Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
SHOW COLUMNS FROM `wp8e_trustindex_google_reviews` LIKE "highlight"

Galat basis data WordPress: [Table 'medg6566_wp818.wp8e_trustindex_google_reviews' doesn't exist]
ALTER TABLE `wp8e_trustindex_google_reviews` ADD highlight VARCHAR(11) NULL AFTER rating

Rekomendasi Makanan Khas Korea Selatan paling Hits !

8 Makanan Khas Korea Selatan paling Hits !

8 Makanan Khas Korea Selatan paling Hits !

via canva.com

Bermula dari ketertarikan orang Indonesia terhadap drama korea-drakor. Kini tren K-pop membawa efek cukup luas di Indonesia, salah satunya ketertarikan terhadap budaya Korea Selatan. Banyak orang kemudian ingin mengetahui lebih jauh mengenai Negeri Ginseng tersebut, salah satunya makanan khas korea selatan. Drama Korea Selatan dan berbagai tayangan dari Korea Selatan lainnya, banyak memberikan pengaruh terhadap pengenalan makanan khas dari negara tersebut.

Makanan khas korea selatan yakni makanan tradisional yang berdasarkan pada teknik dan cara memasak orang Korea Selatan. Mulai dari kuliner istana yang unik sampai makanan khas daerah serta perpaduan masakan modern, menggunakan bahan-bahan serta cara penyajiannya yang sangat berbeda. Banyak sekali makanan Korea Selatan yang sudah mendunia.

Makanan khas Korea Selatan sebagian besar berbahan beras, mie, tahu, sayuran dan daging. Makanan khas Korea Selatan biasanya memiliki ciri khas bumbu dengan minyak wijen, doenjang, kecap, garam, bawang putih, jahe dan saus cabai (gochujang). Masyarakat Korea adalah konsumen bawang putih terbesar sedunia di atas Cina, Thailand, Jepang, serta negara-negara Laut Tengah seperti Spanyol, Italia dan Yunani.

Apakah Anda berencana untuk menikmati makanan khas Korea Selatan langsung di negeranya ?

Berikut Rekomendasi Makanan Khas Korea Selatan paling hits di Indonesia  ;

1. Japchae

via canva.com

Makanan khas tradisional Korea Selatan yang dikenal dengan makanan sampingan yaitu banchan yang dimakan dengan nasi putih dan sup atau kaldu. Setiap makanan di Korea Selatan dilengkapi dengan banchan yang cukup banyak.

Banchan merupakan lauk-pauk sampingan dalam tradisi kuliner Korea. Beraneka ragam banchan dihidangkan di atas piring-piring kecil untuk dimakan oleh beberapa orang. Beberapa jenis banchan adalah kimchi, namul, jorim, jjim, jeon, japchae dan lain-lain.

Japchae adalah makanan khas Korea Selatan berupa sohun yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Makanan ini dimakan sebagai lauk, terutama dalam pesta dan kesempatan khusus. Sayuran yang digunakan biasanya sayuran yang sedang musim.

2. Kimchi

via unsplash.com

Makanan khas Korea Selatan yang terkenal sebagai makanan sampingan pada umumnya adalah Kimchi. Kimchi adalah makanan tradisional Korea berupa asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum digunakan untuk membuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Kimchi juga dikenal dengan “sayuran yang direndam”.

Di Korea Selatan, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak kimchi jjigae, kimchi bokkeumbap, dan berbagai masakan lain. Kimchi merupakan salah satu makanan khas korea yang pedas.

3. Bibimbap

via unsplash.com

Bibimbap adalah makanan khas Korea Selatan berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Secara harfiah bibimbap berarti “nasi campur”. Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.

Bibimbap memiliki variasi yang banyak menurut daerahnya di Korea. Kota Jeonju di Jeolla Utara adalah kota asal variasi bibimbap daerah yang paling terkenal di Korea. “Jeonju bibimbap” (nasi campur Jeonju) merupakan bibimbap yang berisi lauk pauk yang paling banyak di Korea.

4. Jajangmyeon

via unsplash.com

Jajangmyeon salah satu makanan mie khas korea yaitu mie saus pasta kacang kedelai hitam yang dipengaruhi  dengan kuliner Tionghoa, sedangkan orang Tiongkok biasa menyebutnya dengan  Zhajiangmian. Secara bahasa Jajangmyeon berarti mie saus goreng yang dibuat menggunakan mie tebal yang terbuat dari tepung gandum dengan saus yang dibuat dari pasta kacang kedelai hitam yang disebut chunjang yang ditambahkan dengan bawang merah cincang, zucchini dan daging merah atau makanan laut. Ketika memasak saus biasanya ditambahkan tepung jagung agar saus menjadi kental. Pasta kacang kedelai-chunjang dibuat dari kedelai yang digoreng. Oleh karena itu, jajang mengandung arti saus yang digoreng walau sebenarnya saus dimasak dengan cara direbus.

5. Ramyeon

via canva.com

Ramyeon / Ramyun merupakan makanan mie khas korea juga yang berupa hidangan mie kuah ala Korea. Ramyeon dapat dibuat dari mie basah maupun mie instan. Beberapa merek ramyeon instan yang dikonsumsi di Korea Selatan yang  juga yang diekspor ke luar negeri, seperti ke Tiongkok, Hong Kong, Macau, Jepang, dan Indonesia.

Ramyun Korea umumnya bercita rasa pedas. Di Korea Selatan, merek yang menguasai pasar adalah Shin Ramyun. Beberapa merek ramyeon terkenal lainnya, diantaranya ; Nongshim Shin Ramyun Black, Paldo Cheese Noodle, Nongshim Champong Noodle Soup Spicy Seafood Flavor, Nongshim Neoguri Stir-Fry Noodles Spicy Seafood,  Paldo Rabokki Noodle, Nongshim Chai Bibim Myun, Ottogi JIn Jjambbong Spicy Seafood Ramyun, Paldo Budae Jjigae, Ottogi Budae Jjigae Ramen, dan Samyang Pedas Paegaejang Ramen. Yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh setelah berlibur dari Korea Selatan loh.

Adapun rekomendasi Ramyeon makanan khas korea selatan yang halal bagi kaum muslim, yaitu Shin Ramyun dan Neoguri yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh makanan khas korea ketika pulang berlibur dari Korea Selatan.

6. Tteokbokki

via unsplash.com

Makanan khas korea Tteok merupakan kue asal Korea yang dibuat dari beras maupun ketan. Bahan dan cara pembuatan berbeda-beda menurut wilayahnya dan juga dibuat sebagai kue yang rasanya manis dalam berbagai variasi rasa untuk hari-hari perayaan musim, termasuk perayaan tahun baru Korea.

Sedangkan tteokbokki/topokki adalah kue beras yang memilki bentuk silinder yang dimasak bersama gochujang dan gula pasir dan dimasukkan ke dalam berbagai masakan seperti dak galbi (galbi daging ayam).

Meskipun tteokbokki/topokki yang kita kenal berwarna merah menggoda akan tetapi Tteokbokki/Topokki sendiri memiliki cita rasa yang pedas dan manis khas korea.

7. Yaksik

via unsplash.com

Makanan manis khas korea yaitu Yaksik. Secara harfiah Yaksik berarti “makanan obat” atau “nasi obat”. Yaksik merupakan salah satu jenis dari tteokbokki/topokki atau kue beras yang terbuat dari ketan yang dikukus dan dicampur dengan kacang berangan, jujube dan kacang cemara, lalu diberi madu atau gula pasir merah, minyak wijen, kecap dan kadang-kadang kayu manis. Yaksik biasanya dimakan pada hari raya Jeongwol Daeboreum atau bulan purnama pertama pada kalender lunar.

8. Yeot

via unsplash.com

Makanan manis khas Korea Dangryu merupakan sebuah permen tradisional korea yang memiliki tekstur keras dan rasa manis yang berasal dari yeot. Yeot adalah jenis permen atau pemanis tradisional khas Korea yang biasa dilapiskan pada bahan kue-kue. Orang Korea menggunakan yeot sebagai pemanis,  makanan ringan, sekaligus oleh-oleh yang biasa diberikan kakek dan nenek kepada cucu-cucunya. Yeot populer sebagai manisan yang diberikan kepada pelajar yang akan mengikuti ujian agar mereka lulus ujian. Oleh karena itu selama masa ujian, yeot banyak dijual di jalanan.

Itu dia beberapa rekomendasi makanan khas korea selatan yang telah populer di Indonesia dan wajib kamu coba jika berkunjung ke Korea Selatan. Bagi kamu seorang muslim ada baiknya sebelum mencicipi makanan Korea Selatan di negara asalnya tersebut carilah resto halal yang menyediakan makanan halal bagi kaum muslim, seperti ; EID Halal Korean Food, Makan Halal Korean Restaurant, Murree Halal Korean Food, Yang Good Korea BBQ, Halal Kitchen Korea, Chunja Daegutang, Osegyehyang Vegetarian Restaurant, Busan Jib Restaurant, Balwoo Gongyang, dan Hajj Korean Halal Food.

Apakah anda tertarik dan memiliki plan untuk sekedar berlibur ke Korea Selatan atau bahkan ingin melanjutkan Pendidikan ke Negara dengan ragam budaya dan makanan yang unik tersebut? sebelum memiliki plan ke negara Korea Selatan, ada baiknya untuk belajar mengenai budaya maupun bahasanya agar anda dapat menjalin relasi yang lebih baik lagi dengan warga lokal.

Kami Mediamaz Translation Service siap membantu anda dalam mengurus berbagai macam Legalisasi dokumen bahasa asing hingga paspor untuk anda yang ingin berlibur, melanjutkan studi, dan berbisnis ke Korea Selatan. Mediamaz Translation Service merupakan perusahaan penerjemah Nomor 1 di Indonesia yang juga melayani jasa Legalisasi dokumen bahasa asing anda.

Kami mempermudah pengurusan dokumen dan paspor anda sesuai dengan negara tujuan anda, segera hubungi tim marketing kami melalui website resmi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Jasa Legalisasi Dokumen Terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.