5 Universitas Terbaik di Dunia untuk Fakultas Teknik

5 Universitas Terbaik di Dunia untuk Fakultas Teknik

Fakultas teknik merupakan salah satu jurusan terfavorit di dunia. Bagaimana tidak, ilmu ini mempelajari mengenai implementasi dari berbagai teknologi baru dalam sektor teknik yang memiliki tujuan untuk memudahkan hidup manusia. Artikel ini akan membahas mengenai 5 universitas terbaik untuk Fakultas Teknik.

 

Mengenal Fakultas Teknik

Jurusan Teknik merupakan penerapan Ilmu Teknologi dan Matematika untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Bisa juga mengaplikasikan Ilmu Matematika dan Sains untuk mendesain, membangun, dan membuat semua hal menjadi lebih baik dan mudah.

Ada banyak sekali Ilmu Teknik yang bisa kamu pelajari, khususnya jika kamu melanjutkan studi pada kampus yang memiliki konsentrasi pada bidang ini. Beberapa di antaranya Teknik Fisika, Teknik Nuklir, Teknik Perminyakan, Teknik Nuklir, Teknik Industri, Teknik Perkapalan dan lain – lain. Yuk, cari tahu 5 universitas terbaik untuk Fakultas Teknik.

 

Konsentrasi Jurusan Teknik

  1. Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan teknik yang sangat erat dengan infrastruktur. Di jurusan ini kamu akan mempelajari proses merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan serta infrastruktur lainnya. Jurusan ini memiliki peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

     2. Teknik Mesin

Hampir semua hal saat ini pasti menggunakan bantuan tenaga mesin untuk efisiensi atau juga untuk memaksimalkan produksi. Untuk kamu yang menyukai hal – hal yang berhubungan dengan mesin, kamu bisa memilih jurusan teknik mesin. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari prinsip – prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

     3. Teknik Industri

Berbeda dengan Teknik Mesin, di Teknik Industri kamu nggak hanya akan belajar mengenai seluk – beluk sebuah mesin manufaktur, namun kamu juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri.

     4. Teknik Perkapalan

Sebagai negara maritim, kapan menjadi transportasi yang paling penting untuk menunjang kegiatan ekonomi hingga pertahanan di Indonesia. Jadi, ahli dari perkapalan masih sangat dibutuhkan. Jurusan Teknik Perkapalan mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kapal, seperti perancangan dan pembangunan kapal, pengoperasian kapal, dan bisnis pengoperasian armada kapal.

 

5 Universitas dengan Fakultas Teknik Terbaik di Dunia

  1. School of Engineering Massachusetts Institute of Technology – AS

Sekolah teknik MIT ini merupakan salah satu dari lima sekolah yang di bawah naungan Massachusetts Institute of Technology. Sebagai universitas yang menggunakan nama ‘Institut Teknologi’ dan dengan reputasi tingkat dunia yang dimilikinya, tidak perlu lagi untuk meragukan keunggulan Institut Teknologi Massachusetts di bidang teknologi.

      2. Stanford University – AS

Dalam berbagai penilaian kampus terbaik di seluruh dunia, Stanford University hampir selalu tampil di papan paling atas, termasuk di dalamnya adalah Fakultas Teknik. Penilaian kesuksesan yang didapatkan Stanford University tidak hanya untuk pengajaran di kampusnya, namun di bidang penelitian.

     3. University of Cambridge – Inggris

University of Cambridge memiliki Fakultas Teknik sebagai fakultas terbesar. Fakultas Teknik di sini mewakili sekitar 10% dari kegiatan universitas. Fakultas yang didirikan pada 1875 ini tumbuh berkembang menjadi fakultas teknik terintegrasi dan terbesar di Inggris dan bahkan di Eropa.

     4. University of California, Berkeley – AS

Apakah kamu pernah mendengar menteri – menteri jaman kemerdekaan yang disebut Mafia Berkeley? Disini tempat mereka belajar. Universitas ini juga merasakan saat – saat dimana perkembangan ilmu fisika, kimia dan biologi pada awal tahun 1900-an.

Di kampus yang biasa disebut ‘UC Berkeley’ ini juga mengembangkan beberapa pokok teknologi yang berkaitan dengan Unix, Internet dan Open Source Software.

     5. ETH Zurich – Swiss

Eidgenössische Technische Hochschule Zürich atau yang dalam Bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai Institut Teknologi Konfederasi Zürich ternyata juga merupakan tempat belajar teknik yang memiliki sejarah yang kuat. Merupakan satu dari dua Institut Teknologi Federal Swiss, universitas ini memimpin pembelajaran di bidang teknologi di Swiss dan bahkan di dunia. Sebut saja nama-nama seperti Albert Einstein, Wolfgang Pauli dan Wilhelm Conrad Röntgen yang pernah ‘berurusan’ dengan kampus di daerah Swiss dengan bahasa dasar Jerman ini. 

 

Peluang Kerja Fakultas Teknik

Memang Fakultas Teknik memiliki banyak sekali peluang kerja yang sangat menjanjikan, di masing – masing konsentrasi jurusan tersebut. Berikut peluang kerja yang sesuai dengan konsentrasi dari Jurusan Teknik.

  1. Teknik Sipil

beberapa peluang kerja setelah lulus kuliah di Teknik Sipil cukup beragam. Mulai dari kerja di bidang konstruksi swasta maupun BUMN. Selain itu, kamu juga bisa menjadi konsultan atau tenaga ahli yang menangani proyek – proyek pembangunan daerah maupun Nasional.

     2. Teknik Mesin

Dengan cakupan bidang keilmuannya yang sangat luas maka prospek kerja lulusan Teknik mesin juga sangat luas. Selain bisa mendaftar sebagai PNS, Sarjana Teknik Mesin sangat memungkinkan untuk bekerja di semua sektor industri, seperti industri manufaktur, pertambangan, otomotif dan lain sebagainya.

     3. Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri hampir sama dengan Teknik Mesin, setelah lulus kuliah di jurusan Teknik Industri, kamu memiliki peluang kerja di industri sebagai divisi engineering, divisi produksi, divisi HRD, dan divisi keuangan.

     4. Teknik Perkapalan

Jurusan Teknik perkapalan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kapal. Mulai dari perancangan kapal, perawatan kapal, manajemen perawatan dan pengelolaan kapal.

Peluang kerja lulusan Teknik Perkapalan adalah industri pembuatan kapan, industri perawatan (maintenance) kapal, dan lain sebagainya.

 

Begitulah informasi singkat mengenai 5 universitas terbaik untuk Fakultas Teknik terbaik di dunia. Gimana, teman – teman Meddy tertarik untuk lanjut kuliah di Jurusan yang memiliki peluang kerja yang sangat menjanjikan ini? Dan ingin mencoba untuk kuliah di luar negeri?

Layanan Mediamaz Translation Service

Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk mendaftar kuliah ke universitas di negara yang dituju, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *