Apa Itu Penerjemah Lisan ?

Apa Itu Penerjemah Lisan ?

Apa Itu Penerjemah Lisan ?

Pada umumnya, jasa penerjemah terbagi menjadi dua yaitu penerjemahan lisan dan penerjemah tulisan. Lalu, apa itu penerjemahan lisan? Serta apa yang membedakan jasa penerjemahan lisan dan penerjemahan tulisan? Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda perlu mengenali jasa penerjemah lisan beserta jenisnya, lebih dalam.

Mengenali Jasa Penerjemah Lisan

Berdasarkan bahasa Inggris penerjemahan tertulis disebut dengan translation Sedangkan untuk penerjemahan lisan disebut interpretation. Dan untuk orang yang menerjemahkannya secara lisan disebut dengan interpreter.

Penerjemahan lisan dan penerjemahan tulis memiliki keunggulan serta kelemahannya masing-masing. Hal ini dikarenakan kedua jasa tersebut memiliki skill yang berbeda.

Dimana skill penerjemah tulis lebih memfokuskan dirinya pada teks atau bahasa sasaran, sehingga diperlukan kemampuan menulis yang baik. Sedangkan penerjemah lisan atau interpreter memiliki skill untuk mengalihkan informasi kepada pendengar, yaitu menerjemahkan di acara formal seperti, konferensi atau seminar.

Sehingga interpreter tidak membutuhkan kamus untuk mencari padanan kata, melainkan membutuhkan catatan kecil untuk mencatat bagian penting dari teks sumber dan diungkapkan kembali ke teks sasaran. Sehingga, kesalahan penerjemahan lisan terkadang tidak bisa dielakkan, karena interpretasi dilakukan pada waktu yang sama.

Ada berapa jenis penerjemahan lisan yang perlu Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut,

  1. Interpretasi Simultan

Jenis Interpretasi simultan adalah penerjemahan lisan yang dilakukan secara langsung dan bersamaan ketika pembicaraan berlangsung. Sehingga, interpretasi simultan tidak perlu menunggu teks sumber dibacakan lalu mengujarkannya kembali.

Biasanya, jenis penerjemahan lisan yang satu ini akan melakukan interpretasi ketika frasa maupun klausa sudah bisa diartikan. Namun ada pula informasi yang baru disampaikan ketika sudah selesai menerjemahkan satu kalimat.

Ketika seorang interpreter menyampaikan atau memberikan informasi dalam bahasa sasaran, maka akan dilakukan secara bersamaan. Yaitu berbicara sembari mendengarkan, serta membuat catatan untuk pembicaraan selanjutnya. Sehingga seorang interpreter simultan harus mengetahui topik yang akan dibahas nanti.

  1. Interpretasi konsekutif

Jenis penerjemahan lisan yang satu ini dilakukan dengan cara bergantian. Dimana seorang interpreter harus mendengarkan terlebih dahulu pembicara, lalu mencatat poin penting, dan menyampaikan kembali informasi kepada pendengar dalam bahasa sasaran.

Sehingga, penerjemah interpretasi konsekutif dilakukan setelah pembicara menyelesaikan pembicaraannya.

  1. Interpretasi Whisper

Jenis interpretasi whisper yaitu penerjemahan yang dilakukan ketika terdapat 2 orang yang tidak saling mengerti mengenai perbedaan bahasa dan tidak bisa memahami. Dimana interpretasi akan menerjemahkannya dengan cara membisikan client yang jumlahnya terbatas, yaitu hanya 2-3 orang.

Jasa penerjemahan lisan Mediamaz

Mediamaz menawarkan jasa penerjemahan lisan terpercaya dan berkualitas. di mana seorang interpreter memiliki kefasihan serta kepandaian dalam menyampaikan informasi secara langsung untuk client. Saat ini, Mediamaz menawarkan layanan jasa interpreter untuk bahasa Jepang serta bahasa Inggris saja.

Terdapat dua jenis layanan yang disajikan oleh Mediamaz, yaitu jasa interpreter biasa serta jasa interpreter tersumpah. Jasa Interpreter Biasa yaitu penerjemahannya yang dilakukan dalam acara memandu, seperti memandu perjalanan wisata, dan sejenisnya. Sedangkan Jasa Interpreter Tersumpah yaitu penerjemahan yang dilakukan langsung ketika acara resmi seperti persidangan di pengadilan, dan acara resmi lainnya.

Jika anda tertarik menggunakan layanan di mediamaz, Anda bisa menghubungi

KONTAK KAMI

Office : (021) 55787154

Phone : 082123335003, 087884574653

Email : info@mediamaz.co.id

Kantor Jakarta

Menara BCA Tower Lantai 50/F

Jalan M.H. Thamrin, Menteng, Jakarta

Kantor Tangerang

Gedung Harkot Lantai 1 A No 5

Jl. Raya Merdeka No.53, Karawaci, Kota Tangerang

Itulah beberapa penjelasan mengenai penerjemahan lisan atau interpreter, mulai dari perbedaan hingga jenisnya. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi mengenai apa itu penerjemah lisan.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai layanan ini dapat mengunjungi halaman > ( klik disini ) dan anda dapat menghubungi kami melalui halaman informasi > ( klik disini )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *