8 Prospek Kerja Sistem Informasi dan Kisaran Gajinya

8 Prospek Kerja Sistem Informasi dan Kisaran Gajinya

via canva.com

Seperti yang kita tahu bahwa jurusan sistem informasi kini menjadi jurusan paling diminati karena prospek kerja sistem informasi cukup menjanjikan dengan kisaran gaji yang lumayan besar.

Apa itu sistem informasi ?

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.

Sistem informasi merupakan gabungan yang terorganisasi antara manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.

Sistem informasi dalam bidang IT tidak hanya satu saja, masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Jenis sistem informasi masih dikategorikan lagi berdasarkan jenis sistem informasi yang digunakan dan juga fungsi dari sistem informasi yang akan digunakan. Adapun beberapa jenis sistem informasi yang biasa dipakai saat ini, yakni : sistem informasi manajemen, sistem informasi akuntansi, dan sistem informasi keuangan.

Untuk membantu kegiatan manusia, sistem informasi memiliki komponen-komponen khusus agar bisa bekerja secara maksimal. Komponen sistem informasi tersebut tak lain, adalah ; hardware, software, telekomunikasi, database dan data warehouse, dan sumber daya manusia (SDM).

Contoh sistem informasi

Berikut prospek kerja sistem informasi dan kisaran gajinya :

1. Web Developer

via canva.com

Prospek kerja sistem informasi yang pertama dan paling banyak diminati adalah Web Developer. Web Developer merupakan seorang programmer yang secara khusus terlibat dalam pengembangan aplikasi World Wide Web menggunakan client–server model. Aplikasi biasanya menggunakan HTML, CSS dan JavaScript di klien, PHP, ASP.NET (C #), Python, Go atau Java di server, dan http untuk komunikasi antara klien dan server. Sistem manajemen konten web sering digunakan untuk mengembangkan dan memelihara aplikasi web.

Adapun gaji seorang web developer berkisar antara 4,000,000 hingga 8,000,000 per bulan bergantung pada jam terbang dan masing-masing perusahaan.

2. E-Commerce System Developer

via unsplash.com

Prospek kerja sistem informasi yang kedua adalah e-commerce system developer. Seiring dengan pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang didominasi oleh e-commerce menjadikan e-commerce system developer sangat dibutuhkan untuk mengatur alur sistem, tingkat keamanan, hingga user interface (UI) dan user experience (UX) aplikasi.

Adapun gaji seorang e-commerce system developer berkisar antara 17,000,000 hingga 25,000,000 per bulan bergantung pada jam terbang serta masing-masing perusahaan.

3. IT Consultant

via unsplash.com

Prospek kerja sistem informasi yang ketiga adalah IT Consultant. IT Consultant adalah salah satu profesi yang bergelut di bidang IT. Mereka harus mencari solusi serta memberikan usulan terbaik terhadap tindakan yang harus dilaksanakan selanjutnya untuk mengembangan sistem bisnis menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Adapun gaji seorang IT Consultant berkisar antara 6,000,000 hingga 11,000,000 per bulan bergantung pada jam terbang dan masing-masing perusahaan.

4. System Engineer

via unsplash.com

Prospek kerja sistem informasi yang keempat adalah system engineer. System engineer memiliki tugas mendesain dan mengatur sistem yang kompleks. Pekerjaan ini merupakan interdisipliner yang menggabungkan rekayasa manajemen dengan rekayasa kompleks.

Adapun gaji seorang System Engineer berkisar antara 9,000,000 hingga 11,000,000 per bulan bergantung pada jam terbang dan juga masing-masing perusahaan.

5. Information System Manager

via unsplash.com

Prospek kerja sistem informasi yang kelima adalah information system manager. Manajer sistem adalah orang yang bertanggung jawab untuk keberlangsungan sistem komputer yang digunakan di perusahaan. Profesi ini punya tanggung jawab untuk memastikan proses back up bisa berjalan dengan baik, mengawasi pemasangan, membeli software dan hardware hingga menyediakan infrastruktur teknologi ICT untuk keperluan organisasi.

Adapun gaji information system manager berkisar antara 5,000,000 hingga 8,000,000 per bulan bergantung pada jam terbang dan juga masing-masing perusahaan.

6. Network Security

via unsplash.com

Prospek kerja sistem informasi yang keenam adalah network security. Network security merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan keamanan jaringan dan salah satu dari enam jenis pekerjaan di bidang cyber security dengan bayaran paling tinggi.

Network security merupakan bagian dari sebuah sistem informasi, yang fungsinya sangat penting untuk menjaga validitas dan integritas data serta menjamin ketersediaan layanan begi penggunanya.

Oleh karena itu, sistem harus dilindungi dari segala macam serangan dan usaha-usaha penyusupan atau pemindaian oleh pihak yang tidak berhak. Komputer yang terhubung ke jaringan mengalami ancaman keamanan yang lebih besar daripada host yang tidak terhubung kemana-mana. Dengan mengendalikan network security, resiko tersebut dapat dikurangi.

Adapun gaji network security berkisar antara 10,000,000 hingga 15,000,000 per bulan bergantung pada jam terbang dan juga masing-masing perusahaan.

7. Programmer

via canva.com

Prospek kerja sistem informasi yang ketujuh adalah Programmer. Programmer merupakan  pembuat program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman yang disebut dengan pemrograman komputer. Adapun Contoh bahasa pemrograman adalah bahasa FORTRAN, COBOL, BASIC, JAVA, dan C++.

Adapun gaji Programmer berkisar antara 4,000,000 hingga 5,000,000 per bulan bergantung pada jam terbang dan juga masing-masing perusahaan.

8. UI/UX Developer

via pinterest.com

Prospek kerja sistem informasi yang terakhir yang akan dibahas adalah UI/UX Developer. UI dan UX Developer keduanya saling berkaitan karena seorang UI Developer memiliki tugas menentukan tampilan aplikasi maupun situs, sedangkan UX Developer memiliki tugas menentukan bagaimana suatu aplikasi maupun situs bisa beroperasi dengan mudah. Dalam bekerja, keduanya harus berlandaskan pada hasil riset supaya aplikasi maupun situs yang dirancang benar-benar efektif.

Adapun gaji UI/UX Developer berkisar antara 8,000,000 hingga 16,000,000 per bulan bergantung pada jam terbang dan juga masing-masing perusahaan.

Sekilas sama, namun ini perbedaan sistem informasi dan teknik informatika ; pertama sistem Informasi memfokuskan pada pengolahan informasi dengan tujuan efektifitas dan efisiensi sistem dalam suatu proses bisnis. Sedangkan teknik informatika memfokuskan pada pengembangan sistem berbasis komputer.

Sadar atau tidak bahwa sistem informasi sangat banyak penerapan contoh sistem informasi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh tersebut diantaranya diterapkan dalam bidang pendidikan seperti E-Learning dan sistem layanan mahasiswa, pada pekerjaan seperti E-Banking, E-Commerce, Booking Online, Video Call.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan sistem informasi beserta kisaran gajinya yang terbilang cukup fantastis dengan modal lulusan d3 maupun s1 sistem informasi kamu sudah memiliki prospek kerja diatas loh !

Tertarik untuk Kuliah Jurusan jurusan sistem informasi ?

Perlu diketahui, untuk kamu yang ingin mengambil jurusan sistem informasi, kamu akan mendapatkan gelar S.SI atau Sarjana Sistem Informasi. Prodi Sistem Informasi adalah jurusan kuliah yang menggabungkan ilmu komputer, bisnis, dan juga manajemen. Mata kuliah wajib sistem informasi diantaranya ; dasar-dasar arsitektur pemrograman, aljabar linier, statistika dan probabilitas, struktur data dan algoritma, kecerdasan artifisial dan sains data dasar, jaringan komunikasi data, dan komputer dan masyarakat.

Adapun kampus dengan jurusan sistem informasi terbaik di luar negeri versi QS World University Rankings by Subject 2021: Computer Science & Information System, diantaranya ; Tsinghua University/ Tiongkok-ranking 15, National University of Singapore-ranking 11, ETH Zurich Swiss Federal Institute of Technology-ranking 6, University of Oxford-ranking 5, Massachusetts Institute of Technology-ranking 1.

Anda berniat melanjutkan studi s1 sistem informasi di luar negeri ?

Ingin cepat menyelesaikan dokumen persiapan untuk kuliah jurusan sistem informasi di luar negeri ? Gunakan layanan penerjemah bahasa dan legalisasi dokumen dari Mediamaz Translation Service sekarang ! 

Dokumen persiapan kuliah di luar negeri milik Anda akan bisa diterjemahkan ke dalam bahasa asing dengan cepat dan akurat oleh tim kami. Menjadi layanan one stop solution, jasa legalisasi kami juga akan bisa membantu Anda untuk melegalisir dokumen di lembaga pemerintahan terkait. Sehingga dokumen Anda pun nantinya akan langsung bisa digunakan sebagaimana tujuannya dengan resmi. Yuk, cek selengkapnya di website Mediamaz TS sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.