Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Rekomendasi Makanan Jepang Halal dan Cara Membedakannya

Jepang masih menjadi salah satu destinasi pilihan terfavorit bagi para wisatawan, termasuk dari Indonesia. Mengingat Indonesia mayoritas penduduknya adalah muslim, mereka terkadang memiliki kesulitan akan makanan saat mereka sedang bepergian ke luar negeri. Termasuk dengan negara satu ini karena sulit bagi mereka untuk menemukan makanan Jepang halal yang dapat mereka konsumsi secara aman saat berada di negara tersebut. Namun tidak perlu khawatir, artikel di bawah ini akan membantu Anda dengan membahas makanan Jepang halal yang dapat Anda konsumsi jika sedang berlibur di Jepang. 

Makanan Jepang Halal

iStock

Apa itu Makanan Halal?

Mungkin orang-orang sudah paham dengan arti serta jenis makanan halal yang boleh untuk mereka umat Muslim konsumsi. Namun, tidak ada salahnya jika kita membahas mengenai makanan halal di sini sebelum berlanjut ke pembahasan lainnya. 

Dilansir dari Orami.com, makanan halal adalah sesuatu yang umat Muslim boleh konsumsi menurut ketentuan syariat Islam. Baik makanan yang berasal dari tumbuhan, buah-buahan, ataupun hewan yang dikategorikan boleh untuk mereka konsumsi. Selain halal, makanan tersebut juga tentu harus bergizi agar bermanfaat bagi tubuh dan juga kesehatan.

Melansir dari buku berjudul “Sheffield Stories” yang di kutip dari artikel detiknews, konsep halal dalam Islam terdapat beberapa poin sebagai berikut:

  • Zat di dalam makanan tersebut harus halal. Dalam hal ini yang dinyatakan haram di Al Quran adalah bangkai, darah, dan juga daging babi. 
  • Halal cara memprosesnya, di mana proses penyembelihan hewan harus sesuai dan mengikuti tata cara yang baik sebagaimana orang Muslim harus melakukannya.
  • Memperoleh makanan tersebut dengan cara yang halal. 
  • Tidak mengandung bahan makanan yang memabukkan. 

Baca Juga: “Bunga Sakura, Lambang Pesona Musim Semi di Jepang

Makanan Jepang Halal

Berbicara mengenai Jepang, negara ini mayoritas penduduknya menganut agama Buddha dan Shinto. Di mana hal ini tentu berbanding terbalik dengan Indonesia yang masyarakatnya adalah mayoritas muslim. Sehingga tidaklah heran bahwa cukup sulit bagi mereka para wisatawan muslim untuk menemukan makanan Jepang halal jika sedang berlibur di negara tersebut. Namun, berikut beberapa rekomendasi makanan Jepang Halal yang bisa Anda konsumsi saat berkunjung di sana. 

1. Onigiri

Makanan khas tradisional Jepang yang terdiri dari nasi dan isian dapat termasuk ke dalam golongan makanan Jepang halal yang bisa Anda konsumsi. Namun, hal itu juga tergantung dengan isian di dalamnya. Tetapi biasanya isian makanan satu ini tidak jauh-jauh dari daging ayam, ikan tuna, ikan salmon sehingga aman untuk Anda konsumsi.

2. Sushi

Salah satu makanan khas Jepang yang ikonik ini termasuk dalam kategori makanan halal yang dapat Anda konsumsi. Biasanya makanan ini akan dibuat dengan irisan ikan laut yang segar, bahkan ikan tersebut terkadang akan di potong di hadapan Anda. Sehingga tentu aman untuk dikonsumsi. Namun, tetap harus Anda cek saat ingin dikonsumsi karena takut menggunakan Mirin (terdapat kandungan alkohol) yang di mana haram bagi umat Muslim. 

3. Okonomiyaki

Makanan khas Jepang satu ini disebut sebagai pancake khas Jepang yang tentunya halal untuk Anda konsumsi. Terdiri dari sayur kol dan potongan daging gurita, ayam atau ikan bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan tentu halal untuk Anda konsumsi.

4. Tempura

Makanan Jepang halal lainnya yang bisa Anda coba adalah tempura. Jenis makanan yang mirip dengan gorengan satu ini terbuat dari udang yang dilapisi tepung serta digoreng dengan minyak yang panas. Selain udang, jenis gorengan lainnya terbuat dengan beberapa jenis sayuran sehingga aman untuk Anda coba jika sedang berlibur ke Jepang.

5. Tendon

Jenis makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi, lauk dan sayur yang sudah digoreng khas tempura dengan saus khusus ini termasuk ke dalam makanan halal Jepang yang aman untuk dikonsumsi. Makanan satu ini termasuk menu lengkap yang akan membuat Anda kenyang saat mengkonsumsinya.

6. Shabu-shabu

Shabu-shabu merupakan makanan halal Jepang yang aman untuk Anda konsumsi. Bahan makanan yang terdiri dari irisan daging sapi tipis dengan kuah serta menggunakan saus Jepang khusus yang terbuat dari wijen membuat jenis makanan ini halal untuk Anda konsumsi karena tidak mengandung mirin.

7. Gyoza

Salah satu makanan khas Jepang seperti pangsit ini pun termasuk merupakan makanan halal. Namun, yang harus Anda catat tentu isian gyoza dengan isian ayam dan sapi yang aman untuk dikonsumsi. Sehingga saat melakukan pembelian ada baiknya untuk dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

8. Sukiyaki

Sukiyaki atau yang terkenal dengan hot pot merupakan makanan khas Jepang yang halal untuk Anda konsumsi. Bahan makanan berisi daging sapi dan sayuran serta kuah menggunakan soy sauce khas Jepang ini aman karena tidak menggunakan bahan makanan seperti mirin di dalamnya.

Namun, pada intinya apa yang harus Anda lakukan dalam melakukan pemilihan makanan saat sedang di Jepang adalah melakukan pengecekan akan bahan makanan tersebut. Jika Anda ingin pergi ke restoran, pastikan bahwa Anda mendatangi restoran yang terdapat logo halal sehingga Anda akan lebih merasa aman dalam mengkonsumsinya.

Baca Juga: “Teh Hijau, Rahasia Kesehatan dan Kecantikan dari Jepang

Tips Membedakan Makanan Jepang Halal atau Tidak 

Tentu cukup sulit untuk membedakan makanan Jepang halal atau tidak saat sedang berlibur di negara tersebut karena kendala bahasa. Namun, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membedakan hal tersebut:

1. Mencari Referensi

Sebelum pergi untuk berlibur, sangat disarankan bagi Anda umat muslim untuk mencari referensi restoran Jepang atau makanan Jepang yang aman untuk Anda konsumsi saat berada di sana. Hal tersebut bisa Anda cari melalui referensi internet atau dari teman yang tinggal atau pernah bepergian kesana sebelumnya guna untuk memudahkan Anda nantinya akan makanan yang bisa Anda konsumsi saat di sana.

2. Memastikan bahan makanan yang digunakan

Sebelum menyantap makanan yang ada, pastikan Anda mengecek komposisi bahan makanan tersebut terlebih dahulu. Makanan Jepang halal tidak boleh mengandung alkohol, mirin, dan daging babi. Agar lebih yakin, Anda bisa menanyakan kepada pelayan atau koki di restoran tersebut. Namun lebih pasti Anda pergi ke restoran yang terdapat logo halal agar lebih aman.

3. Pilih menu makanan ikan atau sayuran

Dikarenakan ikan merupakan jenis makanan halal untuk Anda konsumsi. Ada baiknya Anda memesan makanan dengan bahan ikan atau sayuran agar terbebas dari bahan makanan yang tidak halal saat sedang di Jepang. 

4. Paham bahasa beberapa jenis bahan makanan tidak halal

Paham akan bahasa atau penulisan dari bahan makanan tidak halal yang ada juga sangat membantu untuk Anda terhindar dari jenis makanan tersebut. Mengapa demikian? Karena saat Anda berada di negara orang tentu akan terjadi kendala bahasa apalagi jika Anda tidak menggunakan tour guide. Takutnya terjadi kesalahpahaman yang membuat kejadian tidak diinginkan terjadi. Sehingga paham penulisan dari jenis bahan makanan yang tidak halal itu akan sangat membantu Anda nantinya apalagi jika solo travelling.

Baca Juga: “10 Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Jepang

 

Tips Memilih Restoran Halal di Jepang

Berikut terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencari restoran halal di Jepang saat Anda pergi berlibur di sana. 

1. Pastikan logo halal di restoran 

Demi keamanan Anda saat makan di Jepang, ada baiknya untuk mendatangi restoran yang sudah memiliki logo halal. Apalagi jika Anda ingin mencoba ramen secara langsung di negaranya. Jenis makanan satu itu kebanyakan menggunakan bahan baku non-halal sehingga tidak bisa umat Muslim konsumsi. Namun, jika Anda ingin mencoba ramen yang halal tentu bisa Anda dapatkan dengan pergi ke restoran yang terdapat logo halal. Di mana rasa nya pun tidak kalah enak dengan ramen yang berbahan baku non-halal. 

2. Mencari rekomendasi makanan halal 

Pada poin ini Anda harus mencari rekomendasi makanan halal terlebih dahulu sebelum berangkat untuk berlibur. Hal ini dianggap sebagai sebuah tindakan preventif guna meminimalisir kesulitan Anda untuk mencari makanan saat sudah berada di negara tersebut. Ini juga dilakukan guna membantu Anda untuk menikmati makanan yang ada di Jepang dengan mencari referensi terlebih dahulu. 

3. Pastikan tidak ada kandungan alkohol

Di Jepang, terdapat satu bahan makanan bernama mirin yang mengandung alkohol di dalamnya. Selain makanan berbahan baku daging non-halal. Jenis makanan yang menggunakan mirin ini juga harus Anda hindari karena termasuk sebagai makanan non-halal. Selain itu, jenis minuman alkohol seperti sake juga harus Anda hindari saat sedang berlibur di negara ini. 

4. Pastikan tidak mengandung bahan makanan non-halal

Mirin dan daging babi merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk makanan di Jepang. Sehingga jika Anda ingin mengonsumsi makanan, pastikan bahwa makanan tersebut tidak mengandung kedua bahan itu karena jenis makanan itu dilarang dalam agama Islam. 

Baca Juga: “Dorayaki: Makanan Khas Populer dan Enak dari Jepang

 

Jasa Penerjemah Mediamaz Translation Service

Bagi Anda umat Muslim yang semakin yakin untuk pergi berlibur ke Jepang karena merasa terbantu dengan rekomendasi makanan Jepang halal di atas. Sehingga membuat Anda tidak terlalu khawatir akan makanan saat sedang berlibur. Tentu Anda akan membutuhkan paspor dan juga visa agar dapat pergi ke negara tersebut. 

Jika Anda merasa kesulitan dalam pengurusan dokumen perjalanan tersebut, Mediamaz Translation Service siap untuk membantu Anda dalam melakukan penerjemahan dokumen perjalanan Anda tersebut. Karena terkadang dokumen tersebut menggunakan bahasa Inggris dan bahasa asli negara yang akan Anda kunjungi di mana tentu tidak semua orang paham akan bahasanya. 

Mediamaz TS selaku perusahaan jasa penerjemah siap membantu Anda melalui jasa Penerjemah Tersumpah kami. Anda tidak perlu khawatir akan dokumen hasil penerjemah kami, karena semua sudah terjamin resmi dan para penerjemah kami di sini adalah mereka yang profesional di bidangnya. 

Selain jasa Penerjemah Tersumpah, Kami juga membuka jasa lainnya seperti Interpreter Juru Bahasa, Lokalisasi Bahasa, Penerjemah Profesional, Proofreading Dokumen dan masih banyak lagi.

Sehingga tunggu apalagi? Segera daftarkan dokumen Anda yang ingin Anda terjemahkan melalui website kami di sini atau juga bisa melalui layanan kami di nomor berikut 021 55787254.

Baca Juga: “10 Tempat Wisata Hokkaido yang Wajib Dikunjungi Tahun 2023” 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *