7 Prospek Kerja Farmasi, Tanggung Jawab, dan Gajinya

Seorang lulusan farmasi memiliki prospek kerja yang cerah. Ada banyak peluang karir yang menanti lulusan farmasi. Prospek kerja farmasi masih banyak dibutuhkan pada sektor kesehatan, industri kosmetik, makanan dan minuman untuk memperkuat tim research and development.

Farmasi adalah ilmu yang mempelajari segala seluk-beluk mengenai obat. Ilmu farmasi adalah terapan dari, sedikitnya tiga bidang ilmu yaitu kedokteran, kimia, dan biologi. Ruang lingkup ilmu farmasi tak hanya berfokus pada bidang ilmu eksakta, melainkan juga pada bidang ilmu sosial seperti Manajemen Farmasi dan Farmakoekonomi.

Bagi kamu yang berminat melanjutkan kuliah dan mengambil jurusan farmasi, kamu akan mempelajari berbagai hal mengenai obat-obatan, mulai dari riset untuk membuat/meracik obat baru, mempelajari hubungan obat-obatan dengan tubuh dan juga nutrisi hingga bagaimana memasarkan produk obat kepada masyarakat. Selain itu dalam jurusan ini juga akan membahas sisi hukum dari dunia farmasi.

Jurusan farmasi juga memiliki beberapa spesialisasi yang bisa dipilih sesuai minat maupun rencana karir di masa depan, seperti Farmakologi, Clinical Practice, Mikrobiologi dan imunologi, Drug Development, dan Teknologi farmasi. Namun tidak semua universitas menawarkan jurusan ini.

Membicarakan soal universitas, berikut beberapa referensi universitas dengan jurusan farmasi terbaik di Indonesia ;

via canva.com

  • Universitas Gadjah Mada-UGM

Universitas Gajah Mada (UGM) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di Indonesia. Fakultas Farmasi di UGM terdiri dari 4 departemen yaitu: departemen biologi farmasi, farmasetika, kimia farmasi dan farmakologi dan farmasi klinik. Yang telah terakreditasi A. Biaya kuliah jurusan farmasi di UGM pun beragam karena UGM menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Besaran biaya UKT UGM berkisar mulai dari 0 hingga 30,000,000 per semester.

  • Institute Teknologi Bandung-ITB

Institute Teknologi Bandung memiliki program studi farmasi dengan akreditasi A. terdapat 2 departemen di sekolah farmasi yaitu Farmasi Klinik dan Komunitas (FKK) dan Sains dan Teknologi Farmasi (FA). Besaran biaya kuliah jurusan farmasi ITB mulai dari 0 hingga 12,500,000 per semester.

  • Universitas Indonesia

Universitas Indonesia memiliki Program Studi Sarjana Fakultas Farmasi yang terakreditasi A. Besaran biaya kuliah jurusan farmasi UI mulai dari 100,000 – 7,500,000 untuk S1 reguler dan sudah tidak dikenakan uang pangkal karenakan uang pangkal telah disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Sedangkan Untuk biaya kuliah jurusan farmasi S1 Paralel sifatnya tetap. Biaya pendidikan untuk S1 Paralel juga menggunakan UKT,  sebesar Rp 8.000.000 per semester dan Rp 15.000.000 untuk uang pangkalnya.

  • Universitas Padjadjaran-UNPAD

Universitas Padjadjaran juga memiliki fakultas farmasi yang sudah terakreditasi A. Besaran biaya kuliah jurusan farmasi UNPAD mulai dari 0 hingga 12,500,000 per semester.

  • Universitas Andalas

Jurusan farmasi di Universitas Andalas sudah terakreditasi A. Besaran biaya kuliah jurusan farmasi Universitas Andalas mulai dari 0 hingga 6,000,000 per semester.

Adapun mata kuliah yang bakal kamu temui kalau kamu kuliah jurusan farmasi antara lain Kimia Organik, Kimia Sintesis, Kimia Analitik, Farmakologi dan Toksikologi, Farmakognosi, Fitokimia, Teknologi dan Formulasi Sediaan Semisolida dan Likuida, Analisis Biomedik, Teknologi Sediaan Steril, Teknologi dan Formulasi Sediaan Solida, Bioteknologi Farmasi, Interaksi Obat, dll.

Nah, sekarang mari kita bahas mengenai prospek kerja jurusan farmasi ;

1. Apoteker

via canva.com

Apoteker merupakan prospek kerja farmasi yang paling banyak peminatnya. Di Indonesia  Apoteker ditandai dengan adanya gelar apt. di depan nama yang berhak dalam pekerjaan kefarmasian. Hanya apoteker yang dapat menjadi penanggung jawab atas segala pekerjaan kefarmasian yang dilakukan.

Dalam praktik klinis, apoteker berperan sebagai pengawas atas peresepan yang dikeluarkan oleh dokter. Sebagai profesi yang mempelajari obat-obatan secara mendalam, mulai dari cara pembuatannya sampai dengan bagaimana obat tersebut memberikan reaksi tertentu pada tubuh, apoteker secara aktif menelaah, mengoreksi, dan memberi masukan kepada dokter dan tim medis lainnya dalam memberikan terapi pada pasien.

Besaran gaji yang akan kamu terima sebagai seorang apoteker berkisar antara 4,000,000 hingga 6,000,000 per bulan. Nominal tersebut bisa berubah sesuai pengalaman.

2. Rekam Medis

via canva.com

Seorang staf rekam medis bertanggung jawab dalam pemanfaatan data rekam medis sebagai penelitian atau publisitas. Basis data dan informasi tersebut diolah dengan menyediakan rangkuman statistik medis dan penyakit untuk publikasi penelitian ilmiah di bidang kesehatan. Staf rekam medis juga harus bertindak cepat jika suatu waktu data rekam medis diperlukan. Untuk menjadi staf rekam medis yang merupakan salah satu dari prospek kerja farmasi, haruslah teliti dan mahir dalam pengelolaan dan penyimpanan data.

Gaji yang akan kamu terima sebagai staf rekam medis berkisar antara 4,000,000 hingga 6,000,000 per bulan dan bisa saja berbeda.

3. Penyuluh kesehatan

via canva.com

Penyuluh Kesehatan Masyarakat adalah Pegawai Negeri sipil yang diberi tugas, tanggungjawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan masyarakat. Profesi ini merupakan bagian dari prospek kerja jurusan farmasi yang bertanggung jawab membuat sebuah gerakan atau kampanye mengenai cara hidup sehat dan mencintai lingkungan hidup di sekitar, memberikan konseling kesehatan kepada karyawan di unit kesehatan perusahaan, serta melakukan kunjungan ke area perumahan dan memberikan penyuluhan mengenai kesehatan.

Nominal gaji yang akan diterima sebagai penyuluh kesehatan mulai dari 2,500,000 hingga 4,000,000 per bulan tergantung kebijakan pemerintah.

4. Ahli Bioteknologi

via unsplash.com

Profesi seorang ahli bioteknologi di masa pandemi COVID-19 ini amat sangat dibutuhkan mengingat seorang ahli bioteknologi memiliki keahlian di bidang pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, virus, dan fungi, untuk menemukan antibiotik dan vaksin untuk menangkal virus COVID-19. Selain itu seorang ahli bioteknologi juga memiliki keahlian pemanfaatan produk dari makhluk hidup seperti enzim dan alkohol yang berguna untuk memproduksi barang dan jasa.

Para ahli bioteknologi melakukan penelitian dan pengembangan yang berguna bagi kehidupan.

Sebagai seorang ahli bioteknologi besaran gaji yang akan kamu terima berkisar antara 4,000,000 hingga 8,000,000 per bulan. Dan bisa saja berbeda tergantung pengalaman.

5. Ahli Kecantikan

via canva.com

Dengan semakin sadarnya masyarakat Indonesia dengan berbagai produk kecantikan, di sinilah prospek kerja farmasi yang baru juga terbuka untukmu. Kemampuan di bidang obat-obatan dan bahan yang baik digunakan untuk berbagai jenis kulit, membuatmu bisa memberikan solusi terbaik dan aman untuk setiap orang.

Kamu bisa menjadi konsultan kecantikan, ahli terapi kecantikan, atau mungkin bekerja di industri kosmetik.

6. Peneliti farmasi

via canva.com

Prospek kerja s1 farmasi selanjutnya ialah peneliti farmasi. Jika kamu menjadi peneliti farmasi, penelitian yang bisa kamu lakukan yakni melakukan penelitian terhadap potensi tanaman obat yang hingga kini masih melimpah di Indonesia.

Kamu juga bisa bekerja di bidang penelitian pemerintah seperti di LIPI. Pendapatan yang akan kamu dapatkan sebagai seorang peneliti farmasi sekitar 4,000,000 hingga 6,000,000 per bulan tergantung pengalaman.

7. Farmasi industri

via pixabay.com

Prospek kerja farmasi yang terakhir adalah bekerja di bidang farmasi industri. Pekerjaan yang satu ini cukup banyak diincar oleh para lulusan farmasi. Mulai dari proses pengabdian di bidang industri,kamu akan ditempatkan pada bagian Research and Development (R&D) untuk menentukan formula, teknik pembuatan, dan menentukan spesifikasi bahan-bahan baku yang akan digunakan dalam membuat obat.

Pekerja di bidang farmasi industri biasanya akan menerima gaji yang berkisar mulai dari 4,000,000 hingga 8,000,000 per bulan tergantung masing-masing perusahaan.

Itu dia beberapa prospek kerja farmasi yang bisa kamu jadikan referensi bagi para lulusan farmasi.

Ingin melanjutkan kuliah farmasi di luar negeri ?

Berikut referensi universitas dengan jurusan terbaik dunia ; University of Groningen, Leiden University,  The Chinese University of Hong Kong (CUHK), China Pharmaceutical University, The University of Tokyo, Seoul National University, dan Kyoto University.

Ingin cepat menyelesaikan dokumen persiapan untuk kuliah jurusan farmasi di luar negeri ? Gunakan layanan penerjemah bahasa dan legalisasi dokumen dari Mediamaz Translation Service sekarang !

Dokumen persiapan kuliah di luar negeri milik Anda akan bisa diterjemahkan ke dalam bahasa asing dengan cepat dan akurat oleh tim kami. Menjadi layanan one stop solution, jasa legalisasi kami juga akan bisa membantu Anda untuk melegalisir dokumen di lembaga pemerintahan terkait. Sehingga dokumen Anda pun nantinya akan langsung bisa digunakan sebagaimana tujuannya dengan resmi. Yuk, cek selengkapnya di website Mediamaz TS sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *