Bagian dari SKY University, Berikut Fakta Menarik dari Korea University!

Bagian dari SKY University, Berikut Fakta Menarik dari Korea University!

Pernahkah kamu menonton drama Korea berjudul “Sky Castle”? kisah keluarga yang berusaha mempertahankan kasta dan ingin terpandang oleh banyak orang. Dimana, Kang Ye Seo mendapat penekanan untuk bisa masuk kampus bergengsi di Negeri Ginseng tersebut. Tiga kampus itu berakronim “SKY University”, yakni : Seoul, Korea dan Yonsei. Menjadi bagian dari tiga kampus bergengsi serta populer, membuat Korea University banyak peminat namun tingkat penerimaan termasuk sangat ketat.

Bagi kamu yang bercita-cita ingin melanjutkan pendidikan ke Korea University, kamu perlu mengetahui info seputar kampus Harimau ini. Kemudian siapkan dokumen-dokumen yang wajib kamu penuhi selama menunggu pendaftaran kembali tersedia.

Profil Korea University

Photo by korea.edu

Universitas Korea atau 고려대학교 merupakan universitas swasta yang sudah berdiri sejak 5 Mei 1905. Sebelum menjadi Korea University, kampus ini bernama Bosung College oleh Lee Yong Ik. Pembangunan kampus ini mendapat dana serta dikelola oleh orang korea. Lee Yong Ik selaku pendiri yang menjabat sebagai Bendahara Rumah Tangga Kerajaan mempunyai visi nya. Visinya adalah “hanya dengan mendidik generasi yang lebih muda, Korea dapat mengamankan kemerdekaannya dan tumbuh serta berkembang sebagai sebuah bangsa.”

Selama awal pembentukan, kampus Bosung College harus menanggung banyak kesulitan. Terlebih setelah “protokol Korea-Jepang” ditandatangani, Lee Yong Ik pun pergi ke pengasingan untuk memimpin pergerakan. Masalah keuangan mulai membayangi kampus ini, namun berhasil selamat setelah Sohn Byong Hee mengambil alih kepemimpinan.

Krisis berikutnya terjadi pada tahun 1929 dengan masalah keuangan yang serius, sebaga dampak dari resesi di seluruh dunia. Kemudian masalah ini bisa terselesaikan setelah Kim Seong Su menjadi presiden perguruan tinggi pada tahun 1932.

Kemudian pada tahun 1946 Bosung College berganti nama menjadi Universita Korea, atau juga KU (Korea University).

Sudah menginjak usia lebih dari 100 tahun, Korea University masih mempertahankan semangat pendiri untuk mendidik siswanya menjadi orang yang berkemampuan tinggi dan mengabdi untuk masyarakat dan negara.

Simbol

simbol - korea university

photo by korea.edu

Sebagai simbol memperingati resmi usia Korea University yang ke-111, logo mengalami sedikit perubahan. Dengan tetap mempertahankan esensi dan rincian simbol KU beserta fitur pelengkapnya yang termodifikasi untuk mewakili identas kampus. Lalu untuk simbol secara global telah berinovasi dengan visi “bergabung dengan universitas kelas dunia” berdasarkan sejarah dan tradisi. KU mempunyai motto yakni “자유, 정의, 진리” atau “Libertas, Justitia, Veritas”.

Penjelasan lebih lanjut dari tiap elemen-elemen simbol

Perisai : menggambarkan pendidikan akan menyelamatkan dunia dengan warna crimson yang berarti semangat masa muda yang bergairah. Untuk mewujudkan kepercayaan pendiri melalaui pembinaan bakat yang menjadi pilar dasar Korea University.

Harimau : bermakna sebagai untuk menyapu dunia dan mengaum untuk mengguncang bumi. Angka 1905 di bawah simbol harimau menandakan awal berdirinya KU sebagai universitas nasional. Harimau, simbol Korea dan KU, mewakili semangat keberanian, tekad, kelincahan dan martabat KU. “1905,” tahun pendirian KU, menyoroti tradisi 109 tahun dan kedalaman dalam penelitian akademis.

Info selengkapnya mengenai pemaknaan simbol dari Korea University : Simbol KU

Peringkat dan Reputasi

Pada tahun 2022, universitas ini meraih peringkat ke-74 secara dunia, posisi ke-13 di Asia menurut QS World University Rankings.  Berdasarkan hasil survei dari website yang sama pada tahun 2014, ada 4 program studi yang masuk dalam top 50 besar dunia. Prodi tersebut: Politik, Ekonomi, Teknik Kimia, dan Komunikasi.

Program Bisnis di KU sudah mendapatkan sertifikasi internasional dengan memperoleh AACSB (Assosiation to Advance Collegiate Schools of Bussiness) tingkat sarjana dan pascasarjana. Serta mendapatkan pengakuan Sistem Peningkatkan Kualitas Eropa (EQUIS) untuk pertama kalinya di Korea Selatan. Kementerian Pendidikan menobatkan Universitas Korea sebagai memiliki program MBA di Korea Selatan. Sekolah Bisnis KU pun berada pada peringkat ke-27 di dunia.

Lokasi Kampus

lokasi kampus -korea university

photo by korea.edu

KU berlokasi di 145 Anam-ro, Seongbuk-gu, Seoul, 02841, Korea. Terbagi menjadi empat subdivisi; Sains dan Teknik, Humaniora dan Ilmu Sosial, Kedokteran dan Ilmu Hayati, serta Jeongneung. Terdapat dua lokasi, yakni kampus Seoul dan Sejong. Berbeda dengan kampus Seoul, Sejong menjalankan beragam program pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan apa yang mereka butuhkan di dunia yang berubah secara cepat.

Program Studi

Ada 59 departemen dan program akademik Universitas Korea yang terbagi dalam 17 perguruan tinggi dan sekolah:

  • Hukum
  • Bisnis
  • Seni liberal
  • Ilmu Hayati dan Bioteknologi
  • Pendidikan
  • Komunikasi dan media
  • Ilmu Alam
  • Teknik
  • Ilmu politik dan Ekonomi
  • Kedokteran
  • Keperawatan
  • Ilmu Kesehatan
  • Informatika
  • International Studies
  • Art & Design
  • Interdisciplinary Studies
  • Smart Security
  • Psychology
  • Smart Mobility

Seputar jurusan yang lebih rinci, bisa kamu kunjungi halaman website : Jurusan di KU

Cara Mendaftar di Korea University

cara mendaftar

photo by namuwiki

Sebelum kamu mengisi formulir pendaftaran, hendaknya kamu bisa membaca terlebih dahulu mengenai persyaratan yang harus kamu penuhi. Setelah semua sudah kamu persiapkan, langkah berikutnya adalah mengisi form pendaftaran yang tertera pada website. Berdasarkan jadwal yang tercantum pada alamat resmi Korea University, berikut alur pendaftaran untuk Musim Semi tahun 2023.

  • Pengajuan Aplikasi Online : 10 Agustus pukul 10.00 sampai 2 September 2022 pukul 17.00. Kunjungi situs web bagian internasional di http://oia.korea.ac.kr
  • Pengajuan Materi Aplikasi : 10 Agustus pukul 10.00 hingga 8 September 2022 jam 17.00
  • Pemberitahuan Penerimaan : 30 November 2022 pukul 17.00. Hasil pengumuman bisa kamu lihat melalui http://oia.korea.ac.kr
  • Pendaftaran Mahasiswa Baru : Januari 2023 (TB)

*sesuai waktu standar Korea Selatan

Jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai pendaftaran, silahkan kunjungi laman berikut : Cara mendaftar

Beasiswa

beasiswa- korea university

photo by korea.edu

Kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya perkuliahan, karena Korea University menyediakan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Beasiswa yang tersedia terbagi menjadi 2, untuk penjelasannya sebagai berikut :

1 Beasiswa Korea University

  • Mahasiswa yang baru diterima

          1. Global Leader Scholarship A

Kriteria evaluasi: Evaluasi masuk

– Biaya kuliah penuh (termasuk biaya masuk) selama 2 semester

catatan: Siswa harus mempertahankan IPK 3,5 atau lebih tinggi (mengambil minimal 12 sks) untuk semester pertama mereka

         2. Global Leader Scholarship B

            Kriteria evaluasi: Evaluasi masuk

             – 50% dari biaya kuliah (termasuk biaya masuk) selama 2 semester

            catatan: Mahasiswa harus mempertahankan IPK 3.0 atau lebih tinggi (mengambil minimal 12 sks) untuk semester pertama mereka

  • Siswa Saat ini

           1. Beasiswa Unggulan

Kriteria evaluasi: IPK luar biasa

– Biaya kuliah penuh untuk semester berikutnya

tambahan: Mahasiswa dengan IPK luar biasa pada semester berikutnya

           2. Peningkatan Akademik

Kriteria evaluasi: Tingkat perkembangan IPK

– 50% dari biaya kuliah untuk semester berikutnya

tambahan: IPK harus meningkat dari semester berikutnya

           3. Beasiswa Masa Depan Cerah

           Kriteria evaluasi: Mahasiswa yang kurang mampu secara finansial

           – 50% dari biaya kuliah untuk semester berikutnya

            catatan: Siswa yang mempertahankan IPK 2,75 atau lebih tinggi pada semester sebelumnya

2 Beasiswa Graduate School of International Studies

Pada beasiswa pertama tertuju untuk mahasiswa s1, lain halnya dengan beasiswa ini. Berfokus untuk memberikan keringanan kepada mahasiswa dari S2 dan S3 yang sedang melakukan studi di Korea University. Beasiswa ini berasal dari pemerintah pusat dan swasta untuk dukungan parsial kepada siswa pada kasus tertentu. Pembagian cakupan yang akan mahasiswa dapatkan, bisa kamu kunjungi pada website resmi berikut : Beasiswa GSIS

Fasilitas Kampus

Beberapa fasilitas yang tersedia di Korea University bisa kamu gunakan, yaitu :

  • Perpustakaan
  • Museum
  • Kafetaria
  • Ruang olahraga
  • LG-POSCO Hall
  • Ruang baca
  • Asrama
  • Aula
  • Pusat kebudayaan
  • Lockers
  • Amenities

Beragam fasilitas lainnya, bisa kamu lihat pada website : Campus Life

Festival-Festival di Korea University

  • Festival Menara Granit

Perayaan tahunan yang terselenggara pada bulan mei. Pada kegiatan ini turut mengundang selebriti untuk
tampil sepanjang minggu (biasanya ada 4 artis setiap malam). Festival ini berlangsung di Minju Gwangjang,
depan Woodang Hall.

  • 418 (18 April Marathon)

        Bentuk penghormatan para siswa yang diserang dalam insiden penyerangan mahasiswa Korea University 18
April.

  • 입실렌티 (Ipselenti)

          Merupakan acara bersorak oleh pemandu sorak Universitas Korea pada malam hari setelah festival menara
granit selesai. Para siswa berkumpul dan menyanyikan lagu-lagu penyemangat Universitas Korea, menari
bersama.

  • Pertandingan persahabatan Yonsei dan Korea

Siap Melanjutkan Pendidikan ke Korea University?

mediamaz ts

Setelah membaca seluruh persyaratkan untuk mendaftar di KAIST, kamu harus menyiapkan dokumen tertentu untuk mendaftar dan tinggal di Korea Selatan. Jika kamu membutuhkan jasa layanan penerjemah tersumpah maupun legalisasi dokumen, Mediamaz TS siap membantu.

Melalui jasa penerjemah tersumpah dan legalisasi Mediamaz Translation Service, dokumen kamu akan diproses secara cepat, tepat, dan akurat dengan biaya yang terjangkau. Anda bisa mengunjungi website kami untuk mengetahui berbagai layanan dan promo menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *