7 Prospek Kerja Administrasi Bisnis, Tugas dan Gajinya

Seperti yang kita tahu bahwa prospek kerja administrasi bisnis masih terbuka lebar dan beragam, yang membuat jurusan administrasi bisnis menjadi jurusan yang paling diincar para pelajar Indonesia, apalagi jurusan ini sudah banyak tersedia di berbagai universitas-universitas di Indonesia maupun luar negeri.

Pengertian administrasi bisnis sendiri adalah proses pengelolaan perusahaan atau organisasi guna menjaga kestabilan dan perkembangannya. Tujuan dari administrasi bisnis adalah untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Administrasi bisnis lebih mengutamakan efisiensi ekonomi dibandingkan prosedur yang berlaku. Manfaat dari administrasi bisnis hanya untuk kepentingan perseorangan dan kelompok tertentu.

Perbedaan antara administrasi publik dengan administrasi bisnis

Pada dasarnya konsep dan prinsip dasar dalam ilmu administrasi itu sama. Namun, administrasi bisnis dan administrasi publik memiliki beberapa perbedaan, beberapa diantaranya adalah ;

  • Tujuan, tujuan pokok administrasi publik adalah untuk mensejahterakan masyarakat pada suatu wilayah tertentu sedangkan tujuan administrasi bisnis adalah untuk mengupayakan kelangsungan hidup dan perkembangan suatu perusahaan yang diperoleh dengan cara akumulasi modal, investasi dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
  • Motif, motif administrasi publik adalah memberikan pelayanan terbaik dengan jangkauan seluas mungkin kepada masyarakat. Adapun motif yang dimiliki oleh administrasi bisnis adalah mencari keuntungan secara wajar sesuai dengan modal yang telah ditanamkan.
  • Cara Kerja, cara kerja administrasi publik terkesan cukup ketat karena telah diatur oleh undang-undang yang berlaku. Sedangkan cara kerja administrasi bisnis lebih fleksibel dibandingkankan administrasi publik sebab walaupun telah diatur oleh perusahaan tetapi administrasi bisnis lebih mudah menyesuaikan dengan keadaan yang dihadapi

Jika kamu mengambil jurusan administrasi bisnis, kamu tidak hanya belajar tentang menjalankan bisnis aja tapi kamu juga akan belajar untuk menciptakan sebuah produk sendiri. Bisnis yang dimaksud bukan hanya menjual kembali produk dan mengambil keuntungan, tetapi menciptakan nilai pada produk yang akan dipasarkan nanti.

Administrasi bisnis pastinya juga mempelajari segala urusan terkait dengan mengelola sarana dan prasarana kantor, memproses data secara akurat, dan bahkan mengelola informasi yang berhubungan dengan pekerjaan kantor.

Beberapa prospek kerja administrasi bisnis

Sebagai gambaran bagi para lulusan administrasi bisnis, berikut beberapa prospek kerja administrasi bisnis dan gajinya :

1. Staf HRD

via canva.com

Prospek kerja s1 administrasi bisnis yaitu  menjadi staf HRD. HRD (Human Resources Development) adalah bagian dari perusahaan yang bergerak dan bertugas untuk merekrut SDM (sumber daya manusia) untuk kepentingan perusahaan.

Beberapa tugas staf HRD, yakni melaksanakan rekrutmen dan seleksi karyawan baru, memberikan pelatihan dan pengembangan pada karyawan, dan perlindungan dan kompensasi kepada karyawan.

Untuk bekerja di bagian HRD, kamu harus menguasai kompetensi seperti teamwork, komunikasi, membangun hubungan dengan orang lain, serta mampu mengembangkan orang lain.

Besaran gaji yang bisa Kamu terima sebagai staf HRD akan beragam mulai dari 3,000,000 hingga 5,000,000 per bulan bergantung pada pengalaman serta masing-masing perusahaan.

2. Konsultan Bisnis

via canva.com

Menjadi seorang konsultan bisnis merupakan salah satu dari prospek kerja jurusan administrasi. Dengan berbagai ilmu yang dikuasai di bidang bisnis, seorang lulusan administrasi bisnis juga bisa menjadi konsultan bisnis. Konsultan bisnis bisa diartikan sebagai seseorang yang memberikan nasihat atau petunjuk dalam menjalankan bisnis. Selain memberi nasihat atau petunjuk dalam menjalankan bisnis, seorang konsultan bisnis juga memiliki tugas membuat rencana bisnis dan dapat melihat peluang yang ada dan aktif menjalin komunikasi yang baik pada semua klien.

Untuk menjadi seorang konsultan bisnis, kamu harus memiliki beberapa keahlian berikut ; keahlian berbisnis, komunikasi, analisis, dan  problem solving.

Kisaran gaji yang akan kamu terima sebagai seorang konsultan bisnis berkisar antara 5,000,000 hingga 8,000,000 bergantung pada pengalaman dan juga kredibilitas kamu.

3. Manajemen Perusahaan

via canva.com

prospek kerja ilmu administrasi bisnis yaitu manajemen perusahaan. Sebagai lulusan administrasi bisnis, kamu memiliki kompetensi yang cukup lengkap, salah satunya kompetensi di bidang manajemen. Manajemen sendiri adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Seorang Manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

Keahlian yang harus kamu miliki untuk menjadi seorang manajemen perusahaan adalah keahlian konseptual, interpersonal, dan teknis.

Besaran gaji yang akan didapat dari profesi manajemen perusahaan mulai dari 5,000,000 hingga 8,000,000 per bulan dan bisa saja terus bertambah sesuai pengalaman Kamu dan juga kredibilitas perusahaan tempat kamu bekerja.

4. Staf Administrasi

via canva.com

Bagi kamu lulusan d3 maupun sarjana administrasi bisnis, kamu memiliki prospek kerja sebagai staf administrasi. Sebagai seorang staf administrasi, kamu mempunyai beberapa tugas yang harus dikerjakan yaitu filing atau rekapitulasi, membuat surat-surat resmi yang dibutuhkan perusahaan, maupun mengatur meeting dengan beberapa client sekaligus untuk efisiensi waktu.

Sebagai seorang staf administrasi kamu harus memiliki kemampuan memahami fungsi microsoft office, kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan menulis, manajemen waktu yang baik, dan memperhatikan detail dan ketelitian.

Gaji yang akan kamu terima sebagai seorang staf administrasi berkisar antara 3,000,000 hingga 5,000,000 per bulan dan akan meningkat sesuai dengan pengalaman yang kamu miliki.

5. Staf pemasaran

via canva.com

Dengan menguasai ilmu marketing yang kamu miliki sebagai lulusan administrasi bisnis yang bisa jadi senjata kamu di perusahaan untuk menjadi seorang staf pemasaran. Bagian pemasaran dalam perusahaan berfungsi meningkatkan penjualan produk barang atau jasanya dengan berbagai cara promosi.

Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan lulusan administrasi bisnis di bagian pemasaran adalah melaksanakan tugas sehari-hari dalam bidang administrasi dalam membantu manajer pemasaran memenuhi fungsi bagian pemasaran.

Besaran gaji yang bisa Kamu terima sebagai staf pemasaran akan beragam mulai dari 3,000,000 hingga 5,000,000 per bulan. Staf pemasaran biasanya juga akan mendapat bonus tambahan di luar gaji pokok jika berhasil mencapai target penjualan dari perusahaan tersebut.

6. Pegawai Bank

via canva.com

Prospek kerja administrasi bisnis selanjutnya adalah pegawai Bank. Akan ada banyak posisi di perusahaan perbankan yang memang membutuhkan karyawan dari lulusan administrasi bisnis. Upah yang ditawarkan masing-masing Bank pun cukup beragam mulai dari 4,000,000 hingga 8,000,000 per bulannya bergantung pada kebijakan masing-masing Bank.

7. Dosen

via canva.com

Prospek kerja administrasi bisnis yang terakhir adalah dosen. Jika kamu adalah lulusan s2 administrasi bisnis akan memungkinkan kamu untuk menjadi seorang dosen karena syarat menjadi dosen minimal telah menyelesaikan studi pascasarjana administrasi bisnis. Selain itu seorang dosen harus memiliki keahlian dan juga pengetahuan yang mumpuni.

Beberapa keahlian yang harus dimiliki sebagai seorang dosen yaitu memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme, memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia, kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas, dan memiliki kompetensi dan tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan.

Membicarakan upah seorang dosen, dosen biasanya akan menerima upah yang berkisar antara 3,000,000 hingga 5,000,000 per bulan bergantung pada pengalaman serta masing-masing kebijakan kampus.

Itulah beberapa referensi prospek kerja administrasi bisnis yang bisa jadi rujukan kamu para lulusan sarjana dan pascasarjana jurusan administrasi bisnis.

Setelah beberapa pembahasan mengenai prospek kerja administrasi bisnis diatas, bisa kita ketahui bahwa lulusan administrasi bisnis memiliki prospek kerja yang cukup luas dan banyak dibutuhkan. Jadi jangan khawatir jika kamu ingin mengambil jurusan administrasi bisnis.

Adapun mata kuliah utama administrasi bisnis yaitu keuangan bisnis, sumber daya manusia, operasi bisnis, teori dan perilaku organisasi, manajemen kepemimpinan, kewirausahaan, ilmu pemasaran, perencanaan bisnis, teori pengambilan keputusan

Tertarik kuliah jurusan administrasi bisnis di luar negeri ?

Buat kamu yang tertarik untuk kuliah dan melanjutkan studi administrasi bisnis di luar negeri, berikut beberapa universitas dengan jurusan administrasi bisnis terbaik di dunia; Harvard University-ranking pertama, Institute European d’Administration des Affaires – INSEAD,  London Business School, Stanford University, The London School of Economics and Political Science,  Bocconi University, dan terakhir ada University of Oxford.

Ingin cepat menyelesaikan dokumen persiapan untuk kuliah jurusan administrasi bisnis. Gunakan layanan penerjemah bahasa dan legalisasi dokumen dari Mediamaz Translation Service sekarang.

Dokumen persiapan kuliah dan bekerja di luar negeri milik Anda akan bisa diterjemahkan ke dalam bahasa asing dengan cepat dan akurat oleh tim kami. Mediamaz Translation Service menjadi layanan one stop solution, jasa legalisasi kami juga akan bisa membantu Anda untuk melegalisir dokumen di lembaga pemerintahan terkait. Sehingga dokumen Anda pun nantinya akan langsung bisa digunakan sebagaimana tujuannya dengan resmi. Yuk, cek selengkapnya di website Mediamaz TS sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *