8 Prospek Kerja Administrasi Publik dan Gajinya

via canva.com

Seperti kita tahu bahwa prospek kerja administrasi publik sangatlah luas. Bukan hanya sebagai pegawai negeri sipil saja melainkan kamu bisa bekerja di perusahaan lainnya. Jika kamu menginginkan jurusan dengan prospek kerja yang luas,maka jurusan administrasi publik bisa menjadi pilihan tepat. Jurusan administrasi publik akan membekali kamu dengan banyak kemampuan, mulai dari keterampilan dalam menyusun anggaran, kemampuan berkomunikasi dan manajemen SDM, bahkan kemampuan dalam mengambil keputusan terkait keuangan.

Jika kamu mengambil jurusan administrasi public kamu akan mempelajari mata kuliah sebagai berikut ; pengantar ilmu administrasi publik, teori organisasi, administrasi pembangunan, Sistem administrasi negara Indonesia, kebijakan publik, sistem pemerintahan daerah, filsafat ilmu, manajemen sumber daya manusia, sistem hukum Indonesia, struktur dan proses organisasi publik, perilaku organisasi, perencanaan SDM, E-Government, ekonomi sektor pulbik, isu-isu organisasi publik, manajemen aset, formulasi kebijakan publik, Administrasi Pemerintahan Daerah & Desa, implementasi kebijakan publik, evaluasi kebijakan publik, manajemen pertumbuhan wilayah, etika administrasi publik, governasi publik, studi kependudukan, manajemen sumber daya aparatur, ekologi administrasi, pembangunan kapasitas dan kelembagaan sektor publik, teori birokrasi publik, etika administrasi, politik pemilihan tingkat nasional & daerah, manajemen keuangan publik, manajemen pelayanan publik. Fokus utama dari ilmu administrasi publik adalah teori organisasi dan ilmu manajemen.

Apa itu administrasi publik ?

Administrasi publik adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana pengelolaan suatu organisasi publik. Kajian ini termasuk mengenai birokrasi; penyusunan, pengimplementasian, dan pengevaluasian kebijakan publik; administrasi pembangunan; kepemerintahan daerah; good governance, bahkan perkembangan saat ini telah melingkupi kepublikan atau yang biasa dikenal dengan public value.

apa saja prospek kerja administrasi publik yang bisa kamu raih jika mendalami jurusan tersebut?

Berikut beberapa prospek kerja administrasi publik dan gajinya ;

1. Aparat Pemerintah

via canva.com

Tidak diragukan lagi jika jurusan administrasi publik banyak dibutuhkan untuk dijadikan aparat pemerintah diberbagai posisi, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Profesi ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai pemerintahan dan aktif dalam organisasi. Profesi tersebut bisa dibilang menjadi pekerjaan inti dari lulusan jurusan administrasi negara.

Tugas dari aparat pemerintah adalah menetapkan kebijakan pemerintah sampai menyediakan solusi untuk permasalahan rakyat. Oleh karena itu, jurusan administrasi publik yang cocok bekerja di sini adalah administrasi negara.

Sebagai seorang Aparat Pemerintah kamu akan mendapatkan gaji berkisar antara 4,000,000 hingga 10,000,000 per bulan ditambah dengan tunjangan-tunjangan lainnya sebagai Aparat Pemerintah tergantung dari kebijakan pemerintah.

2. Jurnalis

via canva.com

Prospek kerja administrasi public yang kedua adalah jurnalis. Seorang lulusan administrasi publik sepatutnya memahami dan selalu up to date pada beragam isu pemerintahan dan politik yang terjadi saat ini, oleh sebab itu lulusan administrasi publik bisa menjadi jurnalis. Ketika kamu bekerja menjadi jurnalis di bidang pemerintahan atau politik, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu mampu menganalisa sekaligus melaporkan isu tersebut, termasuk mengembangkan hingga memberdayakan hasilnya.

Bagi kamu lulusan administrasi publik yang punya tingkat kepekaan tinggi, kemampuan mendata dengan baik, dan bisa membuat laporan akurat, profesi jurnalis sangat cocok sekali untuk kamu.

Tugas kamu sebagai seorang jurnalis khusus yaitu meliput beberapa berita dan fenomena politik serta pemerintahan.

Gaji yang ditawarkan pun berkisar antara 3,000,000 hingga 5,000,000 per bulan bergantung jam terbang dan masing-masing perusahaan.

3. Dosen

via canva.com

Prospek kerja administrasi publik yang ketiga adalah Dosen. Bagi kamu yang telah menyelesaikan studi s2 dan memiliki keahlian mengajar atau ingin berbagi ilmu kepada orang lain, profesi dosen bisa kamu pilih. Dengan tujuan yang sangat mulia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, Dosen merupakan salah satu prospek yang sangat menjanjikan.

Dengan menjadi seorang dosen perkiraan gaji yang akan kamu dapatkan berkisar antara 4,000,000 hingga 6,000,000 per bulannya tergantung pengalaman.

4. Pegawai BUMN

via canva.com

Prospek kerja administrasi public yang keempat adalah Pegawai BUMN. Jika kamu masih percaya jika lulusan administrasi publik hanya bisa bekerja di sektor pemerintahan, itu salah besar. Jika kamu berkeinginan bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), masih bisa kok walaupun berasal dari jurusan administrasi publik.

Misalnya kamu tetap bisa masuk lembaga-lembaga pemerintah seperti kantor- kantor perpajakan atau BUMN sektor keuangan lain. Perusahaan-perusahaan milik negara tersebut masih ada keterkaitan erat dengan pemerintahan negara pastinya. Oleh sebab itu, bukan tidak mungkin orang-orang yang bekerja di sana harus juga punya kompetensi di bidang pemerintahan.

Seperti yang kita tahu, jurusan administrasi publik sudah dibekali dengan banyak teori tentang pemerintahan dan menjadi salah satu mata kuliah sehari-hari.

Perushaan BUMN pun menawarkan gaji berkisar antara 4,000,000 hingga 6,000,000 per bulan bergantung pada masing-masing bagian.

5. Peneliti

via canva.com

Prospek kerja administrasi publik yang kelima adalah peneliti. Mengingat Pemerintahan Indonesia memiliki permasalahan yang cukup kompleks yang membuat negara masih membutuhkan para lulusan administrasi publik untuk memecahkan masalah pemerintahan. Bahkan, kebutuhan lulusan jurusan tersebut terbilang sangat besar.

Seperti yang diketahui, cakupan pemerintah itu sangat luas. Mulai dari daerah, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan negara. Oleh karena itu, penelitian yang dilalukan harus besar-besaran dengan harapan roda pemerintahan bisa seimbang. Itulah kenapa profesi asisten peneliti dibutuhkan dari lulusan administrasi publik.

profesi seorang anggota peneliti di beberapa lembaga riset yang bekerjasama dengan pemerintahan memiliki gaji yang cukup relatif mulai dari 3,000,000 hingga 5,000,000 per bulan dan bisa lebih besar ketika pengalamanmu semakin banyak.

6. Aktifis LSM

via canva.com

Prospek kerja administrasi public yang keenam yaitu aktifis LSM. Sebagai seseorang yang menguasai ilmu kebijakan publik dan manajemen pemerintahan, lulusan administrasi publik dapat bekerja sebagai karyawan LSM. Mereka akan ditugaskan untuk mengawasi program-program yang dimaksudkan untuk membantu organisasi nirlaba dan lembaga pemerintah untuk menjadi lebih efisien. Mereka akan sering berkolaborasi dengan tim PR untuk menjaga citra lembaga, dan meningkatkan hubungan institusi dengan publik. Mereka juga akan diminta untuk memimpin berbagai acara penggalangan dana dan siaran pers.

Kemungkinan kamu yang bekerja sebagai aktifis LSM akan mendapatkan banyak gaji dan tunjangan sekitar 3,000,000 hingga 15,000,000 per bulan.

7. Staf Legislatif

via unsplash.com

Prospek kerja administrasi publik yang ketujuh adalah staf legislatif. Berkarir sebagai staf di lembaga legislatif juga bisa menjadi pilihan untuk para lulusan administrasi publik. Pemahaman dan kemampuan mereka dalam bidang kebijakan publik akan sangat membantu dalam pekerjaan ini. Mereka akan memiliki kemampuan mumpuni dalam membuat kebijakan, bahkan yang terkait dengan publik luas. Hal ini bahkan memungkinkan mereka meniti karir secara profesional di bidang politik.

Diketahui bahwa gaji seorang staf legislatif berada di kisaran 5,000,000 sampai 10,000,000 per bulan dan masih bisa lebih tinggi jika kamu memilki banyak pengalaman.

8. Konsultan Pemerintah

via canva.com

Prospek kerja administrasi public yang terakihr yang akan dibahas adalah konsultan pemerintah. Tugas konsultan pemerintah adalah membuat solusi hingga strategi yang tepat untuk menyelesaikan tiap permasalahan pemerintah. Dengan begitu, sistem pemerintahan bisa tetap berjalan dengan baik, dan kepercayaan masyarakat juga tetap tinggi.

Sebagai konsultan pemerintah gaji yang akan kamu dapatkan berkisar 4,500,000 hingga 10,000,000 per bulan bergantung pada pengalaman yang kamu miliki.

itulah beberapa prospek jurusan administrasi public beserta kisaran gajinya yang bisa kamu jadikan referensi setelah kamu lulus sebagai lulusan administrasi public.

Jika Anda tertarik melanjutkan studi s2 administrasi publik, berikut kampus di dunia yang menawarkan prodi administrasi public terbaik, diantaranya ; Universitas Johns Hopkins-Baltimore, Universitas Northwestern-Evanston Illinois, Universitas California Selatan-Los Angeles, California, Universitas Amerika-Washington, DC, Indiana University Bloomington-Bloomington, Universitas Iowa Utara-Air Terjun Cedar, Universitas Pittsburgh- Pittsburgh, Universitas Missouri-Kolombia, Universitas Liberty-Lynchburg,Virginia, dan Universitas Negeri Oregon-Corvallis.

Ingin cepat menyelesaikan dokumen persiapan untuk kuliah jurusan administrasi publik. Gunakan layanan penerjemah bahasa dan legalisasi dokumen dari Mediamaz Translation Service sekarang.

Dokumen persiapan kuliah dan bekerja di luar negeri milik Anda akan bisa diterjemahkan ke dalam bahasa asing dengan cepat dan akurat oleh tim kami. Mediamaz Translation Service menjadi layanan one stop solution, jasa legalisasi kami juga akan bisa membantu Anda untuk melegalisir dokumen di lembaga pemerintahan terkait. Sehingga dokumen Anda pun nantinya akan langsung bisa digunakan sebagaimana tujuannya dengan resmi. Yuk, cek selengkapnya di website Mediamaz TS sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *