Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

8 Langkah Mudah Untuk Membuat Nasi Goreng Omurice

8 Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Goreng Omurice

 

nasi goreng jepang

Sumber: Pinterest

Omurice adalah hidangan nasi goreng Jepang yang dibungkus dengan telur dadar. Nasi goreng dalam omurice biasanya dimasak dengan bumbu tomat dan diisi dengan potongan ayam, sayuran, dan kadang-kadang juga sosis atau udang. Setelah nasi goreng diisi ke dalam telur dadar, omurice seringkali diberi saus tomat di atasnya. Omurice adalah hidangan yang sangat populer di Jepang dan banyak ditemukan di restoran-restoran Jepang di seluruh dunia.

Sejarah Nasi Goreng Jepang Omurice

Sejarah nasi goreng omurice berasal dari dua hidangan yang berbeda, yaitu nasi goreng dan omelette. Nasi goreng berasal dari Asia, sedangkan omelette atau telur dadar berasal dari Eropa. Namun, nasi goreng omurice memiliki sejarah yang lebih modern, di mana hidangan ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1900-an.

Pada saat itu, Jepang baru saja membuka pintu bagi pengaruh budaya asing dan Barat mulai memasuki Jepang dengan berbagai produk, seperti buku masak dan bahan makanan. Seorang koki Jepang yang mengunjungi Eropa kemudian membawa pulang ide untuk mengkombinasikan nasi goreng dengan omelette. Dengan cara ini, nasi goreng omurice lahir.

Hidangan ini kemudian menjadi populer di Jepang dan dikenal sebagai hidangan yang lezat dan populer untuk sarapan atau makan siang. Berbagai variasi bahan isian kemudian ditambahkan, seperti daging sapi cincang, ayam, sosis, udang, dan sayuran. Saus tomat juga menjadi bahan penting dalam nasi goreng omurice.

Saat ini, nasi goreng omurice tetap menjadi hidangan populer di Jepang, dan bahkan di beberapa negara Asia lainnya. Hidangan ini juga menjadi populer di luar Asia, terutama di restoran Jepang dan restoran Asia lainnya di seluruh dunia.

Resep & Cara Membuat Nasi Goreng Omurice

Berikut adalah resep nasi goreng Jepang omurice:

Bahan-bahan: 

2 piring nasi putih, 2 butir telur, 1/2 buah bawang bombay cincang, 1 siung bawang putih cincang, 100 gram dada ayam potong dadu, 1 buah wortel potong dadu kecil, 1/2 batang daun bawang iris halus, 2 sdm minyak goreng, Garam secukupnya, Merica secukupnya.

Bahan Saus: 

2 sdm saus tomat, 1 sdm saus sambal, 1 sdm kecap manis, 1 sdm minyak wijen

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak goreng di atas wajan. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.

2. Tambahkan potongan ayam dan wortel. Tumis hingga ayam berubah warna dan matang.

3. Masukkan nasi putih, aduk rata hingga nasi tercampur dengan bahan-bahan lainnya.

4. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Aduk kembali hingga rata.

5. Angkat nasi goreng dan letakkan di piring saji.

6. Kocok telur dalam mangkuk dan tambahkan sedikit garam dan merica. Panaskan sedikit minyak goreng di atas wajan datar dan tuang telur kocok ke dalamnya.

7. Lipat telur dadar menjadi setengah lingkaran dan letakkan di atas nasi goreng.

8. Campurkan bahan-bahan saus dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Sajikan omurice dengan saus tomat di atasnya.

Selamat mencoba!

Kandungan Gizi pada Nasi Goreng Jepang Omurice

Kandungan gizi dalam nasi goreng omurice bervariasi tergantung pada bahan yang digunakan dan cara memasaknya. Secara umum, nasi goreng omurice mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral.

Namun, perlu diingat bahwa nasi goreng omurice juga mengandung garam dan gula yang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi nasi goreng omurice dengan proporsi yang seimbang dan menggabungkannya dengan sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.

Keanekaragaman warna telur omurice

Telur omurice umumnya memiliki warna kuning yang sama dengan warna telur biasa. Namun, beberapa koki memilih untuk menambahkan pewarna makanan pada telur untuk memberikan warna yang lebih cerah dan menarik pada hidangan omurice.

Beberapa variasi warna telur omurice yang dapat ditemukan termasuk:

1. Telur Kuning Alami

Ini adalah warna telur biasa yang tidak diwarnai.

2. Telur Kuning Terang 

Beberapa koki memilih untuk menambahkan sedikit kunyit ke dalam adonan telur untuk memberikan warna kuning yang lebih terang dan cerah pada telur.

3. Telur Kuning Muda

Beberapa koki juga menggunakan bahan alami seperti daun pandan atau wortel untuk memberikan warna kuning muda pada telur.

4. Telur Berwarna-Warni

Beberapa koki memilih untuk menambahkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam adonan telur untuk memberikan warna yang lebih cerah dan menarik pada hidangan omurice. Beberapa warna yang umum digunakan termasuk merah, hijau, biru, atau ungu.

Meskipun variasi warna pada telur omurice mungkin menarik dan menambahkan variasi visual pada hidangan, perlu diingat bahwa penggunaan pewarna makanan dapat memiliki efek samping pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi telur omurice yang berwarna jika Anda memiliki alergi makanan atau masalah kesehatan tertentu.

Ingin Mengunjungi Jepang?

Bagi Anda yang ingin mengunjungi negara tempat asal dari Omurice yaitu Jepang, tetapi tidak tahu apa saja yang harus dipersiapkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum pergi ke Jepang:

1. Paspor dan Visa

Pastikan paspor Anda masih berlaku minimal 6 bulan dan perlu memeriksa apakah Anda memerlukan visa untuk memasuki Jepang.

2. Tiket pesawat

Cari dan pesan tiket pesawat ke Jepang.

3. Akomodasi

Pesan akomodasi terlebih dahulu sebelum pergi ke Jepang. Anda bisa mencari akomodasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda, seperti hotel, hostel, atau penginapan lainnya.

4. Anggaran

Tentukan anggaran yang cukup untuk biaya hidup di Jepang, seperti makanan, transportasi, dan belanja.

5. Pakaian

Pastikan Anda membawa pakaian yang sesuai dengan musim dan cuaca di Jepang.

6. Bahasa

Belajar beberapa kata dasar bahasa Jepang untuk membantu Anda berkomunikasi dengan penduduk setempat.

7. Transportasi

Periksa dan rencanakan transportasi selama Anda di Jepang, seperti menggunakan kereta api atau bus, atau menyewa mobil atau sepeda.

Apa yang Bisa Kami Bantu?

Bagi Anda yang mengunjungi Jepang dan tidak tahu harus mempersiapkan dokumen apa saja. Tenang, Mediamaz Translation Service punya solusi untuk permasalahan tersebut. Kami bisa membantu Anda dalam hal legalisasi dokumen untuk Anda bisa pergi ke Jepang dengan resmi.

Anda tidak perlu khawatir, Mediamaz Translation Service sudah berdiri sejak tahun 1998 dan sudah melayani ribuan pelanggan. Layanan kami juga sudah berizin dan bersertifikat resmi dari berbagai lembaga di tanah air. Seperti SK Gubernur, Kemenkumham, dan Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI).

Bagaimana Cara Menggunakan Layanan Kami?

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa layanan kami caranya cukup mudah. Anda bisa saja langsung mengunjungi website kami di sini atau juga dapat menghubungi kami di nomor 021 55787254.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Whatsapp 24 Jam