Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Di Luar Negeri

Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Di Luar Negeri

Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Di Luar Negeri

Alasan kenapa kamu harus belajar di luar negeri?

Belajar di luar negeri merupakan salah satu impian anak milenial, termasuk Indonesia. Mencoba meng-explore kebagian belahan dunia lainnya untuk menimba ilmu demi masa depan yang lebih cerah, mempelajari budaya – budaya lain yang mungkin sangat jauh berbeda dengan budaya yang kita miliki. Lalu, mengapa kamu harus belajar di luar negeri? 

Di Indonesia, menjadi lulusan dari Universitas yang berada di luar negeri mendapat perhargaan tersendiri dan lebih memiliki peluang besar di dunia kerja. Contohnya, mudah dalam mendapat pekerjaan sesuai dengan bidang yang diterapkan selama belajar di luar negeri, dan mendapat posisi yang lebih tinggi. Tidak lupa, mendapatkan gengsi juga. 

Bahkan tak jarang lulusan dari luar negeri, jika ingin merintis ke dunia bisnis ketika mereka lulus dan kembali ke negara asal, mereka dapat tumbuh dengan cepat karena kuatnya jaringan dan dukungan permodalan yang ada.

Maka tidak heran sudah banyak sekali mahasiswa atau pelajar yang memutuskan untuk tidak melanjutkan studinya di negara asal, alias memilih untuk merantau keluar negeri. Dalam beberapa dekade terakhir, jumlah pelajar Indonesia di luar negeri pun meningkat drastis hingga mencapai puluhan ribu, baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana dalam lingkup perkuliahan. Berikut Alasan mengapa kamu harus belajar di luar negeri!

Negara yang banyak diminati siswa

Lalu dimana mereka kuliah? Menurut sumber dari Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), destinasi negara yang banyak dipilih oleh para mahasiswa tersebut adalah Inggris, Swiss, Australia, Selandia baru hingga Austria.

Hal menariknya lagi, terdapat pernyataan yang menunjukkan bahwa generasi saat ini lebih memahami alasan mengapa harus belajar di luar negeri, di antaranya:

  1. Membuka pola pikir yang lebih luas
  2. Menjadikan pribadi yang lebih mandiri dan kuat menghadapi perbedaan kebudayaan di setiap negara
  3. Meningkatkan kemampuan dan kompetisi diri sendiri
  4. Pilihan jurusan yang beragam
  5. Fasih berbahasa asing

Manfaat belajar di luar negeri

Dari manfaat yang akan kamu peroleh setelah belajar di luar negeri, tentu akan membuat kita semakin meyakinkan diri untuk belajar di luar negeri. Berikut 3 alasan kenapa kamu harus belajar di luar negeri versi Mediamaz Translation Service, Keep scrolling!

  1. Kualitas Pendidikan

Tentu saja sebagai pelajar, kamu pasti membutuhkan sebuah sekolah atau universitas yang memiliki kualitas pendidikan yang baik untuk menyelesaikan masa pendidikan demi masa depan yang cerah. 

Negara – negara luar seperti Amerika Serikat, Eropa, Inggris dan lain sebagainya memiliki sekolah setara kelas dunia dengan memiliki pendidikan kualitas. Pendidikan luar negeri pun memiliki kurikulum internasional yang tentu akan membuat kamu memiliki standar pendidikan yang tinggi. 

Kelas yang ditawarkan setiap universitas ternama pun memiliki ukuran yang kecil dibanding kelas pada umumnya yang mana mereka hanya menerima 20 pelajar, sehingga dalam proses belajar akan jauh lebih intens.

Realitanya, pendidikan di luar negeri memiliki aturan yang berbeda di setiap negaranya serta bidang ilmu yang lebih luas. Terdapat jurusan – jurusan yang banyak serta konsentrasi yang mungkin kita belum mengetahuinya dan tidak terdapat di negara asal, sehingga mungkin bisa saja kita ahli dalam bidang tersebut.

  1. Kesempatan dalam berkarir

Alasan lain mengapa kamu harus belajar di luar negeri yaitu kesempatan berkarir yang lebih menjanjikan, kenapa? Karena adanya pengalaman yang lebih luas sehingga kamu lebih unggul dibandingkan orang lain.

Dengan lulusan yang bertaraf Internasional lebih mampu dihargai di belahan negara lain, terlebih jika belajar di sekolah atau universitas yang berkelas dunia. Faktor lain ketika kamu belajar di luar negeri yang membuat karirmu melejit ketika kembali ke negara asal adalah selama masa pendidikan di negara tersebut kamu akan bertemu, berinteraksi bahkan berteman dengan pelajar lain yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda. 

Seseorang yang pernah belajar di luar negeri berhasil menaklukkan tantangan yang besar, memiliki pengetahuan yang luas dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap dunia. sehingga membuat kamu terbiasa untuk belajar dalam meningkatkan etos kerja, karena aspek-aspek tersebut sangat dicari dalam dunia bisnis modern.

  1. Belajar sekaligus traveling

Salah satu dari sekian alasan mengapa kamu harus belajar di luar negeri adalah kamu bisa belajar sekaligus traveling. Ketika kamu belajar di luar negeri, tidak hanya mendapat teman dan budaya baru, namun kita juga dapat mengunjungi tempat wisata dan tempat bersejarah di tiap negara. Bahkan tidak jarang kamu dapat dengan mudah bepergian keluar kota atau negara tetangga, tentu tidak ingin kamu lewatkan, bukan?

Keuntungan kuliah di luar negeri

Keuntungan bisa belajar di Jerman, kamu bisa berkunjung ke negara tetangga seperti Prancis, Belanda, Italia bahkan Inggris! Bisa traveling ketika kamu sedang menempuh pendidikan, merupakan salah satu impian dan bonus yang akan didapat ketika kamu belajar di luar negeri. Pasti menyenangkan sekali, untuk menambah pengalaman selama hidupmu bisa berkeliling dunia.

Selain menjelajah kota per kota, kamu juga bisa makin eksis di sosial media! Bisa posting suasana di berbagai kota, negara, hingga belahan dunia lainnya. Wah, akan seru banget kalau kamu bisa belajar di luar negeri, banyak keuntungan yang dapat kamu ambil.

Tapi, kalau kekhawatiran kamu adalah pada dokumen-dokumen pendukung seperti visa, transkrip nilai, dan lain sebagainya. ___ punya solusinya!

Solusi urus dokumen-dokumen kamu

So, nggak perlu banyak pertimbangan lagi untuk kamu harus belajar di luar negeri! Karena banyaknya alasan dan manfaat yang menjanjikan ketika kamu dapat menyelesaikan masa pendidikan kamu di luar negeri.

Menerjemahkan rapot, transkrip nilai, resume, dan lain sebagainya percayakan kepada ahlinya! Mediamaz Translation Service punya penerjemah-penerjemah tersumpah yang sudah bersertifikasi dan tidak diragukan lagi dalam menerjemahkan dokumen kamu. Layanan ini dapat kamu temukan di link: https://mediamaz.co.id/jasa-legalisasi-dokumen/

Penerjemah | Interpreter | Legalisasi | Lihat Perusahaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *