Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Apa itu Legalisasi Dokumen?

Apa itu legalisasi dokumen

Tahukah anda apa itu legalisasi dokumen? Saat ini banyak sekali yang membutuhkan legalisasi dokumen. Dokumen yang biasanya dilegalisasikan adalah dokumen resmi atau penting. Karena kegunaannya yang krusial, sehingga harus melewati proses legalisasi sebelum anda bisa menggunakannya. Proses pelegalan dokumen ini juga menandai bahwa arsip yang anda miliki merupakan dokumen asli dan sah. Oleh karena itu anda bisa menggunakannya di berbagai macam kepentingan.

Apa itu Legalisasi Dokumen?

Legalisasi menurut KBBI berasal dari kata legal yang berarti sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia. Sehingga pelegalan dokumen adalah sebuah arsip yang telah sah sesuai dengan peraturan dan perudang-undangan yang berlaku. Sedangkan menurut situs depkumham.go.id, legalisasi adalah mensahkan tanda tangan pejabat pemerintah atau pejabat umum yang diangkat oleh pemerintah. Jika kita tinjau dari situs deplu.go.id, dasar hukum legalisasi dokumen oleh kemenkumham adalah staatblad 1909 Nomor 291 tentang legalisasi tanda tangan.

Pada prosesnya, dokumen yang akan dilegalisasikan harus disaksikan oleh Notaris. Kemudian Notaris yang menyaksikan akan mencatatnya ke dalam sebuah buku sesuai dengan tanggal dan waktu penandatangann terjadi. Dokumen tersebut telah sah melalui proses legalisasi adalah ketika telah terjadi pencocokan tanda Notaris. Sehingga, setiap notaris yang akan praktek wajib mengirimkan tanda tangannya ke kemenkumham sesuai dengan pasal 7 huruf c UU No. 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris.

Dokumen yang umum Mendapatakan Pengesahan

Dokumen-dokumen penting yang harus anda pelegalan lebih dulu memiliki kegunaan yang penting dalam mendorong kegiatan anda. Misalnya ketika anda ingin melanjutkan studi ke luar negeri, maka anda harus menyiapkan dokumen ijazah hasil terjemahan dan telah legal. Barulah anda bisa melanjutkan proses pendaftaran ke universitas pilihan anda. Tak hanya dokumen ijazah, beberapa dokumen lainnya juga perlu anda legalisasikan, seperti: Kartu Keluarga dengan tanda tangan basah, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, dan lainnya.

Selain itu, dokumen yang butuhkan kelegalannya adalah segala jenis dokumen yang dikeluarkan oleh negara asing. Jadi, jika anda ingin menggunakannya di Indonesia, dokumen tersebut harus dalam kondisi telah legal. Oleh sebab itu, proses legalisasi dokumen harus anda lakukan. Tanpa adanya legalisasi ini, dokumen anda selamanya tidak bisa berlaku di Indonesia. Misalnya saja ketika anda melangsungkan pernikahan di luar negeri. Nantinya anda akan mendapat dokumen telah resmi menikah dari negara tempat anda melansungkan pernikahan. Namun, dokumen tersebut tidak bisa anda gunakan di Indonesia apabila belum anda legalisasikan. Itu artinya, status pernikahan anda di Indonesia tidak diakui.

Bagaimana Caranya Melegalisasikan Dokumen?

apostille dan legalisasi

Apabila anda ingin melegalisasikan dokumen, anda bisa menempuh 2 cara, yaitu: mengurusnya sendiri atau menggunakan jasa pelegalan dokumen. Perbedaan yang paling menonjol dari dua cara tersebut adalah dari segi waktu, biaya, dan tenaga. Sehingga pertimbangkan matang-matang langkah yang akan anda pilih. Mari kita bahas satu per satu.

Melegalisasikan dokumen sendiri

Untuk bisa melegalisasikan dokumen sendiri, anda perlu memasuki portal kemenlu atau anda bisa mendownload aplikasi STEMPEL ASLI. Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang pemerintah ciptakan untuk memudahkan warganya yang membutuhkan pelegalan dokumen. Untuk menggunakan aplikasi tersebut tidak terlalu sulit. Pertama-tama anda harus mendownload dan registrasi pada STEMPEL ASLI. Jika sudah anda hanya perlu mengetuk icon (document plus), anda hanya perlu mengisi form yang ada, dan menunggu proses legalisasi dokumen selesai. Lebih lanjutnya tentang panduan penggunaan STEMPEL ASLI, bisa anda download melalui link berikut: https://bit.ly/3FK6YRE

Melegalisasikan dokumen dengan jasa pelegalan dokumen

Jika anda memutuskan untuk menggunakan jasa pelegalan dokumen, anda akan hemat dari segi waktu, tenaga, dan biaya. Pasalnya anda hanya perlu menunggu dokumen anda selesai melalui proses pelegalan dokumen. Setelahnya, dokumen anda siap untuk anda gunakan di berbagai keperluan. Namun, anda juga harus memperhatikan kualitas dari penyedia jasa pelegalan dokumen tersebut. Sehingga kemungkinan dokumen hilang, atau data yang bocor bisa segera anda antisipasi. Dengan begitu, anda bisa lebih tenang dalam menunggu proses pelegalan dokumen anda selesai.

Nah, untuk memudahkan anda menentukan jasa pelegalan dokumen, silahkan pahami tips berikut ini.

1. Background Checking

Setiap jasa pelegalan memiliki reputasinya masing-masing. Sehingga penting bagi anda untuk mengetahui reputasi dari biro penyedia jasa pelegalan dokumen. Di jaman sekarang bukanlah suatu hal yang sulit untuk melakukan verifikasi reputasi terhadap biro jasa pelegalan tersebut. Anda bisa melakukan pengecekan melalui situs resminya dan cari bagian testimoni. Apakah testimoni pelanggan sebelumnya puas dengan pelayanan yang mereka dapatkan atau tidak.

2. Bandingkan Harga

Tips yang berikutnya adalah melakukan perbandingan harga dari biro jasa pelegalan arsip yang telah anda riset reputasinya. Jika ada harga yang jauh lebih murah dengan kualitas yang sama, kenapa tidak untuk memilih jasa pelegalan arsip yang lebih murah bukan? Perlu anda ingat, boleh memilih yang lebih murah asalkan anda mendapatkan kualitas yang setara. Jika kualitas yang anda dapat berbanding terbaik. Maka akan jauh lebih bijaksana menggunakan jasa pelegalan arsip yang sedikit lebih mahal namun berkualitas. Apalagi arsip yang akan anda legalisasikan adalah dokumen krusial dan sulit untuk mendapatkannya.

Sekarang Sudah Tahu kan Apa itu Legalisasi Dokumen?

Setelah anda mengetahui apa itu legalisasi dokumen, anda bisa lebih bijak dalam memperlakukan surat berharga anda. Sehingga anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan untuk melegalkan dokumen jangan asal pilih biro jasa pelegalan arsip sembarangan. Atau hal-hal buruk seperti kehilangan dokumen dan kebocoran data bisa menimpa anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *