. Tingkatan program yang ditawarkan juga ada untuk setiap tingkat mulai dari sarjana, master, hingga doktor. Selain itu, universitas ini juga termasuk yang sangat gencar dalam melakukan riset di bidang arsitektur.

     5. Harvard University

Harvard University merupakan salah satu universitas riset Liga Ivy di Amerika Serikat. kampus yang telah mempertahankan sejarah panjang keunggulan akademis selama bertahun – tahun dan terus – menerus menjadi 5 universitas terbaik di dunia setiap tahun.

Universitas adalah pilihan utama bagi para sarjana di seluruh dunia sehingga sangat kompetitif untuk mendapatkan tawaran ke universitas.

 

Biaya kuliah jurusan Arsitektur di 5 universitas tersebut

Untuk biaya kuliah jurusan Arsitektur di 5 universitas di atas memang cukup tinggi, karena jurusan Arsitektur di mana pun bahkan di Indonesia juga memiliki biaya kuliah yang mahal.

Biaya kuliah di University College London (UCL) sendiri untuk jurusan Arsitektur dikenakan biaya sebesar 5.670 GBP per tahun atau sekitar Rp.112jt. Kemudian, MIT dikenakan biaya kuliah sebesar US$ 23,000 atau sekitar Rp.255jt. 

Disusul dengan universitas terbaik ketiga, Universitas Teknologi Delft dengan biaya kuliah sebesar 2,060 EUR sekitar Rp.178jt. Dan untuk biaya kuliah jurusan Arsitektur di ETH Zurich sebesar 1,600 EUR per tahun atau sekitar Rp.26,2jt. Dan yang terakhir dari Universitas Harvard untuk biaya kuliah jurusan Arsitektur sebesar US$ 18,000 atau sekitar Rp.256jt.

 

Prospek kerja untuk Jurusan Arsitektur

Untuk prospek kerja jurusan Arsitektur memiliki sejumlah peluang. Jadi, kamu nggak perlu ragu mau bekerja sebagai apa, bila nanti mengambil jurusan ini saat kuliah. Berikut prospek kerja untuk jurusan Arsitektur.

  1. Kontraktor

Profesi ini sangat melekat di jurusan Teknik. Uniknya, profesi satu ini sering disamakan dengan profesi arsitek. Padahal, keduanya sangat lah berbeda. Arsitek bertugas khusus membuat rancangan suatu bangunan, sedangkan kontraktor adalah pihak yang menerjemahkan desain seorang arsitek dalam bentuk bangunan yang sebenarnya.

     2. Arsitek

Prospek kerja yang paling populer di kalangan lulusan jurusan Arsitektur. Bahkan, profesi ini sangat lah identik dengan jurusan kuliah tersebut. Ini dikarenakan profesi ini sangat erat kaitannya dengan ruang lingkup pembangunan.

    3. Developer

Kalau kamu tertarik membangun sebuah perumahan, prospek kerja teknik Arsitektur ini bisa menjadi opsi untukmu. Menurut situ Finansialku, developer atau pengembang adalah instansi perorangan atau perusahaan yang bertugas membuat suatu perumahan.

    4. Konsultan Arsitektur

Prospek kerja Arsitektur ini biasanya jarang direkomendasikan, terutama bagi fresh graduate atau yang baru saja menjadi sarjana teknik Arsitektur. Walaupun ini melakoni prospek kerja ini, mereka biasanya disarankan untuk menjadi kontraktor atau arsitek dulu, baru kemudian melakoni prospek kerja ini.

 

Itulah penjelasan singkat mengenai Jurusan Arsitektur hingga 5 universitas di dunia terbaik untuk Jurusan Teknik Arsitektur.

Layanan Mediamaz Translation Service

Gimana teman – teman Meddy tertarik untuk melanjutkan kuliah jurusan Arsitektur? dan ingin kuliah di luar negeri? Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk pendaftaran kuliah ke luar negeri, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *