Bahasa Asing yang Menjadi Bahasa Internasional, Selain Bahasa Inggris

Bahasa Asing yang Menjadi Bahasa Internasional, Selain Bahasa Inggris

Bahasa Asing yang Menjadi Bahasa Internasional, Selain Bahasa Inggris

Kita semua mungkin mengetahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Hampir setiap negara di dunia menggunakan bahasa Inggris saat berkomunikasi, bahkan ada yang menjadikannya sebagai bahasa resmi atau utama suatu negara. Namun, terdapat bahasa asing lain yang menjadi bahasa internasional, selain bahasa inggris.

Apa itu bahasa internasional?

Karena dunia ini luas, tentu ada banyak sekali bermacam bahasa. Oleh karena itu, harus ada satu bahasa yang dapat dimengerti oleh masyarakat di seluruh didunia, ini disebut bahasa internasional.

Bahasa internasional merupakan bahasa yang kita gunakan agar dapat berkomunikasi dengan orang – orang di seluruh dunia. Untuk dapat menjadi bahasa internasional, sebuah bahasa tidak harus menjadi bahasa yang paling banyak penuturnya.

Karena jika begitu, bahasa internasional kita bisa saja bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang paling banyak penuturnya di dunia. Sedangkan bahasa Inggris menempati peringkat keempat.

Pentingnya belajar bahasa asing selain bahasa Inggris

Memiliki keterampilan dalam berbicara bahasa Inggris mungkin sudah menjadi hal yang umum. Pasalnya di era yang semakin global ini, keterampilan dalam berbahasa asing tidak hanya pada bahasa Inggris saja. Namun, masyarakat juga semakin tertarik untuk mempelajari bahasa asing lainnya.

Menurut Penggagas Gerakan Mencetak Sejuta Habibie untuk Indonesia, Bimo Sasongko kemampuan bahasa asing saat ini menjadi hal yang sangat penting. Terlebih lagi Indonesia sudah meresmikan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Selain keterampilan bahasa asing yang diperlukan karena masyarakat kita yang semakin global. Mempelajari bahasa asing juga membuat kita untuk belajar dan mengenal budaya di negara tersebut. Ketika kita mampu menguasai bahasa asing lain selain bahasa Inggris, membuat kita menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

3 bahasa yang sering digunakan selain bahasa Inggris

  1. Mandarin

Mandarin menempati posisi kedua sebagai bahasa yang paling populer di dunia. Sekitar 1,1 miliar orang di dunia mampu berbicara bahasa Mandarin.  Bahasa Mandarin juga banyak digunakan di Singapura, Taiwan, Malaysia, dan Hong Kong, bahkan hingga Indonesia. 

Bahasa Mandarin bukanlah bahasa yang mudah untuk dipelajari, namun sangat penting. Banyak perusahaan multinasional yang mencari pekerja level atas yang menguasai bahasa Mandarin. Belum lagi China merupakan salah satu negara yang pengaruhnya sangat kuat dalam perekonomian dunia.

     2. Spanyol

Negara yang terkenal dengan sebutan negara matador ini ternyata memiliki bahasa yang populer di dunia. Sekitar 420 juga orang di dunia menyukai dan bisa berbicara bahasa Spanyol. Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi yang digunakan di negara Amerika Latin seperti Argentina, Chile, Meksiko dan Kosta Rika.

    3. Arab

Bahasa Arab mungkin menjadi salah satu bahasa yang paling populer di dunia. Secara global, sebanyak 300 juta orang di dunia berbicara bahasa Arab. Bahasa ini juga dilafalkan di beberapa negara Timur Tengah dan beberapa negara Asia seperti Iraq, Qatar, Saudi Arabia, Afghanistan dan Indonesia. 

Tips belajar bahasa asing secara cepat dan mudah

Memiliki kemampuan berbahasa asing merupakan sebuah nilai tambah, apalagi jika kemampuan tersebut dapat mendongkrak karir. Adapun tips yang bisa kamu coba untuk belajar bahasa asing dengan cepat dan mudah. Keep scrolling!

  1. Komitmen

Ketika mempelajari bahasa apapun, komitmen merupakan salah satu faktor terpenting. Buatlah jadwal rutin untuk belajar, coba cari situs online yang memungkinkan kamu menerima kiriman email berupa kosakata baru.

Cara ini bagus untuk menambah tabungan kosakata kamu, biasakan pula untuk mengevaluasi kata – kata yang sudah kamu ketahui sebelumnya.

     2. Membuat catatan

Catat kata – kata asing yang kamu temui saat keluar rumah dan carilah artinya. Kemudian tempel kata – kata tersebut pada jendela, lemari, cermin atau apapun yang biasa kamu lihat untuk menanamkan kata – kata tersebut dalam pikiran.

    3. Aktif

Carilah teman yang juga sedang belajar bahasa asing yang sedang kamu pelajari juga. Coba saling berkirim pesan atau ngobrol di situs jejaring sosial, lebih baik lagi jika bisa bertemu sehingga dapat melakukan percakapan secara langsung. 

Jika berjumpa dengan orang asing, jangan ragu untuk mempraktikkan bahasa yang sedang dipelajari. Cara ini disebut paling efektif ketimbang mempelajari lewat buku,

   4. Tonton, dengar dan pelajari

Menonton film atau acara televisi juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempelajari bahasa asing. Carliah acara – acara televisi dalam bahasa yang sedang kamu pelajari dan tonton sesering mungkin. Kamu akan mendengarkan bagaimana kata diucapkan dan bahkan menemukan kosakata baru. 

   5. Gunakan penerjemah

Menerjemahkan kalimat akan meningkatkan pemahaman kamu pada struktur dan kalimat serta menambah kosakata. Coba terjemahkan kalimat yang kamu ketahui dan buatlah catatan. Bisa juga dengan membuat kalimat sendiri lalu di cek kebenaran atau kesalahannya.

Banyak sekali kegunaan bahasa asing jika kamu dapat menguasainya dengan baik, entah untuk keperluan pendidikan bahkan pekerjaan itu merupakan salah satu indikator terpenting. Terlebih lagi jika kamu menginginkan untuk kuliah atau bekerja di luar negeri, kamu wajib menguasai bahasa Inggris atau bahasa negara tujuan.

Jika kamu memiliki keinginan untuk melanjutkan studi di luar negeri, dan bingung untuk menerjemahkan dokumen yang dibutuhkan. Jangan khawatir! konsultasikan kekhawatiran kamu tentang beasiswa ke Mediamaz Translation Service. Hubungi Meddy dan Meddy akan menjawab kesulitan kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *