Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Selama Kuliah di Luar Negeri

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Selama Kuliah di Luar Negeri

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Selama Kuliah di Luar Negeri

Selama kamu kuliah di luar negeri, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan loh! Mungkin kuliah di luar negeri tentu bukan hanya dalam hal menuntut ilmu saja, kamu juga dapat mencari banyak pengalaman. Berbagai kegiatan juga dapat mendukung kamu untuk lebih berkembang. Banyak cerita yang dapat dibagi dan bisa menjadi sesuatu yang tidak bisa dilupakan.

Perbedaan pola pikir pelajar Indonesia dengan pelajar asing

Mahasiswa merupakan anak muda kaum intelektual, berkreatifitas tinggi, makhluk yang paling cepat merespon perubahan, bertata krama, dan pastinya berpendidikan. Namun, apakah semua mahasiswa memiliki pola pikir yang sama? bagaimana perbedaan pola pikir pelajar Indonesia dengan pelajar luar negeri?

Ternyata jika kita bisa melihat dari sisi pola pikir antara pelajar Indonesia dengan luar negeri, masih cukup berbeda. Dari segi budaya membaca, pelajar Indonesia belum semua menerapkan kebudayaan ini, berbeda hal dengan pelajar luar yang sangat rajin dalam membaca buku.

Kemudian dari segi penampilan, kebanyakan dari pelajar luar negeri lebih memprioritaskan pemanfaatan finansial mereka untuk keperluan kuliah atau sekolah. Sementara jika kilah lihat pelajar Indonesia, sebagian besar (nggak semua kok) lebih mengutamakan belanja keperluan yang diinginkan dibanding yang dibutuhkan demi memenuhi trend gaya hidup.

Manfaat mengetahui aktivitas pelajar asing

Meskipun kita tahu bahwa tidak semua aktivitas pelajar luar negeri memiliki sisi positif, namun ada halnya mereka juga memiliki kebiasaan yang negatif lho, jadi kamu harus lebih bisa mengetahui dan mengenal kebiasaan mereka.

Dengan kamu lebih mengenal aktivitas pelajar luar negeri, manfaat yang akan kamu dapatkan adalah kamu bisa mempelajari berbagai perspektif baru, dalam hal ini kamu jadi lebih bisa membedakan mana sesuatu hal yang ‘baik’ dan ‘buruk’ sehingga kamu tidak akan salah langkah dalam mengambil keputusan ataupun dalam hal bergaul. 

Kemudian, meningkatkan adaptabilitas. Dalam hal ini kamu jadi lebih bisa belajar untuk mudah dalam beradaptasi dimanapun kalian berada, dapat meningkatkan kepercayaan diri ketika bertemu dengan orang baru. Karena, tidak jarang pelajar luar negeri lebih sering berinteraksi secara langsung dibanding melalui media sosia, lho guys.

4 aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat kuliah di luar negeri

Ketika kamu sedang berada dalam masa pendidikan di luar negeri, ternyata banyak aktivitas menarik yang dapat kamu lakukan lho sebagai seorang pelajar internasional. Apa aja sih aktivitasnya?

  1. Menikmati waktu untuk berada di kampus

Perlu kalian ketahui setiap kampus atau universitas di luar negeri seringkali memiliki design bangunan yang menarik dan tentunya berbeda dengan kebanyakan universitas yang ada di dalam negeri. 

Bangunan kampus yang unik atau sangat modern tentu dapat membuat kalian lebih betah dna memiliki kenyamanan saat studi di kampus tersebut. Mungkin jika kalian bandingkan dengan kampus yang berada di dalam negeri, memiliki bangunan yang terlihat monoton kecuali kalian memilih universitas yang bagus. 

     2. Bekerja part time tanpa rasa gengsi

Berbeda dengan pelajar yang kuliah di luar negeri, seakan kerja part time sudah menjadi budaya yang sangat identik dengan seorang pelajar. Jadi, kalian tidak akan merasa gengsi untuk pekerjaan tersebut, dengan mendapat upah tinggi dan tentunya pekerjaan tersebut tidak terlalu memberatkan alias dibatasi.

     3. Belajar di taman yang sejuk dan bersih

Beberapa negara sangat ketat dalam tindak kebersihan di negaranya, mungkin jika kalian ke luar negeri kalian akan menilai tindakan bersih mereka sangat ketat dan tidak bisa ditoleransi. Namun, hal itu yang menjadikan negara tersebut bersih dan memiliki lingkungan yang nyaman.

Belajar di halaman kampus atau taman kota merupakan aktivitas yang menarik, selain kalian dapat belajar dengan suasana dan udara yang sejuk yang jauhd ari polusi, belajar di taman juga akan merefresh pikiran kalian, lho. 

     4. Mengikuti organisasi

Bagi kamu yang menetap di luar negeri, pasti akan menemukan banyak pelajar dari seluruh penjuru dunia. Hal ini merupakan kesempatan untuk berkenalan dengan banyak individu. Bergabung dengan organisasi membuat kamu menambah wawasan, mempunyai banyak teman, serta memperluas ruang lingkup pergaulan.

Alasan kamu harus memiliki kegiatan di luar jam kuliah saat di luar negeri

Ketika kamu sedang menempuh pendidikan di luar negeri, mungkin tidak hanya kuliah saja yang akan kamu lalui setiap harinya. Namun, kamu pasti juga akan memiliki waktu luang di hari libur bahkan di jam setelah kelas.

Itulah kesempatan kamu untuk melakukan atau mengikuti kegiatan yang ada di kampus maupun diluar kampus saat jam kosong. Karena dengan kamu aktif di luar jam kampus, kamu akan lebih banyak mendapatkan manfaat dan keuntungan, seperti halnya memperluas networking.

Dengan kamu memiliki kegiatan di luar kampus, secara otomatis kamu akan memiliki teman baru dari kegiatan tersebut. Entah dari jurusan atau bahkan kampus yang sama ataupun berbeda, sehingga bisa memperluas koneksi dalam bergaul.

Hal yang harus diperhatikan saat melakukan kegiatan di luar negeri

Selain kamu harus memiliki kegiatan di luar kampus sata kuliah di luar negeri, kamu juga perlu memperhatikan hal hal saat melakukan kegiatan di luar negeri, lho!

Karena mungkin kita memiliki kebudayaan atau kebiasaan yang berbeda dari negara tersebut, sehingga kita juga harus aware terhadap kebudayaan masyarakat setempat. Hal – hal yang harus kamu perhatikan seperti mengetahui organisasi atau institusi yang kamu ikuti, sebelum kamu mengikuti suatu kegiatan dari organisasi kamu harus mencari tahu dulu mengenai organisasi tersebut.

Ketika kamu ingin kuliah di luar negeri untuk mencoba melakukan aktivitas – aktivitas menarik seperti yang disebutkan diatas, kamu harus mempersiapkan dokumen – dokumen pelengkap pendaftaran terlebih dahulu, lho.

Nah, untuk kamu yang bingung ingin mengurus dokumen – dokumen untuk persiapan pendaftaran kuliah di luar negeri, seperti menerjemah dokumen atau legalisasi. Kamu bisa langsung menghubungi kami, sebagai solusi kebingungan kamu. Kami akan melayani kamu selama 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *