Mediamaz Translation Service | Perusahaan Penerjemah Indonesia #1

Sejarah Bangsa Viking dan 7 Fakta Unik Jarang Diketahui

Bangsa Viking adalah salah satu suku bangsa paling menarik dan misterius dalam sejarah Eropa. Mereka berasal dari Skandinavia dan terkenal sebagai pedagang, penjelajah, dan pejuang yang menakutkan. Selama beberapa abad, mereka menjelajahi dan menjarah berbagai wilayah di Eropa dan bahkan sampai ke Asia dan Amerika. Siapa sebenarnya bangsa Viking dan apa yang membuat mereka begitu berpengaruh dalam sejarah dunia? Pada artikel kali ini akan membahas tentang apa itu bangsa viking, asal usul dari bangsa viking, dan 7 fakta unik tentangnya.

Baca Juga: Sejarah Berdirinya Menara London dan Kisah Misteri

Apa itu Bangsa Viking

bangsa viking

Foto: Pinterest

Bangsa Viking merujuk pada sekelompok suku bangsa yang berasal dari wilayah Skandinavia pada Abad Pertengahan. Bangsa Viking terkenal karena reputasi mereka sebagai penjelajah, pedagang, dan pejuang yang ulung. Mereka bermukim di wilayah yang sekarang sebagai Norwegia, Swedia, dan Denmark. Bangsa Viking juga berhasil menjelajahi dan mendirikan koloni di berbagai wilayah seperti Kepulauan Faroe, Islandia, Greenland, dan bahkan mencapai daerah-daerah yang jauh seperti Britania Raya, Perancis, dan Rusia.

Masyarakat Viking sangat terkenal dengan keterampilan mereka dalam membangun kapal-kapal layar yang kuat dan cepat, yang memungkinkan mereka menjelajahi lautan yang jauh. Mereka terlibat dalam perdagangan yang luas, membawa barang-barang seperti gading, kayu, kulit binatang, dan bahan tambang ke wilayah Eropa lainnya. Namun, mereka juga terkenal karena serangan dan penjarahan terhadap pesisir-pesisir Eropa, terutama pada abad ke-8 hingga ke-11.

Selain kegiatan pelayaran dan perdagangan, bangsa Viking memiliki budaya yang kaya dan beragam. Mereka menyembah dewa-dewa Norse, dan mitologi mereka memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mereka juga memiliki sistem hukum dan aturan sosial yang unik, seperti hukum balas dendam dan status sosial yang berdasarkan pada keturunan dan kepahlawanan.

Kehadiran bangsa Viking dalam sejarah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan budaya, bahasa, dan politik di wilayah Eropa. Kekuatan mereka sebagai penjelajah dan pejuang, serta warisan mereka yang penuh dengan mitos dan legenda, membuat bangsa Viking tetap menjadi topik menarik yang terus memikat minat kita hingga saat ini.

Baca Juga: Sungai yang Menyimpan Banyak Sejarah di Kota London

Asal Usul Bangsa Viking

Asal usul bangsa Viking terdapat di wilayah Skandinavia pada Abad Pertengahan. Kata “Viking” sendiri berasal dari bahasa Norse Kuno “víkingr”, yang merujuk pada seorang penjelajah laut atau perampok. Bangsa Viking terdiri dari suku-suku Jermanik yang tinggal di wilayah Norwegia, Swedia, dan Denmark.

Faktor-faktor penting yang mempengaruhi perkembangan bangsa Viking termasuk lingkungan geografis mereka. Wilayah Skandinavia yang terdiri dari fjord-fjord yang dalam, pegunungan, dan hutan yang lebat memberikan kesempatan untuk eksplorasi dan pelayaran. Lautan yang luas dan sungai-sungai yang saling terhubung menjadi jalan bagi bangsa Viking untuk menjelajahi dan berdagang dengan wilayah lain.

Selama Abad Pertengahan, bangsa Viking menjadi terkenal karena kegiatan penjelajahan, perdagangan, dan serangan mereka. Mereka membangun kapal-kapal layar yang kuat dan cepat yang memungkinkan mereka menjelajahi lautan yang jauh. Bangsa Viking berlayar ke sejumlah wilayah seperti Kepulauan Faroe, Islandia, Greenland, Britania Raya, Perancis, dan wilayah Rusia. Mereka juga membentuk koloni-koloni di beberapa tempat yang mereka datangi.

Meskipun terkenal karena aktivitas penjelajahan dan serangan mereka, bangsa Viking juga memiliki budaya yang kaya dan kompleks. Mereka memiliki kepercayaan mitologi Norse yang dipenuhi dengan dewa-dewa, legenda, dan cerita epik. Budaya mereka juga mencakup sistem hukum dan aturan sosial yang unik.

Jadi, asal usul bangsa Viking dapat ditelusuri ke suku-suku Jermanik yang tinggal di wilayah Skandinavia pada Abad Pertengahan. Mereka dikenal karena kegiatan penjelajahan, perdagangan, dan serangan mereka, serta memiliki budaya yang kaya dan beragam.

Baca Juga: Sejarah Dibalik Big Ben dan 10 Fakta yang Jarang Diketahui

Fakta Unik Tentang Bangsa Viking

Berikut adalah beberapa fakta unik tentang bangsa Viking:

1. Pakaian dan Gaya Rambut 

Bangsa Viking memiliki gaya berpakaian yang khas. Mereka sering mengenakan pakaian wol dengan hiasan atau bordir yang rumit. Rambut panjang dan kumis yang terjaga dengan baik juga merupakan ciri khas bagi pria Viking. Wanita Viking sering mengenakan kalung perak, bros, dan hiasan kepala.

2. Runestone

Viking terkenal karena ukiran batu yang disebut runestone. Runestone adalah batu yang diukir dengan tulisan Norse Kuno yang berisi keterangan tentang peristiwa atau pujian terhadap seseorang. Runestone dapat ditemukan di berbagai wilayah yang pernah didatangi oleh bangsa Viking.

3. Pengaruh Bahasa

Bahasa Norse Kuno, yang digunakan oleh bangsa Viking, memberikan pengaruh yang signifikan pada bahasa-bahasa modern. Banyak kata Norse Kuno yang telah masuk ke dalam bahasa Inggris, seperti “berserk” dan “ransack”.

4. Penjelajahan Amerika Utara 

Bangsa Viking telah mencapai Amerika Utara sebelum penjelajahan Christopher Columbus. Pada abad ke-10, mereka mendirikan pemukiman di daerah yang sekarang sebagai Newfoundland, Kanada. Permukiman ini dikenal sebagai “Vinland”.

5. Keberanian dalam Pertempuran 

Viking terkenal karena keberanian dan keganasan mereka dalam pertempuran. Mereka menggunakan senjata-senjata seperti kapak perang, pedang, tombak, dan perisai. Mereka juga mengembangkan taktik perang yang canggih dan strategi pertempuran.

6. Budaya Mandi

Viking sangat menjaga kebersihan dan memiliki kebiasaan mandi yang berbeda dari budaya Eropa lainnya pada masa itu. Mereka menggunakan kolam mandi air panas yang disebut “hot springs” atau “hot tubs” untuk mandi dan relaksasi.

7. Budaya Pemakaman

Viking memiliki tradisi pemakaman yang unik. Mereka sering menguburkan orang-orang terkemuka atau pahlawan dengan kapal kayu yang dibakar sebagai persembahan terakhir. Pemakaman Viking seringkali mencakup upacara pemakaman yang diiringi dengan lagu, puisi, dan minuman keras.

Baca Juga: Sejarah dan 10 Fakta Unik Menara Eiffel Paris Prancis

Apakah Anda Ingin Mengunjungi Peninggalan Bangsa Viking?

Bagi Anda yang telah menonton film atau series tentang Viking, pasti Anda ingin melihat peninggalan langsung barang dari Viking tersebut. Untuk dapat melihat beberapa barang tersebut Anda bisa mendatangi negara-negara Skandinavia yang terdiri dari Finlandia, Swedia, Islandia, Norwegia, dan Denmark.

Lalu, untuk bisa mengunjungi negara-negara Skandinavia tersebut. Anda harus mempersiapkan berbagai macam dokumen perizinan seperti Visa dan Paspor. Untuk dapat mengurusi beberapa dokumen seperti Visa dan Paspor tidaklah mudah dan harus melewati proses yang panjang.

Karena itu, Mediamaz Translation Service hadir sebagai solusi Anda untuk membuat atau memperpanjang Visa atau Paspor yang Anda miliki secara resmi. Layanan kami sudah memiliki izin resmi dari Kementrian Republik Indonesia dan Kedutaan asing di Indonesia.

Maka dari itu, segera daftarkan dokumen Anda kepada kami melalui website kami di sini dan juga dapat menghubungi kami melalui nomor berikut 021 55787254.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *