Ada Mandalika! Inilah Daftar 10 Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia

Ada Mandalika! Inilah Daftar 10 Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia

Menonton kerjuaraan MotoGP di sirkuit dengan pemandangan indah memanglah memanjakan mata. Selain kamu bisa menyaksikan jagoanmu bertanding, kamu juga bisa memandangi pemandangan yang berada di sekitar sirkuit MotoGP tersebut! Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Indonesia, juga menjadi salah satu sirkuit terindah lho. Selain Mandalika, sirkuit apa saja yang mempunyai pemandangan indah sehingga berhasil menjadi deretan sirkuit terindah yang ada di dunia? Yuk simak artikel di bawah ini untuk mengetahui 10 sirkuit terindah di dunia selengkapnya!

Mengenal Kejuaraan MotoGP

sirkuit motogp

source yamaha-racing

MotoGP adalah singkatan dari Motorcycle Grand Pix, yang merupakan ajang pertandingan atau kejuaraan balapan sepeda motor paling bergengsi di dunia. Kejuaraan ini berkembang terutama di Eropa setelah FIM (Federation Internationale de Motocyclisme). Peraturan untuk kompetisi sepeda motor ini pertama kalinya pada tahun 1949. Dahulu, kelas utamanya adalah kelas 500cc dari Kejuaraan Dunia Road Race, tetapi pada tahun 2002 peraturan tersebut berubah selanjutnya tercipta kelas MotoGP di mana mesin 2-tak hingga 500 cc dan mesin 4-tak hingga 990 cc bersaing bersama. Motor yang digunakan di MotoGP adalah yang paling cepat, terbesar, dan paling canggih di kelas Motor mana pun. Sepeda motor MotoGP tidak terbatas pada perusahaan mesin mana pun, dan mereka bebas untuk menggunakan semua bahan dan teknologi modern dalam pembuatannya.

Penyelenggaraan MotoGP ini biasanya berlangsung pada setiap tahun atau annual. Terdapat banyak perusahaan motor ternama yang ada di dunia ikut serta untuk mensupport pembalap yang bertanding. MotoGP saat ini, terbagi menjadi tiga kelas utama, di antaranya adalah MotoGP, Moto2, dan Moto3. Peraturan MotoGP dengan tegas berada di era baru. Mesin mencapai output maksimum lebih dari 240 hp dan mencapai kecepatan lebih dari 340km/jam. Penggunaan meneyeluruh atas teknologi kontrol elektronik terbaru. Balapan MotoGP ini dipertandingkan di sirkuit aspal yang biasanya panjangnya antara 4-5km, dengan total jarak balapan antara 110-120km yang membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Deretan Pembalap-Pembalap Dunia MotoGP

pembalap motogp

source motogp

Ada banyak pembalap-pembalap MotoGP dari seluruh penjuru dunia yang dapat menaklukan sirkuit balap sehingga mereka berhasil menjadi juara di kejuaraan dunia ini. Berikut daftar pembalap-pembalap yang berhasil menjuarai kejuaraan MotoGP di antaranya adalah :

1. Valentino Rossi (2000-2021)
2. Giacomo Agostini (1964-1997)
3. Marc Marquez (2013-sekarang)
4. Casey Stoner (2006-2012)
5. Jorge Lorenzo (2008-2019)
6. Mick Doohan (1989-1999)
7. Kenny Roberts (1974, 1978-1983)

dan masih banyak yang lainnya.

Sirkuit Balap di Kejuaraan MotoGP

sirkuit motogp

source the-race

Sirkuit adalah sebuah lintasan atau area luas dan panjang yang berada di daerah yang jauh dari aktivitas publik. Lintasan sirkuit juga biasanya selalu memiliki garis start dan garis finish pada titik yang sama, sehingga sirkuit tidak memiliki ujung. Pembangunan sebuah sirkuit biasanya memiliki fungsi sebagai tempat ajang balapan baik motor maupun mobil. Kejuaraan balap dunia yaitu MotoGP juga memiliki standarisasi khusus untuk aturan dan regulasi penggunaan sirkuit tersebut. Sebelum sirkuit MotoGP resmi dipergunakan untuk balapan, akan ada uji standar atau homologasi dari masing-masing sirkuit. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelayakan sirkuit sebelum kegiatan MotoGP berlangsung.

Pada proses uji standar atau homologasi tersebut, pihak FIM (Federation Internationale de Motorcyclisme) akan memeriksa dan mengecek kualitas aspal, area run-off, pagar pembatas, pit building, dan fasilitas kesehatan. FIM mengkategorikan sirkuit MotoGP ke dalam enam tingkatan yaitu grade A,B,C,D,E,F.  Sebelum bisa menggelar balapan sekelas MotoGP, sebuah sirkuit harus mendapatkan lisensi grade A terlebih dahulu. Melansir laman web liputan6, beberapa poin-poin yang termasuk dalam penilaian FIM adalah sebagai berikut :

  1. Layout, dengan lebar minimal 12 m, panjangnya 3,5 km sampai 10 km, jumlah tikungan minimal 10 .
  2. Kemiringan atau “gradien transversal“, menjamin tidak ada genangan air di trek, pitlane, tepi trek, bahkan area run off.
  3. Trek lurus minimal harus 250 m.
  4. Kerb atau batasan racing line, minimal 12 m.

Baca Juga : 10 Daftar Destinasi Wisata Terbaik di Pulau Okinawa

Daftar 10 Sirkuit MotoGP Terindah di Dunia

1. Sirkuit Mandalika, Indonesia

mandalika sirkuit

source twitter.com/MotoGP

Pertamina Mandalika International Street Circuit atau yang kita kenal dengan Sirkuit Mandalika merupakan salah satu sirkuit MotoGP yang baru saja menyita perhatian MotoGP di seluruh dunia. Sirkuit yang berada di daerah Lombok, Indonesia ini berhasil  menjadi tuan rumah kejuaraan MotoGP pada Maret 2022. Kota Lombok yang terkenal dengan keindahan lautnya, ternyata berhasil menambah kecantikan dari sirkuit ini sehingga membuat para pembalap dunia pun terpesona.

Beberapa media sosial lokal bahkan dunia pun tak ada hentinya untuk meliput keindahan dari sirkuit ini. Bahkan melalui akun twitter resmi MotoGP, mereka mengunggah sebuah foto dengan tulisan bahwa Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu sirkuit terindah yang ada di dunia. “What an incredible place! The Mandalika Circuit is firmly in the category of most beautiful circuits in the world,”  Tulisnya pada Sabtu (12/2).

2. Sirkuit Phillip Island, Australia

sirkuit phillip island

source tripadvisor

Berada di pinggir pantai, ternyata membuat Sirkuit Phillip Island mempunyai keindahan yang juga tak kalah dengan Sirkuit Mandalika lho! Sirkuit yang terletak di Australia tepatnya di pinggir tebing dengan pemandangan laut yang indah menambah keindahan sirkuit ini. Philip Island ini juga memberi kesan yang indah kepada para pembalap ketika melakukan kejuaraan MotoGP di sirkuit ini. Sirkuit ini juga menjadia salah satu sirkuit yang sudah cukup lama menggelar kejuaraan MotoGP yaitu sejak tahun 1997. Pembalap Casey Stoner dan Valentino Rossi sama-sama pernah mencatat enam kali kemenangan di sirkuit ini.

3. Sirkuit San Misano, Italia

san marino

source johnmcphee.co.uk

Memiliki panjang lintasan 4,2 km, sirkuit ini telah dibangun sejak 1972 dan menggelar balapan pertama pada tahun 1981. Nama sebelumnya sirkuit ini adalah Misano World Circuit dan berubah menjadi Misano World Marco Simoncelli. Perubahan nama itu sebagai bentuk untuk mengenang pembalap Simoncelli yang meninggal pada MotoGP Malaysia pada tahun 2011. Karakter sirkuit ini berupa tikungan lambat, yang sedikit menyulitkan para pembalap. Memanfaatkan pantai di sepanjang pantai timur Italia, banyak penggemar MotoGP yang melakukan liburan musim panas dengan menonton balapan akhir pekan.

4. Sirkuit Losail, Qatar

source motorcylesports

Terletak di Qatar, sirkuit yang mempunyai nama Sirkuit Losail Internasional ini menjadi salah satu sirkuit terindah di dunia. Jaraknya sirkuit ini berada 35 km dari Doha, Qatar. Lama pembangunan dari sirkuit ini tidak sampai satu tahun. Dibangun pada 30 Oktober 2003 dan resmi buka untuk umum pada September 2004. Mempunyai 16 lintasan balap, dan panjang 5,4 kilometer, serta lintasan seluas 12 meter. Rumput buatan yang sengaja ditanam untuk mencegah pasir dari gurun di sekitar area dan venue sirkuit. Walaupun terlihat minimalis, sirkuit yang menjadi lintasan MotoGP ini juga dapat pengunjung pergunakan untuk bermain gokart, lalu penyewaan track day baik mobil maupun motor.

5. Sirkuit Sepang, Malaysia

source racefans

Sepang International Circuit ini terletak di negeri upin ipin yaitu Malaysia. Berdiri di komplek seluas 2300 hektar, sirkuit ini melakukan pembangunan hanya dalam waktu 14 bulan. Pertama kali sirkuit ini menggelar kejuaraan MotoGP pada April 1999. Mempunyai layout sirkuit yang menantang, lokasi sirkuit ini sekitar 50 km dari Kuala Lumpur. Jumlah tikungan dalam sirkuit ini adalah 14, serta 8 jalur semi lurus maupun lurus panjang. Di sirkuit ini juga, pembalap Simoncelli mengalami kecelakaan dan menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 2011. Keindahan dari sirkuit ini menjadikannya sebagai salah satu sirkuit terindah di dunia.

Baca Juga :  Selain Rungrado May Day, Inilah 10 Stadion Terbesar di Dunia!

6. Sirkuit TT Assen, Belanda

tt assen circuit

source racedepartment

Assen telah menjadi tuan rumah MotoGP sejak tahun 1949 dan menjadi salah satu sirkuit terindah di dunia. Sirkuit Assen menjadi sirkuit yang paling sering menjadi tuan rumah kejuaraan MotoGP. Memiliki panjang sekitar 4,5 km, sirkuit ini telah menggelar 72 kali kejuaraan MotoGP. Mempunyai julukan Cathredal of Speed, karena terdapat gereja yang letaknya berdekatan dengan garis start dan garis finish. Tata letak dari Assen yang dulunya merupakan jalanan umum yang melewati desa Rolde,Borger, Schoonlo, dan Grolloo. Lalu, beberapa tikungan menantang juga terdapat di sirkuit ini.

7. Sirkuit Mugello, Italia

source motogp

MotoGP sebagai salah satu olahraga motor yang terkenal di Italia, menjadikannya untuk membangun salah satu sirkuit MotoGP terindah di dunia. Mugello Circuit ini berlokasi di Tuscani, Italia. Mempunyai panjang lintasan 5,2 km dan dibangun pada tahun 1973. Sirkuit ini resmi buka setahun kemudian yaitu pada tahun 1974. Lebar lintasan dari sirkuit ini 14 kilometer dan dapat menampung sekitar 50.000 penonton. Pemandangan indah Sirkuit Mugello yaitu berupa pepohonan sehingga lebih asri dan sejuk menjadikan sirkuit ini salah satu sirkuit MotoGP terindah di dunia.

8. Sirkuit Silverstone, Inggris

source economictimes

Silverstone merupakan sirkuit dengan lintasan terpanjang untuk kalender MotoGP 2022. Panjang lintasan yang terletak di Inggris ini mencapai 5,90 kilometer (km). Sirkuit ini memiliki 18 tikungan dengan sepuluh tikungan kanan dan delapan tikungan kiri, menjadikan Silverstone sebagai sirkuit dengan tikungan terbanyak kedua setelah Sirkuit The Americas, Austin-Texas, Amerika Serikat.

Selain menjadi sirkuit terpanjang, Silverstone juga merupakan sirkuit terlebar, di mana lebar lintasan adalah 17 meter. Alhasil, karakter sirkuit Silverstone terbilang cantik bahkan untuk kemampuan semua motor MotoGP. Saat ini, Sirkuit Silverstone telah menjadi Sirkuit MotoGP terpanjang di dunia.

9. Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol

source visitvalencia

Ricardo Tomo merupakan sirkuit MotoGP yang terletak di Valencia, Spanyol. Jumlah tikungan yang ada di sirkuit ini sebanyak 14 tikungan, 5 tikungan ke kanan dan 9 tikungan ke kiri. Sementara itu, trek lurus yang ada di sirkuit ini hanya sekitar 876 meter. Pembangunan sirkuit ini selesai pada tahun 1999 dan langsung menggelar kejuaraan MotoGP. Nama Sirkuit Ricardo berasal dari pembalap Ricardo Tormo Blaya, sebagai penghormatan untuk pembalap yang meninggal pada 27 Desember 1998.

10. Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang

sirkuit motegi

source motogp

Terletak di distrik Kanto Utara, Jepang, menyajikan  keindahan alam yang luas di sekitar Sirkuit Motegi ini. Berupa rangkaian cincin kembar yang terdiri dari oval 1,5 mil dan jalanan 2,9 mil yang sudah memenuhi standar internasional. Dibangun oleh Honda sebagai fasilitas uji utama pada Agustus 1997, sirkuit jalan menjadi rumah bagi MotoGP pada tahun 2000.

Twin Ring Motegi mempunyai daya tarik penggemar olahraga motor karena sebagai tempat untuk Koleksi Balai Honda. Sebuah museum berisikan koleksi terkenal mesin motor, mobil balap. Sekitar sirkuit ini juga terlerak jalur berkuda, sekolah, go-kart, hotel, restoran, dan banyak toko-toko lainnya.

Berikut adalah daftar dari 10 Sirkuit MotoGP terindah yang ada di dunia. Selain Mandalika, ada banyak sirkuit-sirkuit dari seluruh negara di dunia yang mempunyai keindahan akan pemandangan dan juga fasilitas dari sirkuit tersebut yang menarik untuk kamu kunjungi!

Persiapkan Dokumen Persyaratan ke Luar Negeri di Mediamaz Translation Services

Untuk mengunjungi salah satu sirkuit tersebut, pastinya selain kamu perlu menyiapkan uang dan tiket, kamu wajib untuk persiapkan segala dokumen persyaratan pengajuan VISA. Karena untuk bisa mengunjungi suatu negara, sebagai WNI yang baik kamu pasti memperlukan dokumen sebagai identitas legal kamu. Dokumen-dokumen tersebut di antaranya adalah paspor, kartu identitas, jadwal perjalanan, fotokopi dokumen pendukung lain seperti KK, Akte, serta dokumen lainnya yang biasanya perlu untuk diterjemahkan dan dilegalisasi.

Untuk mengurus proses pengajuan serta legalisasi dokumen untuk pengajuan VISA kamu sebelum mengunjungi salah satu sirkuit terindah di dunia, menggunakan jasa legalisasi dokumen di Mediamaz TS merupakan pilihan yang tepat! Karena Mediamaz TS menyediakan jasa penerjemah tersumpah, serta legalisasi dokumen ke kedutaan seperti visa, paspor, imigrasi, serta ekspatriat yang pastinya aman, terpercaya, cepat, dan mudah. Dengan menawarkan harga yang terjangkau, proses legalisasi dokumen di Mediamaz TS satu pintu tanpa ribet!

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat langsung meghubungi pihak marketing kami, disini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/medg6566/public_html/wp-includes/functions.php on line 5275