Beasiswa Australia untuk Pelajar Indonesia

Beasiswa Australia untuk Pelajar Indonesia

Beasiswa Australia untuk Pelajar Indonesia

Beasiswa Australia untuk pelajar Indonesia setiap tahunnya di buka untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Australia.

Kuliah di luar negeri merupakan salah satu impian dari setiap pelajar yang akan lulus dari bangku sekolah. Bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk keluarga bahkan kerabat terdekat. Tentu saja, kamu pasti akan memilih universitas top sebagai tujuan pendidikan.  

 

Beasiswa Australia untuk Pelajar Indonesia, Ketahui Iklimnya Dulu Yuk!

Sebelum membicarakan mengenai beasiswa Australia untuk pelajar Indonesia, kita cari terlebih dahulu mengenai iklimnya. Australia Memiliki iklim yang mirip dengan Indonesia, serta pemandangan urban dan alam yang indah hingga berbagai tempat untuk yang menarik untuk dijelajahi. Kamu dapat memilih wilayah mana yang ingin kamu singgahi antara kota metropolitan, hutan tropis, pantai – pantai indah, atau gurun pasir. Oleh sebab itu mengapa Australia memiliki populasi sebanyak 25,499,884 jiwa (Sumber: United Nation, 2020) dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit di dunia.

Memiliki sektor ekonomi yang kuat, kesempatan kerja untuk lulusan baru, memiliki kebudayaan yang santai dan sistem pendidikan yang berkualitas tinggi, merupakan alasan lain mengapa banyak sekali calon mahasiswa dari negara lain memilih untuk kuliah di Australia. Hal ini dibuktikan berdasarkan data statistik yang dirilis oleh UNESCO Institute for Statistics (UIS). Australia menduduki peringkat ke-4 sebagai negara destinasi para pelajar internasional untuk melanjutkan jenjang pendidikan setelah Amerika Serikat, Inggris dan Perancis.

Pelajar internasional di Australia dapat merasakan pendidikan kelas dunia yang secara global telah di akui sebagai negara terbaik di dunia. Dengan sekitar lebih dari 398.000 mahasiswa internasional dari lebih 140 negara, Australia memang tidak diragukan lagi sebagai negara yang menjadi tujuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas. Dengan adanya beasiswa Australia yang banyak tersedia setiap tahunnya, bisa kamu manfaatkan untuk mencapai cita – citamu.

Alasan lain kamu harus kuliah di Australia adalah kamu bisa memiliki kesempatan untuk mendapat beasiswa Australia untuk pelajar Indonesia.

 

Apa saja universitas populer di Australia? 

Beasiswa Australia untuk pelajar Indonesia dibuka tiap tahun. Sebagai salah satu destinasi pendidikan terbanyak untuk para calon mahasiswa internasional, Australia memiliki deretan universitas terbaik dan populer, loh! Bisa jadi bahan pertimbangan dan pilihan kamu nih sebelum kamu menentukan jurusan atau peminatan yang ingin kamu ambil. 

  1. The University of Melbourne
  2. The University of Sydney
  3. Australian National University
  4. The University of Queensland
  5. Monash University

Kelima universitas diatas merupakan Top 5 Universities in Australia versi QS World University Rankings 2021. Terlepas dari mereka memiliki banyak kelas internasional yang sudah diakui sebagai kelas dunia dan tentu memiliki daya saing yang cukup tinggi untuk dapat menembus semua tahap pendaftaran.

Tiap universitas tersebut memiliki ratusan program studi yang ditawarkan di berbagai level pendidikan, serta memegang akreditasi tinggi dari setiap program studi tersebut. Oleh karena itu, tidak jarang lulusan dari tiap universitas tersebut seringkali menerima penghargaan nobel dan terpercaya memiliki peluang kerja yang menjanjikan. 5 universitas diatas pun menawarkan berbagai beasiswa Australia yang bisa kamu dapatkan setiap tahunnya.

 

Jurusan yang paling diminati di Australia?

Setelah kamu menentukan universitas mana yang ingin dijadikan tujuan pendidikan kamu selanjutnya, lalu kamu akan mengalami tahap kebingungan lainnya. Apa sih? Yup, Jurusan. Seringkali, ketika kita sudah mendapatkan universitas yang diinginkan kemudian lanjut lagi kebingungan dalam memilih jurusan sesuai dengan minat kita.

Menentukan jurusan memanglah bukan sesuatu hal yang mudah untuk diputuskan, karena ketika kita sudah memilih jurusan yang ternyata tidak sesuai dengan keinginan atau minta dari diri sendiri atau karena adanya keterpaksaan, kamu akan sulit menjalani masa perkuliahan kamu. Jurusan yang kamu pilih pun bisa menjadi penentu apakah ketika lulus nanti, kamu akan mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jurusan yang kamu anyam? atau malah sebaliknya. 

Nah, berikut daftar jurusan yang paling diminati pelajar internasional ketika mereka ingin kuliah di Australia.

  1. Business Management
  2. Hukum
  3. Dokter
  4. Apoteker
  5. Akuntansi
  6. Kedokteran gigi
  7. Pendidikan

7 jurusan diatas merupakan jurusan yang paling banyak diminati lho! kira – kira ada gak salah satu yang kamu minati juga? Tenang, kamu bisa berkesempatan untuk mengambil program beasiswa Australia lho.

 

5 Top Beasiswa untuk pelajar Indonesia

Jika dilihat dari biaya kuliah di Australia tentu berbeda dengan kuliah dalam negeri. Kamu jangan khawatir karena Beasiswa Australia untuk pelajar Indonesia dibuka tiap tahun. Biaya kuliah mahasiswa internasional di Australia dengan mahasiswa Australia memiliki perbedaan yang cukup besar. 

Selain biaya kuliah, kamu juga masih harus mengeluarkan uang lagi untuk biayat tempat tinggal dan keperluan sehari – hari selama berada di sana. Namun, tak perlu khawatir, ada berbagai cara yang kamu bisa tempuh untuk meringankan pengeluaran selama berkuliah di Australia. Salah satunya adalah dengan mengikuti program beasiswa pendidikan sebagai berikut. 

1.Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Beasiswa satu ini salah satu yang paling menjanjikan untuk kamu berkewarganegaraan Indonesia, beasiswa ini diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia dan dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). PI sendiri tersedia untuk kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang sarjana dan pascasarjana dengan berbagai jenis beasiswa, diantaranya Beasiswa Umum, Beasiswa Afirmasi, dan Beasiswa Targeted Group

Penerima beasiswa ini bisa memilih lebih dari 300 universitas dan dan luar negeri. Khusus negara Australia, anda bisa memilih 15 universitas top disana, seperti: University of Melbourne, Australia National University, University of Sydney, University of Queensland dan lain sebagainya. 

Biaya yang didukung pun meliputi dana pendidikan seperti berbagai kebutuhan pembelajaran dan dana pendukung seperti transportasi, biaya hidup bulanan, hingga tunjangan keluarga.

Situs resmi: https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/ 

 

2.Monash International Merit Scholarship

Seperti namanya, beasiswa ini diberikan oleh universitas Monash kepada para penimba ilmu yang ingin melanjutkan studi program sarjana dan pascasarjana di sana. Universitas yang dikenal karena menghasilkan banyak CEO tersebut akan memberikan beasiswa kepada kamu setiap setahun sekali. Jumlah beasiswa yang akan diterima mencapai $10.000 per tahunnya atau $50.000 untuk studi selama 5 tahun.

Situs resmi: https://www.monash.edu 

 

3.Australia Award

Beasiswa ini meliputi salah satu program yang pendanaannya berasal dari pemerintah Australia. Australia Award termasuk dalam annual scholarships yang artinya beasiswa ini selalu dibuka setiap tahunnya.

Pemberian beasiswa ini hanya dilakukan dengan negara yang pemerintahannya menjadi partner perjanjian regional dan bilateral dengan pemerintah Australia. Ada enam program yang ditawarkan Australia Award. Diantaranya adalah John Dillon Fellowships dan Australia Awards Scholarships.

Situs resmi: https://www.australiaawardsindonesia.org 

 

4.The Indonesia Global Leaders Scholarship at University of Queensland

University of Queensland saat ini menduduki peringkat ke-4 se-Australia (The Times Higher Education World University Ranking) dan ke-47 sedunia (QS World University Rankings 2019). The Indonesia Global Leader Scholarship diperuntukkan khusus untuk warga negara Indonesia dengan prestasi akademik, baik yang ingin melanjutkan studi sarjana ataupun pasca sarjana dalam bidang Bisnis, Ekonomi dan Hukum

Beasiswa yang ditawarkan pun mencapai $10.000 untuk masa studi 1 semester dan selulus dari masa studi di University Queensland, kamu akan menjadi bagian dari jaringan Global Leaders Scholarship alumni.

Situs resmi: https://scholarships.uq.edu.au 

 

5. Melbourne International Research

Program beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Melbourne ini hanya diperuntukkan bagi kamu yang ingin meraih gelar master atau PhD di kampus ini. Biasanya pengumpulan berkasnya dilakukan pada bulan Mei dan Oktober setiap tahunnya. 

Beasiswa yang diberikan sudah termasuk biaya hidup, asuransi kesehatan dan tunjangan lainnya dengan total nominal mencapai $110,000. Tiap tahun, ada sekitar 600 mahasiswa yang menerima beasiswa ini. 

Situs resmi: https://scholarships.unimelb.edu.au/ 

 

Untuk Anda yang masih bingung mengenai informasi – informasi beasiswa, atau mau konsultasi tentang persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa. Mediamaz Translation Service, siap melayani Anda selama 24 jam dengan pelayanan terbaik dalam konsultasi pendidikan maupun untuk penerjemah dokumen pendidikan ke bahasa yang tuju dengan hasil terbaik. 

 

Lihat Perusahaan | Tentang Kami | Promo Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.