Selain Paris, 7 Kota di Perancis Ini Menarik Dikunjungi

Selain Paris, 7 Kota di Perancis Ini Menarik Dikunjungi

Perancis memiliki kota – kota yang indah selain Paris meskipun Paris terkenal dengan City of Lights (Kota yang penuh Penerangan). Ada banyak sekali kota – kota dan pedesaan yang indah di Perancis, dan tiap –tiap daerah memiliki kualitas yang spesial. Berkeliling ke kota – kota kecil di Perancis artinya kita akan berkelana melewati puncak bukit, kota – kota di pinggir pantai, dan menikmati pemandangan yang indah selagi menikmati kehidupan lokal.

Perancis telah menjadi salah satu kekuatan terbesar dunia sejak pertengahan abad ke 17. Pada abad ke 18 dan 19, Perancis membuat salah satu imperium kolonial terbesar saat itu, membentang sepanjang Afrika Barat dan Asia Tenggara, memenuhi budaya dan politik daerah. Perancis adalah negara maju, dengan ekonomi terbesar keenam (PDB nominal) atau kedelapan (PPP) terbesar di dunia. Negara ini menerima 82 juta turis asing per tahun termasuk pelancong bisnis tapi tidak termasuk orang yang menetap kurang dari 24 jam di Perancis. Perancis adalah salah satu negara pendiri Eropa, dan memiliki wilayah terbesar dari semua anggota. Perancis juga negara pendiri PBB, dan anggota Francophonie, G8, NATO, dan Uni Latin. Negara ini merupakan salah satu dari lima anggota permanen Dewan PBB, juga kekuatan nuklir yang besar dengan 360 hulu ledak aktif dan 59 PLTN.

Berikut Kota – Kota di Perancis Yang Bisa Kamu Kunjungi Selain Paris :

1. Toulouse

Toulouse - Kota di Perancis

Sumber : unsplash.com

Kota Toulouse adalah sebuah kota di barat daya Perancis di tepi Sungai Garonne, di tengah jarak antara Samudra Atlantik dan Laut Mediterania. Kota ini adalah mantan ibu kota provinsi Languedoc. Ia kini adalah ibu kota daerah Occitanie yang sebelumnya adalah région Midi-Pyrénées ketika daerah di Prancis masih berjumlah 22. Ketika itu daerah tersebut merupakan daerah terbesar di Perancis meski ia hanya setengah ukuran provinsi lama Languedoc. Selain itu, Toulouse juga adalah ibu kota département Haute-Garonne. Ia juga adalah tempat dari Académie des Jeux Floraux yang sejajar dengan Akademi Perancis untuk daerah pertuturan Occitan di Perancis Selatan. Dan menjadikan kota ini sebagai ibu kota tak resmi untuk kebudayaan Occitan. Kota ini mengadopsi salib tradisional Occitan sebagai simbol kotanya dan daerah Midi-Pyrénées. Kota ini menarik karena menjadi basis produsen pesawat komersial Perancis.

Industri pesawat terbang Perancis terdapat di kota ini. Airbus S.A.S merupakan produsen pesawat komersial yang berbasis di kota Toulouse, Perancis. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2001 di bawah hukum Perancis sebagai perusahaan joint stock atau “S.A.S” (Société par Actions Simplifiée). Delapan puluh persen industri Airbus milik EAD dan dua puluh persennya lagi milik BAE SYSTEM, EAD dan BAE SYSTEM adalah penyedia dan pemroduksi militer terbesar. Dahulu Airbus juga terkenal dengan nama Airbus Industrie

2. Calais

Calais

Sumber : wikimedia.org

Calais adalah sebuah kota di Pas-de-Calais, Perancis bagian utara, di mana kota ini adalah sub provinsinya. Meskipun Calais adalah kota terbesar di Pas-de-Calais, ibu kota bagian ini ada di Arras. Kota Calais merupakan yang terbesar ke 3 seantero bagian. Calais menghadap Selat Dover, titik tersempit di Selat Inggris, yang hanya terpisah 34 km saja dan merupakan kota di Perancis yang paling dekat dengan Inggris.

Coquelles adalah sebuah pemerintahan yang mendapat dukungan dari kelompok komunis di bagian Pas-de-Calais dekat Calais di Perancis utara. Kota ini terdiri dari pusat perbelanjaan, hotel, dan pertanian di Vielle Coquelles (Coquelles tua). Bagian ini adalah bagian dari rute otomatis L’Européenne (A16) dan terminal Channel Tunnel. 

Kota Calais adalah kota yang menghubungkan antara Perancis dengan Inggris. Terdapat Terminal Eurotunnel Calais yang terletak di Coquelles dari A16, pintu keluar 42. Ini adalah terminal layanan antar-jemput dari Inggris, serta terminal LGV Nord , yang mana layanan Eurostar dapat melakukan perjalanan ke Terowongan Channel.

Ada pula Terowongan Channel dari Inggris ke Perancis yang menghubungkan kota Cheriton, Kent, di Selatan Britania Raya, dan Coquelles, Calais di Utara Perancis. Terowongan Channel merupakan terowongan rel terpanjang ketiga di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang dan Terowongan Dasar Gotthard di Swiss. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnel plc. Chunnel. Chunnel adalah kependekan dari The Channel Tunnel.

3. Millau

Millau - Kota di Perancis

Sumber : wikimedia.org

Millau adalah sebuah pemerintahan yang mendapat dukungan dari kelompok komunis di bagian Aveyron di wilayah occitanie di Perancis Selatan. Salah satu dari dua sub provinsi di Aveyron. Terletak pada pertemuan sungai Tam dan Dourbie, dengan pemandangan Gorges du Tarn dan Causse du Larzac yang mengelilinginya. Penduduknya berkomunikasi dalam bahasa Occitan, dengan dialek Rouergat. Wilayah ini adalah bagian dari taman alam regional Grands Causses, bagian dari Causses yang lebih besar dan situs warisan dunia UNESCO Cévennes.

Di daerah ini terdapat Jembatan Millau yang merupakan sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat Kota Millau di Selatan Perancis. Dirancang oleh teknisi jembatan Perancis Michel Virlogeux dalam kerja sama dengan arsitek Britania, Lord Foster. Jembatan Millau merupakan jembatan “vehicular” tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 341 meter (1.118 kaki), sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 m (132 kaki) lebih pendek dari Gedung Empire State. Millau dibuka resmi pada 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004.

4. Grasse

Grasse

Sumber : wikimedia.org

Kota Grasse disebut sebagai kota Parfum di Perancis. Grasse ialah sebuah kota berpenduduk 44.790 jiwa di departemen Alpes – Maritimes, Perancis Tenggara. Kota ini terkenal akan industri parfumnya sejak akhir abad ke 18. Di sekitar kota ini terdapat banyak perkebunan buah dan bunga yang dari situ minyak untuk industri parfum di Perancis berasal. Kota ini adalah ibu kota arondisement di Alpes –  Maritimes.

5. Marseilles

Merseille - Kota di Perancis

Sumber : unsplash.com

Kota Marseilles merupakan kota tertua dan pelabuhan laut utama di Perancis. Kota ini adalah sebuah kota di pesisir tenggara Perancis. Marseilles merupakan kota berpenduduk terbanyak kedua di Perancis setelah Paris dengan jumlah 852.395 jiwa pada 2007. Berdiri di pesisir Laut Tengah dengan nama “Massalia” sekitar tahun 600 S.M. oleh bangsa Yunani.  Kota ini kini merupakan pelabuhan komersial terbesar di Perancis dan keempat terbesar di Eropa. Secara internasional, kota ini merupakan kota kedua di Perancis yang memiliki banyak perwakilan dari negara lain, yaitu lebih dari tujuh konsulat. Marseille adalah ibu kota administrative région Provence-Alpes-Côte d’Azur sekaligus ibu kota administrative département Bouches-du-Rhône. Oleh karenanya, kota ini menjadi kota terpenting di Perancis yang menarik untuk di kunjungi. 

6. Lyon

Lyon

Sumber : unsplash.com

Kota Lyon adalah sebuah kota perdagangan, pariwisata, hiburan dan perindustrian yang besar. Lyon dikenal sebagai pusat coklat, es krim dan kota terbesar ke 2 di Perancis. Lyon berada di sebelah timur laut negara Perancis. Kota ini merupakan wilayah ibu kota bagi région Rhone-Alpes serta merupakan ibu kota bagian Rhone, Lokasi Lyon secara lebih rinci ialah terletak pada pinggiran atau tepi bagian utara Sungai Rhone.

Kota Lyon dikenal sebagai pusat wisata musim panas dengan skyline langit malam hari yang benar – benar menakjubkan. Selain itu, setiap malam tahun baru di Lyon selalu diadakan pesta cahaya laser yang tentu saja menarik minat ribuan pengunjung baik dalam negeri maupun luar negeri.

Lyon juga mempunyai klub sepak bola terkenal “Olympique Lyonnais”. Selain itu, Lyon juga adalah tempat pengalengan daging serta lokasi Festival Keju dari berbagai daerah yang terkenal.

Berbicara mengenai keju, keju Perancis adalah segala jenis keju yang diproduksi baik secara modern maupun tradisional di negara ini. Hingga saat ini Perancis memproduksi 400 jenis keju yang berbeda. Keju – keju tersebut ada yang dibuat dari susu sapi, susu biri – biri, susu kambing, atau kombinasi dari beberapa jenis susu. Setiap daerah di Perancis memiliki keju khas daerahnya masing – masing.

7. Nice

Nice - Kota di Perancis

Sumber : wikipedia.org

Kota Nice adalah sebuah kota di Perancis Selatan yang terletak di tepian Laut Tengah, antara Marseille dan Genoa, dengan penduduk 933.080 di wilayah metropolitan pada sensus 1999. Kota ini merupakan pusat turis utama dan resort nomor satu di Riviera Perancis – Côte d’Azur.  Terletak di région Provence-Alpes-Côte-d’Azur, Nice adalah sebuah commune (pemerintahan yang mendapat dukungan dari kelompok komunis) dan préfecture (ibu kota pemerintahan) bagian Alpes-Maritimes.

Tertarik mengunjungi kota – kota di Perancis ?

Itulah beberapa kota – kota menarik di Perancis yang bisa Anda kunjungi saat berada disana. Sebelum mengunjungi kota – kota tersebut, segera urus dokumen persyaratan untuk mengunjungi kota – kota tersebut. Mediamaz Transalation Service merupakan Agency penerjemah dan legalisasi dokumen terpercaya di Indonesia. Gunakanlah layanan jasa penerjemah bahasa maupun legalisasi dokumen milik kami sekarang juga.

Dokumen untuk melakukan perjalanan dan izin tinggal ke luar negeri maupun dokumen persiapan studi yang Anda butuhkan akan kami terjemahkan dengan cepat, tepat, dan akurat sesuai dengan dokumen aslinya. Dan dokumen Anda akan kami legalisasikan sehingga Anda dapat menggunakan dokumen tersebut secara langsung. Kunjungi website Mediamaz TS untuk info lebih lanjut mengenai layanan yang kami sediakan sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *