7 Jurusan Kuliah di Universitas Harvard yang Banyak Diminati Calon Mahasiswa

7 Jurusan Kuliah di Universitas Harvard yang Banyak Diminati Calon Mahasiswa

Nadiem Marakarim, Adamas Belva Syah Devara hingga Maudy Maria Mikha Tambayong merupakan tokoh-tokoh yang telah menyelesaikan pendidikannya dari Universitas Harvard. Universitas swasta ini merupakan kampus bergengsi di negara Amerika Serikat. Banyak sekali calon mahasiswa yang baru saja lulus sekolah menjadikan kampus ini sebagai kampus idaman mereka. Mereka berburu beasiswa hingga belajar mati-matian demi dapat tembus dan menjadi mahasiswa di Universitas Harvard. Artikel ini akan membahas tentang profil kampus hingga 7 jurusan paling favorit yang tersedia di Universitas Harvard.

jurusan

pinterest.com

Profil Universitas Harvard

Universitas Harvard adalah sebuah instansi pendidikan yang berstatus swasta dan termasuk universitas yang terbaik di dunia. Kampus ini telah mengikuti beberapa penilaian untuk mendapatkan peringkat sebagai kampus terbaik di dunia. Universitas swasta ini terletak di Cambridge, Masschusetts, Amerika Serikat. Kampus ini berdiri pada tanggal 18 September 1636. Bahkan, Harvard University merupakan salah satu anggota Ivy League. Sekolah Ivy League merupakan perguruan tinggi bergengsi yang terdiri dari delapan lembaga swasta selektif di Timur Laut yang membentuk Konferensi Atletik Ivy League. Delapan lembaga bergengsi antara lain Universitas Brown, Universitas Columbia, Universitas Cornell, Universitas Dartmouth, Universitas Harvard, Universitas Princeton, Universitas Pennsylvania, dan Universitas Yale. Universitas Harvard memiliki sarana dan prasarana yang baik. Kampus bergengsi ini juga memiliki kurikulum dan proses belajar yang sangat baik dan juga efektif. Oleh karena itu, wajar saja apabila kampus ini termasuk kampus terbaik di dunia.

Berdasarkan data dari situs resmi Universitas Harvard, 24% dari mahasiswa kampus ini berasal dari internasional atau luar negeri. Lebih dari 180 negara diwakili oleh mahasiswa Harvard, cendekiawan, dan alumni. Lebih dari  5000 sarjana internasional ditampung di Harvard, lebih dari universitas lain di Amerika Serikat. 6 juta pelajar dari 193 negara mengambil kursus melalui platform pembelajaran online Harvard, HarvardX, dan 69.000+ alumni Harvard tinggal di luar negeri. Selain itu, alumni Harvard yang tersebar ke penjuru dunia sebagai pakar, peneliti, dan pemimpin Harvard juga konsisten dalam memberikan kontribusi—mulai dari kesehatan masyarakat hingga resolusi konflik—yang melampaui batas, menjalin hubungan, dan memperkuat komunitas. Data ini menunjukkan bahwa target kampus bergengsi ini sudah menyeluruh ke seluruh dunia. Sehingga, tentunya setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk dapat melanjutkan pendidikan di Universitas Harvard. Terkait beasiswa bersekolah di Harvard, dapat kamu akses di situs resminya yaitu scholarships.harvard.

7 Jurusan Paling Favorit di Universitas Harvard

Untuk menjadi mahasiswa Harvard, maka persaingan antar calon mahasiswa akan sangat tinggi dan membuat proses seleksi menjadi lebih ketat. Apabila kamu memang berminat untuk berkuliah di Universitas Harvard, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jurusan-jurusan yang tersedia di kampus ini. Berikut ini daftar jurusan paling favorit di Universitas Harvard, Amerika Serikat.

1. Antropologi

Di Universitas Harvard, Anthropology merupakan jurusan yang menyediakan 3 program yaitu program sarjana (S1), program kelulusan (S2), dan program doktor (S3). Di kampus ini, Departemen Antropologi dibagi menjadi dua program yaitu Arkeologi dan Antropologi Sosial. Secara umum, antropologi adalah ilmu yang memelajari segala hal mengenai seluk beluk, unsur, kebudayaan dalam kehidupan manusia. Ilmu antropologi mencakup begitu banyak bidang dan sangat luas. Ilmu antropologi memelajari berbagai bidang seperti ekonomi masyarakat, agama dan keyakinan, politik pemerintahan, fisik manusia, kesehatan, hingga perkembangan teknologi. Antropologi juga mencakup studi tentang bagaimana perilaku manusia telah berkembang serta bagaimana bahasa, budaya, dan masyarakat telah membentuk dan terus membentuk pengalaman manusia.

2. Matematika Terapan

Sama seperti jurusan antropologi, matematika terapan juga menerapkan 3 program dari S1 hingga S3. Matematika terapan atau yang biasa disebut dengan Applied Mathematics. Matematika terapan adalah cabang dari ilmu matematika yang berkaitan dengan teknik matematika. Dimana teknik matematika ini digunakan dalam aplikasi ilmu matematika untuk disiplin ilmiah. Penerapan matematika terapan dilakukan pada bidang fisika, biologi, sosiologi, dan mekanika. Berdasarkan situs resminya, matematika terapan dalam hal konsentrasi pelajarannya bertujuan untuk membangun dan mendemonstrasikan pengetahuan dasar dalam komputasi, probabilitas, diskrit, dan matematika berkelanjutan melalui penyelesaian kursus dasar dan luas yang berhasil.

3. Studi Seni, Film, dan Visual

Art, Film, and Visual Studies (AFVS) merupakan salah satu jurusan di Harvard University. Berbeda dengan jurusan anthropology dan applied mathematics, jurusan AFVS ini justru hanya menyediakan satu program sarjana. Dengan kata lain, belum ada program S2 dan S3 di Universitas Harvard. Dalam jurusan AFVS, mahasiswa berfokus untuk mengembangkan keterampilan baik dalam praktik dan studi kritis seni visual. Terdapat tiga bidang fokus yang berbeda di jurusan ini yang tentunya dengan persyaratan yang berbeda. 3 bidang fokus tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Seni studio,
  2. Pembuatan film/video,
  3. Studi film dan visual.

4. Biologi Kimia dan Fisika

Sama seperti namanya, pada program studi ini, tentu kamu akan memelajari tentang sains yang mencakup Kimia dan Fisika Biologi. Jurusan ini memberikan mahasiswa pelajaran mengenai dasar ilmu fisika dan kehidupan yang sangat luas. Jurusan Chemical and Physical Biology ini untuk mahasiswa yang tertarik dalam menerapkan alat kuantitatif, konsep fisika, dan prinsip kimia untuk mempelajari biologi. Tujuan program ini adalah untuk membekali generasi ilmuwan kehidupan berikutnya dengan latar belakang yang dibutuhkan untuk membuat kemajuan baru dalam pemahaman kuantitatif tentang sistem kehidupan. Jurusan ini hanya menyediakan programa sarjana (S1).

5. Ilmu Komputer

Computer Science merupakan jurusan di Universitas Harvard yang menyediakan 4 program. Program tersebut meliputi program sarjana (S1), program pascarsarjana (S2), program doktor (S3), dan program yang bernama Bachelor of Liberal Arts. Program yang keempat ini merupakan program khusus untuk para profesional industri dengan pengalaman kerja bertahun-tahun yang ingin menyelesaikan gelar mereka paruh waktu, baik di kampus maupun online, tanpa mengganggu pekerjaan mereka. Biasanya mahasiswa pada program ini berusia di atas 30 tahun, sebelumnya telah menyelesaikan satu atau dua tahun kuliah, dan bekerja penuh waktu.

Konsentrasi dalam Ilmu Komputer dirancang untuk mengajarkan keterampilan dan ide mahasiswa yang akan mereka gunakan segera dan di masa depan. Hal ini karena teknologi informasi mempengaruhi setiap aspek masyarakat dewasa ini. Lulusan dengan gelar ilmu komputer telah membuka berbagai macam karir diantaranya dalam bidang teknik, pengajaran, kedokteran, hukum, ilmu dasar, hiburan, manajemen, dan banyak lagi lainnya.

6. Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu jurusan populer tidak hanya di Universitas Harvard, bahkan universitas manapun di dunia. Perekonomian merupakan bidang yang memegang peran krusial secara internasional. Oleh karena itu, ilmu ekonomi akan menjadi ilmu yang selamanya mungkin akan bermanfaat dan berguna bagi dunia. Di Universitas Harvard, jurusan ini tersedia untuk 3 program yaitu program sarjana (S1), program doktor (S3) dan program Bachelor of Liberal Arts.

Ekonomi adalah ilmu sosial yang mencakup materi pelajaran yang luas dalam upaya memahami dunia sosial. Ilmu ekonomi memelajari perilaku sistem sosial seperti pasar, perusahaan, legislatif, dan keluarga, sebagai hasil interaksi melalui institusi antara individu yang mengarah pada tujuan. Melakukan penelitian ekonomi melibatkan mengajukan pertanyaan tentang dunia sosial dan menjawab pertanyaan tersebut dengan data dan model, menggunakan alat matematika dan statistik bila memungkinkan untuk membantu analisis.

7. Jurusan Statistik

Universitas Harvard menyediakan program S1 dan S3 untuk jurusan statistics. Apabila kamu tertarik memelajari data, maka statistika adalah jurusan yang tepat untuk kamu. Statistika adalah ilmu yang memelajari tentang bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, lalu menginterpretasikan, dan akhirnya mempresentasikan data. Statistika adalah cabang disiplin ilmu dari matematika yang berfokus pada pengumpulan data dan analisis data, pembuatan keputusan rasional di bawah ketidakpastian, dan pemodelan keacakan dalam setiap penyelidikan kuantitatif, termasuk sosial, alam, dan Ilmu Medis. Tujuan dasar dari konsentrasi dalam Statistik adalah untuk membantu mahasiswa memperoleh alat konseptual, komputasi, dan matematika untuk mengukur ketidakpastian dan memahami data kompleks yang timbul dari banyak aplikasi, termasuk cara mengumpulkan data tersebut secara statistik.

Demikianlah artikel mengenai 7 jurusan paling favorit di Universitas Harvard, Amerika Serikat. Siapapun dapat menjadi mahasiswa di kampus ini. Kamu bisa menggunakan beasiswa untuk membantu biaya pendidikan dan hidup di Universitas Harvard.

Mediamaz Translation Service

universitas harvard

mediamaz ts

Perusahaan ini merupakan penyedia jasa penerjemah tersumpah, penerjemah non-tersumpah, penerjemah lisan (interpreter), dan legalisasi. Apabila kamu berniat untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Harvard, pastikan kamu telah menyiapkan segala dokumen yang kamu perlukan. Beberapa dokumen seperti visa, ijazah pendidikan terakhir, dan transkrip nilai yang memerlukan penerjemahan dapat kamu serahkan ke perusahaan kami. Mediamaz TS akan membantu kamu menerjemahkan dokumen tersebut menggunakan jasa penerjemah tersumpah yang kami sediakan. Dokumen resmi milik kamu akan terjamin kualitas dan kerahasiaannya karena kami memiliki tim yang profesional. Terkait detail informasinya, kamu dapat mengunjungi situs resmi kami di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *